10 Kamera GoPro Terbaik untuk Mengabadikan Berbagai Aksi yang Menantang

10 Kamera GoPro Terbaik untuk Mengabadikan Berbagai Aksi yang Menantang

Sumber gambar www.cnet.com

Kalau kamu senang melakukan aktivitas yang memicu adrenalin, kamera GoPro cocok untuk menemanimu. Kamera GoPro bisa menghasilkan hasil bidikan gambar berkualitas dan pemakaiannya pun mudah. Tunggu apa lagi, pilihlah salah satu dari sejumlah rekomendasi kamera GoPro berikut ini untuk merekam momen-momen terbaikmu.

Kamu Bisa Menggunakan Kamera GoPro untuk Mendapatkan Hasil Gambar Terbaik di Mana Saja

Sumber gambar shop.gopro.com

Jika smartphone adalah pusat aktivitas dan pergaulan anak muda masa kini, maka action camera atau kamera aksi adalah sarana untuk merekam aktivitas fisik mereka. Action camera berbentuk mungil dan kompak. Kamera ini umumnya digunakan untuk merekam video, walaupun bisa juga digunakan untuk mengambil still photo dengan kualitas bagus.

Kamu bisa menempatkannya hampir di semua tempat. Karena kualitasnya yang tangguh, maka kamera jenis ini sering digunakan untuk merekam aksi-aksi menantang. Salah satu merek action camera yang top adalah GoPro. Desainnya yang khas, bodinya yang tangguh, serta kualitas rekam gambar yang mumpuni membuat produk GoPro sebagai yang terbaik di antara action camera yang beredar di pasaran.

Cara Menggunakan Kamera GoPro untuk Mendapatkan Hasil Terbaik

Satu hal yang mengasyikkan dari GoPro adalah bahwa action camera ini bisa kamu ajak ke mana saja, bahkan di dalam air, namun tetap bisa memberi hasil rekam terbaik. Coba, aktivitas apa saja yang tidak bisa diabadikan dengan GoPro? Dari sky diving, sky racing, biking, hingga operasi perang menggunakan GoPro untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi.

Sekali lagi, body yang rugged, kemudahan pemakaian, serta hasil rekam yang prima adalah alasan kenapa GoPro selalu memberikan hasil terbaik di mana pun kamu berada.

Dengan semua kelebihan dan ketangguhannya, ternyata hanya 30% pengguna GoPro yang benar-benar bisa memanfaatkan semua potensi yang dimiliki kamera tersebut. Sementara sisanya menggunakannya dengan ala kadarnya. Sebenarnya dengan beberapa trik sederhana kamu bisa membuat hasil GoPro kamu akan menjadi semakin mantap dan tidak kalah dengan hasil shoot para pro.

Jangan Ragu Mencoba Sudut Baru

Selain cahaya, sudut pengambilan gambar sangat penting bagi hasil akhir dari pengambilan gambarmu. Tidak asyik jika hasil gambarmu tampak monoton, yang menampilkan adegan dari satu angle saja.

Bereksperimen dengan berbagai sudut baru yang mungkin belum pernah kamu ambil sebelumnya akan memberimu pandangan baru yang lebih segar. Selain itu, kamu juga perlu semakin mempertajam komposisi antara objek yang kamu bidik dengan background-nya.

Set pengaturan minimum di 30 fps

Mengapa harus di angka minimum 30 fps? Fps adalah singkatan dari frame per second (gambar per detik). Jika GoPro diatur untuk 30 fps, maka action camera tersebut akan merekam gambar sebanyak 30 kali dalam satu detik. Semakin tinggi angka fps, kualitas video akan semakin bagus.

Paduan 30 fps dan kualitas gambar 1080p (HD) sangat cocok untuk pemandangan di wilayah kita dan wilayah tropis umumnya. So, jangan lupakan pengaturan ini. Usahakan pada angka 25 fps, kecuali jika kamu bereksperimen dengan mode time lapse yang umumnya memakai setting 24 fps.

Banyak Belajar dari Profesional

Cara paling gampang untuk menaikkan kualitas bidikan gambar dengan GoPro adalah dengan banyak-banyak belajar dari para profesional. Saat ini kamu bisa belajar dari mereka secara gratisan di internet dengan mempelajari hasil gambar atau mengikuti tutorial mereka.

Dengan begitu, pengetahuan dan kemampuanmu akan semakin bertambah dengan cara yang mengasyikkan. Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pengguna GoPro. Kamu bisa bertukar wawasan dan pengalaman dengan para anggotanya.

Rekomendasi 10 Kamera GoPro Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sejak kemunculannya pada tahun 2002, GoPro keluar dengan berbagai versi. Jika kamu sedang mencari GoPro yang terbaik untuk kebutuhanmu, berikut ini adalah beberapa pilihan GoPro yang bisa menjadi referensimu.

GoPro HERO

Sumber gambar www.blibli.com

Bagi kamu yang baru saja akan menggunakan GoPro, GoPro HERO adalah pilihan tepat. Kamu bisa memiliki seri Hero LCD Edition atau pun HERO+. Pilihan pertama memiliki layar LCD, sedangkan pilihan kedua tidak memilikinya. Keduanya sama-sama memiliki fitur hebat seperti kemampuan rekam full HD 1080p dalam mode rekam 25, 30, 50, dan 60fps.

Keduanya juga memiliki mode Superview serta Auto Low Light Mode yang sangat berguna untuk merekam gambar dalam kondisi cahaya kurang. Sebagai still camera, GoPro ini bisa merekam gambar kualitas 12MP. Konektivitasnya memakai Wifi. Kamu bisa memesannya di Blibli dengan harga mulai Rp 4.850.000.

GoPro HERO+ WiFi

Sumber gambar www.amazon.com

Bagi kamu yang ingin mencoba kehebatan GoPro, ada GoPro seri entri-level yang bisa kamu coba: GoPro+ Wifi. Action camera ini benar-benar basic. Kamu tidak akan mendapatkan layar LCD, namun kamera aksi yang benar-benar simpel dan rugged. Walau begitu, kualitas rekam gambarnya tetap top, karena sanggup merekam video kualitas HD 1080p dengan setting fps antara 25-60fps.

Selain itu, GoPro+ juga memiliki kualitas pemotretan mode still dengan ukuran gambar 8MP kualitas DSLR (burst mode hingga 30fps) dan baterai yang awet. Kamu bisa mendapatkannya di Bukalapak dengan harga mulai Rp 3.750.000 (harga second).

GoPro HERO+ LCD

Sumber gambar www.blibli.com

Selain seri GoPro+ basic, kamu bisa pula memiliki seri GoPro+ yang menggunakan LCD. Dengan layar sentuh LCD ini kamu bisa memonitor objek yang akan kamu bidik, atau bisa pula mengedit gambar yang kamu ambil secara langsung tanpa alat tambahan.

Sebagai still camera, seri GoPro+ LCD memiliki kemampuan rekam gambar kualitas 8MP dan memiliki lensa ultra wide angle. Kualitas rekam video adalah HD 1080 dengan kemampuan rekam antara 25-60fps. Konektivitasnya memakai Wifi dan Bluetooth. Kamu bisa memesannya di Blibli dengan harga mulai Rp 3.250.000.

GoPro HERO4 Silver

Sumber gambar www.blibli.com

Salah satu seri GoPro paling populer adalah GoPro HERO4 Silver. Action camera ini satu lini dengan GoPro 4 Black Edition, hanya saja Seri Silver menggunakan layar sentuh, sementara Black edition tidak menggunakannya.

GoPro HERO4 Silver memiliki kualitas rekam 4K, artinya kamu akan mendapat kualiitas gambar yang sangat jernih. Sementara sebagai still camera, action camera ini memiliki kualitas gambar 12MP dan memiliki lensa wide angle ultra lebar. Kamu juga bisa membawa GoPro HERO4 Silver menyelam hingga kedalaman 10 meter. Untuk konektivitas, ada Wifi. Kamu bisa memesannya di Blibli dengan harga Rp 5.633.500.

GoPro HERO4 Black

Sumber gambar www.tokopedia.com

Alternatif yang kompak dan praktis bagi GoPro HERO4 Silver adalah GoPro HERO4 Black. Fiturnya persis sama dengan seri Silver, hanya saja versi Black tidak memiliki layar sentuh. Kamu bisa merekam gambar dengan ketajaman gambar berkualitas 4k (pada 24 fps) dengan GoPro ini.

Untuk merekam versi HD 1080, kamu bisa mengambilnya dengan setting fps dari 25 hingga maksimum 60fps. Sebagai still camera, kamu bisa menjepret dengan kualitas gambar 12MP. Kamera ini juga tangguh untuk kamu ajak berenang dan menyelam hingga kedalaman 40 meter. Kamu bisa memesannya di Tokopedia dengan harga Rp 6.200.000

GoPro HERO4 Session

Sumber gambar www.plazakamera.com

Jika kamu mencari GoPro paling mungil, maka GoPro HERO4 Session adalah pilihan yang paling tepat. Memiliki ukuran 50% dari saudara-saudaranya, kamera ini praktis menjadi kamera terkecil dari GoPro. Beratnya pun 40% lebih ringan. Tombolnya hanya ada dua. Walau begitu, kamera itu tetap powerful.

Kamu tetap bisa merekam dengan kualitas super HD pada 1440p pada 30 fps, selain kualitas HD 1080p pada hingga 60 fps. Untuk sebagai still camera, GoPro HERO4 Session memberi hasil mumpuni dengan sensor 8MP. Kamera ini juga sudah tahan air, kamu bisa mengajaknya menyelam hingga 10 meter. GoPro HERO4 Session bisa kamu dapatkan di Plaza Kamera dengan harga Rp 3.465.000.

GoPro HERO5 Black

Sumber gambar www.blibli.com

So, kamu mencari produk flagsip dari GoPro? GoPro Hero5 Black Edition adalah produk yang perlu kamu pilih. Tidak aneh jika disebut sebagai salah satu produk terkeren dari GoPro, karena fiturnya memang mantap.

Kamera ini memiliki kemampuan rekam video dengan kualitas 4K dalam kecepatan 30 fps, sementara sebagai still camera ia mampu menjepret gambar dengan kualitas 12MP. Ada layar sentuh berukuran 2 inci, mic, speaker, dan Wifi. Kamera ini tahan air hingga kedalaman 10 meter. Kamu bisa memesannya di Blibli dengan harga Rp 5.790.000.

GoPro HERO5 Session

Sumber gambar www.tokopedia.com

Satu seri Gopro HERO5 yang paling mungil adalah GoPro Hero5 Session. Seperti seri Session sebelumnya, body action camera ini memang sangat mungil. Tidak ada layar display yang menyertainya. Penampilannya benar-benar kompak dan mungil. Walau begitu, seperti seri 5 umumnya, seri Session memiliki kemampuan perekaman video 4K, 2.7K, 1440p, dan 1080p dengan fitur menghilang distorsi yaitu Video Mode Corrects Distortion.

Untuk still camera, Session mampu menjepret dengan kapasitas 10MP. Untuk konektivitas, tersedia Wifi. Kamera ini tahan air hingga kedalaman 10 meter. Kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 4.499.000.

GoPro HERO6 Black

Sumber gambar www.plazakamera.com

Sebagai salah satu pemuncak dari produk GoPro, GoPro HERO6 Black memang sangat mumpuni. Action camera ini datang dengan membawa berbagai kelebihan, seperti kemampuan rekam gambar 4K dengan kecepatan 6 fps (sementara untuk kualitas 2.7K dan 1080 masing-masing bisa mencapai kecepatan 120 fps dan 249 fps).

Untuk still photo, kualitasnya adalah 12MP. Kamu bisa membawanya menyelam hingga kedalaman 10 meter. Fitur lainnya adalah layar touch screen, voice control, serta Wifi. Kamu bisa memesannya di Plaza kamera dengan harga Rp 7.499.000.

GoPro Fusion

Sumber gambar www.digitaltrends.com

GoPro Fusion digadang menjadi kamera dengan kemampuan rekam 5,2K pertama di dunia. Kamera ini dikabarkan akan memiliki kemampuan membuat konten VR (virtual reality) dan mampu merekam gambar dalam mode 360 derajat dalam kualitas 5.2K dengan kecepatan rekam 30fps.

Untuk sementara produk Fusion ini hanya untuk keperluan komersial dan belum ditujukan untuk pengguna umum. Pada saat artikel ini dibuat, belum ada rilis harga untuk produk ini karena baru diluncurkan pada akhir 2017.

From our editorial team

Merawat Lensa Kamera GoPro

Karena kamera GoPro sangat cocok digunakan di berbagai medan, kamu harus menjaga agar lensa kamera tetap bersih dan kering. Jika basah atau kotor, bersihkan dan keringkan segera, lalu baru bisa digunakan. Dengan cara ini, kamera bisa digunakan secara optimal untuk mengambil gambar.