Tips Memilih Sepatu Gunung Eiger Dan 8 Pilihan Sepatu Eiger Terbaik Untuk Petualanganmu

Tips Memilih Sepatu Gunung Eiger Dan 8 Pilihan Sepatu Eiger Terbaik Untuk Petualanganmu

Sepatu gunung tentunya menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan jika kamu hendak mempersiapkan sebuah perjalanan di alam bebas terutama pendakian gunung. Bingung memilih sepatu eiger yang tepat?Simak tips dan rekomendasi dari BP Guide berikut ini!

Eiger, Pilihan Terbaik Sepatu Gunung Dengan Harga Bersahabat

Sumber gambar www.freshairjunkie.com

Ternyata kegiatan mendaki gunung dapat menjadi salah satu olahraga untuk kamu yang ingin merasakan sensasi lebih menyatu dengan alam.jangan lupa ketika melakukan olahraga ini kamu harus memperhatikan kelengkapan aksesoris dan keselamatan kamu saat mendaki. Gunakan sepatu yang memang berfungsi untuk medan seperti gunung yang akan kamu daki.

Salah satu brand yang patut kamu coba, yaitu Eiger. Yap! Ini merupakan brand lokal yang menjual peralatan kegiatan untuk outdoor seperti berkemah, panjat tebing, hingga mendaki gunung. Ronny Lukito sebagai pemilik dari brand ini mencetuskan nama Eiger yang diambil dari nama gunning Eiger di Swiss. Dengan ketekunan dan kerja kerasnya membuat pria lulusan STM ini menjadi pengusaha sukses. Eiger pertama kali produksi ditahun 1993 dengan sandal gunung yang mereka keluarkan.

Tips Memilih Sepatu Gunung Untuk Pendakian

Sumber gambar fjb.m.kaskus.co.id

Tidak lupa untuk selalu perhatikan sepatu gunung yang akan kamu beli. Seperti medan yang akan kamu daki nanti merupakan hal yang harus kamu pertimbangkan untuk persiapanmu. Jenis dan model sepatu gunung bermacam-macam, kamu akan lebih leluasa untuk memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sepatu gunung yang nyaman itu sepatu yang sesuai dengan kontur kaki dan medan dari gunung tersebut. Pilihlah sepatu gunung yang berkualitas, bukan dilihat dari sisi merk ataupun brand tersebut. Kamu tidak inginkan disaat mendaki gunung dengan medan yang berat dan penuh rintangan, tetapi disaat itu sepatumu tidak mendukung pada medan gunung yang kamu daki.

Tujuan dan Kebutuhan Penggunaan Sepatu

Ada beberapa jenis yang ada pada sepatu gunung terdapat dua macam di dalamnya yaitu, sepatu yang memiliki leher pendek, berleher sedang, dan berleher tinggi. Kegunaan pada masing-masing jenis ini juga berbeda-beda untuk medan yang akan kamu daki. Untuk sepatu dengan leher yang tinggi disarankan untuk para pendaki dengan medan yang terjal dan berat. Fungsi dari leher tinggi ini untuk melindungi mata kaki dari lecet dan cedera yang memungkinkan saat mendaki. Lalu, untuk sepatu dengan leher sedang dan leher pendek digunakan untuk gunung dengan medan yang ringan atau bisa juga untuk sekedar olahrga outdoor. Nah, karena sepatu ini memiliki leher yang sedang tentu melindungi kaki, tetapi tidak keseluruhan. Jika kamu paksakan sepatu ini dimedan yang berat, ini akan membuat kakimu akan rentan dari cedera dan lecet. Jadi, penting untuk kamu ketahui bahan yang cocok untuk sepatumu saat kamu hiking.

Bahan Pembuatan Sepatu

Sumber gambar twitter.com

Keamanan sepatu akan terjamin, jika sepatu yang kamu pakai memiliki bahan dan material berkualitas. Tidak hanya aman material tersebut harus nyaman dimedan yang terjal. Biasanya bahan yang digunakan pada sepatu ini menggunakan bahan kulit sintetis yang memiliki ketahanan yang baik. Jika kamu sering mengalami kaki berkeringat dan kulit kaki yang melepuh bahan Sympatex dan Gore-Tex ini yang akan membuat rongga udara pada kaki dapat bernafas. Sepatu gunung harus memiliki ketahanan pada air, sehingga meskipun daerah dalam keadaan tidak baik sepatu dapat terjaga kenyamanannya saat digunakan. Tidak lupa untuk merawat sepatu ini dengan baik dan benar, jika tidak kulit sepatu gunungmu akan mudah pecah-pecah.

Sol Sepatu Kuat Dan Tahan Lama

Kemudian, saat membeli sepatu gunung yang kamu idam-idamkan hal penting berikutnya untuk kamu ketahui adalah sol dari sepatu gunung ini. Kekuatan sol sepatu selalu menjadi pertimbangan dalam memilih sepatu gunung yang akan kamu beli. Karena, medan yang akan kamu lalui pasti terjal dan berat ini tidak memungkinkan sepatu biasa saja dapat melaluinya.

Pilihlah sol sepatu dengan punggung yang tinggi agar disaat kamu melakukan pendakian sepatu ini akan menancap dengan baik pada permukaan tanah. Ada beberapa jenis sol untuk sepatu gunung ini mulai dari yang soft, sedang, hingga yang keras. Untuk sol yang soft sangat bagus untuk kamu melintasi bebatuan, sol yang keras dapat mengurangi traksi dengan permukaan berbatu. Pada pegunungan Indonesia disarankan untuk memakai sol dengan jenis yang sedang. Permukaan medan yang akan dilalui pendaki di sini cenderung pada kombinasi bebatuan yang licin, tanah yang lembek dan juga lumut. Jangan lupa untuk memilih sepatu dengan jahitannya mengikuti struktur bentuk kakimu untuk memberikan rasa nyaman ketikan dalam perjalanan. Lalu, pilihlah juga sepatu gunung dengan punggung yang besar, lentur, dan kuat yang terbuat dari bahan karet atau sintetis.

Tips Merawat Sepatu Gunung Eiger

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tidak ada sepatu gunung yang benar-benar murah dengan kualitas yang bagus. Dengan harga yang tidak murah ini, kamu harus bisa merawat sepatu gunung kamu dengan baik. Kamu tidak ingin kan, sudah mengorbankan untuk membeli sepatu ini malah dikemudian hari kamu tidak bisa memakainya setelah itu dibuang. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat sepatu gunung yang baik versi Eiger agar tahan lama. Berikut tips yang bisa kamu pelajari, check this out!

Bersihkan Sebelum Disimpan

Sumber gambar www.lapaktas.com

Pertama-pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan sepatu sebelum kamu simpan. Hal ini akan membuat sepatu gunungmu awet. Cara yang mudah untuk membesihkannya kamu dapat mencucinya menggunakan air dan shampoo khusus untuk sepatu gunung kamu. Pakai sikat yang lembut, hindari pemakaian deterjen dan sikat keras. Itu akan merusak material dan bahan dari sepatu kamu.

Keringkan Sepatu Dengan Diangin Anginkan

Sumber gambar www.tommangan.net

Setelah dicuci bersih tahap kedua yang harus kamu lakukan untuk sepatu gunungmu adalah mengeringkannya. Ada trik khusus ketika kamu ingin mengeringkan sepatu kamu. Gunakan kanebo atau kertas lalu tekan-tekan bagian dalam dan luar sepatu hingga tidak dapat menyerap air. Kemudian, baru kamu keringkan sepatumu dengan cara diangin-anginkan secara alami. Jangan lakukan pengeringkan sepatu gunung dibawah paparan sinar matahari langsung. Agar menghindari rusaknya material dan memudarnya warna sepatu. Cara yang baik saat mengeringkan sepatu dengan menggantungkan sepatu dengan meposisikan bagian atas sepatu menghadap kebawah.

Simpan Dalam Rak Terbuka

Sumber gambar homesfeed.com

Ditahap ketiga ini, simpanlah sepatu gunung pada rak terbuka. Jangan lupa untuk mensisipkan silica gel agar sepatu tidak lembab. Simpan sepatu dimanapun yang memiliki suhu ruangan stabil dan normal. Tapi jangan simpan sepatu gunung kamu di garasi, dalam mobil, ataupun loteng karena di tempat tersebut suhu akan cepat meningkat. Suhu yang sangat panas dapat mempercepat kerusakan sepatu. Simpan sepatu gunungmu jangan tertindih dengan sepatu lain.

Gunakan Ganjalan Untuk Menjaga Bentuk Sepatu

Sumber gambar www.wikihow.com

Buatlah ganjalan untuk bagian dalam sepatumu menggunakan kepalan kertas yang dimasukkan. Usahakan kertas yang kamu pakai adalah kertas polos. Jika kamu memakai kertas koran, ditakutkan tinta koran tersebut akan luntur dan menempel pada sepatumu. Ganjalan kertas ini berfungsi untuk menjaga bentuk sepatu pada keadaan semula.

Lap Secara Berkala

Sumber gambar www.skuff.us

Kamu tidak mungkin setiap minggu akan melakukan hiking, bukan? Pasti ada kala dimana kamu tidak akan menggunakan sepatu gunungmu. Jika kamu tidak memakainya, kamu harus tetap merawat sepatu gunung dengan cara mengelap sepatu secara berkala agar tidak berjamur atau berdebu. Kamu dapat menggunakan kanebo dan lap sepatumu dengan perlahan. Bersihkan sepatu dari kotoran yang menempel pada sepatu gunung kamu.

Pilihan Sepatu Gunung Eiger Yang Bisa Kamu Gunakan

Sumber gambar www.sportsmansguide.com

Begitu banyaknya ragam sepatu gunung yang dapat kamu pilih. Dengan syarat sepatumu harus nyaman, dapat mengurangi resiko kaki lecet, cepat kering, dan dapat menyerap keringat kaki. Kamu sebagai pendaki pasti memerlukan sepatu yang kuat. Sepatu gunung Eiger bisa menjadi pilihan menarin yang bisa kamu pilih untuk mendaki gunung. Berikut beberapa model sepatu gunung Eiger yang dapat menjadi refrensi pemilihan sepatumu.

Eiger Mid Boot Shamrock W17207

Sumber gambar item.blanja.com

Kali ini kamu dapat memilik Eiger Mid Boot Shamrock. Dengan style mountaineering yang telah dikembangkan oleh Eiger. Para petualang gunung akan terpenuhi kebutuhannya yang dapat digunakan untuk melintasi disegala medan. Didukung dengan material Plate shank pada bagian midsole agar bagian outsole lebih kokoh dan kaku untuk menunjang kaki agar tidak cepat lelah. Bahan yang digunakan pada sepatu ini suede leather yang dikombinasikan dengan polyester fabric dan ditambah dengan Booties construction system yang dipastikan sepatu ini anti air. Mid Boot Shamrock didesain dengan tampilan stylish, yang bisa kamu pakai untuk sehari-hari. Kamu bisa mendapatkan sepatu ini pada website Bukalapak dengan harga Rp 700.000, cukup terjangkau kan?

Eiger LS Crimson W17607

Sumber gambar eigeradventure.com

Selanjutnya, Eiger LS Crimson terbuat dari bahan yang berkualitas sepatu ini sangat nyaman digunakan. Dengan bahan genuine leather dan polyester cocok untuk aktivitas outdoor seperti mendaki gunung dengan medan yang terjal dan berkerikil. Desain yang stylish dan dinamis sepatu Eiger LS Crimson ini dapat kamu gunakan pada kegiatan keseharian kamu. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari Rp 575.000 hingga Rp 675.000.

Eiger Karakoram W14717

Sumber gambar eigeradventure.com

Eiger Karakoram sepatu semi hiking, merupakan boot klasik yang sangat nyaman jika kamu pakai. Dengan material oil nubuck genuine leather membuat sepatu jika kamu mengenakannya tidak mudak kering, panas, dan tentunya terbuat dari kulit asli. Kelebihan pada sepatu gunung ini dapat melindungi kakimu ketika menapak pada jalanan yang berkerikil dan tajam saat mendaki gunung. Cocok digunakan untuk sepatu keseharian kamu ataupun saat hiking. Memiliki ketahanan anti air dan kuat disegala medan karena sol dari XC gripper compound rubber dan Plate shank midsole yang akan membuat sepatu ini sangat aman dan tidak mudah tergelincir. Kamu bisa mendapatkan sepatu ini di Eiger Indonesia seharga Rp 925.000.

Eiger Sepatu Tennese 1989 W17017

Sumber gambar eigeradventure.com

Refrensi yang bisa kamu tahu selanjutnya, yaitu Eiger sepatu Tennese 1989. Yap! Sepatu baru keluaran Eiger ini dirancang untuk penggunaan sehari-hari dan untuk kamu hiking. Didukung dengan bahan kulit Nubuck yang dilapisi dengan minyak perawatan untuk mencegah abrasi. Digabungkan pula dengan bahan kulit suede untuk penampilan yang klasik dan juga gagah untuk pemakainya.

Toecap dan back counter yang telah dilapisi pada sepatu Tennese 1989 ini dengan cetakan chemisit akan melindungi kakimu dari benturan. Outsole yang terletak pada bagian bawah sepatu gunung ini meminimalkan berat pada durasi dengan penggunaan yang lama. Apakah sepatu ini kuat dimedan yang berat? Tidak usah ditanyakan tentu kenyamanan dan keamanannya telah diuji, sepatu ini akan mempermudah kamu berjalan di daerah yang menanjak. Warna yang tersedia untuk sepatu ini hanya satu warna, yaitu cokelat. Di website Bukalapak, kamu bisa menemukan sepatu ini sebesar Rp 850.000.

Eiger Sepatu Oblivion Mid W14317

Sumber gambar m.blanja.com

Hiking selalu identic dengan olahrga pria, tapi apakah wanita tidak bisa melakukannya? Oh tentu saja sangat bisa! Banyak dari kaum wanita di zaman ini yang mulai mencoba naik gunung. Tapi tentu mereka membutuhkan sepatu yang akan membuat mereka nyaman saat mendaki. Salah sepatu gunung yang pas untuk wanita kali ini adalah Eiger Oblivion Mid.

Sepatu yang dapat digunakan oleh pria dan wanita memiliki material kulit yang berkualitas premium, polyester dan juga rubber. Toecap protector yang ada pada sepatu ini akan melindungi jari kaki kamu terhindar dari cedera saat mendaki gunung. Memiliki bantalah yang baik sehingga saat kamu memakai akan terasa nyaman. Sol yang dipakai untuk sepatu ini menggunakan Light Compound Rubber. Harga yang tercantum pada Eiger Indonesia seharga Rp 875.000.

Eiger Shoes Boot Cerberus Vibram W16017

Sumber gambar eigeradventure.com

Eiger Shoes Boot Cerberus Vibram sepatu yang cocok untuk kamu para pendaki gunung. Sepatu yang aman untuk kamu pakai, karena memiliki outsole Vibram didalamnya yang dipadukan dengan teknologi Heel Shield System yang akan mengurangi resiko cedera saat pemakaiannya. Material suede pada bagian atas sepatu dan campuran polyester hingga konstruksi booties ini akan membuat sepatu gunung ini tahan air dan akan selalu tetap kering diberbagai situasi. Kamu akan terus bereksplorasi dengan sepatu ini Toecap Guard didalamnya akan memberikan perlindungan optimal pada sepatu Cerberus Vibram. Hadir dengan warna hitam yang elegan, kamu bisa mendapatkan sepatu ini di Bukalapak Rp 950.000 dan Eiger Edventure Rp 850.000. Tinggal kamu pilih saja dimana kamu akan membeli sepatu ini. Terjangkau kan?

Eiger Shoes Anaconda Vibram W16217

Sumber gambar www.eigershop.com

Dirancang untuk kegiatan naik gunung sepatu Eiger Shoes Anaconda Vibram sangat cocok untuk kamu para pecinta alam. Sepatu ini dapat melewati medan yang cukup berat seperti batu curam, kerikil, tanah, lumpur, dan juga medan pada perkotaan seperti aspal dan beton. Dengan pilihan warna cokelat dan hitam, sepatu ini berbahan suede pada bagian atas menggabungkan kain polyester dan juga sistem konstruksi booties yang membuat sepatu ini tahan air dan kuat. Kaki kamu tidak akan lelah menggunakan sepatu ini, karena terdapat outsole yang akan membuat tumit kamu nyaman. Kisaran harga yang diberikan pada sepatu Anaconda Vibram ini sekitar Rp 925.000 hingga Rp 999.900.

Eiger Shoes Boot Pollock W15917

Sumber gambar eigeradventure.com

Refrensi sepatu gunung yang terakhir ini adalah Eiger Shoes Boot Pollock. Sepatu hiking yang dirancang untuk kegiatan adventure kamu yang kuat untuk segala medan dan cuaca. Dengan campuran bahan polyester dan sistem konstruksi booties memungkinkan sepatu ini kuat dan waterproof yang akan selalu kering. Teknologi Heel Shield System dapat membantu pergelangan kaki kamu menjadi lebih kokoh dan stabil saat memakainya. Tak tertinggal, sol vibram akan membuat tumit kamu akan lebih nyaman dan tidak membuat kamu cepat lelah. Desain yang stylish dengan warna hitam orange membuat kepercayaan diri kamu dapat bertambah saat memakainya. Harga Rp 995.000 sampai Rp 1.195.000 kamu sudah mendapat sepatu gunung dengan kualitas terbaik. Bagaimana sudah terpikirkan untuk memilih sepatu gunung kamu?

From our editorial team

Tampil Keren Dan Tangguh Dengan Sepatu Gunung Eiger

Sepatu gunung eiger yang merupakan brand produk lokal Indonesia bisa jadi pilihan sepatu terbaik untuk aktifitas hiking dan outdoormu. Tak hanya karena brand ini adalah produk lokal tapi juga karena sepatu ini punya kualitas yang tak kalah dengan sepatu hiking atau sepatu gunung impor. Pilih sepatu sesuai selera dan kenyamananmu, jangan lupa juga untuk merawatnya agar tetap awet dan tahan lama.