30 Pilihan Sepatu Sepakbola Berkualitas yang Sesuai Bujet Minimalis Menurut Pakar Olahraga (2022)

30 Pilihan Sepatu Sepakbola Berkualitas yang Sesuai Bujet Minimalis Menurut Pakar Olahraga (2022)

Banyaknya merek sepatu sepakbola kadang membuat pusing ketika ingin mencari yang bagus. Terlebih sepatu sepakbola berkualitas biasanya mahal. Namun, BP-Guide telah memiliki panduan memilih sepatu sepakbola berkualitas dengan bujet minimalis menurut pakar olahraga, yuk simak!

Sepatu Menentukan Performa Pemain Sepakbola

Sumber gambar unsplash.com

Seorang pemain sepakbola tentunya butuh sepatu yang berkualitas. Hal ini tentu bukan soal masalah gengsi atau demi membuat penampilan terasa eksklusif. Namun, juga demi membuat kaki pemain bola nyaman saat bermain di lapangan. Pasalnya kenyamanan sepatu sangat menentukan performa pemain.

Apabila sepatu tak nyaman tentu akan mengganggu pertandingan. Misalnya saja, jika sepatu pemain bola terlalu sempit. Hal tersebut tentu akan membuat kakinya terasa sakit ketika harus berlari mengejar bola. Belum lagi jika ia harus menendang bola. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu kebesaran kemungkinan akan terlepas.

Selain itu, kualitas bahannya juga perlu diperhatikan agar sepatu bola tak mudah sobek. Pastikan juga bagian studs-nya atau paku sepatu sesuai dengan lapangan dan dalam kondisi baik. Sebab, jika kondisinya tak baik bisa menyebabkan pemain mudah tergelincir sehingga membahayakan diri sendiri dan pemain lain.

Menilik Sejarah Desain Sepatu Sepakbola

Sumber gambar unsplash.com

Sampai saat ini sepatu sepakbola sudah mengalami banyak perubahan dari desain pertamanya muncul pada tahun 1525. Sepatu bola tersebut dibuat oleh pengrajin sepatu, Cornelius Johnson untuk Raja Henry VIII dari Kerajaan Inggris. Pada awalnya sepatu sepakbola dibuat dengan bahan kulit asli dengan paku di bagian bawahnya.

Namun, karena beberapa kasus membuatnya berubah sampai pada wujud yang sekarang ini. Hal ini tentu tak lepas dari kisah pada tahun 1500 sampai 1800-an. Pada masa itu para pemain sepakbola mayoritas pekerja pabrik yang membuat sepatu mereka sendiri. Sepatu tersebut dibuat dari boots untuk bekerja yang terbuat dari kulit setinggi mata kaki. Kemudian di bagian bawahnya dipasangi paku payung agar tak tergelincir ketika berlari.

Akan tetapi, permainan dengan menggunakan sepatu seperti itu sangat berbahaya. Banyak pemain yang berdarah dan patah tulang. Terlebih pada masa tersebut belum ada aturan resmi yang berlaku. Baru pada tahun 1891, penggunaan sepatu mulai berubah. Di mana yang tadinya memakai paku dari besi diubah ke bahan kulit, diameter pakunya 1,27 cm, serta bentuk paku haruslah bulat.

Biarpun pada saat itu mulai mengalami perubahan, sepatu sepakbola masih menggunakan 6 buah paku pada bagian bawah sepatu. Masuk pada tahun 1940, ketika sepakbola sudah semakin populer, banyak orang mulai berinisiatif menciptakan sepatu bola yang lebih baik. Lalu seiring berkembangnya teknologi, sepatu sepakbola tidak hanya berguna sebagai pelindung kaki. Akan tetapi, juga mulai berguna untuk meningkatkan kemampuan para pemain di atas lapangan.

Sebab, jika terlalu mementingkan untuk melindungi kaki, bisa menghambat pergerakan pemain. Dari sinilah bahan plastik dan karet mulai jadi bahan utama sepatu karena bisa membuat bobotnya lebih ringan. Juga dapat membuat pergerakan pemain lebih leluasa.

Cara Memilih Sepatu Sepakbola Berkualitas dengan Bujet Minimalis yang Tahan Lama

Sumber gambar unsplash.com

Memiliki sepatu sepakbola dengan kualitas terbaik tentunya akan sangat membuat hati senang. Hanya saja bila ingin mempunyai sepatu bola yang berkualitas, kamu tentu perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya sepatu dengan teknologi yang menunjang performa pemain memiliki harga mahal.

Akan tetapi, memilih sepatu bola berkualitas tidak hanya diukur dari harganya. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar sepatu sepakbola kualitas super itu berguna dengan baik di lapangan. Hal ini agar kamu mendapatkan sepatu yang berkualitas dan pas dengan bujet minimalis. Nah, berikut para pakar olahraga dari BP-Guide telah merangkum tata cara memilih sepatu sepakbola berkualitas untukmu.

Menentukan Nomor Sepatu Sesuai Ukuran Kaki

Dalam hal memilih sepatu, faktor yang utama adalah ukuran. Sebab, ini memengaruhi faktor kenyamanan. Sebaiknya kamu memilih sepatu yang tak membuat kaki terasa sempit atau longgar. Saran kami, pilihlah sepatu yang memiliki jarak 5 mm dari ujung kaki. Hal ini agar memberi ruang pada kaos kaki sepakbola yang lebih tebal dari kaos kaki biasanya.

Terlebih lagi, menurut penelitian, kaki orang dewasa masih bisa bertumbuh lebih besar. Para ahli mengatakan, agar melakukan pengukuran telapak kaki 2 kali dalam setahun untuk mengetahui ukuran sepatu secara akurat. Namun, jika kamu membeli sepatu bola agar bisa dipakai lama, belilah sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Bisa juga dengan memilih satu tingkat lebih besar dari nomor sepatu sebelumnya.

Sesuaikan Studs Sepatu Bola dengan Lapangan

Desain sepatu sepakbola secara kasat mata memang tampak sama. Perbedaan yang paling terasa mungkin dari motif, warna, serta merek dagang yang tersemat pada sepatu. Hanya saja meski memiliki model yang hampir sama, ada beberapa perbedaan lain yang perlu kamu perhatikan. Perbedaan tersebut ialah bagian studs atau paku di sol bawah sepatu.

Studs yang berbeda ini dipengaruhi dengan kondisi lapangan dari permainan sepak bola yang beragam. Seperti lapangan basah, rumput sintetis, kering, playwood, indoor. Hal tersebutlah yang membuat pemain harus mengenakan sepatu dengan jenis studs yang berbeda demi menjaga performa permainan. Juga agar meminimalisir cedera saat bermain.

Untuk sepakbola sendiri, setidaknya ada empat jenis studs yang sering beredar di pasaran. Pertama, untuk kondisi lapangan dari rumput sintetis, sepatu dengan jenis studs turf yang perlu dipakai. Studs yang satu ini punya ukuran lebih kecil yang terbuat dari karet. Pengaturannya dibuat menutupi seluruh bagian sol sepatu.

Sementara untuk lapangan luar ruangan yang berumput, pemain bola biasanya memakai 3 jenis studs berikut:

  • Soft ground. Dari nama jenisnya kita bisa ketahui kalau tipe sepatu ini cocok untuk lapangan yang soft. Sebab, bahan outsole terbuat dari plastik dan ujung stud menggunakan aluminium. Sepatu jenis ini memiliki 9 studs, 2 studs di bagian belakang (pul) dan 7 studs di bagian depan.
  • Firm ground. Jika kamu bermain di lapangan yang agak keras, akan sangat cocok memakai sepatu tipe ini. Sebab, biasanya sepatu dibuat dari plastik dengan 9 studs di bagian depan dan 4 stud bagian belakang.
  • Hard ground. Ini adalah sepatu yang cocok untuk lapangan dengan permukaan keras. Hal ini karena sepatu ini terbuat dari bahan karet dengan 11 studs depan dan sisanya 4 studs di bagian belakang.

Memilih Bentuk Pull yang Sesuai

Sumber gambar unsplash.com

Perhatikan juga bentuk pull atau studs bagian belakang di sepatu yang akan kamu beli. Pada umumnya pull sepatu bola memiliki tiga bentuk, yaitu moulded, screw studs, dan model blade. Di mana setiap bentuk studs mempunyai kegunaan masing-masing, tergantung pada jenis lapangan yang dipakai.

Berikut fungsi dari bentuk pull tersebut:

  • Moulded. Jenis pull ini banyak ditemui pada sepatu bola di Indonesia karena lapangannya yang cenderung keras. Pull ini terbuat dari bahan polimer atau plastik yang biasanya berjumlah 10-20 buah. Kelebihan dari pull moulded yakni mampu meningkatkan grip saat pemain melakukan manuver dan stabil apabila digunakan di lapangan sintetis.
  • Blade. Studs ini merupakan pengembangan dari moulded. Perbedaannya hanya di bagian bentuk yang tidak lagi bulat. Namun, berbentuk mirip sayatan (blade). Jumlah studs di sepatu pun hampir sama yakni 10-15 buah. Alasan pengembangannya karena gaya permainan sepakbola yang semakin energik dan cepat. Sehingga membutuhkan kemampuan pull blade dalam traksi dan responsibilitas yang lebih baik saat pemain mengubah kecepatan larinya.
  • Screw in atau mur. Jika kamu bermain di lapangan dengan rumput yang lembut dan tebal, sepatu dengan bentuk pu ini akan cocok. Pasalnya screw in biasanya hanya berjumlah 6-10 buah di sepatu. Terlebih, bentuknya yang memiliki panjang 1,3-1,6 cm yang berfungsi sebagai daya cengkeram sepatu ke lapangan.

Cek Kenyamanan dan Kekuatan Ketika Membeli Sepatu Bola

Sumber gambar pexels.com

Pada saat berada di toko untuk membeli sepatu, kamu tentu akan mencobanya terlebih dahulu. Nah, dalam memilih sepatu sepakbola ada beberapa hal yang perlu perhatian khusus agar tidak ada kesalahan saat digunakan di lapangan. Salah satunya yakni uji coba kualitas dan kenyamanan dari sepatu tersebut.

Kamu bisa mencobanya dengan berjalan atau lari kecil di tempat untuk mengukur tingkat fleksibilitasnya. Lalu untuk mengukur kenyamanan kaki saat menendang bola, coba tekuk bagian depan sepatu, saat bagian depan sepatu yang ditekuk mencapai sepertiganya dapat dikatakan sepatu itu baik.

Selain itu, kamu juga perlu mengukur kekuatan dari sepatu. Caranya simpel, kamu hanya perlu menekan ujung bagian belakang sepatu, kemudian rasakan kuat atau tidaknya. Jika pada bagian belakang tersebut kuat, dapat dipastikan sepatu bola pilihanmu akan bertahan lama.

Kenapa harus bagian belakang yang diukur? Bagian belakang sepatu merupakan bagian tumit kaki, jadi sudah seharusnya bagian tersebut kokoh karena berguna untuk menopang tumit. Biasanya pada bagian dalam sol belakang sepatu sepakbola dipasang bantalan udara tebal yang ringan dan empuk. Tujuannya agar dapat menahan benturan pada tumit ketika berlari.

Memilih Sepatu Sepakbola Sesuai Harga Pasaran Merek

Sumber gambar unsplash.com

Ketika kamu sudah mantap dengan pilihan sepatu sepakbola yang ingin dibeli, pastikan barang tersebut adalah original alias asli. Kamu bisa mengecek nomor produk dan logo apparel yang ada di kardusnya. Sebagai contoh, jika membeli sepatu Nike, pastikan terbungkus di dalam kardus berwarna orange dan terdapat logo swoosh putih di atasnya.

Soal harga, kamu jangan sampai tergiur untuk membeli barang murah. Sebab, harga juga membawa nama dan kualitas. Sebaiknya sebelum membeli di toko, cek dulu sepatu sepakbola di web official-nya. Lalu kamu bandingkan keduanya, apakah memiliki harga yang sama. Jangan sampai tertipu dan membeli sepatu sepakbola tiruan.

Pilihlah Sepatu dari Brand Lokal

Sepatu sepakbola yang berkualitas bukan hanya dari merek terkenal yang dipakai para pemain kelas dunia. Namun, beberapa produk sepatu dari brand lokal juga memiliki kualitas yang baik. Apalagi kini mereka juga sering berinovasi agar mendapatkan tipe sepatu bola yang cocok untuk lapangan di Indonesia.

Jika bujet yang kamu punya kecil, sebaiknya memilih sepatu bola dari brand lokal daripada merek terkenal, tapi ragu akan orisinalitasnya. Jangan sampai hanya karena gengsi kamu malah tidak memikirkan kualitas dari sepatu itu sendiri. Nanti bukanya irit malah tambah boros, karena sepatu sepakbola tak tahan lama akibat kualitasnya buruk.

Memilih Waktu yang Tepat untuk Membeli Sepatu

Kamu yang hobi bermain sepakbola atau berprofesi sebagai pemain sepakbola tentu akan selalu membeli sepatu bola dalam kurun waktu tertentu. Entah itu karena sepatu yang sudah termakan waktu atau untuk dipakai di beberapa jenis lapangan.

Lantas kapan waktu yang paling ideal untuk membeli sepatu? Menurut para medis, waktu yang tepat membeli sepatu ialah setelah kita melakukan aktivitas sehari-hari. Sebab, peneliti mengatakan bahwa ukuran kaki dapat membesar dengan aktivitas olahraga yang dilakukan sehingga tanpa disadari kaki berubah.

Selain itu, agar bisa membeli sepatu sepakbola berkualitas dengan bujet minimalis. Sebaiknya kamu menabung terlebih dulu dan menunggu diskon datang. Bisa juga dengan menanti diskon yang disediakan setiap e-commerce pada tanggal-tanggal cantik. Akan tetapi, jika memilih sepatu sepakbola di toko online, alangkah baiknya kamu memilih dari toko yang official. Hal ini demi menghindari penipuan yang marak terjadi.

Rekomendasi Sepatu Sepakbola Berkualitas Terbaik dengan Bujet Minimalis

Berkembangnya teknologi memiliki dampak pada kehidupan manusia termasuk olahraga sepakbola. Hal ini terjadi lantaran banyaknya produsen yang berlomba-lomba menawarkan kecanggihan sepatu mereka untuk mendukung performa pemain di atas lapangan. Bahkan berbagai merek sepatu sepakbola di dunia saling mengklaim bahwa sepatu merekalah yang terbaik.

Namun, pada akhirnya pilihan sepatu sepakbola tetap tergantung pada selera yang kamu punya. Mungkin merek sepatu seperti Adidas bisa menjadi pilihan yang baik. Meskipun demikian, dengan bujet minimalis kemungkinan untuk membelinya tak lebih dari satu persen. Oleh karena itu, kami telah memilih 30 sepatu sepakbola kualitas terbaik dengan harga terjangkau yang bisa menjadi acuan memilih sepatu sepakbola.

Rekomendasi Sepatu Sepakbola di Bawah Rp 300.000

1. Sepatu Bola Raindoz Run 014 Hitam, Desain Sederhana yang Elegan

Hanya punya bujet Rp. 300.000, tapi ingin membeli sepatu sepakbola yang berkualitas? Tenang, pakar olahraga kami telah memilih beberapa sepatu bola murah dengan kualitas terbaik. Salah satunya Sepatu Bola Raindoz Run 014 Hitam yang merupakan buatan brand lokal. Di mana sepatu ini memiliki desain yang sederhana tapi elegan dengan dominasi warna hitam.

Terlebih sepatu Raindoz terbuat dari synthetic leather yang berkualitas dan bagian outsole-nya terbuat dari PVC, sehingga bisa membuat kaki pemain bola nyaman. Sebab, dengan bahan-bahan tersebut membuat bobot sepatu bola ringan. Jadi, mudah untuk dibuat lari dan bermanuver di lapangan.

Harga Rp. 151.000-260.000

2. Spcs ACC Lightspeed II Elite FG Klok Premier, Sepatu Sepakbola Berteknologi Skeleton Fusion Lining

Pilihan selanjutnya ialah sepatu sepakbola Spcs ACC Lightspeed II Elite FG Klok Premier. Ini merupakan salah satu produk buatan anak bangsa yang patut untuk dibanggakan oleh pencinta sepakbola. Sebab, sepatu ini memiliki teknologi skeleton fusion lining yang membuatnya ringan. Sehingga cocok untuk digunakan pemain yang punya kelebihan lari cepat.

Tak hanya itu, bagian upper dari sepatu Spcs ini telah menggunakan material microfiber terbaru. Di mana berguna untuk membantu penguasaan bola pemain. Pasalnya pemain akan bisa merasakan sentuhan bola. Menariknya lagi, Spcs memproduksi sepatu ini dengan beberapa pilihan warna seperti hitam, abu-abu, biru-hitam, dan navy-merah.

Harga Rp. 110.000-299.900

3. Sepatu Sepakbola Ortuseight Horizon FG, Dilengkapi dengan Teknologi Quick-Fit

Rekomendasi ketiga ada Sepatu Sepakbola Ortuseight Horizon FG. Di mana sepatu sepakbola ini telah menggunakan teknologi Quick-Fit dan didukung dengan upper sepatu yang didesain sesuai bentuk kaki. Sehingga bisa memberikan kenyamanan untuk penggunanya.

Sepatu dari Ortuseight juga telah menggunakan teknologi Ort-treX. Teknologi ini berfungsi untuk menghasilkan akselerasi dan manuver yang cepat di lapangan. Lalu dengan teknologi Ort-Spine, bagian tapak kaki akan terlindungi dari cedera.

Meskipun begitu pemain masih bisa bergerak dengan fleksibel. Menariknya, sepatu ini terbuat dari material PU-leather dan bagian outsole-nya menggunakan bahan TPU yang terkenal ringan.

Harga Rp. 225.000-279.000

4. Kick Athletic Badger FS FG, Sepatu Sepakbola untuk Lapangan Indoor

Masih merek dalam negeri, rekomendasi berikutnya ialah sepatu sepakbola Kick Athletic Badger FS FG. Di mana sepatu ini dirancang untuk permainan di dalam ruangan atau indoor. Sepatu sepakbola dari Kick Athletic menggunakan material kulit sintetis yang dikombinasikan dengan bahan nilon. Membuatnya memiliki fleksibilitas yang baik.

Desain dari sepatu bola ini lebih sederhana. Meskipun demikian masih sangat bisa menunjang penampilan. Terlebih Kick Athletic memproduksinya dengan beberapa pilihan warna seperti putih-orange, hitam-stabilo, dan hitam-biru.

Harga Rp. 177.000-244.000

5. Sepatu Sepakbola Specs Elevation Zero FG Plasma Red, Memberikan Semangat Merah-Putih

Berikutnya ada Sepatu Sepakbola Specs Elevation Zero FG Plasma Red. Ini adalah produk sepatu dengan kategori ignited pack yang telah menggunakan outsole accelerator terbaru. Di mana teknologi tersebut berguna untuk meningkatkan performa pemain di lapangan.

Menariknya, sepatu dari Specs ini dibalut dengan motif yang menarik. Warna merah plasma berpadu dengan grafis garis-garis putih membuat tampilannya tampak keren. Bahkan dengan desain tersebut, kamu akan mendapatkan kesan dan semangat dari bendera merah putih Indonesia.

Harga Rp. 248.000-297.000

6. Sepatu Sepakbola Java Seven SND 116, Brand Lokal dengan Harga Terjangkau

Pilihan sepatu sepakbola yang murah tapi punya kualitas bagus lainnya adalah Java Seven SND 116. Sepatu yang di desain warna putih merah ini sangat modis sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan dirimu saat bertanding di lapangan. Selain itu, sepatu dari Bandung ini terbuat dari bahan kulit sintetis yang cukup ringan untuk digunakan.

Harga Rp. 186.000-237.000

7. Sepatu Sepakbola Oldiac Original Libert Black Green, Menunjang Penampilan Pemain di Lapangan

Kamu juga bisa memilih Oldiac Original Libert Black Green. Di mana sepatu sepakbola ini terbuat dari bahan semi kulit import dan bagian outsole-nya dibuat dengan material karet PVC yang lembut. Desain dari sepatu sepakbola Oldiac juga termasuk menarik. Pasalnya dominasi warna hitam dengan aksen hijau stabilo akan membuat pemakainya tampak keren.

Harga Rp. 110.000-270.000

8. Speed Sepatu Sepakbola Predator Citroen, Sepatu Ringan dengan Insole Lembut

Selanjutnya kami akan merekomendasikan Speed Sepatu Sepakbola Predator Citroen. Sepatu ini dibuat dengan bahan yang lentur dan outsole TPR. Sementara untuk bagian upper dan collar dibuat dengan bahan PVC yang menjadikan sepatu ini semakin ringan.

Lalu bagian insole-nya menggunakan material foam yang lembut. Sehingga akan membuat kaki nyaman dan tidak sakit ketika harus berlari mengelilingi lapangan. Desain dari sepatu ini sederhana. Hanya dengan dominasi warna kuning dan sedikit aksen hitam di bagian sampingnya. Meski demikian tetap akan membuat penampilan pemakainya stunning.

Harga Rp. 190.000-293.000

9. Sepatu Sepakbola BIE Galax Bimasakti, Desain Slim Fit yang Nyaman di Kaki

Masih produk buatan anak bangsa, rekomendasi berikutnya ialah Sepatu Sepakbola BIE Galax Bimasakti. Di mana sepatu ini dibuat dengan sol frim ground dan desain slim fit. Sehingga membuatnya tidak memiliki ruang kosong pada sepatu. Jadi, akan membuat performa pemain lebih baik, karena sepatu tak terasa longgar.

Sepatu ini dibuat dengan konsep yang cool dan desain unik serta pilihan warna menarik. Di mana dominasi warna biru yang dipadukan dengan garis-garis putih membuat tampilannya kalem. Meskipun tampak sederhana, sepatu ini akan memberikan kesan elegan. Terlebih dengan material seperti kulit sintetis untuk upper-nya akan membuatnya awet dan tahan lama.

Harga Rp. 159.900-271.000

10. Calci Soccer Forza SC-Black, Sepatu Sepakbola untuk Laki-Laki Sederhana yang Berkelas

Pilihan terakhir untuk harga di bawah Rp. 300.000 yaitu Calci Soccer Forza SC-Black. Diproduksi untuk membuat penggunanya merasa nyaman, sepatu sepakbola Calci ini dirancang dengan outsole karet yang kuat. Sehingga dapat membuat pergerakan pemain di lapangan lebih optimal.

Desain dari sepatu ini cukup sederhana dan elegan. Di mana dengan dominasi warna hitam akan membuat laki-laki menyukai sepatu sepakbola yang satu ini. Tambahan aksen putih untuk logo Calci di bagian samping tentu akan memberikan kesan elegan dan berkelas.

Harga Rp. 270.000-280.000

Pilihan Sepatu Sepakbola Harga Rp 300.000 sampai Rp 500.000

11. MILLS T-RITON SABRE FG, Sepatu Sepakbola Ringan yang Tahan Lama

Jika kamu punya bajet sekitar Rp 500.000, sebaiknya memilih MILLS T-RITON SABRE FG. Sepatu sepakbola yang dibuat dari bahan TPU ini memiliki bobot ringan. Apalagi dengan 14 buah studs akan membuat manuver di lapangan lebih stabil. Terlebih sepatu ini telah dilengkapi dengan teknologi Mills Energa Panel.

Teknologi tersebut membuat upper sepatu yang terbuat dari kulit sintetis dapat memberikan proteksi kaki pemain lebih optimal. Lalu dengan insole sepatu yang berbahan dasar dari molded EVA akan membuat sepatu ini semakin ringan.

Tak hanya itu, bagian outsole-nya juga telah menggunakan teknologi Reinf Intercross yang memiliki pondasi menyilang yang membuat sepatu awet dan tahan lama. Sehingga cocok untuk dibeli oleh kamu yang punya bujet minimalis dan ingin sepatu sepakbola awet hingga tahunan.

Harga Rp. 404.000-449.000

12. Calci Soccer Atom Neutron SC, Sepatu yang Menunjang Penguasaan Bola Pemain di Lapangan

Selanjutnya kami menyarankan untuk memilih sepatu sepakbola Calci Soccer Atom Neutron SC yang telah dilengkapi dengan teknologi khusus. Di mana teknologi tersebut berguna untuk meningkatkan kelincahan pemain dalam menguasai bola di lapangan.

Terlebih dengan teknologi infused rubber, membuat dribble bola akan tetap melekat di kaki. Meskipun saat pertandingan tengah hujan deras. Sehingga cocok dengan kondisi cuaca Indonesia yang sering tiba-tiba turun hujan meski bukan sedang musimnya.

Selain itu, sepatu sepakbola ini memiliki tekstur ekstra dot yang berguna untuk mengatur arah kontrol bola. Menariknya material bagian upper didesain khusus agar bisa meredam bola hingga maksimal saat menerima umpan. Tak hanya itu, teknologi X-Curve pada sepatu ini juga akan membantu pemain menendang bola lebih kencang.

Harga Rp. 300.000-379.000

13. Ortuseight Sepatu Sepakbola Volt FG Hitam, Penuh dengan Teknologi Anti Cedera

Kamu juga bisa memilih Ortuseight Sepatu Sepakbola Volt FG Hitam jika punya bujet 500 ribu. Terlebih sepatu ini memiliki teknologi Quick-Fit dengan upper sepatu yang menyesuaikan bentuk kaki. Sehingga bisa memberikan kenyamanan untuk pemakainya. Lalu dengan teknologi Ort-treX, membuat sepatu mendapatkan akselerasi dan manuver yang baik.

Selain itu, sepatu yang terbuat dari kulit sintetis ini mendapatkan tambahan teknologi Ort-Spine. Di mana teknologi tersebut berfungsi untuk melindungi tapak kaki dari cedera. Meskipun demikian, teknologi Ort-Spine tetap fleksibel untuk digunakan bermanuver.

Menariknya lagi di bagian insole terdapat teknologi Ort-shoX yang didesain menyerupai kontur telapak kaki. Berguna untuk menghindari kaki bergeser dan cedera ketika bermain bola.

Harga Rp. 329.000-461.000

14. Specs Hyperchaos FG Neutral Black Lava Smoke Diva Pink, Sepatu Sepakbola dengan Desain Cyberpunk

Rekomendasi berikutnya ialah Specs Hyperchaos FG Neutral Black Lava Smoke Diva Pink. Di mana varian sepatu sepakbola dari Specs ini memiliki desain cyberpunk yang tampak unik. Meskipun begitu desain ini tak terlalu mencolok.

Hal ini karena dominasi warna hitam dengan smoke abu-abu dan sedikit siluet warna magenta. Tak hanya penampilannya saja yang menarik, sepatu Specs varian Hyperchaos juga bisa mendukung performa pemain di lapangan.

Pasalnya sepatu ini terbuat dari bahan kulit sintetis yang ringan. Lalu bahan outsole-nya terbuat dari TPU membuat sepatu ini memiliki dual density accelerator dengan studs berbentuk anak panah. Di mana dengan desain tersebut membuat sepatu ini bisa mendukung kestabilan pemain yang mengandalkan kecepatannya.

Harga Rp. 375.000-499.800

15. Sepatu Sepakbola Ortuseight Inferno FG, Menunjang Performa Pemain dalam Bermanuver di Lapangan

Selanjutnya pilihan yang kami rekomendasikan adalah Ortuseight Inferno FG. Produk sepatu sepakbola ini terbuat dari kulit sintetis di bagian upper. Sementara bagian outsole-nya menggunakan TPU yang dilengkapi dengan teknologi Quick-Fit. Di mana kombinasi tersebut membuat sepatu ini bisa sesuai dengan bentuk kaki.

Meskipun terlihat tak begitu penting, sepatu yang slim fit alias sesuai bentuk kaki memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya membuat kaki pemakainya terasa nyaman dan bisa bermanuver dengan baik ketika berlari di lapangan.

Performa dari sepatu ini juga akan semakin baik. Hal ini karena adanya dukungan teknologi Ort-treX dan Ort-Spine yang berguna melindungi tapak kaki dari cedera tanpa mengurangi kemampuannya dalam bermanuver.

Harga Rp. 349.000-399.000

16. Calci Soccer Willow SC Elite, Sepatu Sepakbola Gaya Futuristik yang Tahan di Segala Cuaca

Pilihan BP-Guide selanjutnya yakni Calci Soccer Willow SC Elite yang mengusung konsep futuristik. Jadi, membuatnya tampak klasik, tetapi tetap memiliki kesan yang modern dengan teknologi terbaru. Terlebih pada bagian upper-nya, sepatu ini dibuat dengan balutan teknologi ultra skin yang elastis dan juga durable di segala cuaca.

Tak hanya itu, Calci Soccer Willow SC Elite juga dilengkapi dengan teknologi air flux. Di mana teknologi ini dapat membuat sirkulasi di dalam sepatu lebih maksimal. Sehingga dapat menopang pergerakan pemain saat berlari, menendang, atau dribbling bola di lapangan.

Harga Rp. 399.400-470.000

17. Specs Lightrayz FG Black Red Strong Blue, Terinspirasi dari Desain Klasik Speed Boots

Berikutnya kamu bisa memilih Specs Lightrayz FG Black Red Strong Blue. Ini adalah sepatu sepakbola model klasik yang terinspirasi dari speed boots yang menggunakan kulit sintetis dengan desain grafis yang menarik. Terlebih sepatu ini dilengkapi dengan outsole akselerator yang berguna untum menyeimbangkan badan di lapangan ketika harus berlari membawa bola.

Sepatu dari Specs yang satu ini akan sangat cocok untuk dipakai oleh pemain yang memiliki kelebihan di kecepatan. Pasalnya Specs Sepatu Sepakbola Lightrayz FG Black Red Strong Blue akan membuat lari pemain lebih stabil meski keadaan lapangan keras dan basah. Lebih-lebih jika kamu suka tampilan yang tajam dan nyentrik, sepatu ini akan memberikan kesan tersebut.

Harga Rp. 345.000-465.000

18. Sepatu Sepakbola Mills Troya FG Grey, Berdesain Eye-Catching dengan Kesan Kuat

Berikutnya ada sepatu sepakbola Mills Troya FG Grey yang memiliki desain eye-catching sehingga bisa mendominasi persona pemain di lapangan. Lebih lagi studs pada sepatu bola Mills Troya hadir dengan teknologi TRX GRVTY+ yang akan membuat pemain tak mudah tergelincir ketika berlari di lapangan. Pasalnya teknologi tersebut membuat cengkraman sepatu dengan tanah maksimal.

Apalagi sepatu ini didukung dengan upper berbahan exoskin yang elastis, ringan, dan kuat. Di mana upper tersebut bisa mendukung mobilitas para pemakainya di lapangan. Hal ini karena bahan yang dipakai membuat bobot sepatu semakin ringan sehingga membuat pemain dapat berlari lebih kencang lagi.

Harga Rp. 349.000-469.000

19. Sepatu Sepakbola Specs Dime FG Black Aqua, Pilihan Terbaik untuk Pemain yang Lari Cepat

Apabila kamu pemain yang mengandalkan kecepatan, pilihan terbaik yang bisa kami sarankan ialah Specs Dime FG Black Aqua. Pasalnya dengan harga yang terjangkau, kamu sudah mendapatkan sepatu sepakbola yang terbuat dari bahan kulit sintetis dengan outsole TPU.

Di mana pada bagian outsole-nya juga diberikan teknologi soleplate accelerator yang akan membuat sepatu stabil jika diajak berlari. Sedangkan untuk desain grafisnya, sepatu bola yang satu ini bisa dibilang memiliki gaya yang elegan dan kuat. Terlebih dominasi warna hitam dan grafis garis-garis biru aqua membuat sepatu tampak menawan dan memberikan impresi dan rasa percaya diri yang kuat.

Harga Rp. 320.000-448.000

20. Sepatu Sepakbola Ortuseight Catalyst Revenge FG, Berlapis Kulit Pelindung di Bagian Dalam Upper

Pilihan sepatu sepakbola harga di bawah Rp 500.000 berikutnya yakni Ortuseight Sepatu Bola Catalyst Revenge FG. Seperti sepatu sepakbola Ortuseight pada umumnya, sepatu varian Catalyst ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Quick-Fit.

Didukung pula dengan upper berbahan dasar rajut dan kulit no sew yang didesain sesuai dengan bentuk kaki. Tak hanya itu, tipe sepatu Ortuseight yang satu ini juga telah mendapatkan tambahan Ort-Strap. Ini merupakan lapisan berbahan kulit sintetis tipis di bagian dalam upper yang dapat melindungi kaki ketika dipakai berjalan. Lalu ada juga Ort-shoX yang digunakan pada insole.

Teknologi ini didesain mengikuti telapak kaki yang berguna agar sepatu tak bergeser dan mengakibatkan cedera. Bahkan ketika dipakai untuk bermanuver, sepatu ini tetap stabil. Hal ini karena adanya teknologi Ort-treX yang menghasilkan akselerasi yang tepat. Ditambah dengan Ort-Spine yang melindungi tapak kaki dari cedera tanpa mengurangi kemampuan manuvernya.

Harga Rp. 323.000-499.000

Rekomendasi Sepatu Sepakbola Kisaran Harga Rp. 500.000 - Rp 1.000.000

21. Sepatu Sepakbola Specs LS Ultra FG Meta Pack Astral Aura, Memberikan Traksi Maksimal

Apabila punya bujet hingga satu juta, kamu bisa memilih sepatu sepakbola Specs LS Ultra FG Meta Pack Astral Aura. Di mana produk dari brand lokal ini memiliki tampilan yang spesial. Hal ini karena bagian upper-nya terbuat dari microfiber yang mendapatkan gambar print yang menarik.

Terlebih dengan kombinasi warna ungu, magenta, dan orange membuat sepatu tampak lebih fresh. Selain tampilannya yang keren, Specs juga mendesain sepatu ini dengan komponen terbaiknya. Salah satunya dengan melengkapi sepatu menggunakan soleplate accelerator yang telah terbukti memberikan traksi maksimal.

Apalagi bagian outsole-nya juga menggunakan bahan TPU yang ringan. Membuat pemain bisa berlari lebih kencang. Pun dapat bermanuver dengan baik di lapangan.

Harga Rp. 551.000-845.000

22. Sepatu Sepakbola Nike Tiempo Legend 9 Academy FG, Merek Kelas Dunia yang Terjangkau

Rekomendasi berikut cocok untuk kamu yang suka dengan sepatu keluaran merek terkenal, tetapi punya budget minimalis. Pasalnya sepatu sepakbola Nike Tiempo Legend 9 Academy FG memiliki harga yang cukup terjangkau. Tak hanya itu, desain simpel membuat tampilan dari sepatu ini lebih elegan. Sehingga cocok jika dipakai oleh laki-laki yang suka tampil sederhana.

Apalagi bagian upper dari sepatu ini memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat dribbling dan shooting lebih presisi. Belum lagi dengan studs di bagian bawah outsole yang bisa memberikan traksi maksimal. Sehingga pemain bisa lari dan bermanuver dengan baik di lapangan tanpa takut tergelincir.

Harga Rp. 899.000-999.000

23. Specs Reacto Blitz Elite Black Green, Dirancang agar Pemain Semakin Lincah di Lapangan

Selanjutnya kamu bisa memilih sepatu sepakbola Specs Bola Reacto Blitz Elite Black Green. Ini adalah sepatu ringan yang dirancang agar responsif dan mampu mengontrol lari atau tendangan di lapangan dengan sempurna. Apalagi bagian outsole menggunakan material TPU dengan studs campuran sehingga membuat sepatu ini bisa membuat performa pemain lebih lincah.

Untuk bagian upper, Specs menggunakan kulit sintetis pada bagian quarter yang dipadukan dengan laminasi no sew di bagian atas mesh. Sementara bagian vamp menggunakan print karet incisive grip. Di mana perpaduan ini demi meningkatkan sentuhan antara kaki pemain dengan bola. Sehingga pemain bisa melakukan dribbling dengan lebih baik lagi.

Harga Rp. 562.500-749.800

24. Sepatu Sepakbola Ortuseight X Darbotz Fragments FG, Desain yang Melambangkan Semangat untuk Berproses

Brand lokal yang satu ini juga memiliki sepatu dengan harga yang beragam. Tentunya semakin tinggi harganya kualitas dari sepatu juga meningkat. Begitu juga dengan varian sepatu sepakbola Ortuseight X Darbotz Fragments FG.

Di mana sepatu ini telah menggunakan teknologi Ort-treX yang membuat pemain mendapatkan traksi yang baik. Sebab, studs di bagian outsole ditata dengan sistematis. Apalagi adanya teknologi Ort-Spine pada outsole dapat membantu menjaga kekuatan dan bentuk dari outsole. Sehingga dapat kuat, tetapi tetap fleksibel jika dipakai oleh pemain bola.

Terlebih bagian ini dibuat dari bahan rubber hardness 55 yang bisa membuat performa semakin tambah prima. Tak hanya itu, pada bagian upper sepatu juga telah menggunakan teknologi Quick-Fit. Teknologi tersebut membuat bagian dalam sepatu lebih lembut dan sesuai dengan bentuk kaki. Sehingga dapat membuat kaki terasa nyaman.

Terlebih bagian upper mendapatkan desain dari Darbotz yang mengusung tema ten thousand hours. Di mana tema tersebut memiliki semangat untuk mempercayai sebuah proses ketika melakukan segala kegiatan termasuk dalam sepakbola.

Harga Rp. 510.000-784.000

25. Specs Sepatu Sepakbola LS Etnis FG Priangan Black, Memiliki Desain Grafis Batik Khas Lokal

Selanjutnya kami akan merekomendasikan Specs Sepatu Sepakbola LS Etnis FG Priangan Black. Di mana sepatu ini dibuat untuk merayakan 8 tahun desain accelerator etnis. Di mana sudah pasti sepatu ini dilengkapi dengan TPU accelerator dual density pada bagian outsole.

Menariknya, Specs juga menambahkan studs berbentuk blade atau anak panah untuk memaksimalkan traksi. Sementara untuk bagian upper dari sepatu ini terbuat dari microfiber sintetis yang dikombinasikan dengan grafis batik khas Priangan.

Desain tersebut tentunya membuat sepatu tampak unik. Meskipun grafisnya bergambar batik, sepatu edisi spesial Priangan tak tampak nyentrik. Hal ini tentu karena dominasi warna hitam pada bagian upper dan batiknya abu-abu transparan.

Harga Rp. 549.800-710.000

26. Ortuseight Forte Ryuo FG SE-White, Sepatu Sepakbola Kolaborasi Bersama Ryuji Utomo

Kali ini ada rekomendasi dari Ortuseight yang tengah berkolaborasi dengan Ryuji Utomo, salah satu pemain bola Indonesia. Sepatu sepakbola Ortuseigh Forte Ryuo FG SE-White, membawa teknologi Ort-Force. Di mana teknologi ini membuat bagian depan sepatu lebih bertekstur sehingga tendangan pemain lebih presisi.

Selain itu, di dalam sepatu ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Ort-shoX di bagian outsole yang berguna untuk membuat kaki penggunanya lebih nyaman. Tak hanya itu, teknologi Ort-treX juga dimasukkan ke dalam sepatu Forte Ryuo. Di mana ini membuat pull atau studs pada sepatu dipasang lebih sistematis. Sehingga memaksimalkan traksi di lapangan.

Untuk desain dari sepatu ini diberikan warna dominan putih dengan kombinasi warna merah dan abu-abu. Lalu untuk grafisnya, selain logo Ortuseight, ada pula sketsa gambar naga. Di mana hal tersebut memberikan kesan yang unik untuk sepatu sepakbola yang satu ini.

Harga Rp. 529.000-768.000

27. Specs Accelerator Lightspeed 3Lx Elite FG Red, Menggunakan Vamp dari Kulit Asli

Rekomendasi selanjutnya yakni sepatu sepakbola Specs Accelerator Lightspeed 3Lx Elite FG Red. Produk sepatu ini menawarkan desain gabungan dari material no sew pada bagian mesh yang ringan untuk bagian outsole-nya. Tak hanya itu, di bagian tersebut juga telah menggunakan teknologi Specs Accelerator terbaru.

Selain itu, pada bagian vamp, sepatu ini menggunakan kulit asli yang berfungsi untuk meningkatkan sentuhan terhadap bola. Sementara untuk desain tampak sederhana dan elegan dengan warna merah, hitam, dan putih. Terlebih paduan tersebut akan sangat cocok untuk menggambarkan semangat bendera Indonesia di setiap pertandingan.

Harga Rp. 608.000-720.000

28. Specs Reacto Blitz Va20 Black Cat Elite FG White Rising Red, Desain yang Melambangkan Pantang Menyerah

Ini adalah sepatu edisi terbatas yang didesain khusus sesuai dengan kampung halaman Osvaldo Haay, pesepak bola Indonesia. Penggambaran tanah Papua pada sepatu ini terletak pada grafis simbol-simbol lukisan tubuh panglima perang dari Papua. Di mana lukisan tersebut melambangkan kekuatan, keberanian, dan pantang menyerah yang tentunya sangat diperlukan ketika bermain bola.

Sepatu sepakbola Specs Reacto Blitz Va20 Black Cat Elite FG White Rising Red juga dirancang dengan beberapa bahan khusus. Seperti kulit sintetis pada bagian quarter, lalu laminasi no sew pada bagian mesh, dan print karet incisive grip di vamp. Di mana gabungan dari bahan-bahan tersebut mampu meningkatkan kemampuan pemain dalam penguasaan bola.

Sementara di bagian outsole dari sepatu ini menggunakan bahan TPU dengan studs campuran yang terkonfigurasi. Hal ini demi meningkatkan performa pemain dan mendukung kemampuannya dalam hal kecepatan. Sehingga ia bisa bergerak dengan lincah dan cepat juga bisa bermanuver dengan baik.

Harga Rp. 640.000-799.800

29. Sepatu Sepakbola Ortuseight Catalyst Rise X Tutugraff Victory, Simbol Kebangkitan dengan Teknologi Terbaik

Kembali ke brand lokal Ortuseight, kali ini BP-Guide merekomendasikan sepatu hasil kolaborasinya dengan Tutugraff. Sepatu sepakbola Ortuseight Catalyst Rise X Tutugraff Victory memiliki desain yang menarik. Hal ini dapat langsung dilihat dari pilihan warna pada bagian upper yang mengambil warna gradasi yang berbeda-beda.

Dengan menyematkan nama "rise", Ortuseight juga mengharapkan sepatu ini bisa menjadi infused-power bagi pemakainya. Sementara untuk menunjang performa, sepatu ini telah dilengkapi berbagai teknologi unggulan dari Ortuseight. Seperti Quick-Fit, Ort-treX, Ort-Spine, dan Ort-shoX yang membuat sepatu lebih ringan, slim fit, dan memiliki traksi maksimal.

Harga Rp. 540.000-699.000

30. Ortuseight Catalyst Legion V2 FG Silver Magenta, Sepatu yang Meningkatkan Stabilitas Pemain

Terakhir masih dari brand Ortuseight yang telah dilengkapi dengan teknologi Quick-Fit yang membuat pelapis sepatu sesuai dengan bentuk kaki. Di dalam sepatu sepakbola Ortuseight Catalyst Legion V2 FG Silver Magenta juga telah tersemat teknologi Ort-Strap. Ini adalah kulit sintetis tipis yang diletakkan di dalam sepatu agar meningkatkan stabilitas.

Ada pula teknologi Ort-shoX yang ditambahkan pada insole sepatu. Gunanya untuk membuat insole yang sesuai dengan kontur telapak kaki demi mencegah kaki bergeser. Lalu Ort-treX yang akan membuat akselerasi dan manuver jauh lebih baik. Sementara tambahan Ort-Spine akan melindungi kaki dari cedera tanpa mengurangi fleksibilitasnya.

Harga Rp. 549.000-890.000
From our editorial team

Memilih sepatu bola modern cukup mudah jika Anda jeli dan paham informasi..

Meski di luar sana banyak beredar merek dan varian sepatu bola, tapi Anda tak perlu bingung lagi setelah melihat ulasan cara memilih sepatu bola dari BP-Guide di atas. Hanya saja yang perlu diingat adalah sebisa mungkin hindari membeli barang KW. Ingat, harga sebanding dengan kualitasnya!