Cara Mudah Memilih Sepatu Bulutangkis Yang Berkualitas Dan 8 Merek Favorit 2018

Cara Mudah Memilih Sepatu Bulutangkis Yang Berkualitas Dan 8 Merek Favorit 2018

Tak tahu bagaimana memilih sepatu bulutangkis yang tepat? BP-Guide akan memberikan serangkaian langkah yang tepat untuk memilih sepatu bulutangkis yang terbaik. Yuk simak di bawah ini!

Bagi Pebulutangkis, Sepatu adalah Hal yang Penting dan Vital

Bagi seorang pemain badminton, sepatu adalah salah satu hal yang penting. Mengapa ? Karena sepatu yang dikenakan menentukan kenyamanan pemain di lapangan. Diharuskan sepatu yang digunakan tidak memiliki alas yang licin seperti bahan sepatu futsal, untuk itulah sepatu bulutangkis biasanya tidak bisa digabung dengan pemakaian sepatu lainnya.

Sepatu badminton selalu memiliki desain khusus, serta bahan bagian dalam dan alas yang berbeda dibanding sepatu lain. Saat di lapangan, pemain badminton dituntut untuk gesit, dan fleksibel bergerak ke segala arah, kanan, kiri, depan belakang. Pada saat bersamaan, pemain juga harus berhenti di saat tertentu untuk menahan tubuhnya saat mengambil shuttle cock. Bahkan pemain seringkali harus melakukan lompatan untuk smash cock ke lawannya.

Secara umum sepatu badminton dibuat agar pas di kaki pemakainya, begitu pula bagian dalam sepatu yang dilengkapi sedikit busa, untuk kenyamanan pemain saat menggunakannya. Desain sepatu ini dibuat untuk mendukung gerakan lateral, dan traksi, sehingga nantinya sangat aman dan fleksibel untuk melakukan gerakan lateral dengan speed yang cukup. Karena saat bermain, kelincahan pemain serta kecepatan melangkah amat diperlukan, agar berhasil mengembalikan bola lawan, dari arah manapun.

Untuk itulah diperlukan kejelian amat diperlukan untuk memilih sepatu badminton yang tepat dan berkualitas.

Tips Memilih Sepatu Bulutangkis Terbaik

Untuk memaksimalkan aksi kamu di lapangan sebagai atlit bulutangkis, berikut ini ada beberapa tips memilih sepatu bulutangkis yang tepat untuk mendukung performa kamu.

  • Anda harus memilih sepatu yang memiliki desain khusus untuk bermain bulutangkis, karena jika memilih yang berdesain biasa terutama alas biasa, permainan bulutangkis Anda bisa tidak maksimal
  • Saat sudah memilih sepatu dengan desain dan bahan yang tepat, jangan lupa untuk memilih ukuran yang tidak sempit atau terlalu pas di kakimu, karena kaki mungkin akan terasa sesak dan tidak nyaman untuk bermain bulutangkis.
  • Selanjutnya, sebaiknya Anda memilih busa atau bantalan sepatu bagian dalam yang tidak terlalu empuk dan tidak tipis atau baiknya di ukuran medium, agar nyaman digunakan untuk bermain.
  • Selain itu, jangan memilih sepatu dengan sol hitam. Mengapa ? Karena mungkin sepatu dengan sol hitam ini akan meninggalkan bekas atau jejak di lapangan badminton Anda.
  • Berikutnya, Anda sebaiknya memilih atau membeli kaos kaki khusus untuk badminton. Biasanya kaos kaki badminton lebih tebal dan empuk, sehingga saat bertemu permukaan dalam sepatu, tidaklah licin.
  • Jika berencana membeli sepatu badminton ini, baiknya tidak di tempat sembarangan atau di emperan, kalian harus membeli di toko olahraga yang memang menjual berbagai peralatan badminton. Hal ini untuk mendapatkan sepatu yang tepat untuk bermain nyaman si lapangan.
  • Untuk mendapatkan sepatu yang bagus, Anda tidak selalu harus berpatokan harga yang tinggi, Anda bisa mencari sepatu badminton yang sedang promo atau discount.
  • Tidak hanya harus keren dan bermerek Yonex, atau Lining, apalagi yang original, Anda juga harus sesuaikan dengan budget di kantong saat memilih sepatu badminton Anda.
  • Baiknya Anda memilih sepatu bulutangkis dengan merk terkenal, baik itu ori atau KW, karena desainnya sudah dibuat khusus untuk bulutangkis.
  • Selain harus membeli sepatu yang baik, Anda juga harus merawat sepatu Anda dengan baik, agar lebih awet.

Pilih Sepatu Khusus Bulutangkis Supaya Nyaman

Bagi pemain bulutangkis, sepatu adalah hal penting untuk menunjang performa terbaik mereka di lapangan. Baiknya, dalam memilih sepatu, pilihlah yang berukuran sedikit lebih besar dari kaki Anda. Bagian yang terpenting untuk pergerakan adalah jempol kaki Anda, sehingga ukuran sepatu harus yang memberi ruang pada jempol kaki untuk bergerak. Selain ruang pada sepatu untuk space bagi kaki Anda, kaos kaki juga penting dikenakan agar kaki tidak luka saat bergerak lincah bersama sepatu Anda. Selain itu, pemakaian kaos kaki juga memberi kenyamanan.

Tips lainnya, Anda pastikan dulu ukuran dan bentuk kaki Anda. Pastikan ukuran kaki Anda sebelum membeli sepatu yang Anda inginkan. Bagi Anda yang memiliki lengkung kaki yang landai atau bahkan tidak terlihat sama sekali, maka ukuran sepatu yang bisa Anda pilih adalah yang tidak terlalu besar atau lebih memanjang ke depan, bukan ke samping. Sedangkan untuk Anda yang memiliki lengkung kaki yang cukup curam, maka baiknya memilih sepatu yang memiliki bantalan ekstra. Hal ini berguna untuk memberi kenyamanan lebih untuk pemakainya.

Hal terpenting lainnya sebelum membeli sepatu badminton bagi Anda yang awam adalah sepatu untuk olahraga ini berbeda dari sepatu lain, dan jenis olahraga manapun. Terkadang ada kemiripan sepatu ini dengan desain sepatu lari atau futsal. Namun, tentu berbeda. Untuk lebih amannya, Anda bisa tanya langsung ke penjualnya, bahwa Anda mencari sepatu badminton. Atau Anda bisa searching terlebih dahulu, sepatu badminton dengan harga atau model yang Anda inginkan.

Pilih Bantalan yang Medium

Saat memilih bantalan pada bagian dalam sepatu, juga ada triknya nih, yaitu :

  • Pilihlah sepatu yang memiliki bantalan bagian dalamnya yang tidak terlalu empuk. Karena, terlalu empuk akan menyulitkan pergerakan, sehingga medium atau sedang akan lebih baik untuk kenyamanan.
  • Pilihlah sepatu yang memiliki bantalan yang tidak tipis. Sebab, bantalan yang tipis bisa membuat kaki cepat panas dan lecet apabila aktif bergerak. memilih bantalan sepatu yang medium dan tidak terlalu empuk untuk memberikan kenyamanan pada kakimu ketika bermain atau bertanding.

Hindari Sepatu Bersol Hitam

Bagi Anda pemain bulutangkis yang biasa main di indopr, disarankan untuk tidak menggunakan sepatu bersol hitam. Hal ini dikarenakan bahan sol hitam bisa merusak lapangan, dengan meninggalkan bekas hitam di lapangan.

Jika seperti ini lapangan akan terlihat kotor dan tidak nyaman untuk digunakan. Terlebih lagi jika bahan lapangan adalah karet, dampak dari sepatu sol hitam akan sangat terlihat.

Sesuaikan dengan Budget

Seringkali di toko-toko merek olahraga seperti Sportstation atau toko olahraga lainnya, mengadakan promo untuk sepatu-sepatu bulutangkis. Promo ini bisa buy 1 get 1, atau discount sekian dari harga aslinya.

Sebaiknya sih, Anda memanfaatkan kesempatan ini untuk memiliki sepatu bagus dengan harga lebih murah. Pertama, jika ini info maka kalian harus cek dulu ya barangnya, dan promonya benar atau tidak agar tidak kecewa.

Tips Merawat Sepatu Bulutangkis

Jika saat ini Anda sudah memiliki sepatu bulutangkis Andalan Anda, maka berikut ini beberapa tips untuk merawat sepatu Anda agar bisa bertahan lama, tetap terlihat bagus dan nyaman digunakan.

  • Pisahkan bagian-bagian sepatu saat Anda mencucinya. Mulai dari tali sepatu, hingga alas bagian dalam sepatu baiknya Anda pisahkan dari badan sepatu, untuk dicuci terpisah.
  • Anda bisa menggunakan deterjen atau baking soda untuk mengangkat kotoran pada sepatu. Tetapi, jangan gunakan deterjen ini untuk merendam sepatu Anda ya ! Sederhananya, Anda bisa hanya menggosok atau menyikat sepatu Anda dengan deterjen tersebut. Catatan pentingnya, jangan menggiling sepatu Anda di mesin cuci, karena selain bisa merusak mesin, sepatu Anda bisa rusak.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengeringkan sepatu yang telah dicuci. Kalau bisa jangan langsung meletakkan sepatu di bawah sinar matahari yang terik. Sebab, cahaya matahari langsung dapat menyebabkan lapisan kulit sepatu cepat mengelupas karena kering. Untuk mengeringkannya, Anda bisa hanya meletakkannya secara vertikal agar airnya turun.
  • Selain setelah digunakan, Anda juga bisa merawat sepatu Anda saat bermain, dengan menggunakan kaos kaki yang menyerap keringat. Gunanya agar sepatu tidak lembab dan bau.
  • Apabila kotor, baiknya Anda perhatikan tingkat kotor satu Anda apakah sudah sangat parah atau belum. Bila kotornya masih sangat wajar karena baru saja dicuci, Anda bisa hanya melapnya saja dengan lap basah. Berlebihan mencuci sepatu, bisa menyebabkan menipisnya permukaan dan cepat mengelupas karena banyak kena air.
  • Usahakanlah untuk tidak pertemukan sepatu Anda dengan permukaan benda yang keras, seperti aspal atau beton. Sebab permukaan sepatu akan semakin tipis, dan sepatu bisa menjadi licin.
  • Selanjutnya, simpan sepatu badminton Anda dengan baik, yaitu di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup, dan terkena sedikit cahaya matahari. Gunanya agar tidak tersekap dan berjamur.

Hanya Gunakan Saat akan Berlatih dan Bertanding

Sepatu bulutangkis, tidak baik digunakan untuk bepergian atau kegiatan lain selain di lapangan bulutangkis. Mengapa ? Karena akan ada bekas debu di swepatu, seperti aspal atau tanah, yang bisa menyebabkan permukaan sepatu rusak dan licin.

Untuk itu baiknya sepatu spesial ini digunakan hanya untuk bermain bulutangkis di lapangan, atau pertandingan saja. Lebih baik memang, menggunakan sepatu pada tempatnya, agar lebih awet dan maksimal fungsinya. Selain itu, kerusakan lainnya pun bisa di minimalisir, karena digunakan saat dilapangan saja.

Selain itu, yang juga penting adalah jangan menggunakan sepatu bulutangkis Anda dari rumah atau berjalan hingga ke lapangan. Karena, akan membawa debu dari jalan yang menyebabkan lapangan licin, dan mengotori sepatu Anda.

Untuk Anda yang memiliki banyak pilihan sepatu bulutangkis di rumah, baiknya pakailah sepatu - sepatu Anda bergantian, karena untuk menghindari cepat rusak karena sering digunakan, dan menghindari cepat rusak karena terlalu lama tidak digunakan.

Pisahkan dengan Sepatu Jenis Lain

Jika disandingkan dengan sepatu jogging, memang terlihat mirip. Apalagi jika memiliki motif dan bentuk yang sama. Namun, sekali lagi jangan satukan penggunaannya ya. Tidak haram sih, tetapi karena bulutangkis mayoritas olahraga indoor, jadi sepatunya harus bersih dan kesat.

Jika Anda punya kocek lebih, belilah sepatu jogging terpisah untuk pemakaian outdoor. Jika di rumah Anda sering bingung dengan dua sepatu ini, baiknya Anda gunakan garis pemisah atau penanda antara dua sepatu ini, agar nantinya tidak salah pakai atau salah bawa.

Pilih Bantalan yang Tidak Cepat Pudar

Mengenai bantalan di dalam sepatu, baiknya memilih yang cukup awet atau tidak mudah menipis. Seringkali saat bermain dengan pergerakan yang begitu aktif, Anda menjadi tidak nyaman dan kaki terasa sakit dengan bantalan yang sudah tidak enak lagi dipakai.

Bila bantalan sepatu Anda telah menipis atau memudar, namun sangat dibutuhkan untuk bertanding, maka bisa membeli bantalan sepatu saja yang dijual terpisah. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kenyamanan pada kaki.

Letakkan Silica Gel untuk Menjaga Kelembaban

Apabila sepatu Anda basah atau lembab, sebaiknya Anda keringkan dulu sebelum disimpan di kotak penyimpanan, atau tempat lainnya. Kemudian, bersihkanlah bila ada kotoran yang menempel. Selanjutnya, untuk menghindari tumbuhnya jamur, Anda bisa gunakan silica gel atau kapur barus yang diletakkan di dalam kotak.

Silica gel ini juga bisa digunakan sehari - hari untuk sepatu yang jarang digunakan, sehingga kotak penyimpanan sepatu akan tetap kering dan terhindar dari tumbuhnya jamur.

Apabila Anda biasa menyimpan sepatu di dalam lemari sepatu khusus, maka baiknya gunakan silica gel natural agar lemari tetap kering, dan jamur tidak tumbuh.

Merk Sepatu Bulutangkis yang Bisa Dijadikan Pilihan

Di dunia bulu tangkis sekarang sudah banyak variasi model sepatu dengan harga tertentu, yang dikeluarkan oleh merk - merk perlengkapan bulutangkis secara khusus ataupun merk perlengkapan olahraga secara umum.

Merk yang cukup terkenal dan bisa menjadi Andalan untuk memperoleh model dan kualitas sepatu badminton yang terbaik, diantaranya Nike, adidas, Yines, RS atau Reinfor speed, Lining, Specs, Eagle, atau merk dalam negeri, Astec dan Fly power.

Untuk memilih merk mana yang cocok, Anda bisa melihat harga, dan desain sepatu yang Anda suka. Biasanya harga yang dibanderol akan sesuai dengan kualitas sepatunya.

Spotec

Sumber gambar www.lazada.co.id

Pilihan sepatu bulutangkis pertama adalah merk Spotec. Sepatu ini dibuat dengan teknologi tinggi yaitu pola motion grip dan pivot circle. Ditambah lagi disol dengan sangat baik menggunakan sol rubber. Sol ini berfungsi agar sepatu tidak licin, dan langkah seimbang.

Berikut ini beberapa model Spotec yang bisa menjadi pilihan Anda, yaitu :

  • Spotec Pointer
    Model sepatu Spotec ini dibuat dengan desain yang nyaman, ringan, serta fleksibel untuk pergerakan. Alas sepatu, tentu saja dibuat dengan bahan jenis karet, yang kesat dan pas untuk badminton players. Warna yang tersedia ada merah dan putih. Harganya dijual Rp 139.000 per pasang.
  • Spotec Vega
    Tipe sepatu Spotec Vega ini memiliki lapisan dalam yang dibuat dengan bahan yang nyaman saat digunakan. Lapisan luar sepatu dibuat dengan bahan karet khusus agar bisa memaksimalkan pijakan saat bermain bulutangkis. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sepatu ini adalah karet sintetis. Jenis karet ini biasanya memiliki warna-warna variatif dan model yang menciptakan kesan trendy. Material kulit di bagian luar sepatu juga yang memiliki kualitas baik, sehingga akan tahan lama. Warna yang tersedia adalah orange, dan biru tua, dan harganya Rp 159.000.

Yonex

Sumber gambar www.lazada.co.id

Di dunia bulutangkis, salah satu merk yang selalu disandingkan dengan olahraga ini adalah Yonex. Raket, tas, baju, hingga sepatu, diproduksi dengan banyak variasi model dan harga. Pemain pemain Andalan Indonesia, seperti Muhammad Ahsan, Tommy Sugiarto, adalah beberapa pemain yang mengandalkan sepatu ini untuk pertandingannya.

Berikut ini beberapa pilihan tipe sepatu Yonex yang mungkin cocok dengan budget dan selera Anda

  • Yonex power cushion 65
    Sepatu Yonex tipe yang satu ini memiliki lapisan luar yang berbahan kulit PU, dengan desain terbaik. Di bagian luar didesain dengan rubber outsole. Ukuran dalamnya dibuat sangat nyaman dan bisa menyesuaikan bentuk kaki atau ukuran kaki yang melebar atau memanjang. Anda bisa tampil maksimal saat bermain bulutangkis, dengan sepatu Yonex kesat di bagian alas, dan empuk pada bagian dalam. Harganya sekitar Rp1.315.000
  • Yonex Power Cushion Comfort Tour
    Untuk kenyamanan pemakainya, sepatu Yonex Power Cushion Comfort Tour memiliki bantaran di bagian dalam yang cukup tebal. Ketika aktif bergerak dalam permainan, tidak akan menimbulkan sakit pada kaki. Di bagian luar terbuat dari bahan kulit yang kuat dan elastis, sehingga bisa menyesuaikan pergerakan kaki bila ingin menekuk. Harga sepatu ini sekitar Rp 1.350.000

Apabila Anda tertarik dengan sepatu Yonex tipe ini, Anda bisa membelinya secara online di Lazada, Tokopedia, Zalora, atau toko online lainnya.

adidas

Sumber gambar www.blibli.com

Bagi para pecinta olahraga, bahkan masyarakat secara umum, pasti mengenal Merk adidas. Berbagai perlengkapan olahraga dari berbagai cabang, diproduksi oleh adidas. Renang, basket, bola, lari, serta bulutangkis, adalah beberapa cabang olahraga yang dekat dengan merk adidas. Tetapi, untuk sepatu bulutangkis, sepertinya belum banyak yang tahu bahwa adidas juga memiliki sepatu khusus untuk cabang olahraga ini.

Berikut ini beberapa pilihan sepatu bulutangkis merk adidas:

  • adidas Men Quickforce 3
    Ciri khas adidas adalah tiga garis yang menjadi icon merk nya. Di sepatu bulutangkis tipe Quickforce ini, 3 stripes adidas terletak di bagian upper. Sepatu ini dirancang dengan khusus, untuk pergerakkan pemain bulutangkis yang dinamis. Saat dipakai juga ringan dan memeudahkan pergerakkan. Warna yang tersedia adalah Biru, dengan harga per itemnya Rp 719.400.
  • adidas Quickforce 7 White Yellow
    Sama seperti tipe adidas khusus badminton di atas, Quickforce 7 ini juga dibuat dengan bahan kulit di bagian luarnya. Sol bagian luarnya pun berbahan karet yang kuat dan khusus. Spesialnya adalah, bantalan di bawah tumit, anti slip, benang jahitan berwarna kuning yang terlihat dari luar, serta three stripes di bagian atas. Sepatu ini sangat ringan dan nyaman untuk performa bulutangkis Anda. Dapatkan sepatu ini seharga Rp 999.000 hingga Rp 1.619.100.

Anda bisa mendapatkannya di online shop maupun di toko-toko sepatu olahraga terdekat di tempat Anda.

Li-Ning

Sumber gambar www.blibli.com

Selain Yonex, dunia bulutangkis juga diperkenalkan dengan merk Li-Ning yang muncul di tahun 2000-an. Merk ini adalah milik Negara China, yang namanya berasal dari nama mantan atlit senam Olimpiade.

Ternyata di awal kemunculannya, merk ini justru mengendors pemain NBA O'Neal di tahun 2006. Tetapi untuk saat ini, bisa dipastikan seluruh atlit khususnya bulutangkis Andalan China akan memakai sepatu bulutangkis merk Li-Ning.

Ada dua pilihan sepatu Li Ning yang pas untuk Anda dengan harga sekitar Rp 699.000, yaitu Li-Ning Turbo 1.0 AYTJ091-6 dan Li-Ning Hero No -1 Ltd Edition AYTJ059-3. Kedua sepatu ini memiliki spesifikasi bahan dan keunggulan yang sama bagi pemakainya. Keduanya dibuat dengan bahan shiny PU, mesh di bagian upper, perpaduan microfiber, serta bahan khusus lainnya yang menciptakan keseimbangan dan kenyamanan bagai pemakainya. Untuk performa di lapangan, sepatu ini bisa menjadi pilihan Anda bermain bulutangkis.

Untuk pembelian Anda bisa membelinya di toko sport terdekat, yang mungkin menjualnya, atau di toko online seperti Tokopedia, Lazada, Zalora, OLX, dan lainnya.

Mizuno

Sumber gambar www.squashsource.com

Sepatu bulutangkis merk Mizuno ini memiliki desain yang cukup berbeda, untuk performa Anda di lapangan.

Beberapa pilihan sepatu Mizuno, diantaranya :

  • Sepatu Badminton Mizuno Wave Tornado 9 V1GA141098
    Tipe Mizuno yang satu ini dibuat dengan bahan dan desain terbaik dengan teknologi wave, untuk memberikan kenyamanan yang maksimal bagi pemakainya. Warna yang tersedia ada orange dan hitam. Harganya sekitar Rp 1.599.000 per pasang.
  • Sepatu Badminton Mizuno Wave Lightning Z V1GA150007
    Dibandingkan dengan tipe Mizuno sebelumnya, tipe kali ini memiliki spesifikasi serupa. Hal utama dari sepatu Mizuno ini adalah kenyamanan yang ingin diciptakan saat Anda memakainya. Warna sepatu ini adalah perpaduan kuning dan merah. Dijual dengan harga sekitar Rp 1.399.000.

Apabila ingin membelinya, Anda bisa membeli secara langsung di toko sport, atau membeli secara online di Tokopedia, OLX, Zalora, Lazada, dan lainnya.

Asics

Sumber gambar runnerclick.com

Selain Yonex, produsen perlengkapan bulutangkis yang cukup besar juga dimiliki Jepang. Produsen ini bernama Asics, yang merupakan kepanjangan dari Anima Sana In Corpore Sano, yang berarti " Pikiran Sehat dalam Tubuh yang Sehat."

Bersamaan dengan munculnya merk ini atas kreasi dari Kihachiro Onitsuka, beberapa saat kemudian muncul pula merk besar di Amerika bernama Nike. Info barunya adalah, Nike muncul berdasarkan inspirasi dari kualitas Asics yang diciptakan Kihachiro Onitsuka saat itu.

Jika ingin mencoba merk bersejarah ini, berikut ini beberapa pilihan sepatu Asics untuk Anda :

  • Sepatu Asics Gel-Impression 8
    Tipe sepatu Asics ini dibuat dengan bahan Eva terbaik, untuk menghasilkan bantalan empuk di bagian dalam sepatu. Selanjutnya, sepatu Asics ini akan terasa lebih nyaman untuk dikenakan. Di bagian alasnya, tentu dibuat dengan bahan karet yang baik dan akan kesat saat dibawa berlari dan bergerak lincah. Warna yang tersedia dari tipe ini adalah flash yellow, black, dan electric blue. Harganya sekitar Rp 499.000.
  • Sepatu Asics 33-DFA Men
    Dibandingkan dengan Asics tipe pertama, 33 DFA ini dibuat dengan lapisan dalam yang lebih lembut dan ringan dari bahan EVA. Super Eva ini berfungsi untuk menciptakan sirkulasi udara yang lebih lancar bagi kaki Anda saat mengenakannya. Seperti sepatu bulutangkis pada umumnya, sol bagian bawah sepatu Asics ini dibuat dengan karet yang kesat, sehingga memudahkan pergerakan Anda dengan maksimal, karena tidak licin di lapangan. Warna yang tersedia ada Taupe, cloud white, dan mossaic blue. Harganya sekitar Rp 699.000.

Untuk membelinya Anda bisa memesannya di toko online seperti Lazada, Zalora, Tokopedia, OLX, dan lainnya

Kawasaki

Sumber gambar www.aliexpress.com

Jika Anda mendengar nama Kawasaki, pasti yang ada di pikiran Anda adalah merk motor atau berhubungan dengan otomotif. Tetapi, ketahuilah bahwa merk ini juga ada di perlengkapan badminton, yang salah satunya adalah sepatu.

Jika Anda ingin mencobanya, berikut ini ada beberapa pilihan tipe sepatu Kawasaki untuk Anda :

  • Sepatu Badminton Kawasaki K-613 612 610 600 lvory
    Keunggulan yang ditawarkan Kawasaki dibanding sepatu bulutangkis lainnya adalah bentuknya yang kekar, dan kuat. Sepatu ini juga bersifat tahan air karena di lapisan kedua, dilapisi lagi dengan bahan kulit. Sepatu ini cukup tepat untuk Anda yang ingin sepatu yang kuat dan awet. Harga sepatu ini Rp 1.471.000.
  • Sepatu Kawasaki Badminton Shoes K-311 Purple
    Sama seperti tipe Kawasaki di atas, yang mengutamakan awet dan terlihat kuatnya sepatu. Di bagian luarnya, menggunakan bahan PVC, atau sejenis plastik lembut yang tahan air. Harganya Rp 829.000.

Untuk pembelian, Anda bisa membelinya di toko sport tertentu, atau memesan secara online di OLX, Lazada, Tokopedia, dan toko online lainnya.

Victor

Sumber gambar www.victorsport.com

Pilihan sepatu bulutangkis lainnya adalah produksi dari Korea, bernama Victor. Hampir seluruh pemain bulutangkis andalan Korea menggunakan Merk ini. Selain itu, Victor dirancang dengan lapisan dalam yang dilengkapi lagi dengan lapisan pelindung, sehingga akan lebih tahan lama.

Secara uji teknologi, lapisan yang digunakan pada sepatu ini terbukti 8 kali lebih tahan lama, dibanding jenis lapisan kulit berjenis PU yang banyak digunakan pada sepatu.

Jika Anda tertarik, berikut beberapa pilihan tipe sepatu Merk Victor, untuk Anda :

  • Victor Sh-P9200LTD-EG
    Tipe sepatu Victor yang satu ini dibuat dengan beberapa bahan pilihan, mulai dari bagian dalam dan luar, seperti V-durable, double mesh upper, microfiber PU leather, absorbing EVA, light resilient EVA, dan bahan karet bagian luar yang dibuat dengan bahan berkualitas, sehingga akan kesat dengan sempurna saat di gunakan. Keseimbangan, ringan, dan kenyamanan akan tercipta saat menggunakan sepatu ini. Harganya sekitar 2 juta rupiah.
  • Victor SH-P8500ACE-D
    Victor tipe ini juga hadir dengan bahan pembuatnya yang berkualitas dan terbaik, mulai dari high resilinet EVA, Energmax 3.0, dan bahan lainnya yang memberikan kenyamanan di kaki Anda. Saat perform, rubber outsole, eyelets, serta cushioning yang melengkapi sepatu ini pun menciptakan keseimbangan, dan stabilitas di lapangan. Anda bisa perform dengan sempurna salah satunya bersama sepatu Victor ini. Harganya sekitar 1,6 juta rupiah.

Untuk pembelian, Anda bisa membeli di toko sport tertentu, atau memesannya lewat online shop seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, dan lainnya.
From our editorial team

Menggunakan sepatu yang tepat hadirkan perbedaan permainan yang signifikan

Saat bermain bulutangkis, penggunaan sepatu khusus bulutangkis akan memberikan dorongan performa bermain yang lebih baik daripada sekedar sepatu biasa. Pilihlah satu yang terbaik dari model-model di atas. Tentu yang paling sesuai dengan style Anda. Dengan begitu, permainan bulutangkis Anda makin maksimal!