Bikin Foto Underwater Makin Keren dengan 10 Rekomendasi Kamera Underwater Terbaik dari Berbagai Merek

Aktivitas di bawah air seperti diving atau snorkeling memang menyenangkan, apalagi jika dapat diabadikan dalam sebuah foto dengan kualitas terbaik. Tentunya, butuh kamera terbaik juga, ya, agar menghasilkan foto underwater yang memuaskan. Yuk, intip rekomendasi dari BP-Guide untuk kamera underwater terbaik dari berbagai merek!

Fotografi Underwater Sekarang Ini Sedang Hits di Kalangan Pencinta Fotografi

Sumber gambar i.pinimg.com

Tak hanya di darat, rupanya teknik fotografi juga bisa diterapkan di bawah laut yang dikenal dengan istilah underwater photography. Sesuai namanya tentunya bidang fotografi ini mengharuskan sang fotografer mengambil gambar di bawah air baik itu laut, danau, atau pun kolam renang.

Selain karena keunikan hasil fotonya, fotografi bawah laut ini tentunya memiliki tantangan yang berbeda dengan fotografi pada umumnya. Jelas di bawah air, fotografer tidak bisa bergerak bebas, pencahayaan juga terbatas, dan pastinya ada sensasi berbeda ketika Anda menyelam dan menyaksikan kehidupan bawah laut dari balik lensa.

Saking menariknya bidang fotografi ini, maka peminatnya pun tak main-main. Dari mulai fotografer profesional hingga fotografer pemula yang mencoba-coba mengambil gambar bawah air dengan kamera saku atau dengan smartphone.

Tips Mengambil Foto Bawah Air yang Menakjubkan

Sumber gambar i.pinimg.com

Mengambil gambar di bawah air tak melulu seputar peralatan fotografi, tapi juga teknik dan keahlian menyesuaikan diri dengan kondisi di bawah laut. Berikut BP-Guide membagi beberapa tips untuk memotret dengan baik di bawah air.

Tips Paling Penting, Harus Bisa Berenang dengan Baik

Sumber gambar i.pinimg.com

Jangan dulu terburu-buru ingin memotret di laut. Coba biasakan dulu dari yang paling dasar yakni kolam renang. Karena untuk leluasa mengambil gambar bawah air, Anda harus memiliki kemampuan menyelam yang baik.

Jika belum, pada akhirnya ruang gerak Anda akan terbatas dan angle pengambilan gambar pun akan membosankan. Maka kuasai dulu keahlian menyelam dan berenang untuk memastikan Anda bisa dengan mudah mengambil gambar di bawah air.

Kenali Kondisi Bawah Air dengan Baik

Sumber gambar i.pinimg.com

Sama saja dengan mengambil foto di darat, Anda harus memahami kondisi lapangan dulu sebelum memotret di bawah air. Apabila Anda ingin menyelam di titik diving yang populer, lakukan dulu riset seperti apa makhluk bawah laut yang akan Anda temui, arus lautnya, hingga kedalaman, dan risiko yang bisa Anda temui selama proses pengambilan gambar. Tentunya Anda tidak mau ada hal buruk terjadi saat liburan, bukan?

Kamera Anti-air Bikin Foto Lebih Oke

Sumber gambar i.pinimg.com

Apabila seluruh persiapan diri sudah selesai saatnya mempersiapkan peralatan yang Anda butuhkan. Kenali dulu perangkat apa yang Anda butuhkan.

Saat ini sudah banyak sekali kamera yang mampu mengambil gambar di bawah air. Baik yang memang khusus diperuntukkan bagi underwater photography atau kamera biasanya yang harus ditambahkan peralatan khusus agar memungkinkan untuk tetap diaktifkan di bawah air.

Jika sudah memiliki peralatan khusus biasakan diri Anda untuk berlatih memotret di bawah air, agar nanti saat di laut atau danau Anda sudah menguasai kamera dan segala sistem pengaturannya.

Rekomendasi 10 Kamera Anti-air Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sumber gambar i.pinimg.com

Apabila dalam fotografi dikenal tiga jenis kamera, yakni kamera saku, semi profesional, hingga profesional atau DSLR, maka dalam underwater photography juga dikenal hal yang sama. Alias hampir semua jenis kamera yang ada bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar bawah air.


Berikut adalah beberapa rekomendasi kamera yang bisa Anda bawa untuk mengabadikan keindahan bawah air.

Panasonic Lumix DMC-FT5

Sumber gambar www.bhphotovideo.com

Kamera tahan air tentunya jadi jenis kamera yang paling tepat untuk digunakan memotret di bawah laut, seperti Panasonic Lumix DMC-FT5. Kamera ini memiliki sensor dengan resolusi 16.1MP dan mampu melakukan digital zoom hingga 4.6x. Lumix DMC-FT5 ini bahkan mampu tahan di kedalaman hingga 13 meter, shockproof dari ketinggian 2 meter, crushproof hingga 100 kg, dan tahan dingin hingga suhu -10 derajat Celcius.

Kamera yang luar biasa bukan? Panasonic Lumix DMC-FT5 ini dihargai sebesar Rp 3.320.000-Rp 6.225.000 di Tokopedia.

Olympus Tough TG-830

Keunggulan kamera satu ini memang terletak pada teknologinya. Sensor CMOS BSI (Back-side Illuminated) yang didukung dengan prosesor TruPic VI dan lensa 16.0MP menjadikan kamera ini luar dalam hal pengolahan gambar. Bahkan jika Anda bermaksud merekam keindahan bawah laut, kamera ini mampu merekam video deegan kualitas HD 720p.

Olympus Tough TG-830 iHS mampu menyelam hingga kedalaman 10 meter dan dijual dengan harga Rp 3.946.000 di Blibli.

Nikon Coolpix AW120

Sumber gambar cdn-4.nikon-cdn.com

Tak ingin ketinggalan Nikon juga memiliki kamera tangguh yang bisa tahan dibawa menyelam hingga 18 meter. Coolpix AW120 ini memiliki lensa kit wide angle 24mm f/2.8 yang dilengkapi pula dengan sensor 16MP.

Salah satu kecanggihan kamera ini adalah kemampuannya melacak koordinat lokasi, sehingga Anda bisa mengeksplorasi area yang sudah atau belum Anda kunjungi. Coolpix AW120 ini juga bahkan dapat merekam video full HD 1080.

Nikon Coolpix AW120 bisa dimiliki dengan harga Rp 2.980.000 di gerai-gerai resmi Nikon di Indonesia.

Olympus Tough TG-2

Sumber gambar amazon.com

Sesuai namanya kamera ini merupakan produk kamera tangguh yang cocok digunakan dalam aktivitas outdoor, termasuk menyelam ke bawah air.

Olympus Stylus Tough TG-2 iHS hadir dengan lensa f2.0-f4.9. 25-100 mm, layar OLED 610k berukuran 3 inci, dan teknologi iHS yang juga dilengkapi dengan sensori BSI CMOS 12MP dan prosesor TruePic VI. Hasilnya? Kamera waterprooof yang mampu melakukan autofocus dengan cepat dan akurat.

Untuk kamera Olympus Tough TG-2 iHS yang secondhand, Anda bisa menemukannya dijual dengan harga Rp 3.513.378 di situs eBay.

Olympus Tough TG-850

Sumber gambar www.bhphotovideo.com

Masih dari Olympus, kamera ini juga memiliki Stylus Tough TG-850 iHS yang juga tangguh diajak bertualang. Kamera ini memiliki kemampuan menyelam hingga 10 meter dan tahan benturan hingga 2,1 meter.

Satu keunikan lain dari kamera ini adalah kemampuannya melakukan interval shooting sehingga Anda bisa bermain dengan efek timelaps. Olympus TG-850 ini bisa Anda temukan di Blibli dengan harga Rp 4.050.000.

Canon PowerShot D30

Sumber gambar amazon.com

Jika Anda mencari kamera yang tangguh di daratan juga di bawah air, maka jatuhkan pilihan Anda pada Canon PowerShot D30. Kemampuan utama dari kamera 12MP ini adalah banyaknya pilihan mode pemotretan yang bisa Anda gunakan di berbagai meda. Seperti, Mode Movie Digest, Smart Shutter, Cahaya Redup, Efek Miniatur, Aksen Warna, Bawah Air, Monokrom, dan masih banyak lagi. Selain itu kamera ini juga dilengkapi dengan fitur menangkap slowmotion dan film iFrame.

Jika Anda mencari kamera ini Anda bisa menemukannya di toko online Plaza Kamera dengan harga Rp 3.480.000.

Fujifilm FinePix XP70

Sumber gambar www.dpreview.com

Desainnya yang tipis dan modis memang membuat kamera satu ini begitu menarik di mata. Namun tak hanya cantik secara penampilan, kamera ini juga dilengkapi fitur-fitur yang membuatnya ‘galak’ di bawah air.

FinePix XP70 mampu dibawa menyelam hingga kedalaman 10 meter dan ke tempat ekstrem dengan suhu minus. Kamera ini juga punya kemampuan sensor hingga 16.4MP, 5x optical zoom, kemampuan merekam video dengan kualitas FullHD, serta merekam foto panorama 360 derajat.

Fujifilm FinePix XP70 Waterproof ini bisa Anda miliki dengan harga Rp 3.163.000 di Lazada.

Olympus Tough TG-630

Sumber gambar amazon.com

Murah bukan berarti murahan. Seperti yang ditunjukan oleh Olympus Tough TG-630. Dengan harga di bawah tiga juta rupiah, Anda sudah bisa memiliki kamera waterproof yang bisa Anda bawa hingga kedalaman 5 meter. Tough TG-630 juga memiliki kemampuan sensor hingga 12MP dan super-telephoto zoom yang membuatnya tak sulit menghasilkan foto bawah laut yang cantik dengan kamera ini.

Olympus Camera Tough TG-630 bisa ditemukan di Dinomarket dengan harga Rp 2.809.000.

Ricoh WG-4 GPS

Sumber gambar news.ricoh-imaging.co.jp

Kamera tangguh satu ini dilengkapi dengan sensor BSI-CMOS resolusi 16MP, lensa 25mm diafragma f/2.0, dan sensor-shift image stabilization untuk menghindari gambar buram akibat tangan yang goyang. Kamera ini juga dilengkapi dengan kemampuan menyelam hingga 14 meter dan sensor untuk menandai lokasi pengambilan foto. Jelas ‘teman’ yang cocok untuk dibawa bertualang.

Ricoh-Pentax Optio WG4-GPS The GPS Adventure-Proof ini dihargai Rp 4.000.000 di Tokopedia.

Olympus Tough TG-820

Sumber gambar www.bhphotovideo.com

Satu lagi kamera tangguh dari Olympus adalah Olympus Tough TG-820. Ia dirancang untuk menghadapi kondisi lapangan yang ekstrem seperti menyelam hingga 10 meter, kondisi dingin hingga minus 10 derajat Celcius, shockproof dari ketinggian 2 meter, hingga tekanan sampai 100 kg.

Tak cuma itu, kamera ini juga memiliki prosesor TruePic VI yang mampu meningkatkan performa kamera menjadi lebih cepat dan kualitas foto yang jauh lebih baik. Fitur iAuto juga memungkinkan Tough TG-820 ini memotret dengan 34 mode yang berbeda. Terakhir adalah kemampuan Super-Resolution Zoom sebesar 10x yang tentunya sangat berguna bagi pemiliknya.

Olympus Tough TG-820 ini dijual dengan harga Rp 2.000.000 di Tokopedia.

From our editorial team

Pilihlah Kamera Underwater Sesuai Bujet Anda

Lagi-lagi hal yang harus diperhatikan saat membeli benda-benda elektronik adalah bujet yang Anda miliki. Bagaimana pun, bujet yang Anda miliki sangat tergantung dengan kamera mana yang dapat Anda pilih. Dari bujet ini Anda akan bisa menentukan berbagai brand dan tipe kamera yang mampu Anda beli. Setelah menentukan bujet, langkah selanjutnya pilihlah kualitas terbaik diantara berbagai daftar kamera underwater yang masuk dalam bujet Anda.