Tips Mencari Kamera yang Paling Jernih Hasil Jepretannya, Beserta 10+ Rekomendasi Produk 2018

Tips Mencari Kamera yang Paling Jernih Hasil Jepretannya, Beserta 10+ Rekomendasi Produk 2018

Cari kamera yang berkualitas? Tentunya Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Dalam tulisan kali ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi bagaimana mencari kamera dengan hasil jepretan terbaik dan jernih.

Bukan cuma megapixel saja yang mempengaruhi hasil jepretan kamera

Ada yang bilang, kalau resolusi kamera lebih besar megapixel-nya, tentu hasil yang didapatkan akan lebih jernih. Hal itu bisa saja benar, bisa juga tidak. Faktanya, kamera dengan megapixel yang lebih besar resolusinya, tentu akan lebih baik tangkapannya.

Tapi, masalahnya bukan hanya resolusi tersebut yang penting dalam setiap kamera. Kamera atau smartphone dengan ukuran megapixel kamera yang lebih besar, kadang mengambil gambar sama kualitasnya dengan kamera atau smartphone yang besaran megapixelnya lebih kecil.

Apa penyebabnya? Ternyata, masih banyak hal lain yang perlu dimiliki sebuah kamera agar mampu mengambil gambar dengan baik dan jernih. Dalam tulisan kali ini, BP-Guide juga akan mengulasnya untuk Anda.

Inilah yang mempengaruhi hasil kamera jernih terbaik

Sensor kamera

Pertama adalah kualitas sensor dari kamera atau smartphone tersebut. Bisa dibilang, percuma saja megapixelnya besar, tapi sensornya kecil. Karena, apapun ukuran megapixel, tentu akan masuk dulu dalam sensornya.

Ada beberapa smartphone misalnya, yang ukuran megapixel kameranya tidak sesuai dengan sensornya. Hasilnya, gambarnya akan banyak gradasi, atau sering juga muncul noise. Masalahnya, semua HP dan kamera memiliki sensor yang berbeda, meski ukuran megapixelnya sama. Hal itulah yang menyebabkan tangkapan dari setiap kamera akan berbeda.

Lensa (Aperture)

Lensa adalah bagian "mata" dari sebuah kamera. Jadi, lensa akan mempengaruhi hasil foto yang diambil secara signifikan. Lensa yang baik akan mempengaruhi dan menentukan cahaya yang masuk ke dalam sensor, sehingga tangkapan gambar menjadi lebih baik.

Jadi, pilih kamera dengan kualitas lensa terbaik pula. Kamera di smartphone misalnya, memiliki kualitas lensa yang berbeda-beda. Lensa f/1.7 akan lebih baik mengambil foto terutama di keadaan pencahayaan yang kurang, dibandingkan lensa f/1.8.

Autofocus

Selanjutnya, yang diperlukan kamera agar mampu mendapat hasil terbaik dalam mengambil gambar adalah autofocus. Ini adalah salah satu fitur dan komponen kamera yang bertujuan agar foto yang dihasilkan lebih tajam. Jadi, kamera yang tidak memiliki komponen ini, meski memiliki megapixel yang besar juga lensa yang bagus, tetap saja gambar yang diambil akan kurang tajam.

Bila tidak memiliki autofocus, berarti kemara tersebut dibekali dengan fixed focus. Fixed fokus kurang baik dalam mencari fokus dari satu gambar, terutama ketika mengambil gambar yang bergerak, atau kameranya yang bergerak. Biasanya, smartphone yang memiliki fitur autofocus, maka kameranya dilengkapi dengan Optical Image Stabilization atau OIS.

Rekomendasi kamera jernih terbaik dengan kualitas foto yang oke

Canon EOS 6D

Sumber gambar www.bhphotovideo.com

Produk yang BP-Guide rekomendasikan pertama untuk Anda adalah Canon EOS 6D DSLR Camera. Kamera yang satu ini memiliki 20,2 MP fullframe CMOS sensor yang diperkuat dengan Digic 5+ image Processor. Selain itu, fitur yang dimiliki lainnya adalah 11 point AF dengan center cross type point, native ISO 25600 dan 4,5 fps shooting dengan resolusi penuh. Semua fitur tersebut menjadikan gambar yang Anda ambil sangat terang, jernih, tajam, kaya warna dan berkualitas tinggi.


Tidak hanya itu, kamera ini juga diperkuat dengan baterai lithium-Ion yang tahan lama. Juga ada wiFi dan koneksivitas GPS menjadikan Anda bisa langsung menggungah hasil jepretan Anda ke dunia maya. Tidak hanya mengambil gambar, Anda juga bisa merekam video berkualitas tinggi, HD dan terang dengan kamera ini. Dapatkan produk ini di Tokopedia, Canon.id, dan berbagai situs penyedia kamera lainnya dengan harga mulai dari Rp 18.991.425 hingga Rp 21.550.000.

Nikon D610

Sumber gambar nikonusa.com

Salah satu pesaing berat dari kamera Canon adalah Nikon. Mulai dari teknologi yang digunakan, fitur yang disematkan dan harga yang ditawarkan juga bersaing. Sehingga, kedua merek ini menjadi salah satu yang menguasai pasaran. Salah satu produk dari Nikon yang BP-Guide rekomendasikan untuk Anda adalah Camera Nikon DSLR D610.

Kamera seberat 3 kg ini memiliki megapixel mulai dari 10.0 hingga 20.0 MP, dengan optical zoom 2x hingga 7x. Produk ini juga dilengkapi dengan image stabilization dan sensor CMOS format Nikon FX dengan 24,3 MP yang mampu memberikan kualitas gambar yang stabil dan tetap tinggi dalam setiap jepretan.

Kelebihan lain dari kamera ini adalah adanya EXPEED 3, yang merupakan mesin pengolah gambar menjadikan kinerja pemrosesasn kecepatan tinggi dan luar biasa. Dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp 16.500.000 hingga Rp 20.361.821 di berbagai toko online seperti Bukalapak, Tokopedia dan Nikonusa.

Nikon D750

Sumber gambar nikonusa.com

Masih produk dari Nikon, kali ini BP-Guide merekomendasikan Nikon D750. Kamera yang satu ini hadir dengan resolusi 24,3 MP yang didukung oleh Sensor CMOS, 35,9 x 24 mm. Tidak hanya jago dalam mengambil gambar, kamera ini juga jawara dalam mengambil video dengan format Mov dan MP4.

Untuk gambar yang lebih tajam, kamera ini juga diperkuat dengan auto fokus, ISO mulai dari 100 hingga 12800. Kamera ini juga memiliki shutter elektronik dan mechanical. Produk ini dijual seharga Rp 21.000.000 hingga Rp 24.434.321 di sejumlah toko online seperti Bhineka, Nikonusa dan Blibli.

Canon EOS 650D

Sumber gambar wikipedia.com

Beralih ke produk Canon. Salah satu kamera Canon dengan harga terjangkau yang pas untuk Anda adalah Canon EOS 650D. Kamera satu ini memiliki resolusi 18 MP dengan sensor APS-C dan prosesor Digic 5. Kemampuan ISO mulai dari 100 - 12800 masih bisa ditingkatkan lagi hingga 25600 dengan boost.

Kamera ini memiliki shutter sped 30-1/4000 sec dengan continous speed 5 fps. Baterai lithium-Ion LP-E8 ,menjadikan kamera ini lebih tahan lama. Lebih kerennya, produk ini juga diperkuat dengan WiFi, loh.
Dapatkan produk ini seharga Rp 5.575.000 hingga Rp 6.199.000 di sejumlah toko online seperti Tokopedia, Bukalapak dan Ebay.

Nikon D810

Sumber gambar nikonusa.com

Produk Nikon D810 DSLR merupakan salah satu produk yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Produk ini memiliki megapixel hingga 20.0 MP, dengan optical zoom sampai 7x dan dilengkapi pula dengan image stabilization.

Pengolahan gambar khas Nikon dengan Expeed 4 menjadikan gambar yang berkualitas tinggi, tanpa noise. Anda juga bisa mengambil gambar di tempat yang pencahayaannya kurang dengan ISO 64 hingga ISO 12.800. Dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp 37.904.266 hingga Rp 42.530.000 di sejumlah toko online seperti Nikonusa, Bhineka dan sebagainya.

Canon EOS 1100D

Sumber gambar wikipedia.com

Kamera selanjutnya adalah Canon EOS 1100D Kit 18-55 IS II. Kamera satu ini adalah pilihan pas untuk pemula karena harganya yang cukup terjangkau namun spesifikasinya mumpuni. Kamera ini memiliki resolusi gambar maksimal hingga 12,2 MP dengan sensor 22.0 x 14.7 mm APS-C. Image processor Canon Digic 4 menjadikan gambar yang lebih terang.

Kamera ini juga diperkuat dengan auto focus yang beragam, seta sistem metering TTL full aperture metering dengan 63 zone SPC. Ditambah lagi, adanya AE lock dan AE bracketing untuk tambahan kenyamanan Anda. Dapatkan produk ini seharga Rp 3.799.000 hingga Rp 4.925.000 di sejumlah toko online seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Nikon DF

Sumber gambar nikonusa.com

Kamera dengan tangkapan gambar yang jernih selanjutnya adalah Nikon DF Body. Produk ini adalah keluaran nikon dengan fitur utama Nikon DF with AFS Nikkor 50mm f1.8G. Selain itu, kamera ini memiliki resolusi 16,2MP FX-Format CMOS sensor dan Expeed 3 Image Processor. Selanjutnya, kamera ini dilengkapi dengan LCD monitor 3,2 inch dan auto focus sensor multi-cam 4.800 39 point AF sensor, native ISO 12800 yang bisa diboost hingga ISO 204800.

Kamera ini dilengkapi pula dengan Exposure Control dials, serta dibuat dengan bahan rugged magnesium alloy. Kamera Nikon DF ini juga memungkinkan Anda untuk mengambil 5,5 fps shooting dalam resolusi penuh. Dapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp 29.512.500 hingga Rp. 32.679.000 di Plazakamera, Blibli dan sejumlah toko online lainnya.

Canon EOS 550D

Sumber gambar www.canon-europe.com

Kamera selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Canon 550D. Harganya terjangkau, menjadikan kamera ini adalah pilihan pas untuk Anda yang baru akan belajar fotografi. Produk kamera digital satu ini memiliki megapixel 10.0 hingga 20.0 MP dengan optical zoom mencapai 7 x. Selain itu, kamera ini memiliki screen 3 inch dan memiliki image stabilization.

Produk ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dalam jumlah banyak di waktu yang sedikit. Selain itu, dengan berat 530 gram, menjadikan Anda bisa mudah membawanya kemana saja. Dapatkan produk ini seharga Rp 4.600.000 hingga 8.600.000 di Tokopedia, OLX dan Bukalapak.

Nikon D4s

Sumber gambar en.nikon.ca

Produk semiprofesional dari Nikon yang bisa Anda pertimbangkan adalah Nikon D4. Produk ini memiliki resolusi gambar 16,2 MP dengan sensor FX CMOS, serta dust reduction system dan image sensor cleaning. Gambar yang diambil berkualitas tinggi dengan ragam auto focus yang dimiliki kamera ini.

Produk ini juga memiliki sejumlah fitur lainnya yang membantu proses pengambilan gambar Anda menjadi lebih baik dan berkualitas. Anda juga bisa mengambil gambar di tempat yang memiliki pencahayaan kurang dengan kualitas yang tetap stabil dan baik. Teknologi tercanggih dan termutakhir dari Nikon yang disematkan di dalam kamera ini menjadikan Anda bisa mengambil gambar terbaik dalam apapun kesempatannya. Dapatkan produk ini dengan harga sekitar Rp 58.660.000 di sejumlah toko online seperti Bhinneka dan Amazon.

Canon Powershot G7X

Sumber gambar cnet.com

Produk yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Canon Powershot G7X Mark II. Kamera tipe pocket camera satu ini memiliki megapixel dari 10.0 hingga 20.0MP. Selain itu, kamera dengan optical zoom di atas 2 x dan dilengkapi dengan screen 3 inch.

Produk ini juga diperkuat dengan image stabilization. Selain mampu mengambil gambar dengan baik, juga bisa mengambil video dengan kualitas yang mumpuni. Produk sebesar 2.0 kg ini memiliki body color berwarna hitam dengan SD card sebagai tempat penyimpanan gambarnya. Dapatkan produk ini dengan harga sekitar Rp 7.000.000 di Bukalapak, Blibli dan Amazon.

From our editorial team

Hasil Gambar Lebih Oke dengan Kamera Terbaik

Jangan lewatkan untuk mengabadikan setiap moment penting dalam hidup Anda. Tentunya, Anda tidak mau kan bila hasil jepretannya jelek? Kamera yang direkomendasikan BP-Guide di atas bisa menjadi pilihan jitu bila Anda ingin kamera dengan kualitas jepretan terbaik.