10+ Rekomendasi Oleh-Oleh yang Perlu Anda Bawa Pulang dari Medan

10+ Rekomendasi Oleh-Oleh yang Perlu Anda Bawa Pulang dari Medan

Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Danau Toba yang terkenal, dihias dengan Pulau Samosir dan berbagai destinasi wisata lainnya sangat menarik untuk dikunjungi. Anda sedang atau akan berkunjung ke Medan, jangan lupa beli oleh-oleh yang tentunya khas Medan, yah.

Medan saat ini adalah kota terbesar ketiga di Indonesia

Sumber gambar keepo.me

Sebagai ibukota dari Sumatera Utara Medan dikenal sebagai sebuah kota besar. Bahkan ia menduduki peringkat kota terbesar di Indonesia usai Jakarta dan Surabaya. Medan pun jadi gerbang masuk Indonesia karena disana terdapat Bandar udara internasional Kuala Namu dan juga Pelabuhan Belawan.

Kota besar ini juga diramaikan dengan hadirnya jalan tol beserta akses kereta api. Ini memudahkan masyarakat berkunjung keluar masuk Medan. Tak heran jika pada akhirnya kota ini jadi sentra industri bisnis dan juga perdagangan yang ramai di Indonesia.

Yang menarik lainnya dari Medan adalah bahwa kota ini juga memiliki pesona keindahan layaknya Bali. Ada beberapa tempat bersejarah nan indah yang bisa dikunjungi untuk liburan dengan keluarga. Selain itu tentunya ada banyak oleh oleh menggoda untuk dibawa pulang dari liburan disini.

Fakta menarik tentang kota Medan

Kota Medan akhir akhir ini memang sangat menarik perhatian. Ada banyak kearifan lokal yang tersimpan meski kini Medan sudah jadi kota urban. Tentunya tiap kota memiliki keunikan dan adatnya sendiri.

Dengan jargon come visit Medan, kota ini memang mengundang kita untuk semakin menjelajahnya. Ada banyak juga fakta menarik yang bisa kamu dapatkan tentang kota erbesar ketiga di Indonesia ini. Yuk tengok bersama penelusuran BP Guide.

Bukan hanya Batak, ada banyak suku dan ras di Medan

Sumber gambar ceritamedan.com

Tahukah kamu bahwa Medan penduduknya terdiri dari ras yang heterogen? Ya, kota metropolitan satu ini memiliki banyak suku ras seperti Minang, Jawa, Tionghoa, dan India. Semua tinggal dengan akur disini. Bahkan saking banyaknya suku yang tinggal disini maka Medan dijuluki the Little Indonesia.

Ini karena bukan melulu soal penduduknya yang berbagai suku. Namun juga ada beragam budaya dan adat disini. Selain itu agama yang ada di Medan pun juga beragam. Beragam etnis di Medan ini kebanyakan hidup dengan berdagang. Maka tak heran jika banyak ruko yang terdapat di Medan.

Angkot di Medan sangat banyak dan menguasai jalanan

Sumber gambar tribunmedan.com

Fakta menarik pertama yang bisa didapat dari Medan adalah mengenaik angkutan kotanya. Disini mini bus kerap disebut Sudako. Angkot ini sangat banyak terdeteksi di Medan dan bisa dibilang merekalah yang menguasai jalanan.

Angkot di Medan ini satunya bisa menampung 20 orang penumpang. Banyak berseliweran di jalan jalan Medan, angkot inilah yang menjadi biang kemacetan di Medan. Mereka juga jadi raja jalanan karena kerap kebut-kebutan sesama sopir dan berhenti dimana saja mereka suka. Namun tentu tak semua sopir angkot Medan ugal ugalan ya. Yang jelas di Medan alat transportasi paling banyak digunakan adalah Angkot.

Durian Medan

Sumber gambar www.margoduren.com

Pecinta buah berbau menyengat tentu tak asing dengan Durian Medan. Ya, produk andalan Medan ini sebenarnya tak berasal dari kota besarnya. Duriannya justru dipanen daerah luar Medan. Seperti misalnya wilayah Sidikalang dan Pematang Siantar. Ada pula durian yang dari Langkat dan Kabanjahe dan lain sebagainya.

Bagi yang belum tahu rasa durian Medan wajib jajal nih. Selain rasanya dikenal enak, harga yang murah dari durian Medan inilah yang bikin penikmatnya ketagihan. Dengan warna kuning terang, durian Medan ini aromanya sangat menggoda. Daging buah tebal dan tak terlalu lembek. Pokoknya dijamin durian Medan ini bikin nagih deh.

Oleh-oleh khas Medan yang wajib dibawa saat berkunjung ke kota ini

Sumber gambar www.semedan.com

Ada banyak sajian di Medan yang sayang jika dilewatkan. Kalau ke Medan pastinya pulang juga harus bawa oleh oleh khas Medang dong ya. Dari kuliner hingga barang unik semua tersedia disini.

Kamu tinggal pilih ingin bawa cinderamata macam apa. Mau oleh oleh kuliner atau oleh oleh berupa barang. Yuk sama sama menyimak beragam oleh oleh yang ditawarkan kota Medan.

Durian Ucok

Sumber gambar zonabikers.com

Durian Medan memang sudah booming di Indonesia kelezatannya. Yang paling yahud rasanya adalah si durian Ucok. Ini merupakan salah satu gerai durian di Medan diantara banyaknya gerai yang ada.

Durian Ucok sendiri sudah jadi trademark karena temaptnya tak pernah sepi pengunjung. Untuk duriannya sendiri didatangkan langsung dari Sibolga dan Pematang Siantar. Untuk rasa, durian ini tergolong unik dengan rasa sedikit pahit. Kamu bisa datang kesini pad musim durian dari Desember sampai Januari.

Lokasinya ada di jalan Iskandar Muda namun ada pula cabangnya di Jalan Wahid Hasyim Medan. Bagi yang mau bawa oleh oleh durian satu ini bisa kok. Dengan praktis kamu bisa bawa durian kupas yang dimasukkan dalam plastik dan kotak transparan putih. Untuk harganya dibanderol Rp. 50.000 per kotaknya ya. Kamu bisa juga beli secara online di Ucokdurian ya.

Sirup Buah Markisa

Sumber gambar tokopedia.com

Yang terkenal lainnya dari Medan adalah sirup Markisa. Buah yang mirip delima ini rasanya segar dan sangat manis. Umumnya buah yang tumbuh di dataran rendah ini banyak didapati di Medan. Sehingga masyarakat mengolahnya menjadi minuman berupa sirup.

Ada sirup Markisa GK Black dengan label 630 ml. Buahnya dari daerah Berastagi Medan. Penuh vitamin A dan juga vitamin C sirup ini baik untuk tubuh. Sirup asal Medan ini terkenal akan kekentalannya. Berwarna orange, minuman ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga hanya bertahan hingga 2 minggu saja ya. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga mulai Rp. 110.000.

Kopi Sidikalang

Sumber gambar lazada.com

Di daerah Sidikalang Medan, yang terkenal justru kopinya. Minuman yang paling pas untuk mengawali pagi ini terkenal memiliki cita rasa yang mantap. Kopi Sidikalang berasal dari kopi Brazil yang sudah dikenal kenikmatannya di seluruh dunia.

Ditanam di ketinggian 1500 mdpl, kopi asal Sumatera ini diproses dengan cara kering. Aromanya wangi khas dan rasa kopinya memang tak tergantikan. Salah satu kopi Sidikalang yang terkenal adalah merek Tanpak Sidikalang. Kopi arabica premium ini diolah maksimal sehingga harganya bisa mencapai 200 ribuan per kilogramnya. Bisa didapatkan di Lazada dan Blibli ya.

Kacang Sihobuk

Sumber gambar tokopedia.com

Produk satu ini bisa juga dijadikan oleh oleh dari Medan, namanya Kacang Sihobuk. Produk khas Danau Toba ini dibungkus merah dan putih dan banyak dijumpai di tempat wisata. Kamu juga bisa memperolehnya di daerah Pematang Siantar dan Sibolga.

Kacang ini garing dan renyah dengan rasa kuat. Ini karena proses pembuatan kacangnya direndam air 5 jam bari dijemur. Usai kering barulah kacang digongseng dengan pasir. Proses inilah yang membuat rasa kacang sangat khas dan renyah.

Dinamakan kacang Sihobuk karena daerah asal penghasil acang adalah desa Sihobuk. Kebanyakan warganya pun bekerja dengan mengolah kacang ini. Kamu bisa membelinya secara nline di Bukalapak dari mulai harga Rp 30.000-an hingga Rp 90.000-an.

Manisan Jambu

Sumber gambar tokopedia.com

Jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C. Selain baik untuk tubuh, jambu warna merah ini bisa menaikkan mereka yang kadar trombositnya rendah. Nah beli saja manisan Jambu khas Medan untuk oleh oleh keluarga di rumah. Rasanya enak dan semua pasti suka kesegarannya.

Kamu bisa datang langsung ke Jl. Kruing No. 2G Medan. Jika bingung lokasinya di sebelah Bolu Meranti ya. Manisannya berasa manis dan segar. Jambu bangkok ini dijadikan manisan oleh orang Medan dan dijual Rp 15.000-an per kilogramnya. Kamu pun bisa membelinya secara online melalui Bukalapak jika tak sabar menunggu ke Medan.

Bolu Meranti

Sumber gambar kulinerkhasmedan.com

Yang suka kue kuean bisa jajal Bolu Meranti khas Medan. Kue satu ini merupakan gue gulung yang bertekstur lembut serta creamy. Kue ini rasanya legit sehingga akan pas untuk jadi oleh oleh sepulang dari Medan.

Ada varian rasa dari nanas sampai rasa blueberry yang bisa dicoba. Bolu Meranti ini dijual di Jalan kruing no 2 Medan. Kuenya nikmat dan selalu berasa fresh. Meski tak habis lalu dimasukkan lemari pendingin, kue tetap terasa lembut.

Aroma margarin yang dominan bisa bikin lidah tak berhenti mengunyah kue satu ini. Roll cake ini dapat bertahan hingga 1 minggu. Kamu bisa juga membelinya melalui Tokopedia denga harga Rp. 100.000.

Teri Medan

Sumber gambar tokopedia.com

Kecil kecil namun rasanya sangat nendang. Ya makanan bernama teri Medan ini memang rasanya tiada duanya ya. Cukup dengan sepiring nasi hangat, Teri Medan siap disantap dengan sambal kacang. Umumnya dijual dengan harga Rp 70.000-an per kilogramnya. Untuk membelinya bisa ke jalan Majapahit di medan.

Ikan teri Medan ini terkenal akan gurh dan juga lezat rasanya. Makanan satu ini jadi makanan favorit banyak orang karena memang rasanya ak tergantinkan. Makanan ini mengandung kalsium yang baik untuk gigi dan tulang. Selain itu kandungan energi dalam teri Medan ini juga terbilang tinggi loh. Segera beli ke Lazada ya jika sudah kebelet mencicipi nikmatnya teri Medan.

Pancake Durian

Sumber gambar kedaiduriantokngah.com

Pecinta durian tak boleh melewatkan yang ini ya. Ada Pancake durian yang rasanya tak kalah dari durian asli. Berbentuk mirip dadar gulung, daging durian empuk dibalut kulit dari tepung yang nikmat.

Ada aneka rasa yang bisa dijajal loh mulai rasa original hingga rasa cokelat. Sekali gigit jelas ingin nambah lagi. Kamu bisa dapatkan di Jalan Sekip No. 67 Medan dengan toko bernama Durian House.

Buah durian memang banyak penggemarnya di Indonesia. Jika bosan makan durian langsung, bisa jajal varian pancake ini ya. Ini bisa jadi oleh oleh tak terlupakan dari Medan. Kamu bisa dapatkan dengan harga per box isi 21 biji seharga Rp 55.000 saja. Bisa juga dibeli di website Rizkidurian atau Lazada.

Kain Ulos

Sumber gambar tobadetour.com

Kalau menurut kamu oleh oleh makanan sudah terlalu mainstream, kamu boleh kok memberi cinderamata lain. Misalnya saja nih kamu berikan kain ulos ini. Kain asal Sumatera Utara ini umumnya dipakai dalam beragam gelaran adat di Sumatera. Warna yang paling umum yakni merah dan hitam serta putih.

Diolah secara tradisional tak heran jika harga sehelai ulos bisa mencapai Rp. 3.000.000 ya. Berbentuk mirip selendang, kain ini merupakan pusaka budaya khas nusantara yang diperkenalkan suku Batak. Segera beli yuk di beberapa toko online seperti Bukalapak. Kamu bisa pilih ulos harga Rp 60.000 hingga Rp 3.000.000. Kamu bisa juga membelinya di toko online dengan email pada ulosbtktrt@gmail. Toko online Kain Ulos Batak Tarutung ini menyediakan aneka kain ulos dengan harga dan kualitas yang menarik.

Bika Ambon

Sumber gambar www.pegipegi.com

Jajanan ini bisa juga buat oleh oleh loh. Teksurnya yang berserat dengan rasa legit bikin kue ini nagih sekali. Berbahan tapioka dan santan, kue ini juga dibuat dari telur, air nira dan gula. Langsung datangi Jalan Mojopahit No. 62 di Medan untuk mendapatkan kue nikmat ini.

Rasa yang disediakan oleh Ibu Zulaikha sang pemilik gerai ini beragam. Ada rasa pandan hingga original dan juga rasa keju. Kue ini tanpa bahan pengawet sehingga hanya bisa tahan 4 hari saja ya. Harga kuenya dipatok dari Rp. 60,000 sampai Rp. 300.000.

From our editorial team

Medan, Kota yang Khas dengan Penduduk yang Ramah

Destinasi wisata, mulai dari pemandangan alam sampai hiburan bisa Anda temukan di kota ini. Lengkap dan mumpuni. Selain itu, Anda bisa menikmati kemewahan ala kota besar, tapi bisa juga bersantai di tepi danau Toba yang sejuk dan memberi kesegaran pada pikiran Anda. Tentunya, yang jangan dilupakan adalah oleh-oleh khas Medan, apalagi yang ada rasa duriannya.