Mau Anak Anda Bertambah Cerdas? Kembangkan Saja Kreativitasnya dengan 10 Kerajinan Tangan yang Mudah Ini! (2018)

Mau Anak Anda Bertambah Cerdas? Kembangkan Saja Kreativitasnya dengan 10 Kerajinan Tangan yang Mudah Ini! (2018)

Anak berusia TK pasti sering mendapatkan pelajaran membuat kerajinan tangan di sekolah. Tak sekadar untuk menghasilkan sesuatu saja, namun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas ini. Ajak anak Anda membuat kerajinan tangan di rumah. Anda dan buah hati akan merasa senang bisa menghabiskan waktu bersama dengan cara yang mengasyikkan.

Kreativitas Anak-anak Sudah Harus Diperkenalkan Sejak Dini

Kreativitas adalah proses imajinatif untuk membuat sesuatu yang baru. Pengembangan kreativitas pada anak harus dilakukan sejak dini karena berpengaruh terhadap aspek-aspek perkembangan anak di usia dini. Bila kreativitas tidak berkembang, maka akan sulit mengembangkan kecerdasan anak serta mengetahui minat bakatnya.

Di sinilah pentingnya peran orangtua untuk membantu anak mengembangkan kreativitasnya. Proses kreativitas anak tidak selalu harus dilakukan di sekolah. Lebih bagus lagi jika orangtua juga terlibat. Ajak anak berkreasi membuat benda-benda sederhana di rumah untuk mengembangkan kreativitasnya.

Membuat Kerajinan Tangan Bersama Anak

Aktivitas membuat kerajinan tangan bersama anak termasuk sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan membuat kerajinan tangan bersama anak; meningkatkan kecerdasan otak anak, melatih kecerdasan motorik, dan mendekatkan hubungan orangtua dan anak.

Ada sejumlah benda yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan, misalnya botol bekas, koran bekas, kardus bekas, dan lainnya. Peralatan yang harus disiapkan adalah gunting, lem, dan pensil.

Rekomendasi Kerajinan Tangan untuk Anak Usia TK

Gajah Kertas Super Besar

Sumber gambar mamanya.wordpress.com

Melipat kertas atau origami adalah salah satu kerajinan yang bisa mengajarkan anak untuk berfokus kepada sesuatu. Anak harus memperhatikan dengan seksama cara melipat yang benar hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Salah satu bentuk yang disukai anak adalah gajah. Kerajinan melipat kertas bentuk gajah berikut ini bisa dicoba oleh anak berusia TK.

  • Siapkan kertas origami dengan ukuran 16 x 16 cm yang memiliki warna yang berbeda pada sisi-sisinya. Misalnya pada contoh ini kertas origaminya memiliki warna abu-abu dan putih.
  • Letakkan bagian kertas berwarna putih di bagian atas. Sudut kertas sebelah kiri atas dilipat ke arah sudut yang berada di kanan bawah. Jangan dilipat hingga benar-benar sampai ke ujungnya. Sisakan sekitar 1/5 bagian. Ini adalah bentuk punggung gajah.
  • Lipatlah sudut yang berada di kanan atas ke arah kiri. Lipatan tersebut akan membentuk sudut yang lancip berbentuk belalai sekaligus kepala dan telinga yang membesar ke arah atas.
  • Selanjutnya, lipat kembali kertas origami dengan lipatan vertikal kira-kira 3 cm. Kemudian, lipat ke belakang tepat pada batas lapisan putih dan abu-abu. Tinggal sisakan bagian yang memiliki warna putih pada bagian bawah yang berbentuk belalai. Tubuh gajah akan berwarna abu-abu. Bentuk gajah yang sedang duduk pun sudah jadi.

Bunga Kertas

Sumber gambar carajuki.com

Bunga kertas yang cantik juga tidak kalah menarik untuk dibuat. Caranya mudah dan sederhana. Alat dan bahannya pun mudah didapatkan. Siapkan gunting, benang, kertas krep, lem kertas, dan lidi. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, disimak!


Cara Membuat:

  • Siapkan kertas krep berwarna merah muda atau merah untuk bunga dan warna hijau untuk daun.
  • Gambarlah bentuk mahkota bunga, kelopak, dan daun sebanyak 12 helai pada kertas krep, lalu gunting. Namun, kelopak dan daun dibuat dobel agar menjadi lebih tebal.
  • Beri sedikit lem pada mahkota bunga dan tumpuk sebagian sehingga terbentuk berjajar. Potong kertas membentuk lingkaran untuk dijadikan benang sari. Sisa-sisa kertas krep bisa diremas-remas sehingga terbentuk bola-bola kecil. Bungkus bola-bola itu dengan kertas berbentuk lingkaran tadi. Ambil lidi, masukan ke tengah-tengah bola, kemudian ikat dengan benang.
  • Beri lem pada lidi yang telah dipasang benang sari dari bola-bola kertas. Kemudian, lingkari lidi dengan mahkota bunga. Atur bentuknya agar menyerupai bunga. Kemudian ikatlah rangkaian bunga dengan benang dengan kencang agar bunga tidak mudah lepas.
  • Pasang kelopak bunga yang bagian tengahnya telah dilubangi. Beri sedikit lem pada kelopak tersebut, kemudian masukkan tangkai lidi pada lubang dan tempelkan pada bunga bagian bawah.
  • Untuk tangkai, bungkus dengan kertas krep berwarna hijau. Caranya dengan memberi lem pada seluruh permukaan lidi. Kemudian tempel kertas krep pada lidi dengan cara melingkar, dimulai dari kelopak bunga hingga ujung lidi. Berikan lem sedikit pada kertas pelipit. Setelah itu, rekatkan pada ujung lidi sehingga semua tangkai tertutup kertas krep. Agar bunga lebih menarik lagi, pasangkan daun di tengah-tengah tangkai dengan cara dilem.

Ular Kertas

Ada pula kreasi membuat binatang yang mudah untuk dilakukan oleh anak TK. Membuat ular kertas sangat simpel dan mengasyikkan. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Siapkan saja 4-5 lembar kertas berwarna dengan warna berbeda, pensil, krayon/spidol warna, tutup botol/koin, lem kertas, dan gunting. Berikut ini caranya.

Cara membuat:

  • Buat pola lingkaran menggunakan alat bantu pada kertas warna, sehingga terbentuk 4 hingga 5 lingkaran pada setiap kertas berwarna.
  • Buat juga dua buah lingkaran kecil untuk menjadi mata ular. Warnai dengan menggunakan krayon atau spidol berwarna.
  • Bentuk pula pola lidah ular dan warnai.
  • Guntinglah semua pola lingkaran, baik untuk tubuh, lidah, maupun mata.
  • Siapkan sebuah kertas yang besar sebagai dasar ular. Kemudian dengan lem kertas, tempelkan semua lingkaran tersebut pada kertas hingga membentuk tubuh ular. Agar tampak cantik, tempelkan lingkaran dengan cara selang-seling warna. Atur supaya bentuknya agak sedikit melengkung.
  • Pada bagian kepala, tempelkan mata dan lidah ular.
  • Agar menjadi lebih menarik, beri ornamen yang menyerupai rumput. Dan jadilah ular kertas yang unik.

Lukisan dari Cat Air

Ini dia yang paling disukai anak, bermain dengan cat. Anda bisa mengarahkan hobi bermain catnya agar menjadi lukisan yang menarik. Caranya mudah. Cukup sediakan cat air, kertas, dan kuas. Anak pun siap diajarkan melukis dengan cat air. Yuk, disimak caranya!

Buatlah garis-garis hingga membentuk dahan dan tangkai. Kemudian lanjutkan dengan membuat lengkungan hingga berbentuk daun pada tangkai tersebut. Buatlah beberapa helai daun. Warnai gambar tadi dengan cat air. Mudah, bukan?

Rumah Burung Kertas

Kali ini kerajinan tangan yang dibuat adalah rumah burung kertas. Anda akan mengajarkan anak untuk membuatnya dari kertas origami dengan teknik melipat. Alat yang diperlukan adalah kertas origami, spidol, spidol berwarna, pensil, penggaris, lem kertas, serta gunting atau cutter. Supaya lebih jelas, lihat caranya pada tautan berikut ini: http://novehasanah.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-rumah-rumahan-dari-kertas.html.

Cap Tangan dari Cat Air

Sumber gambar www.friso.co.id

Anak-anak terutama anak TK sangat suka bermain cat. Apalagi untuk mengotori semua media yang bisa mereka temukan. Bayangkan betapa senangnya mereka karena bisa membuat cap dari tangan dan kakinya sendiri. Apalagi jika cap tersebut berwarna warni. Tidak ada salahnya kan sekali-kali membiarkan anak untuk bermain-main dengan cat. Namun gunakan cat yang aman. Untuk itu, Anda dapat mengajak anak untuk membuatnya sendiri. Caranya juga sangat simpel. Yuk, dicoba!

Cara membuat:

  • Siapkan 2 gelas tepung maizena, 2-3 jenis pewarna makanan, 4,5 gelas air panas, 1 gelas air dingin, dan mangkuk.
  • Campur tepung maizena dengan air dingin dan aduk hingga rata.
  • Tambahkan air panas, dan aduk kembali hingga menjadi kental.
  • Siapkan 2-3 wadah dan masing-masing diberi pewarna makanan sebanyak 1 sendok kecil.
  • Tuangkan adonan yang telah dibuat ke masing-masing wadah dengan takaran yang sama banyak.
  • Aduk adonan pada masing-masing wadah hingga rata.
  • Masukkan tangan anak ke dalam mangkuk berisi wadah. Setelah itu, tekan tangannya yang berwarna ini ke atas kertas kosong. Ia pasti senang melihat gambar tangannya sendiri.

Kodok Kertas

Sumber gambar bermaindanbelajar.com

Selain gajah, origami kodok juga bisa dibuat oleh anak. Bentuknya menarik sehingga anak menjadi tertarik. Simak caranya pada tautan ini: http://bermaindanbelajar.com/membuat-origami-kodok.html#more-28.

Menggambar dengan Krayon

Sumber gambar www.anakcemerlang.com

Tahukah Anda bahwa banyak sekali manfaat dari aktivitas mewarnai untuk anak. Aktivitas ini dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, mengenal perbedaan warna, meningkatkan konsentrasi, dan sebagai media berekspresi. Salah satu alat yang mudah digunakan adalah krayon yang memiliki tekstur yang lembut seperti lilin dan nyaman di tangan anak Anda.


Ada beberapa tips dan trik untuk mewarnai dengan krayon agar hasilnya bagus dan krayon tidak cepat habis. Disimak, ya!

  • Untuk mewarnai sebuah gambar, mulailah dari bagian yang lebih detail terlebih dahulu, misalnya bagian mulut, mata, jari kaki, atau jari tangan.
  • Mulailah mewarnai dengan menggunakan warna yang lebih gelap atau lebih tua. Setelah itu dilanjutkan ke warna yang lebih terang dan seterusnya.
  • Jangan biarkan ada bagian gambar yang kosong. Warnailah secara merata, sehingga tidak timbul bercak-bercak warna.
  • Berhati-hatilah mewarnai bagian pinggir sebuah gambar agar tidak ada warna yang keluar dari garis gambar.
  • Terakhir, garis-garis pada gambar dapat ditebalkan dengan menggunakan pensil 8B. Setelah gambar selesai diwarnai, sebaiknya diperiksa kembali sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan.

Kolase

Sumber gambar www.rifanfajrin.com

Siapa bilang baran-barang rongsokan seperti kardus, majalah lama, koran bekasi, plastik, kaleng dna lainnya tidak bermanfaat? Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kolase bersama anak. Siapkan saja peralatan menggambar, koran bekas, karton putih atau kertas sketsa/gambar, lem, dan gunting.

Caranya, buatlah pola atau sketsa gambar di atas kertas. Mintalah anak Anda menggunting koran bekas hingga menjadi potongan yang kecil-kecil.Beri lem pada potongan-potongan koran tersebut dan tempelkan di atas pola gambar. Kolase dari koran bekas sudah jadi.

Ulat di Atas Daun

Bila Anda melihat anak bermain gunting, sebaiknya jangan dilarang. Namun, ada baiknya Anda mengawasi sambil mengajarinya berkreasi. Kegiatan menggunting dan menempel kertas bisa membantu melatih motorik halus anak. Membuat kreasi ulat kertas adalah salah satu kerajinan tangan yang mudah dibuat.

Alat dan bahan yang diperlukan adalah pensil warna/krayon/cat air, gunting, 2 lembar kertas sampul/kertas bufallo bekas, penggaris, pensil, lem kertas, isolasi transparan dengan lebar 1 cm atau doubletape, dan spidol. Untuk caranya, silakan lihat pada tautan berikut ini: http://novehasanah.blogspot.co.id/2014/06/cara-membuat-ulat-kertas-untuk-anak-tk.html.

From our editorial team

Membebaskan anak dalam berkreasi agar kecerdasan dan kemandirian makin berkembang

Banyak pilihan kerajinan tangan yang mudah dibuat oleh anak. Biarkan ia berimajinasi sesuai keinginannya dan jangan dibatasi. Jika dibatasi, kreativitasnya malah akan terhambat. Anda hanya perlu mengawasi saja, misalnya agar berhati-hati menggunakan benda-benda tajam seperti gunting.

Tag