Merokok dengan Aman dan Ramah Lingkungan dengan Rokok Elektrik Vape Pilihan

Merokok dengan Aman dan Ramah Lingkungan dengan Rokok Elektrik Vape Pilihan

Saat ini rokok elektrik atau sering disebut Vape sudah menjadi trend. Banyak yang beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik ini dengan sejumlah alasan. Apa saja alasannya? Simak ulasan BP-Guide berikut ini.

Rokok listrik adalah varian inovasi dari rokok tembakau ke rokok modern

Seiring perkembangan zaman, banyak benda yang berinovasi. Tidak ketinggalan rokok, yang sekarang juga berinovasi menjadi rokok elektrik. Rokok jenis ini sering disebut rokok Vape, memiliki kelebihan dari segi hemat biaya. Sebab, rokok ini bisa diisi ulang, bekerja dengan cara memanaskan cairan khusus yang dimasukkan ke dalamnya.

Rokok elektrik pertama kali dikenalkan oleh SBT Co LTd asal China pada tahun 2003 silam. Berbeda dengan rokok konvensional, rokok ini tidak menjadikan penggunanya menghisap asap. Tetapi, uap dari cairan yang dipanaskan.

Rasanya manis dan memiliki banyak varian rasa. Jadi, rokok ini menjadi pilihan bagi banyak perokok, terutama yang berusia muda.

Alasan orang menggunakan rokok listrik

Ada beberapa alasan perokok beralih ke rokok elektrik. Pertama, karena rokok ini cinderung lebih hemat. Rokok ini bisa diisi ulang, dan baterainya bisa dicas, jadi lebih irit biaya.

Alasan lain, yang dihisap bukanlah asap, melainkan uap. Oleh karena itu, asap dari rokok elektrik lebih ramah lingkungan dan aman. Ditambah lagi dengan varian rasanya yang banyak dan manis, seperti rasa permen karet, cola, vanila, jagung juga rasa lainnya yang bisa dipilih sesuai selera. Selain rasa, wanginya juga sesuai dengan rasa tersebut.

Selain itu, kebanyakan berpendapat bahwa rokok elektrik tidak menimbulkan kecanduan, seperti rokok biasa. Ditambah lagi, rokok jenis ini sekarang sudah menjadi lifestyle tersendiri bagi anak muda.

Berikut BP-Guide jelaskan lebih lanjut tiga penyebab utama perokok beralih ke rokok elektrik.

Bukan asap tapi uap

Alasan pertama adalah, karena yang dihisap dari rokok elektrik adalah uap bukan asap. Bila Anda mengira yang keluar adalah asap, maka Anda salah besar. Cairan khusus atau e-liquid dipanaskan dengan elemen pemanas yang menggunakan baterai. Setelah itu, baru uap tersebut muncul.

Meskipun begitu, jangan mengira bahwa uap air tidak lebih berbahaya dari pada asap rokok, yah. Sebab, uap air muncul dari hasil pembakaran yang tidak sempurna menghasilkan karbonmonoksida dalam jumlah besar. Senyawa yang juga sering disebut CO ini juga beracun dan tidak baik bagi tubuh.

Jadi, bila Anda suka rokok elektrik, jangan terlalu banyak menghisapnya dalam satu hari. Karena, kadar oksigen di dalam tubuh akan terus berkurang akibat masuknya CO ini ke paru-paru.

Ramah lingkungan

Banyak yang beranggapan bahwa rokok Vape atau rokok elektrik tidak berbahaya bagi lingkungan. Dengan kata lain, rokok elektrik yang menghasilkan uap lebih ramah lingkungan daripada rokok yang mengeluarkan asap.

Hal itu juga yang menyebabkan banyak yang memilih beralih ke rokok elektrik ini. Selain tidak begitu berbahaya, uap yang dihasilkan juga wangi dan menjadikan lingkungan tidak menjadi bau, seperti rokok konvensional.

Namun, perlu diingat bahwa racun yang dimiliki Vape juga berbahaya bagi sistem pernapasan dan sistem kekebalan tubuh. Jadi, meski dianggap lebih ramah lingkungan, usahakan jangan merokok ini di dekat orang lain atau di tempat umum, yah.

Non adiktif

Secara umum disebutkan bahwa rokok elektrik tidak mengandung zat-zat yang menimbulkan kecanduan atau adiktif di dalamnya. Berbeda dengan yang dihasilkan rokok konvensional yang bisa mengakibatkan kecanduan.

Oleh karena itu, banyak perokok yang mulai beralih ke rokok elektrik untuk menurunkan kadar kecanduannya. Selain itu, racun yang berada di rokok elektrik, diyakini tidak separah racun yang berada di rokok konvensional.

Gaya hidup

Alasan selanjutnya tentu karena gaya hidup. Saat ini, tentunya untuk anak muda, hingga dewasa awal. Tentunya, rokok elektrik menjadi sahabat nongkrong yang paling akrab dengan anak muda saat ini.

Ditambah lagi, cara merokok ini dianggap sesuai dengan gaya hidup anak muda saat ini. Artinya, rokok konvensional dianggap untuk generasi yang lebih tua, sedangkan dewasa muda dan pemuda memilih untuk merokok elektrik.

Namun, jangan terlalu banyak merokok ini, yah. Karena, meski dianggap lebih aman, rokok Vape juga berpotensi untuk merusak pembuluh darah, jantung dan lain-lainnya.

3 jenis rokok elektrik yang bisa jadi pilihan

Pen

Produk ini adalah jenis Vapor atau Vape yang paling kecil ukurannya. Oleh karena itu, cara menghisapnya mirip dengan rokok konvensional. Starter kitnya terdiri dari tank, replaceble coil dan baterai. Cairan khusus atau e-liquid nantinya disimpan di dalam tank.

Kemudian, akan dipanaskan dengan kawat pemanas yang terletak di bagian replacable coil. Bagian ini disebut replacable karena harus terus diganti, ciri-cirinya adalah rasa Vape yang dihisap seperti gosong.

Vape jenis ini dijual dengan harga kisaran Rp 100.000, juga ada yang dijual lebih mahal mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 500.000.

Portable

Jenis vape yang satu ini lebih besar dari ukuran vape jenis pen, namun tetap mudah dibawa kemana saja. Jenis yang satu ini juga terdiri dari tiga komponen utama yakni tempat penyimpanan cairan atau tank, pemanas dan baterai.

Hanya saja, jenis yang satu ini tidak disertai dengan LCD dan chip. Jadi, untuk mengetahui ketahanan dari coil atau pemanasnya yang biasanya menggunalan skala ohm, masih diperlukan alat bantu lain.

Produk yang satu ini dijual seharga paling murah Rp 200.000. Sedangkan yang lebih mahal, ada juga yang mencapai jutaan rupiah, loh.

Desktop

Jenis dekstop adalah vape yang tidak bisa dibawa kemana-mana, berbeda dengan dua jenis sebelumnya. Oleh karena itu, untuk menikmatinya, Anda hanya bisa menempatkan vape ini di satu tempat. Ukurannya lebih besar, dan membutuhkan pasokan energi yang konstan agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, jenis dekstop ini juga bisa menghasilkan uap yang lebih banyak. Apabila uap yang dihasilkan begitu banyak, maka rasa vapenya akan semakin tajam.

Tapi, bila Anda adalah penikmat vape tipe ini, hindari menggunakan terlalu banyak uap dalam ruangan. Karena, semakin banyak uap, maka akan semakin banyak pula resiko yang akan menghampiri tubuh Anda.

Model rokok listrik yang bisa dijadikan pilihan

Di bawah Rp 100.000

Evod Single Blister Pack - 1100mAh

Sumber gambar lazada.com

Rokok elektrik Evod Single Blister Pack adalah pilihan tepat bagi Anda yang baru memulai rokok elektrik. Rokok ini tidak mengandung nikotin, juga yang dikeluarkan adalah uap, bukan asap yang berbahaya. Rasa juga bisa dipilih sesuai selera.

Vape yang satu ini didesain begitu elegan dengan bahan stainless steel yang tahan lama. Diperkuat dengan baterai 1100 mAh. Setiap pembelian kan mendapat 10 ml liquid rasa Malboro gratis.

Dapatkan produk ini di Lazada atau Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 135.000 hingga Rp 149.000.

Ego CE5 Vape Rokok Elektrik - 950 mAh

Sumber gambar hargawiki.com

Kelebihan produk yang satu ini adalah baterai high quality lithium ion 1100 mAh. Jadi, dengan dicas sekitar 2 jam atau sampai penuh, sudah bisa digunakan sampai 800 kali dihisap. Selain itu, ketahanan baterainya bisa sampai 300 kali dicas, loh.

Kelebihan lainnya adalah memiliki tank dengan kapasitas 1,6 ml sehingga tidak perlu sering-sering mengisi cairan rokok. CE5 di produk ini menggunakan cotton core untuk menyerap cairan.

Produk ini bisa anda dapatkan di sejumlah toko online seperti Lazada dan lain-lain dengan harga normal sekitar Rp 144.000.

Rp 100.000 - Rp. 500.000

Eleaf iStick Pico 75W Vape Starter Kit + Atomizer Melo III

Sumber gambar lazada.com

Eleaf dikenal sebagai salah satu brand vape terkemuka di dunia. Oleh karena itu, setiap produk buatannya juga memiliki kualitas yang mumpuni dengan harga yang cukup terjangkau. Salah satu produknya adalah Pico.

Pico memiliki OLED Screen untuk penunjuk indikator, voltage dan suhu. Selain itu, produk ini juga didukung dengan port micro USB untuk mengisi baterai. Firingnya mumpuni, melebihi standar vape yang harganya bersaing.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Lazada, Vapeku dan Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 188.000 sampai Rp 480.000.

Kangertech Subox Mini Starter Kit Mod Vaporizer

Sumber gambar vaporgasme.com

Kangertech Subox Mini Starter Kit Mod Vaporizer adalah produk yang dibuat berdasarkan box asli yang sangat sempurna untuk penggemar vape. Produk ini juga menggunakan USB untuk pengisian ulang dengan daya 50 watt.

Kapasitas dari tank mencapai 4,5 ml menjadikan Anda tidak perlu sering-sering mengisi ulang. Apalagi, kekuatan baterai mencapai 1.900 mAh. Ditambah lagi dengan desain yang menarik dan elegan dari bahan pyrex glass dan stainless steel.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Lazada, Bukalapak dan Vapeoi dengan harga berkisar dari Rp 300.000 sampai Rp 740.000.

VGOD Pro Mech RDTA Rokok Elektrik Vaporizer Autentic

Sumber gambar bukalapak.com

Tank dengan kapasitas 4 ml dengan sisi lubang yang memberi rasa nikmat yang maksimal menjadikan produk ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda penyuka Vape. Produk ini menjanjikan asap yang lebih banyak dan rasa yang lebih nikmat dengan kualitas tinggi namun harga terjangkau.

Produk berukuran 24 mm ini bisa Anda dapatkan di sejumlah toko online terpercaya. Di Lazada, produk ini dijual seharga Rp 250.000, sedangkan di Vapeoi dijual seharga mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 350.000. Atau, Anda bisa juga mendapatkannya di Bukalapak dengan harga Rp 600.000.

Joyetech eVic VTwo Mini with Cubis Pro

Sumber gambar joyetech.com

Kelebihan dari produk Joyetech eVic VTwo Mini with Cubis Pro dilengkapi dengan fitur tambahan display jam digital dan custom logo yang menjadikan tampilannya lebih menarik. Produk ini memiliki output watt mencapai 75 watt. Tank penampung e liquid juga cukup besar dengan daya tampung mencapai 4 ml.

Produk ini bisa Anda pesan seharga Rp 465.500 di Lazada. Sedangkan bila Anda membelinya di Aliexpress, dijual seharga mulai dari Rp 400.900 hingga Rp 545.790.

Atau Anda juga bisa pesan di Bukalapak dengan harga Rp 499.000.

Di atas Rp 500.000

Joyetech eVic Primo 200W with Unimax

Sumber gambar tokopedia.com

Produk yang satu ini berukuran kecil, tapi kekuatannya luar biasa. Dengan output mencapai 50 watt dan tank yang berkapasitas besar. Juga memiliki dua baterai dengan temperatur kontrol. Dibuat dari bahan stainless steel yang kuat dan berkualitas yang didesain keren.

Produk ini juga disertai dengan micro USB untuk mengecas baterai. Selain itu, kabar menariknya, firmware-nya juga bisa di-upgrade, loh!

Produk ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 612.750 di Lazada, atau di thevape.guide seharga Rp 1.092.000. Sedangkan di Bukalapak, Anda bisa mendapatkan produk ini seharga Rp 499.000.

Wismec Reuleaux RX Mini 80Watt

Sumber gambar tokopedia.com

Produk besutan JayBo ini berukuran kecil sehinga mudah dibawa dan disimpan. Meski ukurannya kecil, namun dayanya maksimal. Vape ini diperkuat dengan built in baterai 2100 mAh yang tahan lama jadi tidak membuat Anda harus terus-terusan men-charge baterai.

Output daya tinggi mencapai 80 W menjadikan uap yang lebih banyak dan rasa yang lebih mantap. Selain itu, pilihan rasanya juga banyak dan mantap.

Produk ini bisa Anda pesan di thevape.guide seharga Rp 1.090.200 atau di Bukalapak seharga Rp 499.000. Sedangkan di Lazada, harganya adalah Rp 645.000.

SMOK Alien Box Kit 220W

Sumber gambar vaporhq.com

Vape yang satu ini memiliki bundel besar dengan kapasitas tanki yang juga besar. Dilengkapi juga dengan layar yang menunjukkan watt, jumlah puff, baterai, resistensi, coil dan waktu tenggat di layarnya.

Produk SMOK Alien Box Kit 220 w ini dibuat dari seng dan inlays serat karbon. Desainnya menarik dan keran, pas untuk teman nongkrong Anda.

Anda bisa mendapatkan produk ini di sejumlah toko online terpercaya di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak. Harganya berkisar dari Rp 700.000 hingga Rp 850.000.

SMOK OSUB 80WATT

Sumber gambar tokopedia.com

SMOK OSUB 80 Watt ini desainnya keren dengan warna hitam yang elegan. Baterainya berkekuatan 3300mAh dengan lebih dari 80 watt output. Dengan demikian, bisa menghasilkan banyak uap untuk rasa yang lebih tajam dan mantap.

Pengisian baterai bisa dilakukan dengan port USB mikro dibagian bawah. Tanku juga berkapasitas besar, jadi tidak perlu terus menerus mengisi e liquidnya. Perlu diingat, jangan tinggalkan ketika mengisi, karena bagian dalam baterainya sangat sensitif.

Produk ini bisa Anda dapatkan di sejumlah toko online seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak dengan harga berkisar dari Rp 750.000 hingga Rp 1.033.600.

From our editorial team

Vape adalah teknologi terbaru untuk pecinta rokok agar tetap sehat dengan hobinya.

Rekomendasi-rekomendasi produk yang kami sediakan di atas terdiri dari beragam harga untuk disesuaikan dengan yang pas di kantong Anda. Yuk segera ambil satu dan beraksilah menuju toko terdekat unutk menghasilkan penampilan oke banget yang tidak malu-maluin.