Abadikan Momen Menakjubkanmu dengan 10 Rekomendasi Kamera Smartphone Kualitas Kamera DSLR

Bukan hanya mesin smartphone saja yang performanya semakin gahar, kualitas kameranya pun semakin canggih bahkan menyaingi kamera DSLR. Nah, kamu penyuka fotografi atau selfie tapi nggak mau ribet karena harus membawa DSLR? Yuk, langsung simak yang berikut!

Tidak Banyak yang Tahu Kalau Kamera Smartphone Bisa Menghasilkan Foto Sebagus DSLR

Sumber gambar i.pinimg.com

Saat ini, smartphone dicari bukan sekadar kecanggihan fitur dan gengsinya semata. Bagi para penggemar fotografi sampai yang doyan selfie, kamera smartphone haruslah yang terbaik. Karena itulah brand smartphone pun berlomba-lomba menyediakan ponsel dengan kamera terbaik layaknya kamera DSLR.

Cukup banyak brand smartphone yang menyediakan kamera apik, apa pun OS-nya baik Android, iPhone, bahkan Windows. Jika pandai menggunakannya, hasil kamera smartphone tersebut bahkan mampu sebagus kamera DSLR ala fotografer profesional. Lalu, apa saja brand dan jenis smartphone dengan kamera terbaik? Simak terus, ya.

Tips dan Trik Fotografi dengan Kamera Smartphone

Sumber gambar i.pinimg.com

Sebelum mengulas satu per satu kamera smartphone terbaik, kamu perlu mengetahui tips dan trik fotografi dengan ponsel. Sejatinya, kualitas per pixel antara foto smartphone dan foto kamera mahal pastilah berbeda.

Namun percayalah, foto hasil smartphone dapat sebagus kamera profesional. Orang-orang yang melihatnya tak akan menyangka jika kamu hanya menggunakan kamera kecil pada ponsel. Karena itu, jangan ragu mengeksplor bakatmu di bidang fotografi meski tak punya kamera dengan lensa mahal.

Kenali Kamera Smartphone yang Digunakan

Sumber gambar i.pinimg.com

Tips sebelum menggunakan kamera smartphone, kenali dulu hal ihwal kamera tersebut. Pahami resolusinya, layanan mode yang ada, contrast, brightness, dan semua kemampuan si kamera. Apalagi jika yang kamu gunakan merupakan salah satu dari daftar kamera smartphone terbaik. Pastilah amat sangat sayang jika tidak digunakan maksimal hanya karena tak tahu seluk beluk si kamera.

Cobalah setiap mode ataupun fungsi yang ada pada kamera hp. Ambil gambar setiap modenya. Lalu cobalah mengambil foto di berbagai lokasi, dari tempat yang sangat terang, di bawah terik mentari, tempat remang minim cahaya, hingga menargetkan foto dengan objek bergerak, dan lain sebagainya. Dengan mencoba hal terbut, kamu bisa tahu seberapa canggih smartphone yang kamu gunakan.

Lebih Dekat dengan Object dan Penuhi Viewfinder

Sumber gambar i.pinimg.com

Meski kamu menggunakan kamera smartphone terbaik, menjangkau foto dengan jarak objek yang jauh sangatlah tidak disarankan. Minimalkan penggunaan fitur zoom pada kamera smartphone. Pasalnya, kamera hp, sebagus apapun itu, tidak akan menjangkau kualitas foto hasil zoom sebagaimana kamera DSLR. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mendekati objek dan penuhi layar smartphone atau viewfinder. Hanya maju selangkah dua langkah tentu tak akan memberatkanmu demi hasil foto sebagus kamera pro.

Rule of Thirds

Sumber gambar i.pinimg.com

Dalam fotografi, komposisi foto tidaklah selamanya menempatkan objek di tengah atau bahkan memenuhi foto dengan objek. Hasil yang natural membutuhkan angel fotografi yang bebas, tapi sesuai garis horizontal dan vertikal. Konsep dasar fotografi ini disebut dengan Rule of Thirds. Karena itulah kamera smartphone seringkali membubuhkan fasilitas Rule of Thirds dengan adanya setting guidelines atau gridlines.

Gunakan pengaturan guidelines yang akan memunculkan garis pemecah frame dalam tiga bagian yang sama secara horizontal dan vertikal. Pengaturan ini akan sangat membantumu mengambil gambar dengan komposisi terbaik. Hasilnya, foto yang kamu ambil akan menarik dan seimbang dari segi komposisi.

Dapatkan Pencahayaan Terbaik

Sumber gambar i.pinimg.com

Hindari penggunaan flash kamera karena dapat menghasilkan foto yang tidak natural. Pencahayaan terbaik adalah yang ada di sekitar objek dan bukan yang datang dari kamera. Pencahayaan natural ini akan menghasilkan foto dengan warna yang apik.

Hal ini juga berlaku untuk kamera smartphone terbaik sekali pun. Carilah sumber cahaya jika kamu berada di tempat yang remang atau gelap. Tak perlu cahaya matahari, lampu kecil pun mampu menjadikan foto nampak dramatis jika pandai menempatkannya pada objek utama.

10 Rekomendasi Kamera Smartphone Terbaik Saat Ini

Sumber gambar i.pinimg.com

Meski sudah mengetahui teori dasar fotografi dan tips penggunaan kamera smartphone, kamu pastilah mencari produk terbaik yang akan menunjang hobi dan passionmu dalam mengambil gambar. Tentu kualitas kamera hp sangat menunjang kelihaianmu dalam fotografi. Namun tak perlu kamera profesional, berikut ini rekomendasi kamera smartphone terbaik yang pernah ada. Tak hanya hp mahal, untuk smartphone di bawah 5 juta pun tak sedikit yang menawarkan kamera canggih.

Samsung Galaxy S8 & S8 Plus

Sumber gambar drop.ndtv.com

Si raja smartphone, Samsung selalu memiliki produk beragam sesuai penggunanya yang beragam pula. Untuk pecinta fotografi, Samsung memiliki varian Galaxy S8 dan S8 plus. Dua tipe inilah yang disebut-sebut sebagai salah satu smartphone dengan kamera terbaik.

Spesifikasi kamera pada Samsung Galaxy S8 memiliki ukuran 12 MP dan diafragma f/1.7 untuk kamera belakang, ukuran 8 MP dan F1.7 untuk kamera depan. Ukuran yang sama juga dimiliki Samsung Galaxy S8 Plus, tak ada perbedaan dalam hal kamera. Keunggulan kamera diyakini dapat menangkap gambar dengan baik pada siang ataupun malam hari. Untuk mendapat kamera Samsung Galaxy S8, kamu perlu merogoh kocek Rp 10.499.000 untuk pembelian di Lazada, dan Rp 9.745.000 untuk pembelian di Blibli.

Google Pixel

Sumber gambar forbes.com

Smartphone android keluaran Google ini sangat booming dan dibicarakan banyak orang saat rilisnya. Dengan kolaborasi Google dan HTC, smartphone ini menjadi idaman banyak orang. Kamu bisa membeli salah satu handphone dengan kamera terbaik ini di Lazada seharga Rp 11.499.000, atau di Tokopedia dengan harga Rp 11.699.000.

Klasifikasi kamera smartphone Pixel yakni memiliki kamera belakang ukuran 11 hingga 15 MP dan kamera depan 7 MP. Keunggulannya ada pada kapasitas penyimpanan foto yang pastinya sangat besar. Yakin deh kamu tak akan bermasalah dengan storage full yang menjadi penyakit sebagian besar smartphone.

iPhone 7 Plus

Produk Apple selalu unggul dalam hal apa pun, kecuali harganya yang selalu tinggi. Untuk kamera, kualitas produk Apple tak perlu lagi diragukan. Di antara tipe iPhone, seri 7 plus adalah yang terbaik dalam hal kamera. Ukuran kamera utamanya yakni 12 MP dengan resolusi 4608 x 2592 pixel. Adapun kamera depan berukuran 5 MP saja, tapi mempunyai kualitas Face Time HD.

Keunggulan iPhone 7 plus ini adalah adanya penstabilan gambar optik dan flash true tone quad LED. Selain itu, kamera ini juga mampu menghasilkan video HD 1080p dengan kecepatan 30 fps. Produk unggulan ini dihargai Rp 12.100.000 di Shopee atau Rp 11.999.000 di Ibox.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Sumber gambar khalidlemar.com

Satu lagi produk Samsung yang juga tak kalah unggul dari segi kamera, yakni Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Sebetulnya teknologi Galaxy S7 tak berbeda jauh dengan varian sebelumnya, yakni S6. Namun, kamera Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge disebut-sebut sebagai smartphone pertama yang menggunakan teknologi Dual Pixel Sensor.

Ukuran kamera smartphone varian ini adalah 12 MP untuk kamera depan dan 5 MP untuk kamera depan. Kamera ini unggul dalam pengambilan gambar di ruang yang redup. Harganya sekitar Rp 7.650.000 di Blibli dan Rp 9.499.000 di Erafone.

HTC 10

Sumber gambar www.htc.com

Meski pamornya tak setenar Samsung di tanah air, smartphone HTC sangat terkenal di Amerika. Tak heran jika kemudian HTC memiliki smartphone dengan kamera terbaik yang pernah ada. Adalah HTC 10 Evo yang memiliki kualitas kamera oke punya. Ukuran kameranya 16 MP dan diafragmanya sangat besar yakni f/2.0. Smartphone ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 8.499.000 di Lazada atau Rp 8.400.000 di Tokopedia.

Sony Xperia XZ

Sumber gambar i.expansys.net

Sejak dulu, Sony selalu yang pertama dalam hal kamera smartphone. Mengingat brand ini juga memproduksi kamera sejak bertahun-tahun silam. Hanya saja, brand Sony mulai tergeser dengan munculnya banyak pesaing seperti Samsung dan brand China. Padahal produk Sony selalu berkualitas dan tak perlu lagi diragukan.

Varian smartphone Sony dengan kamera terbaik adalah Sony Xperia XZ Premium. Dengan harga Rp 8.200.000 (Shopee) atau Rp 8.210.000 (Lazada), kamu dapat menikmati smartphone dengan kamera yang jernih dan berukuran sangat besar yakni 19 MP untuk kamera belakang dan 13 MP untuk kamera depan. Lebih dari itu, diafragmanya f/2.0 plus dilengkapi lensa wide angle 25 mm dan teknologi hybrid autofocus yang menggabungkan phase detection dan laser autofocus. Yakin deh hasil fotomu seakan jepretan DSLR canggih.

LG V20

Sumber gambar drop.ndtv.com

Meski dengan harga miring, LG V20 memiliki kamera canggih yang mampu menghasilkan foto tajam. Kelebihannya, ukuran smartphone yang nyaris mendekati ukuran tablet. Lebih dari itu, smartphone ini memiliki dua kamera di belakang. Ukurannya 16 MP untuk aperture f/1.8 dan 8 MP untuk aperture f/2,4.

Adapun kamera depan lebih difungsikan untuk WeFie kamera dengan resolusi 5MP. WeFie yakni fitur yang mampu mengambil foto ramai-ramai dengan cakupan yang luas. Kamu bisa selfie dengan banyak teman jika menggunakan smartphone kamera terbaik ini. Harganya hanya Rp 6.999.000 di Bhinneka.

Huawei P9

Sumber gambar zdnet4.cbsistatic.com

Inilah smartphone yang disebut-sebut sebagai Pocket DSLR. Bagaimana tidak, kamera smartphone ini menjadi salah satu yang terbaik karena dirancang langsung oleh perusahaan Jerman bernama Leica. Ukuran kamera belakang, ukuran resolusinya 12 MP dengan diafragma f/2.2. Adapun kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.4.

Meski ukuran tersebut tampak sangat standar smartphone kebanyakan, foto yang dihasilkan tidak sama seperti smartphone kebanyakan. Pasalnya, kamera buatan Leica ini memiliki lensa ganda yang sangat canggih. Belum lagi fiturnya yang beragam hingga mampu menghasilkan foto sebagus studio. Harga Huawei P9 yakni Rp 6.299.000 di Blanja atau Rp 6.999.000 di Bhinneka.

Asus Zenfone 3

Sumber gambar storage.googleapis.com

Buget sebatas 5 juta, tapi ingin punya kamera smartphone terbaik? Bisa banget! Asus Zenfone 3 hanya dihargai Rp 3.600.000 via Tokopedia atau Rp 3.593.800 di Lazada. Hasil foto kamera smartphone ini sangat jernih dan tajam.

Pasalnya, kamera Zenfone 3 menggunakan PixelMaster 3.0 yang mengemas kamera ukuran 16MP (belakang) dan 7 MP (depan) dengan sensor Sony IMX298 terbaru. Belum lagi lensanya berupa Largan enam elemen dan dilengkapi pelacakan TriTech auto-focus yang hanya membutuhkan waktu 0.03 detik untuk melacak subjek. Ada pula fitur sensor koreksi warna, super resolusi 4xhingga HD real-time. Bayangkan saja bagaimana hasil foto dengan kamera beragam fitur tersebut.

Huawei P9 Lite

Sumber gambar erafone.com

Harganya hanya 3 jutaan. Namun kualitas kameranya tak perlu dipertanyakan, Huawei P9 Lite menawarkan smartphone dengan kamera terbaik yakni dengan adanya fitur check quality 1/3” untuk kamera utama yang beresolusi 13 MP. Adapun kamera depannya berukuran 8 MP dengan diafragma f/2.0. LED Flash juga melengkapi kamera smarrtphone ini. Jika tertarik, kamu bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 2.650.000 atau di Butik Dukomsel seharga Rp 2.899.000 saja.

From our editorial team

Pilih Smartphone Terbaik dengan Menyesuaikan Bujetmu

Tidak ada salahnya jika kamu menginginkan smartphone dengan kualiatas kamera terbaik. Namun ada baiknya mengecek ulang bujet yang kamu anggarkan untuk membeli smartphone. Setelah bujet sesuai, saatnya kamu mencari smartphone terbaik dengan kualitas kamera DSLR. Hal penting lainnya, skill fotografi yang kamu miliki harus terus diasah untuk menghasilkan foto setara dengan hasil kamera DSLR.