Abadikan Momen Penting dengan 12 Kamera Digital Terbaik dan Berkualitas

Momen istimewa belum tentu datang dua kali. Oleh karena itu, kamu perlu mengabadikan momen tersebut dengan kamera. Kamera digital yang berkualitas dapat menghasilkan gambar yang juga berkualitas. Kamu hanya perlu memilih jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu agar semakin mudah mengabadikan berbagai momen istimewa dalam hidupmu.

Gaya Hidup Zaman Sekarang Tidak Terpisahkan dari Kamera Digital

Sekarang ini kemudahan mengabadikan momen bukan lagi sesuatu yang aneh. Bahkan sekarang ini sangat jarang menemukan ponsel yang tidak memiliki fitur kamera. Hal ini semakin memperkuat generasi digital yang rasanya tak akan pernah berhenti.

Perangkat keras pengambil gambar pun berkembang semakin cepat. Bentuk kamera semakin compact dengan kualitas yang bersaing. Harganya yang beragam juga membuat semakin banyak pilihan untuk dipilih. Ketenaran kamera digital pun menciptakan hobi terkini, yaitu fotografi.

Beberapa Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Kamera Digital

Di pasaran, sekarang ini setidaknya setiap merek perangkat keras memiliki kamera digital. Bahkan satu merek dapat membuat beragam pilihan kamera digital. Hal ini tentu memudahkan para pencinta fotografi karena dengan begitu pilihan kamera dengan fitur dan harga yang bersaing akan semakin banyak.

Namun sebelum membeli kamera digital, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama bagi kamu yang mungkin masih pemula. Apa saja, ya, yang perlu diperhatikan?

Merek dan Tipe

Hal pertama yang perlu kamu putuskan pertama kali adalah merek dan tipe kamera digital apa yang kamu pilih. Namun memilih merek dan tipe kamera juga harus dipertimbangkan dari segi kemudahan fitur kamera, tempat service, dan harga lensa atau aksesori. Misalnya jika kamu memilih kamera Canon, apakah hal-hal tadi mudah dijangkau olehmu?

Kamu tentu perlu memastikan bahwa terdapat tempat service Canon di sekitar tempat tinggalmu. Kamu juga perlu memastikan setidaknya teman fotografimu menggunakan Canon juga agar mempermudah saat berbagi info.

Bujet

Bisa dibilang, persiapan bujet adalah hal yang utama sebelum membeli barang. Tentu semakin besar bujet, semakin banyak pula pilihan kamera yang bisa kamu pilih. Dan tentu saja, semakin mahal kamera, semakin banyak pula fitur yang dimiliki. Jadi, berapa bujetmu?

Pocket, DSLR, atau Mirrorless?

Setelah kamu mengetahui berapa bujet yang kamu punya, kamu juga harus memutuskan untuk membeli kamera digital berjenis apa. Apakah kamera pocket, DSLR, atau mirrorless?

Untuk hasil gambar terbaik, tentu pilihannya adalah kamera DSLR atau mirrorless. Namun, kembali lagi kepada tujuanmu untuk memakai kamera digital tersebut. Misalnya jika kamu membutuhkan kamera digital untuk pekerjaan fotografi, tentu sebaiknya kamu memilih kamera terbaik seperti DSLR. Jika kamu memakai kamera hanya untuk bepergian atau berlibur, mungkin kamera pocket pun sudah cukup.

Rekomendasi 12 Kamera Digital Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Seperti biasa, BP-Guide tentu saja akan memberikan rekomendasi terbaik untukmu. Kali ini BP Guide akan memberikan rekomendasi kamera digital terbaik yang bisa kamu pilih. Yuk, disimak!

Kamera Pocket

Meski fiturnya tak sebaik kamera DSLR atau mirrorless, namun kelebihan kamera pocket juga cukup memadai, lo. Bentuknya yang kecil dan ringan membuat kamera ini sangat mudah dibawa.

Nah, di bawah ini BP-Guide memiliki rekomendasi untuk pilihan kamera pocket terbaik.

Canon IXUS 180

Sumber gambar id.priceprice.com

Bentuknya yang ramping dan mungil, membuat Canon IXUS 180 ini sangat mudah untuk masuk ke tas atau bahkan saku bajumu. Dengan sensor CCD 20 Mp-nya, kamera ini dapat merekam video hingga resolusi HD 720 pixel.

Untuk lensanya, Canon IXUS 180 dilengkapi dengan lensa 24-240 mm sehingga mampu melakukan zoom optical 10x yang didukung dengan fitur optical image stabilization. Tak hanya itu, kamera pocket ini pun dilengkapi dengan layar berukuran 3 inci.

Keren, kan? Canon IXUS 180 ini memiliki 3 pilihan warna, lo. Yaitu merah, biru, dan hitam. Kamera yang juga dilengkapi dengan WIFI dan NFC agar dapat terhubung dengan perangkat lain ini dijual seharga Rp 1.780.000 di Tokopedia.

Nikon Coolpix S33

Sumber gambar www.nikonusa.com

Jika kamu membutuhkan kamera pocket untuk menemani aktivitas outdoor-mu, maka Nikon Coolpix 533 adalah pilihan yang tepat. Karena kamera ini tahan goncangan dan tahan air. Nikon Coolpix 533 juga dilengkapi dengan sensor CMOS 13,2 Mp dan optical zoom 3x pembesaran.

Dan fitur yang paling menarik dari kamera ini adalah mampu mencapai kedalaman air sedalam 10 meter, shockproof 1,5 meter, dan juga mampu bertahan pada suhu -10 derajat Celsius.

Kamera yang dijual seharga Rp 1.340.000 ini dapat kamu beli di situs Buka Lapak.

Sony DSC-W830

Sumber gambar www.sony.co.id

Rekomendasi kamera pocket kali ini dari merek Sony. Kamera yang dilengkapi dengan sensor CCD 20,1 Mp, autofocus, dan digital image stabilization ini membuat gambar yang dihasilkan lebih berkualitas. Sony DSC-W830 ini juga dapat merekam video pada resolusi HD 720p.

Dilengkapi dengan 3 pilihan warna, yaitu hitam, perak, dan ungu, Sony DSC-W830 ini dijual seharga Rp 1.599.000 di situs Plaza Kamera.

Olympus VR-350

Sumber gambar id.priceprice.com

Tak mau kalah dengan yang lain, Olympus juga baru saja merilis kamera pocket yang berkualitas sangat baik namun dengan harga yang murah. Olympus VR-350 ini memiliki CCD 16 Mp, 24-240 mm zoom optik, dan 24 mm wide angle.

Berminat dengan kamera yang satu ini? Olympus VR-350 ini dapat kamu beli di Lazada seharga Rp 1.525.000.

Kamera DSLR

Jika kamu mencari kamera digital yang lebih profesional, kamera DSLR adalah pilihan yang tepat. Dengan fitur yang lebih banyak dari kamera pocket, tentu gambar yang dihasilkan juga lebih baik.

Bingung memilih kamera DSLR mana yang ingin kamu beli? Kalau begitu simak rekomendasi kamera DSLR dari BP-Guide, yuk!

Canon EOS 70D

Sumber gambar www.usa.canon.com

Dengan dilengkapi sensor APS-C CMOS 20,2 Mp, Canon EOS 70D memang sudah terkenal di kalangan para pencinta fotografi. Kamera yang satu ini pun dapat merekam video HD 1080 p dan juga terdapat DIGIC 5+ image processor. Dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang membuat kamera DSLR yang satu ini menghasilkan gambar dan video berkualitas.

Jika kamu berminat untuk membeli kamera yang satu ini, kamu perlu menyiapkan bujet sebesar Rp 18.640.000. Canon EOS 70D ini dapat kamu beli di toko online Plaza Kamera.

Nikon D3400

Sumber gambar www.nikonusa.com

Kali ini ada kamera DSLR untuk kamu yang ingin belajar fotografi profesional. Dengan fiturnya yang beragam, Nikon D3400 ini menggunakan 24,2 Mp, rentang ISO 100-25600, dan shutter speed 1/4000 detik hingga 30 detik. Keren, bukan?

Produk yang satu ini dibanderol seharga Rp 6.700.000 dan dapat kamu beli di Tokopedia.

Canon EOS 750D

Sumber gambar www.canon.co.id

Bisa dibilang, Canon EOS 750D adalah kamera dengan level tertinggi dalam sejarah EOS level entry. Kamera DSLR yang satu ini memiliki sensor CMOS APS-C 24,2 Mp, processor image DIGIC 6, dan rentang ISO 100-6400. Dijamin, deh, kamera yang satu ini dapat menghasilkan gambar yang sangat keren!

Canon EOS 750D ini dijual seharga Rp 9.360.000 dan dapat kamu beli Plaza Kamera.

Pentax K-50

Pada saat peluncuran pertamanya, Pentax K-50 mampu menarik banyak perhatian para pencinta fotografi. Karena kamera DSLR yang satu ini memiliki fitur di antaranya sensor APS-C CMOS 16,3 Mp, shake reduction system, dan WIFI. Yang lebih menarik, Pentax K-50 memiliki pilihan 120 kombinasi warna. Keren sekali!

Yuk, segera kunjungi situs penjualan Bhinneka untuk melihat kamera yang dijual seharga Rp 6.500.000 ini!

Kamera Mirrorless

Kepopuleran kamera mirrorless semakin meningkat karena memiliki ukuran dan bobot yang cenderung lebih kecil dibandingkan kamera DSLR. Hal ini karena dihilangkannya mirrorbox pada kamera. Namun meski begitu, kualitas gambar yang dihasilkan kamera mirrorless tetap dijaga agar dapat menghasilkan kualitas yang baik.

Nah, setelah kamera pocket dan DSLR, kali ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi kamera mirrorless untukmu.

Canon EOS M10

Sumber gambar www.canon.co.id

Dengan beratnya yang hanya 301 gram, Canon EOS M10 memiliki banyak fitur yang tak kalah dengan kamera DSLR. Kamera yang diluncurkan sejak Oktober 2015 ini memiliki sensor APS-C 18 Mp, prosesor gambar DIGIC 6, ISO 100-12800, dan LCD yang dapat ditekuk hingga 180 derajat. LCD ini memudahkanmu untuk melakukan selfie.

Dibanderol seharga Rp 5.005.000, Canon EOS M10 ini dapat kamu beli di Plaza Kamera.

Sony Alpha A5100

Sumber gambar www.bestbuy.com

Saat peluncurannya, Sony Alpha A5100 diklaim sebagai kamera mirrorless terkecil di dunia. Meski begitu, kamera ini memiliki kemampuan yang dapat disetarakan dengan kamera profesional. Sony Alpha A5100 memiliki fitur di antaranya sensor APS-C CMOS 24,3 Mp, prosesor gambar BIONZ X, autofocus berkecepatan tinggi, WIFI, dan LCD 3 inci yang dapat diputar 180 derajat.

Sony Alpha A5100 adalah salah satu rekomendasi terbaik untukmu. Kamera yang satu ini dijual seharga Rp 8.499.000 dan dapat dibeli di situs penjualan Bhinneka.

Fujifilm X-A2

Sumber gambar www.tokocamzone.com

Kamera yang dirilis sejak Januari 2015 ini disebut-sebut sebagai kamera mirrorless termurah yang dimiliki Fujifilm. Dengan dilengkapi fitur-fitur canggih di antaranya sensor APS-C CMOS 16,4 Mp, WIFI, dan LCD 3 inci yang dapat ditekuk 180 derajat.

Harga Fujifilm X-A2 ini dibanderol seharga Rp 7.100.000 dan dapat kamu dapatkan di situs Toko Camzone.

Samsung NX3000

Sumber gambar www.samsung.com

Kamera penerus Samsung NX2000 ini merupakan kamera mirrorless termurah yang BP Guide rekomendasikan. Samsung NX3000 dilengkapi dengan sensor APS-C 20 Mp, lensa 16-50 mm f/3,5-5,6 standar zoom, ISO max hingga 25600, WIFI, dan LCD yang dapat ditekuk. 

Harganya? Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 4.150.000 saja kamu bisa mendapatkan kamera dengan performa yang baik ini. Yuk, segera kunjungi situs Tokopedia!

From our editorial team

Memilih Kamera Digital yang Sesuai dengan Sesuai Kebutuhan

Kamera digital sudah menjadi semacam kebutuhan bagi orang-orang yang senang mengabadikan berbagai momen menarik. Kamera digital ini memiliki berbagai tipe dan harga. Pilihlah yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhanmu agar kamera digital yang dimiliki bisa digunakan secara efektif dan kamu tidak perlu membuang-buang uang akibat membeli kamera yang tidak tepat.