10 Rekomendasi Kamera GoPro Siap Bikin Kegiatan Outdoor-mu Makin Seru !

10 Rekomendasi Kamera GoPro Siap Bikin Kegiatan Outdoor-mu Makin Seru !

Kepopuleran kamera GoPro semakin diminati anak muda. Selain punya kualitas gahar, ukuran kamera GoPro yang kecil memudahkannya untuk dibawa ke mana pun. Kegiatan outdoor atau travelling semakin seru dengan adanya kamera GoPro untuk mengabadikan momen terbaikmu selama perjalanan. Ada 10 rekomendasi kamera GoPro yang wajib kamu simak. Yuk, lanjut baca !

Semakin Populernya Action Sport Membuat Kamera GoPro Semakin Diminati

Sumber gambar i.pinimg.com

Kamera GoPro sebagai jawaban atas kebutuhan action hobbyist merupakan pengembangan dari kamera Kodak yang sering terlepas dari tangan atau malah menghantam wajah ketika sedang mengikuti kegiatan aktif semacam berselancar. Paling tidak, itulah gambaran awal penciptaan kamera action ini oleh Nicholas Woodman, mantan bos perusahaan marketing Funbag pada September 2004.

Mengingat saat ini kegiatan aktif semacam itu sering dilakukan, maka mulai bermunculan berbagai versi kamera GoPro lain, seperti GoPro Hero 3 Black yang cocok untuk selfie underwater dengan kualitas gambar yang sangat bagus dan banyak diminati orang masa kini.

Mengapa Harus Kamera GoPro? Ini Alasan Kamu Harus Membeli Kamera GoPro!

Sumber gambar i.pinimg.com

Saat ini, kamera GoPro bukan hanya milik fotografer atau videografer profesional saja. Para pemula pun dapat memiliki kamera yang ditujukan untuk menangkap momen olahraga aksi dan outdoor ini sebagai alternatif DSLR atau point-and-shoot camera.

Ukurannya yang kecil dan kualitas gambar yang sangat jernih membantu para fotografer mengabadikan momen aksi mereka tanpa harus kerepotan dengan ukuran kamera yang terlalu besar. Artikel BP Guide kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai alasan-alasan mengapa kamera GoPro wajib untuk dibeli.

Frame Rate Lebih Tinggi

Sumber gambar i.pinimg.com

Frame rate sendiri merupakan tolok ukur pembuat efek slow-motion pada video, yang dinyatakan dalam satuan frame per second (atau yang disingkat dengan fps). Rata-rata action camera memiliki ukuran 24 hingga 60fps. Beberapa kamera GoPro mampu melebihi rata-rata frame rate tersebut, seperti GoPro Hero 4 yang mampu merekam efek slow-motion hingga 120fps atau 2 kali lipat dari frame rate maksimal action camera pada umumnya.

Resolusi Lebih Tinggi

Sumber gambar i.pinimg.com

Resolusi yang tinggi menghasilkan hasil foto dan video yang warna serta garis-garisnya lebih jernih. Saat ini, kebanyakan kamera memiliki opsi resolusi 1080p dan 720p untuk kualitas foto dan video yang tinggi atau 720p dan 480p untuk foto sehari-hari.

Namun, GoPro edisi White, Silver, maupun Black memiliki resolusi yang lebih tinggi dari kebanyakan kamera, yakni masing-masing sebesar 5 MP, 11 MP, dan 12 MP. Selain itu, kemampuan tambahan edisi Black untuk mengambil gambar burst 30 fps juga sama dengan kemampuan pengambilan gambar di bioskop, sehingga kualitas foto dan video dari kamera Go Pro tidak perlu diragukan lagi.

Kapasitas Baterai Lebih Besar

Sumber gambar i.pinimg.com

Saat dipakai dalam mode standard, baterai kamera GoPro mampu tahan lama sekitar 3 hingga 3,5 jam. Kamera Go Pro Hero 3+ Black Edition sendiri memiliki daya baterai 1180 mAh, yang mana 30% lebih kuat dibandingkan versi Hero 3 Black Edition. Kapasitas ini semakin besar pada versi barunya, yakni GoPro Hero 5.

Rekomendasi 10 Kamera GoPro yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sumber gambar i.pinimg.com

Banyaknya frekuensi kegiatan outdoor semacam bersepeda dan travelling ke berbagai tempat saat ini membuat BP Guide merasa perlu membuat beberapa rekomendasi kamera Go Pro. Kelebihan kamera Go Pro dibandingkan DSLR dalam hal pengambilan foto berkualitas tinggi dan perekaman video dalam jangka panjang merupakan alasan lain untuk merekomendasikan kamera Go Pro yang dapat BP-Guide temukan berdasarkan pengamatan. Supaya tidak bingung kamera Go Pro mana yang harus dipilih, berikut ini adalah rekomendasi kamera Go Pro terbaik menurut versi BP-Guide.

GoPro HERO

Sumber gambar ngelag.com

Seperti namanya, kamera Go Pro HERO Entry Level merupakan seri action camera GoPro yang sesuai untuk pemula di bidang fotografi maupun videografi. Kamera yang dirilis pada tahun 2014 ini sanggup merekam video hingga resolusi 1080p untuk frame rate 30fps, yang dapat membuat fotografer maupun videografer pemula berasa seperti profesional.

Kamera Go Pro HERO Entry Level ini juga dilengkapi kemampuan menyelam hingga 40 m bawah laut dengan tambahan pelapis. Kameranya dihargai mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp 2.098.000 di pasaran kamera semacam Tokopedia.

GoPro HERO+ WiFi

Sumber gambar media.dcrainmaker.com

Satu lagi kamera Go Pro entry-level yang dapat BP Guide rekomendasikan adalah seri GoPro Hero+ Wi-Fi. Kamera GoPro Hero+ Wi-Fi ini merupakan pengembangan dari seri Hero sebelumnya dengan penambahan akses Wi-Fi dan Bluetooth.

Penambahan akses Wi-Fi dan Bluetooth ini akan memudahkan pemakai untuk mengakses gambar maupun video yang mereka ambil kapanpun, bahkan saat mereka hanya mengaktifkan smartphone. Di Bukalapak sendiri, kamera Go Pro Hero+ Wi-Fi dihargai Rp 2.200.000.

GoPro HERO+ LCD

Sumber gambar www.target.com

Ringkas dan tangguh, demikianlah kesan pertama yang BP Guide dapatkan saat mengamati seri GoPro Hero+ LCD ini. Kekuatan utama dari seri GoPro ini adalah fitur layar sentuhnya yang dapat memberikan akses ke gambar yang lebih besar sebelum benar-benar mengambil gambar dari kamera.

GoPro Hero+ LCD yang dihargai Rp 3.300.000 di Bhinneka ini juga dilengkapi dengan GoPro App yang terintegrasi dengan Wi-Fi dan Bluetooth dan memberikan kontrol penuh ke konten-konten foto di sosial media semacam Facebook, Twitter, dan Instagram. Benar-benar action camera yang cocok untuk pencinta fotografi maupun selfie, nih!

GoPro HERO4 Silver

Sumber gambar mataharimall.com

Bentuk kotak merupakan ciri khas dari eksterior kamera Go Pro Hero4 Silver ini. Seri Hero4 Silver yang disebut-sebut sebagai warna hitam yang baru ini dilengkapi dengan built-in LCD touchscreen, yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses galeri foto secara lebih cepat. Beragam pilihan kualitas recording video juga tersedia dalam berbagai resolusi dan frame rate sesuai dengan kebutuhan pengambilan video pada kamera Go Pro yang dihargai Rp 5.255.000 di Blibli ini.

GoPro HERO4 Black

Sumber gambar blibli.com

Dibandingkan versi pendahulunya, yakni GoPro Hero 3+ Black Edition, GoPro Hero4 Black Edition memiliki frame rate video dan kekuatan prosesor yang 2 kali lipat lebih tinggi. Selain itu, seri Hero4 Black Edition pada kamera GoPro ini juga dilengkapi dengan spring loaded yang tinggal menggeser saja bila ingin membuka kunciannya, sehingga tidak perlu repot-repot untuk mencongkel battery door-nya. Untuk harganya, GoPro Hero4 Black Edition dihargai Rp 6.499.999 di MatahariMall.

GoPro HERO4 Session

Sumber gambar blibli.com

Ukurannya yang 50% lebih kecil dan 40% lebih ringan dari seri-seri GoPro sebelumnya, tidak menciutkan kemampuan kamera yang bernama lengkap GoPro Hero 4 Session ini. Sebaliknya, 2 tombol kontrol yang melekat pada desainnya yang compact dan tidak lagi dibutuhkannya housing untuk underwater photography membuat penggunaan kamera GoPro Hero 4 Session ini makin praktis dan efisien. Kamera "ice cube" yang berhasil mengundang decak kagum orang-orang yang melihatnya ini dijual dengan harga Rp 3.320.000 di Camzone.

GoPro HERO5 Black

Sumber gambar blibli.com

Kamera GoPro lain yang dapat BP Guide rekomendasikan adalah GoPro Hero5 Black. Bukan hanya tidak lagi memerlukan housing atau charger saat hendak memotret kehidupan bawah lautan, namun kamera Go Pro satu ini juga dilengkapi dengan resolusi yang lebih tinggi dan adanya opsi format foto RAW+WDR yang sangat membantu dalam hal pengambilan gambar maupun video berkualitas tinggi. Selain itu, kamera yang dibanderol seharga Rp 5.999.000 di PlazaKamera ini juga dilengkapi dengan sistem voice recognition yang dapat mengubah mode dengan perintah suara sembari kita melakukan kegiatan secara aktif.

GoPro HERO5 Session

Sumber gambar blibli.com

Kamera GoPro beresolusi maksimal 10 MP ini bisa dibilang seperti downgrade dari Hero5 Black. Alasannya, GoPro Hero5 Session tidak dilengkapi dengan layar sentuh, GPS, RAW, maupun WDR. Untungnya, ada fasilitas upload dan berbagi foto lewat penyimpanan cloud pada aplikasi GoPro Plus yang terintegrasi dengan GoPro Hero5 Session ini, sehingga aktivitas melihat, mengedit, maupun berbagi foto tidak akan menyulitkan pada kamera yang dihargai sebesar Rp 4.680.000 di situs Plaza Kamera ini.

GoPro HERO6 Black

Sumber gambar blibli.com

Berdasarkan pengamatan BP-Guide, GoPro Hero6 Black merupakan kamera Go Pro tingkat mahir. Bukan hanya petualangan fotografer maupun videografer pengguna yang dapat ditransformasi menjadi QuikStories yang luar biasa, namun GoPro Hero6 Black juga dilengkapi dengan prosesor chip GP1 yang lebih kuat dan cepat serta desainnya yang tahan lama dan kedap air. Tidak heran, harganya lebih mahal dibandingkan kamera-kamera GoPro di poin sebelumnya, yakni sebesar Rp 7.499.000 menurut situs Plaza Kamera.

GoPro Fusion

Sumber gambar digitalmajority.com

Kamera GoPro Fusion ini merupakan bukti dedikasi GoPro terhadap pelanggannya, di mana GoPro terus menambahkan fitur-fitur yang semakin interaktif. Bukan hanya kemampuannya untuk menghasilkan resolusi gambar hingga 5,2 K. Kamera yang rencananya dirilis pada akhir 2017 ini juga akan dilengkapi dengan fitur OverCapture yang memungkinkan pengguna membuat video biasa dari sudut 360 derajat.

Karena kemampuan action camera GoPro edisi Fusion yang super ini, harganya diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, kamera GoPro Fusion ini hanya tersedia untuk kalangan tertentu saja.

From our editorial team

Pilihlah Kamera GoPro Sesuai Bujet dan Kebutuhan

Kamera GoPro memang bukan barang murah sehingga perlu kejelian sebelum memutuskan untuk memiliki benda ini. Selain beragam kualitasnya, kamera GoPro memudahkanmu untuk mengabadikan momen-momen saat melakukan kegiatan outdoor. Sesuaikan bujet yang kamu miliki dan kebutuhan kamera GoPro ini. Jika kamu lebih sering berkegiatan di bawah air tentu kamu harus memilih kamera GoPro yang memiliki kualitas underwater terbaik.