12 Pilihan Terbaik Gear Kamera Lensa Terbaru 2018

12 Pilihan Terbaik Gear Kamera Lensa Terbaru 2018

Sebuah kamera canggih tak akan sempurna jika tidak dilengkapi lensa yang hebat. Buat kamu yang masih bingung ingin membeli lensa seperti apa, baca saja artikel dari BP-Guide ini sampai tuntas, untuk mendapatkan inspirasi lensa mana yang harus dibeli.

Banyak Pengguna yang Masih Bingung dengan Memilih Gear Kamera Lensa

Apalah artinya kamera bila tidak ada lensa. Di saat yang sama, banyaknya pilihan gear lensa justru membingungkan fotografer, khususnya para fotografer pemula. Belum lagi, harganya yang bervariasi membuat sebagian dari kita menjadi pusing. Bila itu yang dirasakan, maka artikel BP-Guide yang akan membahas mengenai jenis dan rekomendasi kamera lensa ini perlu untuk kamu simak.

Tipe Kamera Lensa yang Sekarang Digunakan

Secara umum, jenis kamera lensa dalam kegiatan fotografi terbagi atas lensa zoom dan lensa fix. Jenis lensa zoom dan lensa fix ini memiliki aneka kelebihan, kekurangan, dan kegunaan yang berbeda-beda dan harus disesuaikan dengan kebutuhan fotografi kita.

Uraian selanjutnya akan membahas mengenai jenis kamera lensa yang BP-Guide rekomendasikan untuk menjawab kebutuhan kamu terhadap gear kamera lensa pada 2017 ini.

Lensa Prime

Lensa fix memiliki nama lain lensa prime. Bila kamu menemukan kamera-kamera dengan kombinasi huruf "f" dan garis miring yang hanya satu, seperti Canon EF 20mm f/2.8, maka itulah lensa prime yang berjarak fokus satu arah tanpa adanya fitur zoom.

Kendati demikian, bukaan aperture-nya yang luas dan hasil gambar yang tajam memungkinkan kita untuk mengambil gambar pada situasi minim cahaya sekalipun. Sehingga menjadikan lensa prime atau lensa fix ini memiliki nilai tambah di samping beratnya yang ringan dan mudah dibawa ke manapun kita pergi.

Lensa Wide

Lensa wide atau yang biasa disebut dengan wide-angle merupakan lensa yang memiliki kekuatan utama pada pengambilan gambar yang lebar pada jarak yang dekat maupun jauh. Pengambilan gambar yang lebar ini membuat kamera berlensa wide lebih cocok untuk setting foto landscape yang melibatkan banyak objek foto di dalamnya.

Saat ini, lensa wide tersedia dalam berbagai macam pilihan focal length (dilambangkan dengan huruf "f"), mulai dari medium wide-angle hingga extreme wide-angle yang dapat memberi sudut pandang lebih lebar dari jangkauan mata manusia dengan keadaan foto yang melengkung.

Lensa Tele dan Makro

Kamu yang sedang mencari gear kamera lensa dengan fokus yang fleksibel dapat mengincar lensa tele atau yang juga disebut dengan lensa panjang dan/atau lensa makro. Panjang fokus lensa tele yang mencapai 50 hingga 200 mm membuat lensa ini cocok untuk fotografi yang membutuhkan pembidikan jarak jauh, misalnya pada setting wildlife atau sports.

Depth of field atau kedalaman gambar lensa tele juga memungkinkan kamu mengambil gambar yang lebih terfokus pada objek foto. Sehingga juga cocok untuk fotografi makro yang memiliki fokus objek terarah.

12 Rekomendasi Gear Kamera Lensa yang Bisa Dijadikan Pilihan

Mencoba berbagai jenis lensa pada kamera yang berbeda-beda membuat pemilihan gear kamera lensa menjadi salah satu yang paling mengasyikkan di dunia fotografi, termasuk bagi para fotografer pemula. Pasalnya, berbeda lensa akan menghasilkan tipe foto yang berbeda pula.

Berikut ini BP-Guide sajikan aneka rekomendasi gear kamera yang layak kamu coba.

Lensa Prime

Bukaan default f/1.8 pada lensa prime membuatnya memiliki kemampuan shutter speed yang ideal untuk memotret objek bergerak, utamanya pada malam hari. Latar belakang fotonya pun dapat di-blur, sehingga kita bisa fokus melihat point of interest atau sisi menarik objek foto dengan lebih jelas.

Selain itu, ukuran yang kecil dan harga yang cukup murah juga menjadi daya tarik lensa yang berukuran maksimal 50 mm ini. Berikut rekomendasi BP-Guide untuk lensa prime.

Canon EF 35 mm f/2 IS USM

Sumber gambar www.bhphotovideo.com

Kamu yang suka mengoleksi barang antik yang masih berfungsi dengan baik dapat melirik Canon EF 35 mm f/2 IS USM sebagai pilihan gear kamera lensa. Lensa Canon EF 35 mm f/2 IS USM didesain pertama kali pada 1990, memiliki ciri khas pada center sharpness yang tajam dan baik untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi, khususnya untuk fotografi makro.

Sifatnya yang weatherproof dan beratnya yang ringan turut membuat gear kamera lensa ini cocok untuk para fotografer yang terbiasa traveling. Harganya dipatok pada angka Rp 8.000.000 di Tokopedia.

Fujifilm Fujinon XF 35 mm f/1.4 R

Sumber gambar photographylife.com

Fujifilm Fujinon XF 35 mm f/1.4 R yang memiliki fitur tahan cuaca, debu, dan cipratan air, serta dapat beroperasi pada tempat bersuhu hingga minus 10 derajat celcius ini merupakan salah satu gear kamera lensa yang paling banyak diburu oleh kalangan pecinta fotografi.

Kehebatan lain yang membuat lensa 35 mm f/1.4 R ini moncer adalah memiliki lapisan Nano-GL dan bukaan besar yang dapat mengurangi pantulan cahaya. Sehingga cocok untuk memotret objek still life seperti makanan yang ditata sebelum difoto. Harga lensa ini di Bhinneka mencapai Rp 6.499.000.

Nikon AF-S DX 35 mm f/1.8

Sumber gambar www.nikonusa.com

Ciri khas yang paling kentara dari gear kamera lensa Nikon AF-S DX 35 mm f/1.8 ini adalah bentuknya yang ringkas dan didesain khusus sebagai pasangan kamera DSLR. Selain itu, gear kamera lensa Nikon AF-S DX 35 mm f/1.8 juga dilengkapi dengan kemampuan pengambilan gambar portrait yang mumpuni berkat adanya fokus tajam hasil bukaan aperture f/1,8. Di marketplace seperti Lazada, Nikon AF-S DX 35 mm f/1.8 yang berwarna hitam ini dijual seharga Rp 2.686.900.

Panasonic 25 mm f/1.4 Leica DG

Sumber gambar kurtmunger.com

Cincin fokus pada gear kamera lensa Panasonic 25 mm f/1.4 Leica DG merupakan kekuatan utama dari lensa kamera yang memiliki rentang fokus 25 hingga 50 mm ini. Adanya cincin fokus dapat membuat kita menyesuaikan antar mode manual dan AF atau autofocus dengan lebih mudah. Sehingga membuat lensa ber-aperture f/1.4 ini fleksibel untuk digunakan pada banyak kegiatan fotografi. Lensa seberat 200 gr ini dihargai Rp 7.199.000 di Bhinneka.

Lensa Wide

Kategori rekomendasi berikutnya adalah lensa wide atau wide-angle, di mana lensa berukuran fokal minimal 10 mm ini telah menjadi salah satu lensa yang penting bagi para fotografer masa kini. Kemampuannya yang dapat menghasilkan foto dengan background lebar membuat lensa wide diincar oleh berbagai fotografer pernikahan, olahraga, arsitektur, hingga pemandangan.

Agar tidak bingung memilih lensa wide yang cocok, berikut ini BP-Guide sajikan berbagai lensa wide yang dapat mencakup area foto nan luas.

Canon EF 16-35 mm f/4 L IS USM

Sumber gambar www.canon.co.uk

Rekomendasi BP-Guide pertama untuk gear kamera lensa wide adalah Canon EF 16-35 mm f/4 L IS USM, yang memiliki kemampuan zoom dan aperture f/4 konstan yang membuat ketajaman fotonya selalu konsisten. Penggabungan tiga elemen aspherical pada desain optiknya juga turut berkontribusi pada resolusi foto yang tinggi dari tepi ke ujungnya. Gear kamera lensa yang dapat menghilangkan efek ghosting foto ini dihargai Rp 16.775.000 di Bhinneka.

Sigma 24-35 mm f/2 DG HSM

Sumber gambar www.canonrumors.com

Lensa kamera Sigma 24-35 mm f/2 DG HSM yang merupakan keluaran terbaru Sigma ini dilengkapi dengan fitur zoom full frame yang dapat mencakup seluruh range fokal dalam foto. Fitur ini adalah yang pertama di dunia.

Lensa Sigma 24-35 mm f/2 DG HSM ini juga memiliki rasio gambar 1:4.4, rasio ini lebih lebar dibandingkan lensa-lensa umumnya yang rasionya hanya 1:1. Gear kamera lensa ini baik untuk kamu yang suka mengambil foto landscape. Elemen low dispersion-nya juga turut menjamin ketajaman dan kecerahan lensa seharga Rp 14.700.000 di Tokopedia ini.

Nikon AF-S 14-24 mm f/2.8G ED NIKKOR

Sumber gambar www.nikonusa.com

Ketangguhan dan keandalan dalam memproduksi foto dan video berkualitas HD merupakan nama tengah dari gear kamera lensa bernama Nikon AF-S 14-24 mm f/2.8 G ED NIKKOR ini. Maksimum fixed aperture-nya yang mencapai f/2.8 mampu bekerja dengan sangat baik untuk menghasilkan ketajaman dan kontras warna yang pas, bahkan di tempat bercahaya redup sekalipun.

Di marketplace Lazada, lensa "wajib punya" bagi fotografer yang ingin menghasilkan foto berkualitas luar biasa ini dihargai sebesar Rp 23.668.290.

Canon EF 24mm f/1.4 II USM

Sumber gambar www.canon.co.uk

Canon EF 24 mm f/1.4 II USM merupakan generasi kedua gear lensa kamera Canon yang disempurnakan dengan memiliki ketahanan cuaca yang istimewa dan kecepatan fokusnya yang mantap, sehingga sangat mendukung kegiatan para pecinta fotografi.

Canon EF 24 mm f/1.4 II USM juga dilengkapi dengan fokus yang bisa diputar manual, sehingga membuatnya menjadi salah satu lensa yang paling menyenangkan. Kamu dapat memperoleh lensa wide L Series ini di Bukalapak seharga Rp 19.500.000.

Lensa Tele dan Makro

Jenis lensa kamera berikutnya yang lebih fleksibel adalah lensa tele atau lensa makro. Jarak pandangnya dapat diatur menjadi jauh, dekat, atau sangat dekat sekalipun tanpa metode pendukung semacam extension tube, reverse ring, atau close up filter.

Baik lensa tele maupun lensa makro memiliki fokus gambar yang paling jelas, tajam, dan mendalam dibandingkan lensa wide atau lensa prime, namun dengan harga yang lebih mahal. Berikut ini rekomendasi lensa tele dan lensa makro yang bisa kamu pertimbangkan.

Canon EF 100 mm f/2.8L Macro IS USM Lens

Sumber gambar www.newegg.com

Cincin motor ultrasonik dari lensa Canon EF 100 mm f/2.8 L Macro IS USM menghasilkan mode AF yang cepat. Sehingga memungkinkan adanya full-time manual focus yang dapat memikat fotografer yang berkomitmen untuk kualitas hasil jepretan kamera yang tinggi.

Lensa Canon EF 100 mm f/2.8 L Macro IS USM ini memiliki hasil akhir foto yang tajam namun tidak kasar, selain itu juga memiliki spesialisasi pada foto jenis portrait. Semua kelebihan lensa seharga Rp 9.872.500 di Bhinneka ini membuat gear kamera lensa ini cocok untuk memotret kulit bayi yang lembut atau objek serupa.

Tamron SP 90 mm f/2.8 Di Macro VC USD

Sumber gambar www.shutterbug.com

Rekomendasi lensa kategori tele dan makro selanjutnya adalah Tamron SP 90 mm f/2.8 Di Macro VC USD. Tidak kalah dengan lensa kamera sebelumnya, lensa Tamron SP 90 mm f/2.8 Di Macro VC USD dilengkapi dengan Ultrasonic Silent Drive yang dapat membuat gambar terkesan lembut, halus, dan memiliki autofocus yang akurat.

Selain itu, lensa Tamron SP 90 mm f/2.8 Di Macro VC USD ini juga memiliki kaca XLD yang dapat mengoreksi cahaya dengan ketepatan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas gambar. Harganya di Bhinneka dipatok Rp 7.000.000.

Nikon AF S 55-200 mm F 4 5.6 VR

Sumber gambar kamera-gue.web.id

Kamu yang familiar dengan kamera Nikon D40 dapat memilih Nikon AF S 55-200 mm F 4-5.6 VR sebagai lensa VR yang tepat untuk mengakomodasi kebutuhan fotografi. Bukan sekadar dapat menghasilkan gambar yang lembut nan halus, lensa yang nama lengkapnya cukup panjang ini juga dilengkapi dengan satu lensa ED yang berfungsi untuk menjaga ketajaman gambar serta bisa di-zoom hingga 3,6 kali lipat.

Jangkauannya yang mencapai 200 mm membuat lensa Nikon AF S 55-200 mm F 4-5.6 VR ini cocok untuk fotografi outdoor yang membutuhkan latar pemandangan yang luas. Lensa Nikon AF S 55-200 mm F 4-5.6 VR ini dijual Rp 2.147.900 di Lazada.

Sony 75-300 mm F4.5-5.6

Sumber gambar mkropa.republika.pl

Ingin menggunakan lensa tele atau makro, namun memiliki budget yang terbatas? Nah, lensa telefoto Sony 75-300 mm F4.5-5.6 yang dihargai Rp 1.450.000 di Bukalapak ini dapat menjadi pilihan. Terutama bila kamera yang kita gunakan adalah kamera DSLR.

Kemampuan telefoto-nya yang mencapai 112,5 hingga 450 mm efektif untuk menghasilkan gambar yang tajam dan jernih di sepanjang rentang zoom-nya. Lensa Sony 75-300 mm F4.5-5.6 ini biasanya dipakai untuk memotret satwa atau potret candid.

From our editorial team

Pahami Benar Kebutuhan Kamu Saat Memilih Lensa

Lensa-lensa pendukung fotografi ini rata-rata berharga cukup mahal. Dari mulai belasan hingga puluhan juta. Jadi, pastikan lensa yang dibeli memang yang sangat dibutuhkan. Bukan karena ikut gaya-gayaan biar terlihat seperti fotografer hebat. Padahal, setelah itu kamu gelisah karena sudah tak punya tabungan atau harus sibuk mencicil setiap bulan untuk melunasi kamera lensa tersebut.