10 Kamera Termurah yang Bisa Menghasilkan Gambar Berkualitas untuk Melengkapi Liburan Anda

10 Kamera Termurah yang Bisa Menghasilkan Gambar Berkualitas untuk Melengkapi Liburan Anda

Momen liburan tak boleh dilewatkan dan harus diabadikan dengan kamera. Agar bisa menangkap gambar dengan jelas, kamera yang digunakan tentu harus yang berkualitas. Jika dana yang Anda miliki terbatas, Anda tak perlu khawatir. Deretan kamera dengan harga terjangkau ini mampu menjawab kebutuhan Anda untuk mengabadikan berbagai momen penting selama liburan.

Foto Adalah Hal Wajib Saat Anda Bepergian, Jadi Walaupun Dana Terbatas Siapkan Kamera Terbaik

Pengalaman liburan menciptakan banyak momen indah yang sayang bila tidak diabadikan. Dalam mengabadikan momen-momen indah saat liburan ini, biasanya orang cenderung menggunakan kamera ponsel pintar atau kamera digital seperti SLR atau kamera saku. Bila perlu, kamera tersebut harus dilengkapi dengan fitur-fitur seperti dustproof, waterproof, atau shockproof, sehingga keindahan objek foto tidak terhalang oleh gangguan semacam pasir atau air.

Untuk mendapatkan ini semua, aneka kamera termurah yang direkomendasikan BP Guide pada artikel ini sanggup mengakomodasi kebutuhan Anda untuk mengabadikan momen indah liburan ini.

Tips Memilih Kamera Termurah Supaya Tidak Salah Pilih

Merupakan perkara yang sulit bila Anda ingin mendapatkan kamera termurah dengan kualitas yang baik, mengingat ungkapan "ada harga ada barang" itu berlaku. Namun sebenarnya Anda hanya perlu menyesuaikan dana dan level kemampuan fotografi yang dimiliki.

Anda pun tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli kamera mahal yang rumit yang belum tentu mampu digunakan. Pada bagian selanjutnya, BP-Guide akan membahas lebih rinci mengenai tips mendapatkan kamera termurah dengan kualitas yang tidak murahan.

Bandingkan Kelebihan dan Kekurangan Produk

Saat ini, ada banyak produk kamera murah dengan berbagai fitur dan desain. Anda mungkin kerap bingung saat hendak memilihnya. Dua contoh konkrit adalah Canon dan Nikon, di mana kedua merek kamera ini terus memperbarui kualitas jepretan dan aplikasinya, sehingga relatif susah untuk diikuti.

Sebenarnya, supaya dapat membandingkan secara tepat, tidak ada salahnya melihat situs-situs perbandingan kamera semacam Versus atau Snapshort. Dengan demikian Anda akan mengetahui spesifikasi terbaik kamera dari suatu kamera.

Mengenali Fitur yang Paling Dicari

Tips yang kedua agar dapat memperoleh kamera yang paling murah dengan kualitas yang diharapkan adalah mengetahui dengan benar fitur-fitur yang dibutuhkan. Contoh dari fitur-fitur tersebut misalnya kecepatan dalam frame per detik atau fps, resolusi full HD, shutter speed, atau image stabilizer untuk menyeimbangkan objek yang tertangkap kamera.

Dengan mempertimbangkan fitur yang sesuai kebutuhan, Anda tidak hanya memilih kamera berdasarkan desain, jenis, atau ukuran lensanya saja. Anda juga harus cermat dalam menentukan break even point antara harga murah dan kualitas baik yang sesuai dengan harapan.

Harus Sesuai dengan Dana

Poin tips ketiga dari BP-Guide, Anda juga perlu menyesuaikan dana dengan kamera yang akan dibeli. Misalnya, seorang pemula tidak mungkin menggunakan kamera berharga puluhan juta. Sebaliknya, kamera yang harganya beberapa jutaan saja yang memiliki fitur-fitur dan spesifikasi sederhana sudah cukup untuk pemula yang sedang belajar memotret.

Karena itu, jangan memaksakan diri membeli kamera yang terlalu melampaui dana yang dimiliki, apalagi kalau fitur-fiturnya mungkin tidak diperlukan lagi di masa depan.

Rekomendasi 10 Kamera Termurah Harga Satu Jutaan dengan Kualitas Terbaik

Kamera DSLR kerap dijagokan untuk mengambil foto-foto aktivitas selama travelling. Kendati demikian, harganya yang mahal dibandingkan kamera saku atau pocket camera kerap membuat ketar-ketir. Di saat yang sama, ada banyak kamera saku berharga sekitar Rp 1.000.000 yang dapat memotret gambar sebaik DSLR. Beberapa contoh rekomendasi kamera yang paling murah tersebut akan BP Guide bahas pada kesempatan artikel ini.

Canon IXUS 135

Sumber gambar id.priceprice.com

Fitur Eco Mode merupakan ciri khas utama dari kamera Canon IXUS 135 ini. Fitur ini dapat menghemat baterai sekaligus memperbanyak kapasitas pengambilan gambar yang ada.

Kamera Canon IXUS 135 ini juga dapat terhubung dengan berbagai perangkat elektronik seperti PC atau ponsel pintar, sehingga membuat tugas memindahkan gambar foto ke galeri antar perangkat menjadi lebih mudah.

Selain itu, kamera yang dihargai Rp 1.383.200 oleh Klik Glodok ini juga memiliki kemampuan merekam film yang bagus berkat adanya fitur penangkapan HD Movie dengan Button Movie-nya.

Canon IXUS 170

Sumber gambar id.priceprice.com

Satu lagi seri Canon IXUS yang perlu kita pertimbangkan sebagai rekomendasi kamera yang paling murah adalah Canon IXUS 170. Kamera Canon jenis IXUS 170 ini memiliki resolusi 20 MP. Prosesor DIGIC 4+ pada kamera ini sanggup mengambil gambar yang jernih dengan Intelligent IS atau image stabilizer yang terkandung di dalamnya.

Bentuk luarnya yang minimalis juga membuat pemegang kamera Canon IXUS 170 ini terlihat lebih keren dan fashionable. Menurut situs marketplace Glodok Shop, harga kamera dengan zoom gambar 24 kali lipat ini dibanderol dengan harga Rp 1.375.000.

Sony Cybershot DSC W810

Sumber gambar id.priceprice.com

Berbagai macam mode foto, mulai dari Sweep Panorama, Beauty Effects, hingga Party Mode, merupakan kekuatan utama dari kamera termurah bernama lengkap Sony Cybershot DSC W810 ini. Salah satu kamera yang paling murah dengan harga Rp 1.179.000 menurut Lazada ini juga dilengkapi dengan lensa optical zoom yang mampu memperbesar gambar hingga 6 kali lipat dan resolusinya yang full HD. Gambar yang dihasilkan pun akan menjadi cerah.

Adanya sensor image Super HAD CCD 20,1 MP dan prosesor BIONZ juga turut menambah kreativitas gambar yang dihasilkan kamera Sony Cybershot DSC W810.

Nikon Coolpix S33

Sumber gambar id.priceprice.com

Nikon Coolpix S33 merupakan salah satu kamera termurah yang paling banyak dikenali di kalangan pencinta kegiatan outdoor. Hal ini dikarenakan sifatnya yang tahan banting hingga ketinggian 1,5 m dan tahan suhu hingga minus 10 derajat Celcius.

Kamera ini juga bisa menoleransi pemotretan hingga 10 m di bawah permukaan air, sehingga cocok untuk mengakomodasi kebutuhan mengabadikan momen di medan yang sulit. Tidak peduli hari panas atau hujan, kamera seharga Rp 1.340.000 di marketplace Bukalapak ini mampu mengambil gambar dengan resolusi yang tinggi, yakni maksimal 4.608 x 3.456 piksel.

Olympus VG-180

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kamera merek Olympus, termasuk seri Olympus Stylus VG-180, merupakan salah satu jenis kamera yang paling murah yang banyak direkomendasikan untuk pemula.

Fitur-fitur efek foto seperti punk, pop art, miniature, dan Turnpic sebagai prosesor gambarnya membuat kamera Olympus Stylus VG-180 ini cocok untuk menangkap gambar objek wajah secara close-up maupun pemandangan landscape yang unik. Di beberapa marketplace seperti Tokopedia, kamera dengan desain compact dan ramping ini dihargai Rp 850.000.

Panasonic Lumix FX65

Sumber gambar id.priceprice.com

Asalnya yang dari Jepang membuat kamera digital Panasonic Lumix FX65 ini memiliki reputasi yang baik untuk kegiatan pengambilan gambar. Tidak berhenti sampai di situ, lensanya pun bermerek LEICA, yang merupakan merek lensa fotografi terdepan di dunia. Lensa yang bernama lengkap LEICA DC Vario-Elmart 5 ini juga dilengkapi dengan fitur wide angle yang dapat mengambil gambar dengan rinci, tajam, dan bersih.

Kamera yang tersedia dalam warna pink dan rose ini dihargai Rp 1.000.000 dalam keadaan second di situs web Prelo beserta dengan boks baterai, charger, dan kabel data yang menyertainya.

Samsung DV150

Sumber gambar id.priceprice.com

Salah satu kamera termurah bernama Samsung DV150 ini merupakan kamera yang direkomendasikan BP Guide untuk Anda yang kerap mengambil gambar selfie saat liburan. Kecepatan bidik 30 fps-nya setara dengan kamera berharga mahal.

Samsung DV150 juga dilengkapi fitur Self Shot yang sangat menunjang aktivitas bernarsis ria saat liburan. Adanya fitur Wi-Fi sehingga bisa terhubung dengan berbagai akun media sosial juga merupakan daya tarik tersendiri dari kamera seharga Rp 1.450.000 di Tokopedia ini, khususnya untuk para pengemar foto selfie.

Samsung Digimax ST2014

Sumber gambar www.pricebook.co.id

Samsung Digimax ST2014 ini merupakan jawaban bagi Anda yang hendak memiliki kamera canggih namun memiliki dana yang terbatas. Salah satu kamera saku termurah di pasaran ini memiliki ukuran layar LCD 3 inci, di mana ukuran ini lebih lebar dari kamera saku lainnya yang hanya 2,5 inci. Focal length hingga 22,5 mm dan aperture sebesar f/2,5 inci dan f/6,3 inci membuat Samsung Digimax ST2014 makin mampu "melebarkan gambar" sekaligus menambah ketajamannya.

Kamera yang dihargai Rp 1.450.000 di Kaskus ini juga dilengkapi dengan HD Movie Recording berkualitas jernih untuk Anda yang ingin mengabdikan momen bergerak saat berlibur.

Olympus VR-350

Sumber gambar id.priceprice.com

Kamera termurah lainnya yang dapat dijadikan alternatif untuk memotret objek dengan terang adalah Olympus VR-350. Olympus VR-350 memiliki fitur jagoan bernama Magic Filter Effect yang memiliki total 15 mode untuk mengabadikan momen gambar. Tidak tanggung-tanggung, Anda pun dapat memilih opsi 3D pada 15 mode Olympus VR-350 yang serba "wah" ini.

Dengan harga Rp 1.525.000 di bhinneka.com, Anda pun memperoleh fitur Face Detection dan sensor yang dapat menangkap kelebihan objek foto bersamaan dengan fisik kamera Olympus VR-350 ini.

Canon IXUS 180

Sumber gambar www.pricebook.co.id

Canon IXUS 180 merupakan pengembangan dari Canon IXUS 175 yang memiliki fitur Wi-Fi untuk memindahkan file gambar dengan lebih mudah. Selain itu, kamera Canon IXUS 180 ini juga dilengkapi dengan ISO maksimal 1600 yang dapat meminimalkan jumlah bintik-bintik (noise) yang mengganggu pemandangan foto saat liburan.

Focal lens sebesar 240 mm pada kamera ini sanggup mengambil foto dari jarak jauh, sehingga cocok untuk Anda yang ingin memotret saat bepergian.

Di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Canon IXUS 180 yang tersedia dalam warna hitam atau perak ini dihargai Rp 1.780.000, di mana harga ini sudah termasuk garansi resmi dari Canon Datascrip.

From our editorial team

Memilih Kamera Sesuai Kebutuhan

Faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih kamera adalah dapat menghasilkan gambar yang jernih dan berkualitas. Anda pun harus mampu mengoperasikannya dengan mudah. Pilih kamera sesuai kebutuhan dan jangan cepat tergiur dengan berbagai fitur kamera yang belum tentu dibutuhkan. Dengan begitu kamera yang Anda beli bisa lebih efektif untuk digunakan.