Ingin Kamera Unik Nan Canggih? Liriklah 10+ Rekomendasi Kamera Olympus Asal Negeri Sakura Ini!

Berbagai brand kamera semakin gencar menawarkan kecanggihan teknologinya agar menarik minat para pecinta fotografi. Tapi, tahukah Anda jika ada kamera Olympus asal negeri Sakura yang punya spesifikasi canggih namun memiliki desain unik nan klasik. Penasaran? Yuk, intip pembahasannya di sini!

Dibanding Pesaingnya, Kamera Olympus Memiliki Karakter yang Berbeda

Sumber gambar i.pinimg.com

Kamera Olympus adalah salah satu vendor kamera yang desainnya klasik namun teknologi modern dan canggih. Ukurannya kecil menjadikan kamera yang satu ini ringan dan mudah dibawa ke mana saja, namun spesifikasinya luar biasa.

Vendor kamera satu ini buatan negeri sakura, Jepang. Kamera yang satu ini merupakan pilihan bagi Anda yang ingin kamera yang lain daripada yang lain. Hal ini dikarenakan desain kamera yang memang berbeda dengan desain kebanyakan.

Kelebihan Kamera Olympus Dibandingkan yang Lain

Memiliki Kecepatan dan Kestabilan Saat Mengambil Gambar

Sumber gambar i.pinimg.com

Keunggulan pertama dari kamera Olympus adalah kecepatan dan kestabilannya menangkap gambar. Bahkan dalam kondisi minim cahaya sekali pun, Anda masih bisa mengunci objek dengan cepat tanpa alat bantu.

Hal itu dikarenakan kepekaan cahaya atau level ISO dari kamera ini sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari sebagian kompetitornya. Oleh karena itu, kamera ini mampu menyerap banyak cahaya, termasuk untuk memotret objek yang bergerak sekalipun. Dalam kondisi sangat redup cahaya, gambar yang diambil juga sangat baik dengan lampu kilatnya. Sensor gambar dari kamera ini juga selalu dinamis mengikuti dan mengimbangi gerakan serta getaran kamera.

Gambar yang Lebih Baik Kondisi Cahaya Rendah

Sumber gambar i.pinimg.com

Seperti diulas sebelumnya, dengan kepekaan cahaya atau level ISO yang tinggi, menjadikan kamera Olympus menjadi salah satu juara di kelasnya untuk urusan menyerap cahaya. Foto yang Anda ambil akan lebih terang dan jelas, meski mengambilnya di dalam kondisi cahaya rendah dan tanpa alat bantu.

Lensa zoom yang berada di pusat f2 - 4.9 diperkuat dengan sensor noise yang rendah menjadikan Anda bisa mengambil gambar dengan baik meski di tempat yang minim cahaya, bahkan di bawah air.

Berpengalaman Lebih dari 60 Tahun

Sumber gambar i.pinimg.com

Kekuatan dari produk Olympus juga dikarenakan pengalaman brand ini yang sudah berdiri sejak tahun 1919 di Tokyo. Meskipun sudah memiliki markas di Pennsylvania dan Hamburg.

Tentunya, Anda yang menyukai fotografi sudah tidak asing dengan produk ini bukan. Ya, pengalaman lebih dari 80 tahun membuat kamera menjadikan brand ini sudah terpercaya dan teruji kualitasnya.

12 Rekomendasi Kamera Olympus yang Bisa Dijadikan Pilihan

Kamera pocket Olympus

Sumber gambar i.pinimg.com

Kamera pocket atau kamera saku adalah kamera otomatis yang menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan digital dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Kamera pocket tentunya memiliki beberapa keunggulan diantaranya memiliki kedalaman ruang (depth of field/DOP) yang besar, ukuran kamera yang relatif kecil, dan harga yang cukup terjangkau.

Nah, kamera Olympus pun memiliki seri kamera pocket yang bisa Anda jadikan pilihan. Sekali pun harganya relatif terjangkau, teknologi dan kualitas yang dirancang dalam kamera pocket Olympus layak bersaing dengan brand-brand lain sekelasnya, lho. Kira-kira tipe apa saja yang layak dijadikan pilihan, ya? Yuk, langsung simak.

Olympus Stylus VG-180

Kamera yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Kamera Olympus VG-180. Dengan harga yang relatif terjangkau dan lebih murah dari kompetitornya, kamera ini memiliki spesifikasi yang mengagumkan. Resolusi mencapai 16 mp dengan optical zoom hingga 5 kali dan lensa wide angle 26 mm. Hasilnya, Anda bisa merekam gambar dan video dengan kualitas terbaik.

Apalagi, kamera ini juga memiliki fitur face detection yang akan menjadikan objek gambar Anda akan lebih fokus. Untuk mengambil gambar yang bergerak, kamera ini dilengkapi dengan AF tracking agar gambar yang diambil lebih fokus dan detail.

Warna yang diproduksi lebih kaya, dengan prosesor pengolah gambar Truepic. Kelebihan lainnya adalah, kamera ini dilengkapi dengan WiFi, jadi bisa Anda sambungkan ke PC, smartphone dan sebagainya tanpa menggunakan kabel. Sedangkan kabel khususnya juga mudah ditemukan di pasaran. Jangan kesampingkan juga kemampuan baterai kamera ini yang daya tahannya sangat lama. Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 1.050.000.

Olympus VG-160

Sumber gambar i.pinimg.com

Kamera selanjutnya adalah Olympus VG-160. Kamera yang satu ini meski berukuran relatif kecil dan ringan, namun performanya mengagumkan. Didesain dengan simpel, chic namun modern, juga sangat pas di tangan Anda.

Kamera dengan resolusi 14 MP dengan 5x optical zoom menjadikan gambar yang diambil lebih tajam dan terang. Ditambah lagi sejumlah fitur untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik seperti red eye reduction, autofocus, dual imaga stabilizer dan sebagainya. Dapatkan produk ini di situs Dimensi Data dengan harga sekitar Rp 1.190.000.

Olympus VG-170

Sumber gambar keyassets.timeincuk.net

Ingin kamera yang memiliki flash yang kuat sehingga bisa mengambil gambar di tempat yang redup cahaya dengan baik? Pilihan yang bisa Anda pertimbangkan adalah Olympus VG-170. Produk ini merupakan pengembangan dari VG 160 dengan tambahan fitur yang menarik dan mumpuni.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor gambar 14 MP dengan lensa sudut layar 26 mm dan 5 x zoom optic. Dilengkapi pula dengan layar LCD 3 inch menjadikan Anda bisa langsung melihat gambar yang diambil. Kelebihan produk ini, Anda pun bisa mengambil gambar sejarak 15 meter dalam keadaan cahaya yang redup atau rendah, karena dilengkapi dengan long flash dan sensitivitas ISO yang tinggi. Dapatkan produk ini di Dimensi Data dengan harga sekitar Rp 1.295.000.

Olympus SZ-14

Sumber gambar whatdigitalcamera.com

Kamera ini merupakan salah satu jawara untuk pengambilan foto jarak jauh, sebab bisa melakukan zoom hingga 24 kali. Meskipun di zoom, namun gambar tetap dalam kualitas HD dan tanpa blur, karena dilengkapi fitur magic filter dan image stabilitation.

Kamera ini juga dilengkapi dengan resolusi 640 k dan layar 5 inch. Ukurannya lebih besar, sehingga Anda bisa melihat gambar dan video yang sudah Anda ambil dengan lebih jelas. Seperti produk Olympus lainnya, produk ini juga dilengkapi dengan fitur face detection sehingga lebih fokus ke objek dan menjadikan foto yang lebih detail dan lebih baik.

Anda bisa mendapatkan kamera ini di Dimensi Data dengan harga mulai dari Rp. 1.600.000.

Kamera DSLR Olympus

Sumber gambar diarycameranews.com

Meskipun sama-sama kamera, tapi hasil fotonya tentu saja ada perbedaan. Brand Olympus pun memiliki seri kamera DSLR yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan fotografi. DSLR adalah kependekan dari Digital Single lens Reflex. Dalam bahasa yang gampang, DSLR adalah kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Sedangkan, viewfinder adalah lobang kecil dibelakang kamera tempat kita mengintip obyek foto.

Kelebihan dari kamera DSLR diantaranya memiliki ukuran sensor yang besar sehingga dapat menghasilkan gambar yang berkualitas meskipun minim cahaya atau objeknya bergerak, lensa dapat diganti sesuai kebutuhan pengambilan foto, dan lebih flesibel saat digunakan untuk pengambilan video. Kira-kira tipe apa saja yang layak dipilih dari kamera DSLR Olympus ini, ya? Langsung simak aja, yuk !

Olympus PEN E-PL7 Body

Sumber gambar amazon.com

Pilihan kamera DSLR dari Olympus yang bisa Anda jadikan pilihan pertama adalah olympus Pen E-PL7. Desainnya keren, dengan LCD layar sentuh seluas 3 inch. Bagi Anda pecinta selfie, tenang saja, karena layar tersebut bisa dibalik hingga 180 derajat. Ditambah dengan sensor live MOS CMOS 16 MP, diperkuat dengan proseso gambar TruePic VII, menjadikan gambar yang detail.

TruePic VII menjadikan bidikan Anda tetap jelas dan detail, meskipun berada di tempat dengan pencahayaan rendah. Termasuk dalam perekaman video HD. Sistem FAST alias Frequency Acceleration Sensor Technology menjadikan Anda tetap bisa mengambil gambar terus menerus hingga 8 fps, dan grid mencakup seluruh frame, serta pelacakan AF untuk menangkap gambar subjek yang bergerak.

Ada juga Image Stabilization VCM yang mengurangi munculnya gerakan di gambar akibat guncangan kamera. Pokoknya, kamera yang satu akan sangat menunjang keperluan Anda baik fotografer amatir, maupun profesional. Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp. 8.200.000.

Olympus OM-D E-M10 with 14-42 EZ Lens

Sumber gambar parkcameras.com

Olympus E-M10 menawarkan fitur, performa dan kenyamanan dengan harga yang cukup bersahabat. Desainnya retro, namun teknologi sensornya sangat canggih. Kamera ini melengkapi lubang intip elektronik dengan kerapatan pixel 1.440.000 titik, dengan gabungan teknologi yang canggih. Sensor live MOS 16 MP seta Olympus TruePic menjadikan gambar yang lebih berkualitas.

Autofokus didukung dengan fitur small AF, target dan super spot AF. Fitur tersebut menjadikan zoom dan fokus yang lebih akurat, sehingga bisa memotret dengan cepat hingga 8fps.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Price Pony. Harganya mulai dari Rp 11.400.000.

Olympus OM-D E-M5 Kit

Sumber gambar keyassets.timeincuk.net

Ciri khas dari kamera Olympus OMD EM5 adalah bodinya yang tidak begitu besar, tapi kekar dan berat, karena terbuat dari logam dan weathershield yang menjadikan produk ini tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu, viwefindernya agar berwarna kehijauan dengan resolusi 460.000 titik. Tapi, saat meninjau foto, maka tidak ada muncul warna kehijauan lagi.

ISO yang paling rendah adalah ISO 200. Apabila berada di ISO terendah dan Anda melakukan zoom hingga 100 persen, maka akan ada gambar bintik-bintik namun terlihat organik jadi tetap menarik. Anda tidak perlu menaikkan ISO terlalu tinggi, karena lensa bukaan besar milik Olympus menjadikan gambar akan sangat cerah dan menarik.

Gambar yang tajam, Anda juga bisa menghasilkan blur belakang yang mulus. Dapatkan produk ini seharga Rp 6.485.000 di Blibli.

Olympus OM-D E-M5 Mark 2

Sumber gambar www.olympus-europa.com

Olympus OMD E-M5 Mark II, disebut-sebut sebagai penyempurnaan dari Olympus OMD E-M5. Spesifikasinya bisa disebut sama namun kelebihannya adalah E-M5 Mark II menggunakan sensor gambar Live Mos 16 MP, memiliki 5-Axis VCM Image Stabilization System, juga adanya lapisan weatherseal di body kamera sehingga lebih tahan air dan debu.

Kamera ini juga memiliki stabilisasi gambar 5 aksis yang disebut OM-D Movie, yang diterapkan dalam perekaman video. Jadi, Anda bisa mengambil video dengan kualitas tinggi tanpa goyangan dengan kamera satu ini. Ditambah dengan focus peaking yang dapat mengatur intensitas dan pemfokusan perekaman video. Dapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga sekitar Rp 19.200.000.

Kamera Mirrorless Olympus

Sumber gambar i.pinimg.com

Berawal dari gagasan untuk mengecilkan ukuran kamera dan lensa agar lebih fleksibel, maka lahirlah inovasi teknologi dalam bidang kamera yang bernama kamera Mirrorless. Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik seperti kamera DSLR, namun kualitas gambarnya setara karena sensor gambar yang digunakan sama besar. Itulah yang membuat ukuran kamera mirrorless lebih kecil dan ringan dari kamera DSLR tetapi dapat berganti lensa juga.

Beberapa reviewer di bidang fotografi menilai, jika kamera mirrorless ini memiliki beberapa keunggulan yang layak dipertimbangkan seperti ukuran kamera yang relatif lebih kecil dan ringkas, ringan, kualitas foto sebanding dengan hasil jepretan kamera DSLR, ukuran sensor setara kamera DSLR, lensa dapat diganti-ganti, dan harga tidak semahal kamera DSLR. Brand Olympus juga menawarkan kamera mirrorless yang canggih, lho. Simak aja selengkapnya.

Olympus PEN-F

Sumber gambar www.olympus.co.uk

Olympus Pen-F adalah kamera yang berukuran ringkas, memiliki roda kendali berbentuk bulat, tepat di depan kamera. Sedangkan body kamera terbuat dari logam magnesium yang kuat dan tahan lama.

Fitur kelebihan Olympus satu ini antara lain kamera 20 mp tanpa low pass filter, dengan four thirds sensor. Selain itu, jendela bidik elektronik OLED resolusinya mencapai 2,36 juta titik, serta mode 50 MP resolusinya tetap tinggi. Ukurannya tetap ringkas, jadi bisa digunakan untuk Anda yang merupakan fotografer travel, atau street photography.

Dapatkan produk ini seharga Rp 22.799.999 di Bhineka.

Olympus OM-D E-M1 Mark II

Sumber gambar www.olympus.co.uk

OM D E-M1 II adalah jenis kamera dari Olympus yang memiliki spesifikasi mengagumkan. Kamera ini mampu merekam 60 foto per detik dalam fomat RAW. Oleh karena itu, kamera ini menjadi pilihan bagi fotografer di kelas Pro.

Sistem autofokus sudah diperbaharui menjadi 121 titik on phase. Sistem autofokus kamera mirrorless yang mengandalkan horizontal/vetikal type AF. Fitur Pro Capture yang ada di dalam kamera ini juga menjadikan Anda bisa mengambil moment apapun tanpa keterlambatan. Kualitas gambar yang mumpuni menjadikan kamera ini adalah pilihan yang pas untuk Anda.

Tidak hanya foto, video yang diambil dengan kamera ini juga sangat baik dan berkualitas tinggi. Dapatkan produk ini di Blibli dengan harga sekitar Rp 37.300.000.

Olympus OM-D E-M10 Mark II

Sumber gambar bhphotovideo.com

Anda suka traveling dan membutuhkan kamera yang paling efisien dibawa ke mana-mana? Maka jawabannya adalah kamera Olympus OM-D E-M10 Mark II. Kamera INI beresolusi 16MP ini DAN hanya berbobot 399 gram sehingga memudahkan para traveler untuk membawa kamera ini kemanapun tujuannya. Memiliki dimensi 119,5 × 83,1× 46.7mm yang tdak akan menghabiskan ruang ransel traveler.

Adanya fitur Touch AF Shutter, memungkinkan Anda untuk menangkap gambar bergerak tanpa takut kehilangan momennya. Hal lain yang tidak kalah menakjubkan dari kamera ini adalah 5-axis image stabilisation yaitu fitur penstabil gambar lima poros sehingga foto yang dihasilkan tetap tajam, serta berbagai fitur kreatif seperti video slow motion, art filter, art affect, live composite, dan masih banyak lagi.

Dapatkan kamera Olympus OM-D E-M10 Mark II ini di situs Bh Photo Video dengan harga $549.00 atau Rp 7.433.700.

From our editorial team

Pilihlah Jenis Kamera Olympus Sesuai Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda saat memutuskan untuk membeli sebuah kamera. Ada baiknya, Anda menentukan terlebih dahulu kebutuhan memiliki kamera. Anda yang hanya membutuhkan kamera untuk mengabadikan momen tanpa ingin pusing memikirkan teknik fotografinya tentu bisa memilih kamera pocket. Begitupun jika Anda memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi namun bujet yang ada sangat terbatas, Anda bisa memilih kamera mirrorless. Tentunya, jika Anda adalah seorang profesional di bidang fotografi, kebutuhan kamera Anda tentu harus setara sehingga Anda membutuhkan kamera DSLR.