Kamu Penggila Selfie? 10 Rekomendasi Tongsis Ini Bisa Bikin Hasil Selfie Makin Keren!

Siapa sih yang nggak suka selfie? Setiap momen mengesankan harus diabadikan, ya. Sekali pun tidak ada yang bisa membantumu mengambil foto, kamu tetap bisa melakukannya dengan cara selfie. Nah, agar hasil foto selfie-mu makin keren, kamu wajib memiliki tongsis. Yuk, simak terus rekomendasi tongsis terbaik dari BP-Guide.

Kamu Hobi Selfie? Tongkat Narsis atau Tongsis Ini Adalah Jawabannya

Sumber gambar i.pinimg.com

Semua momen mengesankan harus diabadikan. Dulu kalau mau mengabadikan momen paling seru, orang harus mencari pelukis. Kemudian, dengan perkembangan waktu, orang menggunakan kamera. Namun kemudian kamera pun masih dianggap kurang praktis. Apalagi kemudian muncul budaya mengaktualisasikan diri.

Selfie kemudian menjadi kebiasaan. Salah satu alat yang tidak boleh kamu lupakan pada saat selfie adalah tongkat narsis atau tongsis. Tongsis adalah tongkat yang menjadi perpanjangan tangan kamu saat melakukan selfie dengan smartphone, action camera, atau bahkan kamera DSLR. Tongsis memungkinkanmu mendapat sudut gambar yang lebih luas, sehingga kamu bisa berpotret dengan banyak kawan.

Dalam bahasa Inggris, tongsis disebut monopod. Tongsis bisa dipanjang-pendekkan, kalau mau disimpan, tongsis dipendekkan. Pada dasarnya ada tongsis manual dan tongsis bertombol. Tongsis manual/tanpa tombol hanya sebagai perpanjangan tangan, kamu harus menyetel timer kamera smartphone kamu. Sementara itu tongsis dengan tombol dan kabel memungkinkan kamu memotret hanya dengan menekan tombol pada tongsis.

Cara Memilih Tongsis Supaya Tidak Salah Pilih

Perhatikan Ukuran Elastisitasnya

Sumber gambar i.pinimg.com

Elastisitas holder adalah faktor penting. Sebagai alat pemegang smartphone, holder harus memiliki ukuran yang sesuai dengan smartphone kamu. Holder terlalu besar hanya akan berisiko membuat smartphone-mu jatuh saat dipakai untuk selfie. Sementara itu holder yang terlalu kecil, berisiko untuk menggores casing smartphone-mu. Selain itu, pilih holder yang elastis, sehingga bisa erat memegang smartphone saat kamu ber-selfie.

Ukuran Panjang-Pendek Tongsis Jadi Perhatian Utama

Sumber gambar i.pinimg.com

Semakin panjang tongsis, maka pemandangan atau teman yang bisa kamu potret bisa semakin luas atau semakin banyak. Namun begitu, jangan memilih tongsis yang terlalu panjang, idealnya adalah 1 meter saja (dan bisa dipendekkan hingga antara 20-25cm). Lebih daripada itu, pilih tongsis dengan bahan yang kuat, sehingga akan kuat mendapat beban smartphone.

Perhatikan Kemudahan dan Keamanan

Sumber gambar i.pinimg.com

Faktor yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli tongsis adalah faktor kemudahan dan keamanan. Tongsis harus mudah dioperasikan. Material tongkat dan holder-nya juga harus berkualitas, sehingga keamanan smartphone saat digunakan untuk selfie tetap terjaga.

Rekomendasi 10 Tongkat Kamera Tongsis Terbaik untuk Gaya Selfie Terbaikmu

Alaska Life ThrillPro

Sumber gambar magicalselfiestick.com

Tongsis The Alaska Life ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin tongsis yang tahan banting dan tahan air, karena tidak memiliki bagian elektronik atau bluetooth. Tongsis ini bisa digunakan untuk Iphone (6 dan 7), kamera GoPro (terdapat asosoris GoPro asli), dan digunakan sebagai monopod.

Fitur 1/4x20 thread di bagian bawahnya memungkinkannya menjadi monopod yang bisa berdiri sendiri. Kamu bisa mendapatkannya di Magical Selfie Stick atau Amazon. Tongsis dengan panjang 36” ini harganya Rp 337.837.84.

Looq DG

Looq DG merupakan produk tongsis yang paten dan aman untuk anak-anak. Produk ini tidak menggunakan peralatan elektronik, Wifi atau bluetooth, sehingga bisa digunakan di semua tempat. Tongkat bisa memanjang maksimal hingga 39.4” (dari 9.1”). Tongsis Looq bisa digunakan hampir untuk semua smartphone Android atau pun iPhone (seri 6/6 plus) dengan ukuran layar maksimal 5.5 inci. Kamu bisa memesannya di Elevenia dengan harga Rp 353.700.

Noot Selfie Stick

Sumber gambar magicalselfiestick.com

Kamu akan menyukai jenis tongsis ini. Kamu tinggal tekan tombol pada tongkat, maka selfie pun selesai. Tongsis Noot memiliki fitur plug-and-play (gratis baterai), sehingga kamu tidak perlu repot menyeting apa pun sebelum melakukan selfie.

Tongsis ini bisa digunakan untuk berbagai smartphone terkemuka, termasuk Samsung, LG, Sony, iPhone, dan lain sebagainya. Panjang maksimal Noot adalah 35” dan memiliki fitur yang memungkinkan kamu bisa memotret dari sudut 180 derajat. Kamu dapat memesannya di Elevenia dengan harga Rp 388.300.

Perfectday Extendable

Sumber gambar amazon.com

Tongsis Perfectday memungkinkanmu ber-selfie dengan mudah. Kamu tinggal mengaktifkannya, menyambungkannya dengan smartphone-mu melalui Bluetooth, dan selfie pun siap dilakukan. Tongsis ini memiliki kapasitas baterai yang sangat awet dan bisa digunakan untuk berbagai merek smartphone terkenal, termasuk iPhone (seri 5 dan 6) yang memiliki layar berukuran sama atau kurang dari 5.5 inci. Holder-nya memiliki fitur khusus yang memungkinkan sudut pengambilannya bisa kamu setel secara mudah. Kamu bisa memesan tongsis lipat (foldable) ini dengan harga Rp 422.400

Volsey Pocket VS1

Sumber gambar www.volsey.com

Kalau kamu sedang mencari tongsis yang benar-benar bisa masuk saku, Volsey Pocket VS1 adalah pilihan tepat. Dalam keadaan pendek, panjangnya hanya 7 ¾", sedangkan panjang maksimalnya adalah 34 ½ inci. Untuk kenyamananmu, tombol Bluetooth terintegrasi langsung pada tongkat, bukan sebagai bagian terpisah.

Baterainya lithium-ion yang cukup untuk memotret 500 kali sekali setrum. Kamu bisa memakainya dengan aneka macam smartphone terkemuka yang memiliki berbagai ukuran layar yang berbeda. Kamu bisa memesannya di Lazada dengan harga Rp 847.000.

Selfie World Cyclone Pro

Sumber gambar cdn.shopify.com

Mungkin kamu sedang mencari tongsis yang tidak nge-lag jika diajak berselfie, suatu tongsis yang pada saat ditekan tombolnya maka potret pun jadi. Tongsis Selfie World Cyclone Pro menggunakan teknologi Bluetooth terkini dari AS, sehingga kamu akan mendapatkan tongsis dengan teknologi Bluetooth yang sangat cepat, memiliki kualitas sambungan yang reliable, tidak nge-lag, dan sangat irit baterai.

Tongsis Selfie World Cyclone Pro bisa digunakan untuk berbagai merek smartphone termasuk iPhone, Samsung, dan lain sebagainya. Bahannya berupa aluminum yang sangat ringan, kuat, dan tahan karat. Panjang maksimal tongsis adalah 29 inci (saat pendek hanya 7 inci).

Kamu bisa menggunakan tongsis ini secara nyaman dan aman untuk berbagai smarphone Android dan iPhone yang berukuran layar sama atau kurang dari 5.5 inci. Kamu bisa memesannya di Lazada dengan harga Rp 339.564.

TairTech Foldable

Sumber gambar cyberrock.com

Tidak seru membawa tongsis yang terlalu panjang. Idealnya, tongsis mudah dikantongi, ringan, namun kuat, seperti TairTech Foldable. Seperti namanya, tongsis ini memang foldable, bisa dilipat mungil hingga bisa ditaruh dikantong. Panjang saat dipendekkan hanya 7 inci atau sekitar 20 sentimeter. Meskipun mungil, namun tongsis ini bisa dipanjangkan hingga 33 inci. Ukuran ini tentunya sudah sangat pas untuk ber-selfie sendiri atau bareng teman-temanmu.

TairTech Foldable terbuat dari aluminum kualitas tinggi yang sangat kuat namun ringan. Holder-nya bisa diatur hingga 270 derajat, sehingga sangat memudahkanmu dalam mencari angle gambar yang bagus. Untuk kenyamanmu, handlenya terbuat dari bahan kulit yang nyaman dan anti selip. Selain itu, ada pula tali pengaman (strap). Tongsis ini cocok untuk semua smartphone yang memiliki ukuran kurang dari 5.5.” Kamu bisa memesannya di Amazon dengan harga Rp 224.745.52.

Gorilla Gear Complete Selfie Kit

Sumber gambar www.tripodstore.net

Saat kamu ingin bersantai dengan tongsis namun tetap tampak profesional, gunakan Gorilla Gear Complete Selfie Kit. Kamu akan mendapat fitur selfie yang lengkap, mulai dari remote kamera smartphone, holder yang sangat aman, dan travel case yang kuat.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sistem mounting smartphone ganda, yaitu sistem penempatan smartphone di tongsis untuk keperluan olahraga dan untuk aktivitas luar ruang. Saat pendek, ukurannya hanya 8,6 inci, sedang panjang maksimal mencapai 29,5 inci.

Tongsis ini cocok untuk smartphone dengan berbagai smartphone, camcorder, atau gadget apa pun yang yang memiliki standar tripod mount UN1/4C. Kamu bisa memesannya di Amazon dengan harga Rp 203.684.

Xiaomi Selfie Stick

Sumber gambar img3.banggood.com

Bagi kamu yang memiliki smartphone Xiaomi, maka ada tongkat selfie khusus untuk produk telepon genggam tersebut yaitu Xiaomi Selfie Stick. Pengoperasiannya sangat gampang, kamu tinggal pencet pada gagangnya, maka selfie pun terjadi. Tombolnya sangat responsif, sehingga kamu tidak perlu adanya lag. Panjang tongsis mencapai 20 inci (maksimal) dengan panjang minimal 7,4 inci.

Xiaomi Selfie Stick memiliki fitur Bluetooth 3.0 yang sangat stabil dan memiliki batere bawaan 60mAH rechargable yang bisa diisi ulang dengan cepat. Bahan tongkat dari aluminium yang sangat kuat namun ringan dan antislip. Kamu bisa memesannya di Tokopedia dengan harga Rp 239.000.

NOOSY BR11 Wireless Handheld Bluetooth

Sumber gambar jd.id

NOOSY BR11 Wireless Handheld Bluetooth merupakan tongsis yang memiliki fitur paling lengkap. Selain tongsis dengan koneksi Bluetooth, kamu juga bisa mendapatkan fitur detachable shutter (tombol tongsis yang bisa dilepas) sehingga kamu bisa memiliki kebebasan dalam melakukan pemotretan. Tongsis ini bisa memanjang hingga 37,4 inci, sementara keadaan pendeknya cukup mungil, hanya 9,65 inci.

Tongsis ini bisa dilipat dan memiliki holder yang bisa diubah ukurannya dari sehingga bisa cocok untuk berbagai ukuran smartphone. Bersama tongsis, juga ada 3 in 1 lensa (lensa fisheye, macro lens, dan 0.67x wide lense).

Penginstalan lensa ini mudah, karena disertakan pula klip yang bisa menjepitkannya pada lensa kamera smartphone kamu. Pada bagian genggaman dilapisi kulit agar tongsis tidak mudah selip dan lepas dari tangan. Kamu bisa memesan tongsis ini di Favoritemart seharga Rp 326.000.

From our editorial team

Pilih Tongsis yang Sesuai dengan Smartphone

Ternyata ada begitu banyak jenis tongsis, ya. Tetapi kamu harus cermat dalam memilih tongsis ini karena tidak semua smartphone cocok atau pas menggunakan beberapa tongsis yang direkomendasi BP-Guide. Setelah itu, sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Barulah kamu bisa memilih tongsis terbaik sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Selamat mengabadikan momen terbaikmu dengan tongkat narsis ini!