10 Lensa Fisheye Ini Bisa Menghasilkan Gambar yang Unik dan Tak Biasa

10 Lensa Fisheye Ini Bisa Menghasilkan Gambar yang Unik dan Tak Biasa

Jika kamu menyukai hal-hal yang tak biasa, lensa fisheye bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan bentuk dan komposisi yang menarik. Berbagai lensa fisheye tersedia di pasaran dengan fitur-fitur canggih. Hal ini pasti semakin membantu untuk mendapatkan berbagai hal menarik lewat lensa fisheye ini.

Kamera Cembung Banyak Diminati Penikmat Fotografi Saat Ini

Seiring berkembangnya zaman, teknologi kamera juga semakin canggih. Kini, kamera cembung merupakan salah satu kamera populer yang diminati oleh penikmat fotografi. Mungkin kamu lebih mengenalnya dengan kamera berlensa fisheye.

Siapa yang tak suka selfie? Penyuka selfie pasti akan merasa kerepotan saat harus mengambil foto dengan jumlah orang yang sangat banyak. Kepopuleran lensa fisheye ini nyatanya nggak jauh-jauh dari para pencinta selfie yang semakin banyak. Kok bisa? Lensa fisheye diminati karena bisa menghasilkan distorsi visual berupa panorama yang melengkung lebar. Ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar dengan sudut 180 derajat. Dengan kamera cembung, mau selfie berapa banyak orang pun jadi tak masalah lagi, ya.

Ini Fakta Mengapa Kamu Harus Memiliki Lensa Fisheye Ini

Nggak melulu soal selfie, lensa fisheye punya beberapa fakta menarik yang wajib juga untuk kamu ketahui. Selengkapnya, simak artikel di bawah ini, ya!

Distorsi yang Membuat Duniamu Melengkung

Fakta menarik pertama adalah distorsi. Kamera cembung menghasilkan distorsi atau penyimpangan bentuk berupa bentuk melengkung. Hasil jepretan kamera ini akan menghasilkan foto dengan penyimpangan horizon sehingga objek tampak melengkung.

Memiliki Hasil dengan Bentuk yang Unik

Distorsi tadi mengubah kekurangan lensa menjadi kelebihan lensa fisheye itu sendiri, yaitu unik. Hasil foto unik dan anti mainstream tanpa diedit dengan photoshop bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kamera cembung. Nggak cuma itu, lensa ini juga menangkap area luas sehingga lokasi foto yang sempit pun akan tampak lebar.

Bentuk Lensa yang Unik

Ternyata yang unik bukan hanya hasil jepretannya saja, tetapi bentuk lensa fisheye sendiri sudah unik. Berbeda dari lensa pada umumnya, lensa fisheye cembung menyerupai mata ikan. Oleh karena itu, kamera lensa cembung ini dinamai dengan lensa fisheye.

Ada dua jenis lensa fish eye yang beredar di pasaran. Jenis pertama adalah circular fish eye dengan hasil tepian yang melengkung, coverage 180 derajat, dan hasil foto akan tampak hitam di sekitar pinggiran foto. Jenis kedua yang lebih umum digunakan adalah full frame fish eye dengan hasil menyerupai foto biasa, coverage luas, tetapi tidak bisa menghasilkan sudut pandang horizontal penuh dalam 180 derajat tersebut. Keunggulan jenis kedua adalah tidak tampak efek hitam di pinggiran foto.

Daftar 10 Lensa Kamera Cembung Terbaik yang Harus Dimiliki

Itu tadi fakta-fakta menarik seputar kamera cembung dan lensa fisheye. Apakah membuatmu tertarik? Jika kamu tertarik ingin membeli kamera cembung baru, berikut ini kami sudah menyiapkan daftar lensa kamera cembung terbaik untuk kamu jadikan pilihan:

Tokina AF NH Fisheye for Canon 10-17mm f/3.5-4.5 AT-X 107

Sumber gambar focusnusantara.com

Tokina AF NH Fisheye adalah daftar wajib buat kamu pemilik kamera jenis Canon 10-17mm f/3.5-4.5 AT-X 107. Lensa Tokina ini mencakup area gambar yang lebih luas dari seri sebelumnya serta dilengkapi dengan lebih banyak liputan sensor full-frame (FX) kamera. Tokina AF NH Fisheye juga bisa kamu gunakan pada kamera Nikon. Harga lensa ini di Tokopedia mencapai Rp 7.997.000.

Canon Lensa EF 8-15mm f/4 Fish Eye

Sumber gambar www.plazakamera.com

Berikutnya adalah Canon Lensa EF 8-15mm f/4 Fish Eye. Lensa ini digemari karena bersifat universal, artinya bisa digunakan di semua SLR EOS, mulai dari full-frame hingga APS-C. Kelebihannya ada pada fitur Zoom Limiter Function yang memungkinkan mekanisme zoom lock pada bagian terbaik foto saat kita menggunakan kamera dengan sensor APS-C.

Hal itu memungkinkan tereliminasinya efek hitam yang tidak diinginkan di pinggiran foto. Harga lensa fisheye kelas dunia ini mencapai Rp 17.500.000. Kamu bisa mendapatkannya di Bukalapak dan harga tersebut termasuk asuransi, packing kayu serta garansi 1 tahun.

Samyang 8mm T3.8 UMC Fish-Eye CS II VDSLR

Sumber gambar www.tokocamzone.com

Samyang 8mm T3.8 UMC Fish-Eye CS II VDSLR merupakan lensa fisheye terbaik untuk kamera Canon bersensor APS-C. Panjang fokusnya mencapai 8mm dan sudut pandang hingga 167 derajat. Keunggulannya adalah sistem follow focus.

Pada dasarnya, lensa ini digunakan untuk kamera video. Lensa dilengkapi dengan rak kompatibel bersistem follow focus yang memudahkan kontrol saat pembuatan film. Lazada membanderol lensa pintar ini seharga Rp 4.269.900.

Samyang 12mm F2.8 ED AS NCS Fish Eye

Sumber gambar www.blibli.com

Selanjutnya untuk pengguna kamera Nikon, Samyang 12mm F2.8 ED AS NCS Fish Eye dengan 12 elemen lensa ini unggul dalam pengambilan gambar dalam situasi cahaya rendah. Fitur canggih ini disebut dengan Nano Coating System (NCS).

Dengan Nano Coating System (NCS), penetrasi cahaya menjadi optimal dan kekontrasan yang meningkat. Sistem ini juga meminimalkan flare dan ghosting. Kamu harus merogoh kocek hingga Rp 5.770.000 untuk memiliki lensa canggih ini dari Bukalapak.

Meike 8 MM APS-C F3.5 Fish Eye

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi lensa fisheye untuk kamera Canon bersensor APS-C mu. Meski tak ada yang istimewa dari fitur lensa ini, hasilnya cukup baik untuk foto arsitektur dan landscape. Sudut lebar dan melengkung pada gambar memiliki detail yang bagus. Lebih menarik lagi, lensa ini dibanderol murah oleh Lazada, yaitu Rp 2.750.000.

Nikon AF 16mm f/2.8D Fish Eye

Sumber gambar www.blibli.com

Nikon AF 16mm f/2.8D Fish Eye kompatibel pada kamera Nikon full frame (FX). Pengambilan gambar dalam situasi rendah cahaya dan kontrol fokus yang sama-sama baik merupakan keunggulan lensa ini. Nikon AF 16mm f/2.8D Fish Eye ini ringan, kompak, dan memiliki 4 filter bayonet di bagian belakang lensa. Blibli memberikan harga terbaik, yaitu Rp 10.630.000.

Panasonic Lumix Lens G 8mm F/3.5 Fisheye

Sumber gambar www.blibli.com

Panasonic Lumix Lens G 8mm F/3.5 Fisheye untuk kamu penggemar kamera Panasonic. Kelebihan lensa ini ada pada fitur autofokus, fokus hingga 4 inci, sudut pandang maksimal mencapai 180 derajat, dan unggul dalam pengambilan video. Lensa dengan 10 elemen lensa (1 lensa ED) ini bisa kamu dapatkan di lazada.co.id. Harga lensa ini dibanderol Rp 8.603.246.

Sony SAL 16mm f / 2.8 Fisheye Lens

Sumber gambar www.blibli.com

Lensa selanjutnya merupakan keluaran merek Sony. Sony SAL 16mm f / 2.8 Fisheye Lens seharga Rp 8.500.000 ini dilengkapi beberapa fitur. Fitur unggulannya adalah tudung lensa yang built-in dan 4 filter lensa yang super kece. Filter lensa itu antara lain normal, O56 Monokrom, pengurangan merah B12, dan pengurangan biru A12. Kamu bisa memperolehnya di Blibli.

Sigma 10mm f / 2.8 EX DC FISHEYE HSM

Sumber gambar www.blibli.com

Sigma 10mm f / 2.8 EX DC FISHEYE HSM untuk kamera SLR digital. Pada kamera Canon SLR, dapat mencapai sudut pandang hingga 167 derajat. Menawarkan hasil foto berbeda dengan fokus minimal hingga 5,3 inci. Blibli membanderol Sigma 10mm f / 2.8 EX DC FISHEYE HSM dengan harga Rp 9.510.000.

Sony DT 16mm f / 2.8 Fisheye

Sumber gambar www.pricebook.co.id

Yang terakhir adalah lensa Sony DT 16mm f / 2.8 Fisheye. Lensa keluaran Sony ini nggak boleh deh terlewatkan olehmu. Sony melalui lensa ini menyuguhkan hasil foto antiburam karena lensa bisa menangkap objek bergerak secepat kilat dengan jelas dan tajam. Untuk lensa berkualitas ini, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 5.676.000. Kamu bisa membelinya di Lazada.

From our editorial team

Lensa Fisheye yang Sesuai dengan Kebutuhan

Wah, keren-keren ya, fitur lensa fisheye yang beredar di pasaran. Itu tadi fakta menarik seputar lensa fisheye dan juga rekomendasi lensa fisheye yang populer sekarang ini. Belilah lensa fisheye yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Semoga artikel ini dapat membantumu yang lagi kebingungan mencari lensa, ya!