6+ Inspirasi Cara Membungkus Kado Sederhana yang Kreatif, Simple dan Anti Ribet

Membungkus kado terkadang terlihat mudah, namun sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan kreativitas. Apalagi untuk membentuknya menjadi terlihat menarik dan indah. Kini BP-Guide akan memberikan beberapa inspirasi membungkus kado sederhana. Temukan inspirasinya melalui artikel berikut!

Hadiah Spesial Harus Dibungkus dengan Kreatif

Sebetulnya untuk membuat sebuah kado terbungkus dengan menarik tidak akan menghabiskan seluruh uang tabunganmu. Semua itu kembali pada kreativitas yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap umat manusia, tetapi hanya sedikit yang mau memikirkannya. Ada yang bilang bahwa sebuah hadiah yang biasa saja bisa berubah istimewa, kala dikemas dengan sangat menarik. Kalau kamu termasuk orang yang super sibuk, sekarang pun sudah ada banyak sekali penyedia jasa pembungkus kado yang hasilnya sangat memuaskan.

Termasuk yang sedang bingung membungkus kado agar tampak menarik dengan cara yang sederhana? Maka tampaknya ulasan selanjutnya akan sangat membantumu.

Cara Membungkus Kado Sederhana

Sumber gambar www.designmom.com

Untuk membungkus kado agar terlihat cantik dan menarik, tentu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Misalnya dari bentuk kado itu sendiri, apakah besar atau kecil. Contohnya, kamu memberi hadiah berupa dompet, tentu tidak mungkin dibungkus menggunakan kardus sebesar kardus mie instan. Kotak yang terlalu besar pada sebuah kado akan membuat hadiah terasa longgar, kosong dan mudah terguncang. Ketika kamu sudah menentukan kotak kado, langkah berikutnya adalah memilih bentuk, corak dan warna kertas kado yang bakal kamu digunakan.

Seperti yang sudah kamu tahu, ada banyak sekali kertas kado yang dijual dengan berbagai corak menarik. Di sinilah letak kepekaanmu. Karena jika kamu memberikan kado untuk seorang pria, tidak mungkin juga kamu menggunakan kertas bermotif boneka barbie dengan warna pink seperti kado untuk gadis kecil. Jangan lupa siapkan selotip transparan dan gunting yang tajam saat hendak membungkus hadiah, agar kado yang kamu berikan nanti tampak rapi dan indah. Setelah semua persiapan selesai, tinggal keterampilan, kelembutan dan kesabaran yang harus kamu miliki agar kado yang disiapkan bisa tampil sesuai keinginan.

Membungkus Kado dengan Sederhana dan Simpel

Sumber gambar www.dreamwedding.com

Kalau kamu termasuk orang yang tidak suka ribet dan ingin semua terasa simpel, sejatinya dalam membungkus kado pun juga bisa diterapkan prinsip serupa. Ada banyak sekali orang yang memilih membungkus kado hanya dalam bentuk kotak tanpa hiasan berlebih. Bahan serta peralatan yang digunakan pun terbatas, seperti cuma membutuhkan gunting, double tape, selotip, barang yang mau dibungkus dan tentunya kertas kado. Jika termasuk yang ingin membungkus dengan sangat simpel, maka usahakan untuk membentuk lipatan kertas yang rapi agar tampak cantik.

Langkah-langkahnya pun sangat mudah yakni tinggal membungkus hadiah yang berupa barang dengan kertas kado, lalu dilipat pada bagian ujungnya hingga tertutup semua dan rekatkan dengan selotip. Tentu saja cara seperti ini pernah kamu praktekkan sejak kecil, bukan? Tetapi jika kamu saat ini tengah ingin membungkus kado dengan cara yang berbeda namun tetap sederhana dan tidak ribet, beberapa ide pada ulasan selanjutnya layak untuk kamu coba. Jadi, siap untuk membungkus kado?

Bentuk Permen

Sumber gambar www.pinterest.com

Seperti namanya, cara membungkus ini akan membuat hadiah yang hendak kamu beri akan berbentuk mirip permen raksasa. Tertarik? Siapkan dulu bahan-bahannya seperti gunting, selotip, dua utas tali untuk mengikat di bagian ujung supaya membentuk permen raksasa, dua kertas kado dan barang yang bakal kamu bungkus.

    Cara membuatnya pun mudah, pertama-tama usahakan barang yang hendak kamu berikan diletakkan di dalam tabung atau dibentuk menggulung memanjang sebelum dibungkus total dengan kertas kado. Kamu bisa menggunakan kertas dengan warna berbeda agar tampak lebih manis. Agar kedua ujungnya mirip dengan permen, bisa kamu ikat dengan tali berwarna silver atau pita. Supaya ujungnya terlihat mekar, kamu bisa menarik kertasnya atau dipotong-potong dalam bentuk garis agar seolah-olah terburai. Cantik kan?

Kantong Kanvas

Sumber gambar www.aliexpress.com

Orang yang akan kamu beri kado termasuk sosok yang sederhana? Maka pembungkus kado dari kain kanvas tipis bisa jadi pilihan sederhana yang seru dan sudah pasti, anti ribet. Membungkusnya pun sangat mudah dan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Pertama-tama kamu tinggal membeli sebuah kantong dari kanvas yang bisa kamu percantik dengan sebuah gambar atau kamu biarkan polos begitu saja. Lalu beli tali berwarna senada dengan kantong kanvas untuk mengikat bagian atas. Terakhir sediakan juga hiasan seperti bunga yang terbuat dari kain atau plastik dan pita. Sungguh hemat waktu dan tenaga, kadomu telah selesai!

Bentuk Kemeja Sederhana

Sumber gambar www.mermaidinheels.com

Kalau kamu ingin mencoba teknik membungkus kado yang mudah tapi terlihat lucu, maka bentuk kemeja sederhana ini layak kamu coba. Yap, sebuah kado berbentuk baju akan terlihat eye catching dan lucu. Tak perlu memeras otak berlebihan untuk membuatnya, karena ternyata sangat mudah. Bahan-bahan yang diperlukan pun tak bikin pusing seperti kotak kardus untuk membungkus barang (kalau bisa pilih yang persegi panjang), kertas kado (kalau bisa pilih warna dan motif mirip kemeja), selotip, double tape, pita, gunting dan cutter.

    Langkah awal adalah membentuk bagian lipatan di bawah kertas kado dan rekatkan dengan double tape. Setelah kertas dilipat dua bagian sama besar dan direkatkan, kamu bisa memasukkan hadiah yang diinginkan. Untuk bagian yang menyerupai kerah kemeja sederhana akan dihasilkan oleh bentuk lipatan yang ada, setelah menyisakan bagian tengah usai digunting. Supaya semakin cantik, kamu tinggal menggunting miring kedua sisanya dan direkatkan sambil menambahkan pita plastik. Kece banget deh!

    Kamu juga bisa mengikuti video tutorial berikut ini!

Membungkus Kado dengan Sederhana namun Mengesankan

Bentuk Kipas

Sumber gambar www.youtube.com

Membelikan kado berupa barang yang asimetris? Maka, sepertinya cara membungkus yang sederhana dan tidak banyak ornamen adalah pilihan yang tepat. Seperti yang kamu tahu, bentuk barang yang tidak simetris memang sedikit sulit dalam pengemasan karena tampak tidak rapi. Jangan khawatir, beberapa kipas kertas kado kecil yang kamu sematkan bakal membuat kadomu tampil cantik. Masih seperti cara-cara sebelumnya, bahan yang diperlukan pun sangat mudah, seperti kertas untuk membungkus kado, gunting, selotip dan penggaris.

Karena memang diperuntukkan untuk barang yang tidak simetris, langkah awalnya adalah pasti membentuk kertas kado sesuai kebutuhan lalu dilipat salah satu bagian ke atas. Nantinya bagian yang tersisa akan dilipat kecil-kecil dan dikembangkan seluruhnya hingga menyerupai kipas. Sederhana tapi tetap berkesan, bukan?

Jika ingin mencobanya, kamu bisa ikuti video tutorial berikut ini.

Kotak Kado + Pita

Sumber gambar www.huffingtonpost.com

Tidak punya waktu untuk membungkus kado? Tenang saja, kamu tak sendiri. Sebagai solusi atas masalah kecilmu ini, sekarang sudah banyak sekali penjual kotak pembungkus kado dengan harga sangat terjangkau. Bentuk kotak yang disediakan pun beraneka macam, yang bisa kamu sesuaikan dengan barang yang hendak dijadikan hadiah. Tak cuma kotaknya saja, terkadang beberapa kado instan ini juga menyediakan pita yang bisa membuat tampilan kemasan semakin cantik. Ada banyak sekali penjual kotak kado seperti salah satunya di Danicraft. Harga hanya Rp. 25.500 untuk satu kotak dengan dimensi 12 x 19 x 6,5 cm yang terbuat dari karton. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan hatimu.

Gunakan Kancing untuk Mempercantik

Sumber gambar buttonsgaloreandmore.net

Ada banyak sekali benda-benda kecil yang terkadang tak terpakai, bisa digunakan sebagai hiasan kotak kado. Kancing adalah salah satunya. Kalau kamu punya beberapa kancing dengan bentuk yang unik, serta hiasan-hiasan kecil dari pita atau renda bahkan kain perca, semua itu bisa berguna sebagai hiasan kado. Kamu tinggal menempelkan benda-benda mungil itu di kotak kado yang bisa saja jadi signature dari hadiah pemberianmu. Bukti lagi bahwa kado yang berkesan tak perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Paper Bag Sederhana

Sumber gambar www.youtube.com

Beberapa orang ada yang menganggap bahwa sebuah hadiah yang dibungkus kertas kado terkesan kekanakan. Kalau kamu menginginkan tampilan yang benar-benar simpel dan mudah dilakukan, pilihan jelas jatuh pada paper bag. Paper bag sendiri merupakan tas yang terbuat dari kertas, biasanya digunakan untuk membungkus souvenir atau kado.

Sama seperti kotak kado, paper bag juga disediakan di berbagai toko hadiah. Bisa kamu beli dalam jumlah eceran, grosir atau memesan dengan desain sesuai selera, tergantung gambar, ukuran dan bahan yang kamu mau. Jelas sekali penggunaan paper bag ini sangat membantu orang-orang yang tidak ingin repot untuk mempersiapkan sebuah kado. Bahkan jika memang tak ada paper bag yang sesuai pilihan hatimu, kamu bisa membuatnya dengan bahan begitu sederhana dan relatif cepat, seperti cuplikan video berikut.

Kain

Sumber gambar www.treehugger.com

Masih seputar pembungkus kado yang simpel. Penggunaan kain juga bisa menjadi salah satu alternatif seru. Kamu tak harus membeli kain baru, karena beberapa kain bekas seperti baju wol atau sweater lamamu, bisa disulap jadi pembungkus kado yang cantik. Langkahnya pun sangat mudah. Tinggal menggunting lengan baju sepanjang 15 cm lalu dijahit salah satu sisinya. Dan kain pembungkus kado pun tercipta. Tentu saja orang yang akan menerima hadiah darimu bakal sulit melupakan packaging yang begitu unik serta berbeda.

    Bicara soal membungkus kado dengan cara tak biasa, sebetulnya ada salah satu seni melipat dan membungkus aneka barang bernama Furoshiki. Hanya saja Furoshiki menggunakan kain yang disesuaikan dengan barangnya. Tak sekadar membungkus, Furoshiki memiliki beberapa teknik khas entah untuk kotak berbentuk persegi, segitiga, botol, mangkok hingga silinder. Wah, sepertinya bisa jadi peluang usaha baru nih kalau kamu menguasai Furoshiki. Jika berminat, kamu bisa belajar dari video tutorial berikut ini.

Kehabisan Ide, atau Cara Membungkus Kado Sederhana di Atas Masih Terlalu Sulit?

Nah, sudah ada banyak sekali ide cara membungkus kado yang sederhana dan menarik kan? Apakah ada di antara ide tersebut yang menarik minat kamu? Atau masih merasa kesulitan dengan tutorial singkat yang diberikan? Tenang saja. Berikut ini ada cara membungkus kado yang super mudah dan bahkan bisa dilakukan anak kecil sekalipun.

Bungkus Kado Simpel + Pita

Sumber gambar www.aliexpress.com

Kalau kamu memiliki toples bening, sebaiknya jangan pernah dibuang. Untuk apa? Karena toples itu bisa dijadikan sebagai tempat hadiah di saat mendesak. Yap, toples tak terpakai yang dihias justru bisa membuat kado yang sudah kamu siapkan makin cantik saja. Caranya pun begitu mudah, yakni tinggal memasukkan barang yang bakal jadi hadiah ke dalam toples. Untuk mempercantik tampilan, kamu bisa menghias toples dengan pita atau renda cantik.

Bukan tanpa alasan kenapa pita seolah jadi item wajib dalam membungkus kado. Karena rupanya pita memiliki fungsi membuat tampilan kado jadi makin menarik dan cantik. Dengan banyaknya toko peralatan yang menjual pita berbagai warna dan ukuran, rasa-rasanya kamu tak akan kesulitan memilih salah satu di antaranya.

Cara Membungkus Sederhana yang Cantik juga Bisa untuk Oleh-oleh

Membungkus dengan cara sederhana dan cantik tidak cuma bagus buat kado, tapi kamu juga bisa membungkus oleh-oleh yang kamu beli dari perjalanan wisata atau kerja agar makin menarik. Jika dibungkus dengan bentuk kotak cantik, oleh-oleh yang kamu bawa bakal lebih berkesan dan membuat penerimanya makin senang.

Ngomong-ngomong soal oleh-oleh, ada beberapa tautan di BP-Guide yang bisa kamu jadikan panduan untuk memilih dan membeli oleh-oleh lho. Cek aja yang di bawah ini ya!

From our editorial team

Kreatif Membungkus Kado Istimewa

Kado istimewa akan menjadi lebih menarik dengan kemasan yang cantik. Aneka inspirasi membungkus kado yang kreatif telah BP-Guide jabarkan. Kamu bisa mulai mencobanya sekarang, walaupun sederhana namun akan jadi hadiah yang tak terlupakan.

Tag