10 Inspirasi Kerajinan Tangan dari Kertas Buat Kamu yang Kreatif (2018)

10 Inspirasi Kerajinan Tangan dari Kertas Buat Kamu yang Kreatif (2018)

Banyak media yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Salah satunya adalah kertas. Artikel ini akan memberikan inspirasi membuat berbagai benda dari kertas yang mudah dibuat dan juga bermanfaat.

Banyak Kertas “Nganggur” di Rumah ? Buat Kerajinan dari Kertas Saja!

Punya kertas banyak jangan didiamkan begitu saja. Kita bisa lo, mengolah kertas menjadi barang seni bernilai ekonomis! Meskipun mungkin tidak bisa dijual, kamu tetap bisa memanfaatkannya sebagai hiasan rumah. Kertas yang tidak terpakai bakal jadi karya menarik nan unik jika berada di tangan orang kreatif seperti kamu.

Kenali Berbagai Ragam Kertas

Barangkali, jenis kertas untuk kerajinan yang terlintas di pikiranmu pertama kali adalah kertas origami. Kamu sering mendengar nama ini, kan? Origami bisa kamu buat menjadi bentuk angsa, pesawat, tikus, dan sebagainya. Selain origami, apa ya yang bisa kamu bisa gunakan sebagai material dasar kerajinan tangan dari kertas? Dari sekian banyak jenis kertas, kamu bisa pilih salah satu dari daftar berikut ini!

Kertas HVS

Pasti kamu sudah tahu rupa kertas HVS atau kertas tulis bebas serat kayu ini. Kertas HVS terbuat dari bubur kertas atau pulp tanpa perekat (lignin). Kualitas HVS terkenal bagus dan punya variasi ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kertas HVS di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis menurut ukuran beratnya; 60 gr, 70 gr, dan 80 gr. Ukuran terbesar dikenal sebagai kertas folio (F4) dan yang terkecil adalah A4. Dari kertas ini, kamu bisa membuat beraneka prakarya.

Gold Foil Paper

Sumber gambar www.mardigrasoutlet.com

Zaman sekarang, kertas emas ini cukup susah dicari di toko-toko alat tulis, tidak seperti dahulu. Tetapi tenang saja, kertas jenis ini tetap ada kok di pasaran, mungkin kamu perlu ke toko buku besar untuk mencarinya. Kertas ini bentuknya lebih tebal dari kertas lain dan permukaannya mengkilap sehingga dipakai sebagai hiasan aneka kerajinan tangan dari kertas. Harga kertas ini berkisar dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per lembar.

Untuk memakainya, kamu perlu memotong kertasnya terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Kamu harus hati-hati saat melipatnya karena jika tidak hati-hati akan muncul bekas lipatan pada kertas ini.

Washi

Namanya berbau Jepang, ya? Yap, washi memang kertas origami dari Jepang. Walau super tipis dan permukaannya agak kasar, kertas ini berkualitas bagus dan bercorak unik. Biasanya kertas ini dipakai untuk membuat boneka washi. Harganya memang cukup mahal, dijualnya pun dicampur dengan kertas origami polos agar lebih murah. Karena diproduksi tanpa mesin alias secara tradisional dibuat dengan tangan, kertas ini termasuk langka. Materialnya pun sulit ditemukan. Tidak heran jika harganya mahal.

Chiyogami

Kertas chiyogami ini bisa dibilang campuran dari kertas washi dan HVS. Sekilas memang terlihat seperti kertas washi. Tetapi chiyogami cenderung bertekstur lembut dan lebih tebal dari chiyogami, seperti kertas HVS.

Kertas ini biasanya sarat kesan oriental, baik dari segi warna ataupun motif. Ada motif berupa bunga sakura, burung bangau, dan kereta kuda dalam balutan warna-warna pastel yang cantik. Chiyogami adalah pilihan tepat jika kamu ingin membuat origami yang tidak banyak lipatan, misalnya dompet atau buku.

Corrugated Paper

Disebut juga kertas gelombang (pleated paper). Saat pertama kali ditemukan, yaitu pada abad ke-19, kertas ini dipakai untuk membuat topi. Lama-kelamaan, karena memiliki bantalan yang bisa mencegah benturan dari luar, maka kertas ini juga dipakai sebagai pembungkus barang yang rentan pecah, seperti lampu, botol, dan barang dari kaca lainnya.

Corrugated paper bisa kamu pakai sebagai bahan kerajinan tangan. Biasanya kertas ini dipakai untuk membuat seni melipat kertas kokoru. Tak heran jika jenis kertas ini kini dikenal dengan nama kertas kokoru. Kertas ini adalah pilihan tepat jika kamu ingin membuat kartu ucapan, scrapbook, proyek desain arsitektur, atau kerajinan tangan lainnya.

Inspirasi dan Contoh Kerajinan Tangan dari Kertas

Sekarang, kamu sudah tahu jenis-jenis kertas untuk kerajinan tangan. Masing-masing kertas punya motif menarik dan unik, berbagai macam ukuran, serta warna-warna yang cantik. Semuanya mampu menjawab keinginanmu.

Selain jenis-jenis kertas di atas, tentu kamu juga bisa membuat kerajinan tangan dari kertas bekas. Malah memakai kertas bekas akan lebih bermanfaat karena kamu telah mengurangi kerusakan lingkungan akibat penggunaan kertas yang berlebihan.

Kalau kamu bingung mau melakukan apa selama liburan, maka bersiaplah mengolah kreativitasmu dengan membuat kerajinan tangan dari kertas. Sisi kreatifnya dapat, waktu luang pun tidak terbuang sia-sia. Lalu, apa kreasi yang bisa kamu ciptakan menggunakan kertas?

Perahu Layar Pinisi

Sumber gambar www.youtube.com

Berkreasi dengan kertas bisa menjadi aktivitas bermain sekaligus belajar bagi anak dan sarana rekreasi bagi orang dewasa. Misalnya dengan membuat perahu layar Pinisi. Kamu hanya perlu menyiapkan gunting, penggaris, lem kertas, pensil, dan kertas bekas.

Cara membuatnya, pertama linting kertas membentuk tiang memanjang dengan menggunakan pensil. Panjangnya sekitar 15 cm. Lakukan langkah yang sama hingga terbentuk empat tiang. Rekatkan ujung semua tiang, jadikan satu dan tekuk di bagian tengah. Lalu, potonglah kertas kecil-kecil agar bagian bawah terisi. Bagian ujung kita isi dengan potongan kertas kecil dalam bentuk horizontal. Jika bagian bawah sudah diisi, sekarang kita isi bagian kiri dengan cara serupa dan bagian ujungnya diisi potongan kertas secara horizontal. Ulangi langkah tadi pada bagian kanan.

Sekarang, pasanglah tiang kapal di bagian tengah, lalu bagian atas diisi potongan kertas kecil-kecil. Agar kapal seimbang, buat lagi empat tiang dan tempel hingga menjadi persegi panjang. Tekuk bagian ujung yang panjang. Lalu, tempelkan ke badan kapal. Untuk membuat layar, potong lagi kertas membentuk segitiga siku-siku, lalu rekatkan pada tiang. Potong lagi satu tiang dengan ukuran panjang serupa alas segitiga siku-siku tadi dan tempelkan ke bawah layar.

Jadi, deh! Kamu bisa menambahkan hiasan lain yang kamu suka agar penampilan kapal makin keren. Kalau bingung, buatlah sambil melihat video tutorial ini:

Pigura Kertas

Sumber gambar suzyssitcom.com

Kamu juga bisa membuat pigura dengan kerajinan tangan dari kertas. Agar hasilnya maksimal, gunakan kertas yang tebal, bahkan dirangkap juga lebih bagus. Bagian yang dirangkap ini berfungsi sebagai penampang. Di bagian depan pigura, kamu bisa menempelkan gulungan-gulungan kertas kecil. Sesuaikan ukuran penampang dan gulungan kertas dengan ukuran pigura yang ingin kamu buat. Kalau di rumahmu ada kertas bekas, pakai saja. Kertas dari majalah bekas oke juga. Jika ingin menambah kesan menarik, berarti kamu perlu berburu kertas hias warna-warni di toko terdekat.

Selain kertas bekas, kamu memerlukan kardus bekas yang halus, gunting, pisau, lem, dan tentunya foto yang ingin kamu pajang. Caranya gampang: potong 2 lembar kardus yang ukurannya 5 cm lebih lebar dari foto pilihanmu. Lalu, potong satu kardus di bagian tengahnya untuk muka foto, jangan lupa potong sesuai ukuran.

Kemudian, tempel foto di antara dua kardus tersebut. Bikin penyangga bingkai foto dengan kardus. Potong kertas majalah dengan ukuran panjang yang bervariasi, gulung kecil-kecil, dan rekatkan dengan lem. Atur gulungan-gulungan kertas tersebut pada pinggiran bingkai foto dan tempel menggunakan lem. Tenang, kalau masih bingung, cek tutorialnya di link berikut:

Vas Bunga

Sumber gambar www.oregonlive.com

Mau punya vas bunga dari kertas bekas? Bukan hal sulit kok, untuk membuatnya. Buat sendiri vas bungamu dengan menggunakan botol plastik bekas, tali, kertas hias, kertas bekas (bisa dari koran atau majalah), lem kertas, gunting, cutter, dan lem tembak.

Bagaimana caranya? Pertama, potong botol pada bagian tengah dengan cutter. Lintinglah kertas sebanyak-banyaknya. Oles lem pada sisi luar botol bekas. Jangan panik jika botol menjadi mengkerut, karena justru itu bagian dari seni yang memperindah botol. Setelah dilem, tempelkan lintingan-lintingan koran pada botol tadi. Jika setengah bagian dari botol sudah tertempel lintingan kertas, potonglah kertas yang tertempel mengikuti bentuk panjang botol. Lalu tempelkan lagi lintingan kertas hingga habis. Jangan lupa oleskan lem di bagian luar botol dan rekatkan tali sebagai pemanis. Untuk lebih jelasnya, klik link video tutorial ini:

Bunga Kertas

Ingin memberi kado untuk teman? Buat saja bunga dari kertas! Tentu ini lebih hemat sekaligus meningkatkan kreativitasmu. Tidak butuh banyak modal, hanya kertas berwarna (bisa menggunakan kertas krep), cotton bud (ukuran paling besar jika ada), lem, dan gunting.

Untuk membuat bunga mawar, kamu terlebih dulu harus membuat kelopak dari kertas, 8 kelopak ukuran kecil dan 8 kelopak ukuran besar. Gunting bagian bawah kelopak besar, lalu buatlah lengkung kecil di sisi atas kelopak supaya terlihat seperti bunga betulan saat direkatkan. Oleskan lem pada kelopak sebelum ditempelkan. Lalu, tata kelopak kecil, baru kelopak besar. Semakin lihai menyusun, semakin cantik bunganya. Untuk memudahkanmu, tonton video ini, ya:

Hiasan Kupu-Kupu

Kupu-kupu yang cantik bisa kamu jadikan pemanis di setiap tempat, entah di buku catatan harian, bingkai foto, bungkus kado, dan sebagainya. Bahkan, bisa juga kamu pakai sebagai penghias ruangan dengan menggantungkannya di langit-langit rumah, lo!

Yang perlu kamu siapkan adalah kertas origami bermacam warna, pensil, penggaris, dan pita bermacam warna. Buat pola kupu-kupu terlebih dahulu menggunakan pensil dan penggaris sebanyak yang kamu butuhkan. Kemudian, lipat kertas origami ke depan dan belakang. Setelahnya, ikatlah sisi tengah kertas origami dengan tali yang kuat supaya tidak gampang copot. Rentangkan sayap kupu-kupu dari lipatan tersebut.

Sekarang sudah tampak kupu-kupu buatan tanganmu sendiri. Makin cantik jika kamu menggantungkannya dengan cara menyatukan beberapa kupu-kupu pada seutas tali menjadi satu rangkaian, lalu gantung di dinding atau atap. Saat ada angin lewat, kupu-kupumu pun terlihat seperti sedang terbang. Lewat video berikut ini, kamu akan semakin paham cara membuatnya:

Burung Kertas

Kerajinan tangan dari kertas berbentuk burung juga cantik digantung di kamar atau ruangan dalam rumah. Bahkan hiasan burung bakal menambah suasana tenang dan nyaman. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan kertas origami warna-warni.

Cara membuatnya, lipat kertas tersebut menjadi segitiga, tetapi pastikan sisi berwarnanya ada di dalam lipatan. Ambil satu bagian sisi origami, lipat ke tengah, dan lipat bagian atas ke belakang. Lipat terbalik pada bagian luar origami, lalu lipat lagi bagian bawah ke depan dan belakang. Lipat sesuai pola burung, sedangkan pada kepala burung kamu bisa membentuknya dengan melipat ke dalam. Lalu, lipat sisi kiri ke dalam dan lipat ekor ke luar. Burung camarmu siap dipajang! Masih bingung? Video ini pasti bisa membantumu:

Pop-up Card

Wah, kerajinan tangan satu ini dijamin bakal melatih kreativitasmu. Pop-up card makin populer di era sekarang karena bentuknya yang lucu. Bisa dipakai sebagai kartu ucapan atau kartu undangan. Desain uniknya bakal bikin penerima kartu makin terkesan. Pasti mereka senang deh, jika diberi kartu seperti ini. Tidak percaya? Bikin sendiri, yuk!

Sediakan gunting, kertas lipat, kertas karton atau asturo, lem, pensil, dan penggaris. Siap? Pertama, potong dan tekuk kertas sesuai pola yang kamu inginkan. Tambahkan manik-manik atau hiasan lain sebagai pemanis. Kamu juga bisa membuat bunga atau kupu-kupu dari kertas lipat agar kartu buatanmu makin cantik. Penasaran ingin lihat langsung caranya? Tonton di sini, ya:

Tas Jinjing

Tas jinjing dari kertas lebih dikenal dengan nama paper bag. Tidak asing kan, dengan yang satu ini? Karena terbuat dari kertas, kamu hanya bisa menggunakannya untuk membawa barang yang ringan dan tidak banyak. Di era sekarang, paper bag banyak dipakai sebagai wadah kado atau hadiah. Hadiah yang ingin diberikan kepada seseorang tidak perlu dibungkus kertas kado, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam paper bag. Ada berbagai macam model paper bag yang bisa kamu temui di toko alat tulis hingga pasar swalayan. Tapi tahukah kamu bahwa kamu bisa membuatnya sendiri? Tentu lebih hemat dan berkesan.

Kamu tinggal menyiapkan kertas kado atau kertas lain seperti yang kamu inginkan, karton, gunting, perekat double tape, pita atau tali lain, dan pembolong kertas. Jika semua sudah siap, gunting terlebih dulu kertas kado sesuai ukuran yang kamu butuhkan. Tetapi, lebihkan ukuran panjang dan tingginya menjadi 2 kali dari ukuran barang yang akan kamu masukkan ke paper bag.

Langkah selanjutnya, tempel perekat double tape di sisi samping, mulai dari atas hingga ke bawah. Rekatkan ujung yang berlawanan pada bagian yang ada double tape. Pindahkan bagian sambungan ke samping, sehingga sambungan antar kertas tertutup. Sekarang, lipat sisi bawah kertas, lipat juga kedua ujung yang terlipat, hingga membentuk segitiga. Lipat sisi atas dan bawah, lebih dari setengah yang telah terlipat.

Kemudian rekatkan bagian atas dan bawah yang sudah terlipat, tetapi jangan sampai menempel dengan sisi dalam kertas ya, cukup disambungkan saja bagian yang terlipat. Lipat lagi sisi atas, lalu gunting ujung-ujung yang telah terlipat sesuai panjangnya. Kemudian, potong karton sesuai tinggi dan lebar bagian atas yang sudah dilipat. Sediakan lagi 2 potong karton berukuran sama. Satukan karton pada sisi dalam lipatan, rekatkan lagi ke dalam lipatan. Karton di sini berfungsi menguatkan sisi atas yang dilipat.

Setelah itu, buat empat lubang dengan pembolong kertas, pastikan jaraknya sejajar dan sama. Jika sudah, masukkan tali ke dalam sebuah lubang. Ikatlah tali dan lakukan lagi pada lubang lain. Taraaa! Kini, paper bag buatanmu sudah siap pakai! Agar tidak bingung, tonton videonya di sini :

Paper Craft

Kerajinan tangan dari kertas satu ini juga heboh di Indonesia, bahkan sudah ada komunitas khususnya, lo. Paper craft adalah sebutan untuk seni memotong, melipat, serta menyambungkan kertas hingga membentuk suatu objek yang kita inginkan, misalnya mobil, binatang, rumah, dan sebagainya. Mirip origami, ya? Betul, paper craft memang versi terbaru dari origami, tetapi bentuk paper craft lebih mirip dengan bentuk objek asli.

Hal yang paling penting untuk disiapkan pertama kali adalah pola dari objek yang ingin kita buat, entah itu benda, benda mati, atau apa pun. Jika temanmu mengidolakan Harry Potter dan kamu ingin memberikan paper craft tokoh Harry Potter, unduh polanya di situs web khusus kumpulan pola bernama Papertoys. Dia pasti senang melihat Harry Potter berdiri di depan matanya! Dalam bentuk mainan kertas, tentunya.

Selanjutnya siapkan kertas, printer, dan gunting, serta lem. Cetak pola yang kamu dapatkan, lalu gunting, dan rekatkan sesuai pola. Paper craft buatanmu pun sudah jadi. Agar lebih jelas, buatlah sambil menonton tutorial video ini:

Keranjang Kertas

Sumber gambar www.youtube.com

Keranjang dari kertas? Buat apa, ya? Jangan salah, kamu bisa memakai keranjang kertas ini sebagai kado dan pajangan pemanis ruangan. Luangkan waktumu untuk melakukan aktivitas kerajinan tangan yang menyenangkan ini. Hal yang paling penting dari kerajinan ini adalah mudah dibikin. Lakukan eksplorasi lebih banyak bentuk dan motif keranjang agar lebih menarik.

Untuk langkah pertama, siapkan dulu potongan kertas panjang sebagai modal anyaman keranjang. Pakai tiga karton ukuran 21,25 x 27,5 cm. Pada bagian atas kertas yang menjadi alas keranjang, buatlah garis horizontal dengan ukuran 8,75 cm dari sisi atas dan sebuah garis dengan ukuran 8,75 cm dari sisi bawah. Kedua garis ini bakal membantumu menyusun bagian bawah keranjang. Lalu, potong-potong kertas selebar 12,5 cm. Gunakan satu karton tebal warna netral (hitam, cokelat, putih, dan sebagainya) sebagai bagian bawah keranjang. Pilih warna apa saja untuk dua lembar kertas lainnya. Pemilihan warna ini bakal memperbagus dekorasi keranjangmu.

Langkah kedua, anyamlah dasar keranjangmu. Taruh delapan potongan kertas panjang secara berdampingan sampai garis pada setiap potongannya mengarah ke atas dan terbentuklah garis. Mulai dari atas garis, anyam potongan lainnya yang berwarna sama lewat potongan yang sudah kamu buat, dimulai dari atas satu potongan dan sesudahnya di bagian bawah potongan. Seret potongan kertas ke tengah secara horizontal sesuai potongan hasil tatananmu.

Pakai potongan kertas warna serupa, anyamlah lewat potongan-potongan lain, tapi dari arah berbeda dari pertama tadi. Jadi, potongan ini bakal masuk di bawah potongan pertama. Lalu, geser lagi potongan kertas terakhir supaya rapat dan rapi. Lakukan langkah ini untuk delapan potongan kertas berikutnya. Bagian bawah keranjang kini selesai dibuat, dan hasilnya membentuk bujur sangkar berukuran 10 x 10 cm, tepat di bagian dalam garis yang kamu gambar di setiap potongan kertas. Kini, kamu punya delapan potongan kertas bujur sangkar dengan bagian terurai ke luar sepanjang 8, 75 cm.

Ketiga, tekuk ke luar setiap potongan kertas ke luar sisi keranjang, setiap sisi bakal tegak dengan ukuran tinggi yang sama. Letakkan sebuah kotak berukuran 10 x 10 cm pada bagian tengah keranjang, lalu lipat kertas ke arah kotak agar langkah selanjutnya mudah kamu lakukan.
Anyamlah potongan kertas warna di tengah potongan kertas yang kini menjalar vertikal ke bagian dasar. Lipatlah supaya tepat membentuk sudut keranjang. Mungkin kamu bakal butuh satu setengah potongan kertas agar keranjang berhasil dikelilingi.

Tempelkan dua potongan kertas menggunakan lem, lalu taruh sambungannya ke dalam keranjang agar tertutupi potongan kertas dari bawah keranjang. Sehingga, keranjangmu rapi tanpa terlihat sambungannya. Lalu, anyam lagi potongan kertas hingga menutupi keranjang, dan lem kedua ujungnya jika sudah selesai. Tutupi sambungannya dengan cara serupa tadi.

Ulangi langkah-langkah ini menggunakan potongan kertas dengan warna yang sama. Lakukan dengan cara diselang-seling ke bawah dan atas potongan kertas agar hasil anyamannya berbentuk seperti kotak catur. Setelah selesai, tempelkan ujung-ujung potongan kertas dengan lem ke puncak potongan kertas yang selesai kamu anyam. Lalu, tempel potongan kertas karton yang lebih lebar ke atas keranjangmu, taruh di atas potongan kertas yang membujur. Tambahkan potongan yang sama di bagian luar ranjang. Kalau kamu mau menambah pegangan, tempelkan dua potongan kertas ke kedua sisi keranjang. Tonton video ini agar langkahmu tidak salah. Semoga berhasil!

From our editorial team

Melepaskan Stres dengan Membuat Kerajinan Tangan

Aktivitas membuat kerajinan tangan ternyata bukan sekadar hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Aktivitas ini memiliki manfaat lain yaitu sebagai pelepas stres. Membuat kerajinan tangan dapat membuatmu berkonsentrasi dan berfokus pada apa yang sedang kamu kerjakan dan mengalihkan pikiranmu dari tekanan dan masalah yang sedang dihadapi.

Tag