Cara Membuat Sendiri Sepatu Lukis dan 8 Brand Pilihan Kalau Malas Membuatnya Sendiri

Cara Membuat Sendiri Sepatu Lukis dan 8 Brand Pilihan Kalau Malas Membuatnya Sendiri

Sepatu lukis punya daya tarik tersendiri buat kamu yang selalu ingin tampil beda. Hasil buatan tangan yang orisinal membuat sepatu lukis punya kekhasan yang tidak bisa ditemukan pada sepatu lain. Kalau kamu ingin tahu banyak tentang sepatu lukis, yuk simak yang berikut ini!

Sepatu lukis, trend terbaru dalam menggunakan sepatu

Sepatu lukis sedang menjadi trend di kalangan anak muda sekarang ini. Bukan hanya keren dalam segi penampilan saja, sepatu ini juga bisa menjadi identitas dan ciri khas kamu dalam gaya berpakaian. Tidak semua jenis sepatu bisa dijadikan sepatu lukis, umumnya sepatu lukis ini berbahan dasar kanvas yang mudah dijadikan tempat untuk berkreasi dengan segala jenis pewarna, terutama pewarna pakaian.

Yang membuat sepatu ini trend adalah motifnya yang tidak biasa dan ada beberapa produsen yang menyediakan jasa custom untuk jenis sepatu lukis ini. Saat menggunakan sepatu ini kamu dapat memberikan kesan lebih, dan pastinya sangat cocok untuk kamu yang suka dengan tampilan stylish.

Kelebihan sepatu lukis

Produk bisa menarik perhatian banyak, pasti disebabkan oleh kelebihan yang mungkin hanya dimiliki dari produk tersebut. Dan untuk jenis sepatu ini lukis ini, tentunya ada beberapa kelebihan yang membuatnya menonjol dibandingkan dengan jenis sepatu lainnya. Di bawah ini sudah ada beberapa point tentang kelebihan sepatu lukis ini :

Tidak akan kembaran sama teman

Kelebihan yang paling mendasar pada sepatu lukis ini, tentu saja pada motifnya yang memungkinkan kamu untuk tampil dengan barang yang tidak ada satupun memilikinya selain kamu. Hal itu disebabkan oleh rata-rata produsen yang menyediakan sepatu ini menggunakan sistem made by order yang tentunya kamu bisa menentukan motif atau gambar apa yang kamu inginkan di sepatu kamu.

Nyaman dipakai

Selain keren dengan gaya yang kamu inginkan, sepatu jenis ini juga terbilang cukup nyaman dalam pemakaiannya karena menggunakan bahan kanvas yang lembut. bahan kanvas ini juga bisa dibilang bahan yang ringan untuk dijadikan bahan dasar sepatu dan juga dapat menjaga sirkulasi udara pada kaki kamu sehingga tidak menimbulkan lembab yang dapat membuat bau kaki yang tidak enak.

Dilukis handmade

Sumber gambar id.pinterest.com

Biasanya sepatu untuk jenis handmade ini memiliki harga yang cukup mahal, hal itu disebabkan karena memang tingkat kesulitan untuk membuat sepatu unik cukup tinggi. Sepatu ini biasanya di desain secara handmade oleh seniman atau pengrajin yang memiliki kualitas yang sangat baik dalam menggambar.

Memiliki identitas pribadi

Sumber gambar www.youtube.com

Yang kerennya lagi, sepatu ini bisa menjadi identitas kamu dalam gaya berpakaian. Dengan membeli sepatu ini, bisa dipastikan hanya kamu yang mempunyai sepatu dengan motif yang kamu pilih. Membuat penampilan kamu berbeda dan tidak sama dengan orang lain.

Cara membuat sepatu lukis sendiri

Untuk mendapatkan sepatu ini, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan cara membeli dan memesan pada produsen yang menawarkan sepatu jenis ini, atau kalau kamu merasa memiliki kemampuan dan mau berusaha lebih bisa dengan cara membuat sepatu lukis kamu sendiri.

Hal ini tentunya tidak mudah, setidaknya kamu memiliki kemampuan menggambar untuk mendapatkan hasil yang bagus. Ada juga beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat sepatu lukis ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa point di bawah ini yang dapat membantu kamu dalam membuat sepatu lukis sendiri :

Bahan-bahan yang diperlukan

Sumber gambar www.fahv.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan barang yang diperlukan untuk membuat sepatu lukis ini. Ada beberapa barang pokok yang harus ada seperti sepatu pastinya, kuas, pensil, cat kanvas, dan juga pallet sebagai tempat mencampurkan warna agar memiliki warna yang variatif. Semua bahan ini tidak harus memiliki harga yang mahal, semua tergantung cara kamu mengaplikasikannya dalam sepatu kanvas kamu.

Cara membuatnya

Dalam melukisnya kamu juga harus bisa teliti, seperti membersihkan dari kotoran terlebih dahulu, memikirkan apa yang akan kamu gambar, dan satu hal yang harus kamu ketahui adalah, semakin sulit gambar yang ingin kamu buat, semakin sulit juga tingkat kesulitannya. Maka dari itu pilihlah gambar yang menurut kamu simple, dan pastinya bisa kamu buat. Setelah semua yang tadi disebutkan sudah kamu siapkan, sekarang yuk masuk kepada step by stepnya, yaitu :

  • Buatlah sketsa atau pola dari gambar yang ingin kamu buat, ini penting untuk mendapatkan hasil lukisan yang sangat baik.
  • Lalu beri warna pada pola yang sudah kamu gambar sesuai dengan referensi yang kamu miliki. Dalam mewarnai ini kamu harus lebih hati-hati, mulai dari mencampurkan warna dengan air hingga pada mengaplikasikannya pada kanvas.
  • Setelah memberikan warna, kamu tinggal mengeringkannya dengan sinar matahari atau hair dyer kalau ingin hasil yang lebih cepat.

Estimasi biaya

Kalau kamu mempertanyakan, kira-kira berapa biaya yang harus kamu siapkan untuk membuat sepatu lukis ini, bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Misalnya kalau kamu memiliki budget yang tipis, bisa dengan menggunakan sepatu kanvas yang berharga murah yaitu mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 150.000-an. Untuk catnya kamu bisa membelinya di toko alat tulis dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 20.000-an, biasanya harga tersebut sudah termasuk kuas melukis yang sepaket dengan catnya. Untuk palletnya, kamu bisa menggunakan tutup botol mineral yang jumlah bisa disesuaikan dengan warna yang ingin kamu gunakan.

Kalau ingin praktis, inilah sepatu lukis yang bisa kamu beli

Kalau kamu adalah tipe orang yang tidak ingin ribet atau memiliki budget yang cukup untuk membeli sebuah sepatu lukis ini. Kamu bisa membelinya di beberapa online shop ternama di Indonesia. Ada juga beberapa seniman yang menawarkan jasanya di online shop ini untuk membuat sepatu lukis. Berikut ini ada beberapa produk sepatu lukis yang tentunya bisa kamu jadikan rekomendasi, yaitu :

Wakai Slip On

Sumber gambar www.blibli.com

Wakai adalah produsen sepatu asal jepang yang menawarkan jenis slip on dengan bahan kanvas yang beragam warna yang pastinya bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan sepatu lukis. Selain bentuknya yang khas, sepatu ini juga menawarkan kenyamanan kepada pemakainya, karena menggunakan bahan kanvas yang lembut serta outsole yang lentur. Ada model produk yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu, pertama Wakai WAK-CW01709-ICHI dan yang kedua ada Wakai WAK-SLW11617-HSGMDROOSTER.

Walaupun kedua produk ini menggunakan model slip on, tapi memiliki perbedaan pada beberapa bagian detailnya. Perbedaan yang paling mencolok pada kedua sepatu ini adalah pada bagian outsolenya. Kedua sepatu Wakai berbahan kanvas ini bisa kamu dapatkan di website Blibli dengan harga Rp 569.000 untuk Wakai WAK-CW01709-ICHI dan Rp 429.000 untuk Wakai WAK-SLW11617-HSGMDROOSTER.

Roemah Spocut

Sumber gambar www.bukalapak.com

Roemah Spocut adalah usaha rumahan yang didirikan oleh seniman Tary Suwarno sejak tahun 2010 dan terkenal dengan berbagai sepatu lukisnya. Awalnya Roemah Spocut memproduksi berbagai sepatu dengan desain kartun yang hand made.

Walalupun produk sepatu keluaran Roemah Spocut ini memiliki kualitas yang cukup tinggi dengan desain yang menarik, fakta tersebut tidak membuat harga produsen lokal ini menjadi mahal. Hal ini terbukti dari dua produk yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu sepatu yang bergambar Doraemon dengan harga Rp 130.000 dan juga bergambar #RS5 yang seharga Rp 110.000. sepatu dengan bahan kanvas dan berbahan cat tekstil ini dapat kamu beli di website bukalapak.co.id.

Meeyoung

Sumber gambar www.facebook.com

Sepatu Meeyoung merupakan salah satu produsen local yang menyediakan produk sepatu lukis yang tidak kalah keren dengan sepatu lukis lainnya. Di Meeyoung ini, kamu bisa membuat sepatu kamu sesuai dengan permintaan, karena mereka menawarkan sistem made by order yang tentunya membuat sepatu kamu hanya dibuat khusus untuk kamu.

Untuk model sepatu yang ditawarkan juga cukup general untuk kalangan muda, yaitu flat bertali yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 90.000 dan model converse yang full tali dengan harga Rp 100.000 ribu saja. Kamu bisa memesan sepatu buatan Meeyoung ini di Facebook resmi Meeyoung dan tentu saja dapat kamu pesan dengan desain sesuai dengan keinginan kamu.

Artmedia88

Sumber gambar artmedia88.weebly.com

Yogyakarta yang sudah terkenal dengan kota budaya yang kental akan seni dan masyarakatnya yang kreatif juga ikut meramaikan pasar sepatu jenis lukis ini. Di kota ini terdapat produsen sepatu lukis yang bernama Artmedia88 yang menawarkan batik sebagai motif andalan sepatu lukisnya.

Walaupun batik merupakan motif andalannya, tapi produsen ini juga menyediakan jasa custom yang desainnya bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Harga yang mereka tawarkan juga terbilang cukup murah, yaitu mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 100.000. Untuk membeli sepatu ini, kamu bisa langsung ke website resmi produsen ini yaitu artmedia88.webbly.com.

Miew

Sumber gambar www.facebook.com

Miew merupakan sebuah industry rumahan yang fokus untuk menjual produk sepatu lukisnya. Toko yang terletak di jalan Parangtritis ini adalah miliki seorang wanita berumur 23 tahun yang bernama Mia. Ide untuk membuat toko ini bisa dibilang tidak disengaja, karena awalnya dia hanya iseng memposting sepatu hasil karyanya di Facebook dan ternyata mendapat hasil positif dari para rekannya. Hasil positif itu bukan hanya sekedar apresiasi, tidak sedikit orang yang akhirnya memutuskan untuk memesan sepatu tersebut.

Hingga sekarang, toko ini sudah memiliki banyak pelanggan setia yang disebabkan dari segi desain yang sangat bagus dan rapid an harga yang mereka tawarkan juga termasuk cukup murah yaitu mulai dari Rp 150.000 untuk koleksi sepatu lukis wanita, dan Rp 200.000 untuk koleksi sepatu lukis pria dengan sistem made by order.

Slight Art To Wear

Sumber gambar www.slightshop.com

Slight Art To Wear merupakan salah satu produsen yang mendiakan jenis sepatu lukis. Sepatu yang dibuat secara handmade dengan menggunakan berbagai alat yang modern ini memiliki cita rasa seni yang cukup tinggi dan membuat sepatu ini memiliki karakter tersendiri. Perusahaan yang didirikan oleh 2 orang kaka beradik yang bernama Ica dan Dina ini memiliki awalnya didirikan dari hobi melukis yang dimiliki Dina dan passion menjual barang dari Ica yang akhirnya menciptakan suatu produk yang dapat dikenal oleh masyarakat banyak.

Untuk produknya, ada 2 yang bisa dibilang rekomended untuk jenis sepatu lukis yaitu Sepatu Flats Lukis Feather Hitam seharga Rp 298.000 yang menggunakan bahan katun jepang dengan kualitas terbaik dan Sepatu Lukis Wedges Kupu-kupu yang mengusung konsep keindahan dari kupu-kupu dan dikombinasikan dengan beragam warna cerah yang membuat pemakainya dapat memberikan kesan fashionable. Untuk membeli sepatu ini, kamu bisa langsung ke website resmi Slight Art To Wear yaitu slightarttowear.web.indotrading.com.

Santica

Sumber gambar www.tokopedia.com

Santica adalah produsen sepatu lukis yang juga menggunakan sistem made by order. Dalam proses pengerjaannya, produsen ini hanya membutuhkan waktu 3 hari diluar waktu pengiriman untuk dapat kamu nikmati hasilnya. Santica terletak di daerah Pasuruan, namun tentunya kamu bisa temukan lewat media sosial seperti tokopedia.com atau di website beningbatik.wixsite.com dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 130.000 untuk model sepatu lukis standar, sampai dengan Rp 140.000 untuk model sepatu lukis type vans.

Pyopyu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Yang terakhir ada produsen yang bernama PYOPYU yang menyediakan produk sepatu lukis yang memiliki kualitas tinggi dengan berbagai bahan pilihan tentunya. Produsen yang memiliki workshop di daerah Jakarta selatan ini menawarkan berbagai produk sepatu lukis dengan ukuran yang sangat beragam dan desain yang bisa sesuai dengan keinginan kamu.

Ada 2 produknya yang rekomended dan tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih sepatu lukis ini. Yang pertama adalah Nightmare Casual yang seharga Rp 175.000 dengan menggunakan desain tengkorak sebagai iconnya. Dan yang kedua ada Forever Pyopyu yang seharga Rp 250.000, sepatu ini menggunakan merek Converse Warrior yang sudah teruji ketahanannya, selain itu sepatu ini juga bisa dipesan untuk couple. Untuk membeli kedua produk ini, kamu bisa langsung di website tokopedia.com.

From our editorial team

Mengenakan sepatu lukis saat bepergian adalah cara terbaik untuk tampil keren dan beda

Tak perlu lagi ragu untuk melangkah dengan sepatu lukis. Meski tidak sama dengan sepatu kebanyakan, tapi justru sepatu lukis--khususnya yang custom, mampu membuat kamu unik dan berbeda dari yang lain. Dengan rekomendasi produk yang kami berikan, kami berharap kamu mampu lebih lagi menunjukkan jati diri kamu secara bebas lewat sepatu tersebut!