10 Kerajinan Tangan Sederhana dan Menyenangkan untuk Menggali Kreativitas Anak

10 Kerajinan Tangan Sederhana dan Menyenangkan untuk Menggali Kreativitas Anak

Anak-anak pasti senang membuat berbagai kerajinan tangan dengan bentuk-bentuk unik karena hal ini bisa menjadi cara untuk mengeluarkan kreativitas. Selain itu, aktivitas ini juga sangat menyenangkan. Bantu anak Anda untuk mengeluarkan imajinasinya dengan membuat berbagai kerajinan tangan yang dipaparkan dalam artikel ini. Caranya sederhana dan mudah diikuti oleh anak.

Kerajinan Tangan adalah Aktivitas yang Tepat untuk Mengasah Kreativitas Anak

Anak kecil yang masih berusia sekolah dasar daya imajinasinya sangat luas. Sebagai orang tua dan guru hendaknya kita membantu sang anak untuk mempertajam imajinasi dan kreativitasnya. Dengan begitu anak akan jadi lebih kreatif saat idenya tak dibatasi.

Kerajinan tangan membuat anak mampu mengeluarkan ide-ide kreatifnya dan bebas berimajinasi. Mereka hanya perlu dirangsang agar penasaran dengan sesuatu hingga kemudian membuat sendiri suatu kerajinan berdasarkan apa yang mereka bayangkan.

Aktivitas Membuat Kerajinan Tangan Memberikan Efek Psikologis yang Positif Bagi Anak

Aktivitas membuat kerajinan tangan tidak hanya semata-mata untuk menghasilkan suatu benda saja. Namun ada dampak yang positif bagi perkembangan jiwa anak. Membuat kerajinan tangan bersama antara orang tua dan anak bisa menjalin rasa emosional orang tua dan anak. Sedangkan jika si kecil membuat kerajinan tangan bersama teman-temannya, hal ini bisa menimbulkan rasa kompetitif dalam dirinya sehingga anak terpacu untuk membuat hasil karya yang maksimal.

Rekomendasi Kerajinan Tangan Sederhana untuk Anak

Bagi anak usia sekolah dasar membuat kerajinan tangan sesuai dengan kreativitasnya adalah sesuatu yang menyenangkan. Nah, kerajinan tangan untuk anak-anak ini tentu harus dipilihkan yang mudah agar anak tidak cepat bosan. Untuk itu Anda tak perlu bingung karena BP-Guide siap membantu Anda.

Lukisan Daun

Sumber gambar www.preschoolzone.co.uk

Anda bisa mengajak anak untuk membuat lukisan daun. Dijamin menarik dan hasilnya bisa dipajang juga di kamarnya. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah daun beraneka bentuk, kertas, cat air, dan sikat gigi bekas.

Tuangkan cat air ke dalam wadah dan campur dengan sedikit air. Tata daun di atas sehelai kertas gambar. Ambil sikat gigi dan celupkan pada wadah berisi cat air. Tiriskan agar tak menetes. Pegang sikat gigi di atas daun dengan bulu sikat gigi menghadap ke bawah, Gerakkan ibu jari pada bulu sikat gigi secara perlahan sehingga cat air terciprat pada kertas gambar. Mencipratkannya cukup tips saja. Jika cat air sudah kering, angkat daunnya.

Ambil beberapa helai daun berbeda lalu tata dengan rapi dengan cara ditumpuk. Lakukan lagi langkah pertama hingga selesai. Tunggu sampai kering dan angkat daunnya. Kini anak Anda sudah bisa membuat lukisan daun.

Kerajinan Tangan dari Kertas

Sumber gambar twitter.com

Koran bekas atau kertas bekas pasti banyak menumpuk di rumah. Daripada jadi sampah, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan. Yuk, ajak si kecil untuk membuat burung merak dari kertas. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kertas, cutter, gunting, penggaris, dan lem kertas. Kertas yang dibutuhkan adalah selembar kertas tipis berukuran 20 x 20 cm dan dua lembar kertas tebal seperti kertas buffalo berukuran 10 x 6 cm dan 24 x 15 cm.

Pertama buat sayap burung merak menggunakan kertas berukuran 20 x 20 cm. Lipat kertas ini membentuk akordion lalu lipat menjadi dua. Gambar pola kepala, badan, paruh, dan ekor burung merak pada kertas berukuran 10 x 6 cm.Kemudian gunting gambar tersebut. Rekatkan sisi dalam sayap merak ke tubuh burung merak yang sudah digunting. Ambil kertas berukuran 24 x 15 cm dan jadikan alas untuk burung merak. Caranya dengan menempelkan sisi bawah lipatan sayap merak pada alas tersebut. Buat mata merak dengan membuat dua bulatan dari kertas dan tempelkan pada tubuh merak. Untuk selengkapnya Anda bisa tengok tautan http://novehasanah.blogspot.co.id/2015/04/kerajinan-tangan-anak-sd-burung-merak.html.

Kerajinan Kain Perca

Kain perca seringkali tidak dimanfaatkan. Namun ada sebagian orang yang kreatif dan mau membuat barang kerajinan tangan dari kain perca. Jika Anda ingin membuat kerajinan tangan kain perca dengan si kecil, cukup bikin yang mudah saja, ya.

Mulailah dengan menyiapkan beberapa potong kain perca, lem, kertas atau kanvas, gunting, dan pensil. Caranya mudah saja, gambarlah pola pada kain perca, silakan gambar apa saja sesuai kreativitas. Kemudian gunting pola pada kain perca tersebut dan tempelkan pada kertas atau kanvas. sesuai gambar yang ada. Untuk video selengkapnya, Anda dan buah hati bisa berkunjung ke tautan http://innatesari.blogspot.co.id/2015/06/membuat-lukisan-kain-perca.html.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Sumber gambar sapakabar.blogspot.co.id

Botol bekas banyak dijumpai di sekitar rumah. Daripada botol ini mengotori rumah, yuk segera kumpulkan dan jadikan kerajinan tangan yang sederhana. Mari ajak putra putri Anda membuat tempat pensil dari botol bekas.

Hal yang harus disiapkan adalah botol bekas, beberapa lembar flanel aneka warna, lem, dan gunting. Pertama, potong dulu bagian atas botol. Tutup sehelai kain flanel pada bagian luar botol. Gambarlah pola pada sehelai kertas. Polanya bisa apa saja, bisa pola binatang atau pola huruf nama si kecil. Kemudian tempel pola tersebut pada kain flanel lainnya. Gunting flanel sesuai pola. Setelah itu, Anda bisa mengajak si kecil untuk menempel flanel berpola tersebut pada botol tadi. Tempat pensil berbalut hiasan dari flanel cantik sudah jadi.

Kerajinan dari Korek Api

Sumber gambar www.rifanfajrin.com

Daripada tak ada kerjaan dengan si kecil saat akhir pekan, yuk ciptakan kerajinan tangan yang mengasah kreativitasnya dengan menggunakan korek api. Sediakan korek api, kertas HVS, lem, serta cat air atau spidol.

Pertama, buatlah gambar sederhana di atas kertas HVS atau kertas karton yang sudah disediakan. Selanjutnya tandai bagian mana yang akan dihias dengan korek api. Tempelkan korek api pada bagian yang ditandai. Bagian gambar yang tidak ditempeli korek api diwarnai dengan spidol atau cat air. Jadi deh kerajinan tangan lukisan dengan teknik kolase korek api.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Sumber gambar i2.wp.com

Anak perempuan pasti menyukai bunga. Mengapa tak ajak si kecil berkreasi membuat bunga dari sedotan? Ajak juga teman-temannya agar bisa membuat bunga sedotan ini bersama-sama. Siapkan 12 buah sedotan dengan warna bebas, kawat, gunting, putik, dan kelopak plastik.

Inilah caranya. Ambil sebuah sedotan lalu gunting menjadi 4 potong. Lakukan langkah ini pada sedotan lainnya sehingga terdapat 48 buah guntingan sedotan. Ambil sepotong sedotan, kemudian gunting menyamping. Buka potongan sedotan lalu lipat keluar mengikuti garis sedotan.

Selanjutnya lipat balik bagian pangkal kelopak. Selanjutnya tusuklah ujung sedotan satu persatu pada kawat. Tusuknya yang rapat ya. Jika sudah banyak tertusuk barulah ikat ujung kawat dengan ujung satunya hingga menyerupai bunga. Lalu tambahkan kelopak dan putik. Bunga teratai sederhana sudah jadi. Lihat tautan http://kreasi-kerajinantanganku.blogspot.co.id/2011/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html agar lebih jelas.

Kerajinan Tangan dari Manik-manik

Manik-manik memang menarik untuk dibuat berbagai kerajinan tangan. Bagi anak gadis yang menyukai aksesori, Anda bisa nih berkreasi dengan si kecil menggunakan manik-manik untuk membuat kalung atau gelang.

Anda cukup membeli beragam manik-manik sesuai selera. Kemudian siapkan tali untuk merangkai manik-manik dan pengait. Biarkan anak Anda mendesain sendiri kalung atau gelang dengan manik-manik. Anda cukup membantunya memasangkan pengait pada tali untuk membuka dan mengunci gelang atau kalung ciptaannya. Anda bisa melihat contoh-contoh pembuatan kalung atau gelang sederhana di Youtube.

Karya Seni dari Tanah Liat

Siapa sih yang tak suka main tanah liat? Teksturnya lembek dan mudah dibentuk. Anda dan si kecil pasti senang menghabiskan waktu bersama membuat kerajinan tangan dengan tanah liat ini.

Pertama jemur tanah liatnya sampai kering. Setelah itu haluskan tanah liat dan beri sedikit air. Sekarang tanah liat bisa dibentuk sesuka hati. Anak Anda bisa membentuknya menjadi binatang favoritnya, vas bunga, atau bunga. Setelah bentuk yang diinginkan sudah jadi, jemur selama 2-3 hari sampai kering. Jika ingin lebih halus bisa diasah pakai ampelas.

Karya Seni Melipat Kertas

Sumber gambar en.wikipedia.org

Bagi anak usia SD melipat kertas adalah aktivitas menyenangkan. Dengan kertas warna warni yang menarik, mereka bisa mengaplikasikan idenya menjadi bentuk yang diinginkan. Nah, untuk anak kecil sekolah dasar sebaiknya berikan langkah-langkah melipat yang sederhana. Jangan sampai lebih dari 10 langkah agar mudah diikuti. Misalnya saja nih membuat origami gelas.

Bahan yang dibutuhkan adalah selembar kertas origami yang cukup besar. Posisikan kertas seperti bentuk wajik. Lalu lipat ujung bawah kertas ke ujung atas hingga membentuk segitiga. Selanjutnya buat lipatan ke samping kiri dengan menarik ujung kanan kertas. Lakukan pula pada sisi satunya. Lipat ujung atas kertas depan ke bawah. Balik kertasnya, lalu lipat ujung atas kertas seperti lipatan sebelumnya menuju bawah. Buka bibir atas gelas. Ini dia gelas kertas origami!

Kerajinan Tangan Mozaik

Jika anak Anda suka menggambar ajarkan dia menggambar dan mewarnai dengan menempel mozaik. Sudah pasti ia tertarik melakukannya karena hasilnya jadi sangat menarik.

Yuk, kumpulkan beragam biji-bijian misalnya biji semangka, biji buah jeruk, jagung, biji lamtoro, atau kacang hijau. Selanjutnya siapkan kertas HVS, pensil, serta lem. Gambarlah sebuah pola yang diinginkan pada kertas. Bisa gambar burung, kupu-kupu, bunga, dan lain sebagainya sesuai selera si kecil. Tempel biji-bijian pada gambar yang sudah dibuat dengan menggunakan lem. Biarkan si kecil berimajinasi mau menggunakan biji apa untuk tiap bagian polanya.

From our editorial team

Kerajinan Tangan Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Apa yang terjadi jika anak berhasil membuat sebuah kerajinan tangan? Ia pasti akan merasa berhasil mencapai sesuatu sehingga timbul rasa bangga dalam dirinya. Jika begitu, Anda bisa memberikan lagi ide-ide kerajinan tangan lain kepada anak agar rasa percaya dirinya semakin meningkat.

Tag