Tips dan Aneka Pilihan Sepatu Bola Berkualitas yang Sesuai Budget Anda (2018)

Tips dan Aneka Pilihan Sepatu Bola Berkualitas yang Sesuai Budget Anda (2018)

Banyaknya merek sepatu bola dan tipe sepatunya membuat Anda pusing? Pengen cari yang bagus tapi takut kemahalan? Yuk ikuti panduan memilih sepatu sepakbola berkualitas yang sudah BP-Guide rangkum untuk Anda!

Sepatu Bola yang Baik akan Menentukan Performa di Lapangan

Seorang pemain sepakbola butuh peralatan utama sebagai senjatanya di atas lapangan, dan sepatu bolanya akan menjadi senjata dan ciri khasnya. Maka dari itu seorang pemain akan selalu mempertimbangkan sepatu yang hendak dia pakai untuk bertarung di lapangan. Kesesuaian kaki wajib hukumnya, bukan sekedar warna dan tampilan semata.

Sepatu sepakbola sendiri mengalami banyak perubahan sejak pertama kali dikeluarkan tahun 1525, yang dipakai oleh raja Henry dari Inggris. Sepatu yang awalnya dilengkapi dengan paku yang menempel di bagian sol dan bahan yang terbuat dari kulit, serta menutupi seluruh kaki dari pergelangan sampai di atas engkel. Pada tahun 1500 dan 1800-an kebanyakan para pemain sepakbola adalah pekerja pabrik yang membuat paku sendiri di bagian bawah sepatu untuk bermain, dan pada saat itu memang sepatu itu menjadi sangat berbahaya dikarenakan pertandingan sepakbola saat itu belum terdapat aturan resmi sehingga banyak para pemain yang terluka dan patah tulang.

Kemudian pada tahun 1891 penggunaan sepatu mulai dirubah yang tadinya memakai paku dari besi dirubah ke bahan kulit, diameter pakunya 1,27 cm, serta bentuk paku sendiri haruslah bulat. Biarpun pada saat itu mulai mengalami perubahan, sepatu sepakbola masih menggunakan 6 buah paku pada bagian bawah sepatu.

Lalu masuk tahun 1940 sepakbola sudah semakin populer dan mulai banyak orang berinisiatif untuk menciptakan sepatu sepakbola yang lebih baik. Seiring berkembangnya teknologi, sepatu sepakbola kini tidak hanya sebagai pelindung kaki tetapi mulai dipikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan para pemain di atas lapangan. Jika terlalu mementingkan untuk melindungi kaki, bisa jadi akan menghambat pergerakan pemain. Dari sini lah bahan plastik dan karet mulai jadi bahan utama sepatu karena bisa membuat bobot sepatu lebih ringan, dan membuat pergerakan pemain lebih leluasa.

Ciri-ciri Sepatu Bola yang Pas dan Nyaman

Salah satu yang menjadi kebanggaan pemain sepakbola adalah sepatu sepatu sepakbola. Saat ini banyak produsen sepatu sepakbola yang menawarkan kecanggihan dan keunggulannya. Sebaiknya dalam memilih sepatu sepakbola jangan terlalu fokus pada harga karena biasanya harga dan kualitas tidak bisa bohong. Sepatu sepakbola yang baik tentunya harus sesuai dengan bentuk dan kenyamanan di kaki Anda saat dipakai, dan jangan terlalu pas di kaki untuk menghindari luka.

Selain itu Anda harus memikirkan pula sepatu yang akan dipakai untuk setiap lapangan karena permukaan lapangan bola tidak lah sama yakni permukaan basah, kering, play wood, rumput sintetis, dan lapangan indoor. Untuk itu Anda harus menyesuaikan memilih sepatu sesuai dengan keadaan permukaan lapangan karena akan sangat membantu dalam mendukung performa bermain. Jika Anda sudah mengetahui jenis permukaan lapangan biasa Anda bermain, Anda bisa memilih sepatu bola dengan melihat jenis studs-nya, ada studs hard ground, firm ground, dan soft ground.

Pas di Kaki, tapi Tak Ketat

Pemakaian sepatu sepakbola atau sepatu futsal tentunya sangat berbeda dengan sepatu yang kita pakai sehari-hari, maka dari itu jangan sekali kali memakai sepatu bola atau futsal untuk kegiatan Anda di luar bermain sepakbola. Sepatu bola sebaiknya jangan terlalu pas di kaki, Anda bisa mengukur jarak ideal bagian dalam depan sepatu dengan ibu jari kaki, punggung kaki, dan tumit. Jadi supaya tidak terlalu pas atau terlalu longgar beri jarak kira-kira 5 mm dari ujung kaki.

Sebaiknya jika sepatu sudah terlalu lama dipakai didapati sol bawah mulai terkikis atau menipis Anda harus mengganti sepatu untuk menghindar cedera. Kemudian jika Anda berencana untuk membeli beberapa sepatu bola dan dipakai untuk waktu yang lama, belilah sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Untuk mengakalinya Anda bisa menali sepatu dengan ikatan yang kuat, serta memakai kaos kaki yang tebal agar Anda tidak merasa kelonggaran.

Ketahui 5 Jenis Permukaan untuk Menentukan Tapak Sepatu

Permainan sepakbola memang permainan olahraga yang seru, siapa sih yang tidak suka sepakbola? Dari anak-anak hingga yang tua pasti menyukai olahraga ini, apalagi jika kita menonton langsung pertandingannya di pinggir lapangan atau stadiun. Berbagai lapangan bola yang ada, punya karakter permukaan yang berbeda yaitu: lapangan basah, rumput sintetis, kering, playwood, indoor.

Jenis lapangan berumput biasanya memakai 3 jenis studs yakni soft ground, firm ground, dan hard ground. Jenis Studs soft ground terbuat dari bahan yang kaku yaitu besi atau karbon dan bentuknya yang runcing dengan jumlah studs di sepatunya yang hanya 6 buah, sedangkan studs hard ground terbuat dari plastik atau karet yang lebih lunak dan bentuknya yang pendek, serta jumlah studsnya pada sepatu paling banyak ada 14 studs.

Lalu ada pula jenis studs indoor, kalau studs jenis ini biasanya dipakai di lapangan indoor atau biasa disebut permainan futsal yang lapangannya datar dan terbuat dari kayu. Studs indoor ini bahannya dari karet mentah. Kemudian terdapat lapangan dengan rumput sintetis yang biasa dijumpai di lapangan futsal dan lapangan ini cocok memakai studs jenis turf. Untuk turf ini punya ukuran yang lebih kecil yang terbuat dari karet yang menutupi di seluruh bagian sol sepatu.

Ada 3 Tapak Sepatu yang Beredar di Pasaran

Dahulu banyak sekali anak-anak dan yang dewasa bermain sepakbola di lapangan, walaupun hanya lapang kecil namun tetap happy saat bermain. Tapi sekarang sudah jarang bisa ditemui lapangan untuk bermain sepakbola kecuali di stadiun atau pun lapang indoor. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa tipe lapangan berbeda. Maka dari itu Anda harus menyesuaikan sepatu dengan tipe lapangan untuk bisa bermain sempurna.

Berikut pembagian sepatunya :

  • Soft ground.
    Dari nama jenisnya kita bisa ketahui kalau tipe sepatu ini cocok untuk lapangan yang soft dengan bahan outsole dari plastik dan ujung stud menggunakan aluminium. Terdapat 2 stud di bagian belakang (pul), serta 7 stud di bagian depan.
  • Firm ground.
    Jika Anda bermain di lapangan yang agak keras, sangat cocok memakai sepatu tipe ini. Bahan yang dipakai dari plastik, dan sepatu ini punya 9 stud di bagian depan dan 4 stud bagian belakang.
  • Hard ground.
    Untuk lapangan yang mungkin bisa dibilang permukaan yang keras, cocok untuk memakai sepatu tipe hard ground yang menggunakan bahan dari karet. Terdapat 11 stud depan dan sisanya 4 stud di bagian belakang.

Cara Memilih Sepatu Bola Terbaru agar Awet dan Tahan Lama

Tentukan Ukuran dan Nomor Sepatu

Dalam hal memilih sepatu faktor yang utama adalah ukuran dan kenyamanannya. Untuk ukuran sepatu sebaiknya Anda pikirkan dengan cermat, supaya sepatu tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar ada baiknya pada saat Anda ingin membeli sepatu Anda memakai kaos pula tujuannya untuk mencoba sepatu yang akan Anda beli. Ketika Anda mencoba memakai kaos kaki tentu Anda bisa mengukur seberapa pas ukuran dan kenyamanan Anda saat membeli sepatu nantinya karena kaos kaki untuk sepakbola biasanya lebih tebal dibandingkan kaos kaki untuk sehari-hari.

Menurut para pakar penelitian kaki seukuran orang dewasa dikatakan masih dapat berubah, dan para ahli mengatakan bahwa dalam setahun minimal Anda melakukan 2 kali pengukuran agar memudahkan Anda untuk memilih sepatu.

Cek Kenyamanan

Pada saat Anda di toko untuk membeli sepatu, tentu Anda akan mencobanya terlebih dahulu. Dalam memilih sepatu sepakbola ada perhatian khusus yang perlu diperhatikan agar tidak salah pada saat digunakan di lapangan. Ketika Anda mencoba inilah harus benar merasakan bagaimana kualitas dan kenyamanan dari sepatu tersebut. Anda bisa mencoba dengan berjalan atau lari kecil di tempat untuk mengukur tingkat fleksibilitasnya, dan jangan lupa untuk mencobanya dengan kaos kaki bola juga.

Jangan menganggap sepatu bola dapat dijadikan sebagai sepatu multifungsi karena tekstur dan tingkat fleksibilitasnya sangatlah berbeda, begitu pula dengan desainnya. Lalu untuk mengukur kenyamanan kaki saat menendang bola coba tekuk bagian depan sepatu, saat bagian depan sepatu yang ditekuk mencapai sepertiganya dapat dikatakan sepatu itu baik.

Cek Kekuatan

Saat Anda memilih sepatu bola, selain mengukur ukuran sepatu serta kenyamanannya Anda pun harus mencoba mengukur bagaimana kekuatan sepatu bola tersebut. Ada cara yang simpel untuk mengetahui kuat atau tidaknya sepatu bola tersebut, yakni Anda dapat menekan ujung bagian belakang sepatu kemudian rasakan kuat atau tidaknya. Jika pada bagian belakang tersebut kuat, dapat dipastikan sepatu bola Anda bertahan lama.

Kenapa harus bagian belakang yang diukur? Pada bagian sepatu merupakan bagian tumit kaki, jadi bagian belakang sepatu bola tersebut harus lah kokoh untuk menopang tumit. Biasanya pada bagian dalam sol belakang sepatu bola dipasang bahan bantalan udara tebal yang ringan dan empuk yang tujuannya agar dapat menahan benturan pada tumit ketika berlari.

Pilih Spull yang Baik

Sumber gambar www.aliexpress.com

Anda pasti sudah mengenal beberapa produsen sepatu bola seperti Nike, Adidas, Puma, New Balance, dan lainnya. Pada sepatu bola, yang juga perlu diperhatikan adalah bagian pull sepatu atau bagian bawah sepatu yang memudahkan pemain untuk berlari di lapang. Sepatu Nike dan Adidas sendiri biasanya punya jumlah spull 11 hingga 13 buah. Umumnya studs atau spull sepatu bola ada tiga bentuk, yaitu bulat atau bentuk klasik yang disebut moulded, screw studs, dan model blade yang merupakan model terbaru. Setiap studs punya kegunaan masing-masing bergantung pada jenis lapangan yang dipakai.

Berikut fungsi dari studs tersebut :

  • Moulded. Jenis studs ini yang banyak ditemui pada sepatu bola terutama di Indonesia karena lapangannya yang cenderung keras sehingga cocok untuk studs ini. Bahan studs sendiri dari jenis polimer atau plastik dengan jumlah 10-20 buah. Lalu kelebihan dari studs moulded ini mampu meningkatkan grip saat pemain melakukan manuver, dan stabil apabila digunakan di lapangan sintetis.
  • Blade. Studs ini merupakan pengembangan dari moulded, namun perbedaannya hanya bentuknya saja yang tidak lagi bulat yakni berbentuk mirip garis atau sayatan (blade). Jumlah studsnya pun hampir sama 10-15 buah. Alasan pengembangan jenis studs ini karena gaya permainan sepakbola saat ini yang semakin enerjik dan cepat sebab kemampuan studs blade dalam traksi di lapangan dan memiliki respon yang lebih baik saat pemain melakukan perubahan kecepatan larinya.
  • Screw in/mur. Jika Anda bermain di lapangan dengan rumput yang lembut dan tebal cocok dengan jenis studs ini yang terdiri dari 6-10 buah. Bentuk studs ini agak lebih panjang yakni 1,3-1,6 cm fungsinya sebagai daya cengkeram sepatu ke lapangan agar lebih kuat.

Perhatikan Tali Sepatu

Dalam membeli sepatu bola jangan lupa juga dengan talinya, ini juga bagian penting dari sepatu bola. Jika sepatu yang ingin Anda beli original, begitu pula dengan talinya harus original juga. Bagaimana cara mengetahui tali sepatu original atau tidak? Begini caranya, Anda dapat mengendorkan sedikit bahan talinya, lalu disesuaikan dengan sepatu yang akan Anda gunakan.

Kemudian perhatikan pula dengan posisi ikatan sepatunya. Kebanyakan orang menali sepatunya dengan posisi menyilang. Posisi ini adalah ikatan yang paling kuat dan mampu menjaga kestabilan sehingga membuat pergerakan pemain lebih progresif. Entah itu saat menerima hentakan, ketika berlari, atau menendang bola. Posisi ini juga memberikan kontrol bola yang lebih fleksibel.

Logo dan Harga

Sumber gambar freeimagescollection.com

Ketika Anda sudah memilih dengan mantap sepatu bola yang ingin dibeli, pastikan barang tersebut adalah original alias asli punya. Anda bisa mengecek dari packaging-nya atau kardus, untuk mengetahuinya liat nomor produk dan logo apparel-nya. Jika beli sepatu Nike pastikan terbungkus di dalam kardus berwarna orange dan terdapat logo swoosh putih di atasnya. Jika Anda membeli sepatu bola Adidas pastikan pula kardusnya terdapat 3 garis putih beserta logo Adidas Performance, dan untuk sepatu bola Puma kardusnya berwarna merah dengan logo kucing puma warna putih.

Lalu soal harga, Anda jangan tergiur untuk membeli barang dengan harga murah karena memang harga tidak bisa berbohong dengan kualitasnya. Sebaiknya sebelum Anda membeli di toko, cek dulu atau browsing harga sepatu bola asli, Anda bisa bandingkan kemudian. Jadi jangan sampai tertipu barang palsu ya guys.

Waktu Terbaik Membeli Sepatu

Anda yang hobi bermain sepakbola atau berprofesi sebagai pemain sepakbola tentu Anda selalu membeli sepatu bola dalam kurun waktu tertentu, entah itu karena sepatu yang sudah termakan waktu atau untuk dipakai di beberapa jenis lapangan.

Ada yang mengatakan kapan sebaiknya waktu yang paling ideal untuk membeli sepatu? Para pakar medis bilang setelah kita melakukan aktivitas sehari-hari ukuran kaki bisa membesar dan ini memang banyak orang yang tidak tahu bahkan oleh pemain sepakbola profesional. Kok bisa begitu? Peneliti mengatakan bahwa ukuran kaki dapat membesar berbanding lurus dengan aktivitas olahraga yang dilakukan sehingga tanpa disadari kaki berubah. Jadi pada saat itu lah waktu yang tepat untuk membeli sepatu bola sehingga sepatu bola pas dengan ukuran kondisi kaki yang terbesar.

Pilihan Sepatu Bola yang Bisa Menjadi Pilihan Terbaik

Semakin berkembangnya teknologi ikut berdampak pada kehidupan manusia termasuk olahraga dan salah satunya sepakbola. Perkembangan teknologi pun ikut mempengaruhi perkembangan sepatu sepakbola, dan banyak produsen berlomba-lomba menawarkan kecanggihan sepatu mereka untuk mendukung performa pemain di atas lapangan. Berbagai merek dunia mengklaim bahwa sepatu mereka adalah sepatu yang paling ringan, kuat, serta berteknologi. Pilihan sepatu sepakbola tergantung bagaimana Anda mengamatinya atau selera yang Anda punya untuk sebuah sepatu.

Merek sepatu Adidas, Nike, Puma, dan New Balance bisa menjadi pertimbangan pilihan Anda untuk membeli sepatu sepakbola. Anda dapat mencari rekomendasi di majalah atau di media-media internet mengenai sepatu sepakbola karena saat ini semua informasi mengenai suatu produk dapat dijumpai di media online, atau Anda bisa mengunjungi situs resmi merek sepatu sepakbola pilihan Anda seperti adidas.com atau nike.com.

Kisaran Harga Rp. 100.000 - Rp. 300.000

Adanya beragam varian model dari berbagai merek ternama sepatu sepakbola memudahkan untuk mencari pilihan yang pas sesuai selera dan kegemaran kita. Seorang pemain sepakbola tentunya tidak asal dalam memilih senjata utama mereka diatas lapangan karena berpengaruh pada permainan dan pergerakan.

Calci Reign XP6

Sumber gambar www.lazada.co.id

Mungkin brand yang satu ini tidak banyak orang yang mengetahuinya. Ya, brand ini bernama Calci. Tapi tenang sepatu ini bukan abal-abal kok, sepatu bola Calci ini punya kualitas yang baik juga tidak kalah dari sepatu merek Puma atau New Balance. Sepatu yang bisa jadi pilihan Anda adalah Calci Reign XP6 yang cocok untuk digunakan di lapangan kering atau basah. Tipe ini mengutamakan kekuatan sepatunya. Bagaimana tidak, sepatu yang berbahan kulit sintetis ini punya daya tahan yang tinggi. Bagian outsolenya pun terbuat dari TPU yang kokoh dan elastis membuat sepatu ini anti selip. Jadi jangan ragu untuk menggunakan sepatu bola Calci Reign XP6 sebagai sepatu sepakbola utama Anda.

Specs Victory FG

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bila Anda seorang pemain sepakbola dan bingung untuk memilih sepatu, tidak ada salahnya Anda menjatuhkan pilihan utama pada produk milik Specs. Produk lokal tidak kalah bagusnya dengan produk luar karena produk specs ini selalu berinovasi untuk memberikan kualitas yang bagi pemain sepakbola, dan salah satu produk yang terbaik yang pernah diproduksi oleh spec dan diklaim sebagai sepatu yang berbobot paling ringan adalah sepatu bola Specs Victory FG.

Produk ini dianggap sebagai salah satu sepatu yang paling ringan karena specs menggunakan campuran bahan yang berkualitas yang terdiri dari bahan sintetis pada bagian uppernya, lalu bahan TPU berkualitas dengan kancing klasik sehingga sepatu ini sangat nyaman dan mempunyai ketahanan di semua jenis permukaan lapangan. Wow bukan! Beberapa pemain dan tim sepakbola Indonesia menggunakan sepatu specs ini untuk mensuplai kebutuhan mereka di atas lapangan. Sangat mantap jadi pilihan utama, serta mendukung terus produk lokal karena untuk dapat sepatu berkualitas juara ini Anda cukup membayar Rp 254.830.

Java Seven SND 116

Sumber gambar www.tokopedia.co.id

Pilihan sepatu sepakbola yang murah tapi punya kualitas bagus lainnya adalah Java Seven SND 116. Sepatu yang di desain warna putih merah ini sangat modis yang mampu membantu rasa kepercayaan diri Anda saat bertanding di dalam lapangan. Sepatu lokal yang di Bandung ini memberikan kualitas yang baik, dengan bahan kulit sintetis dan cukup ringan untuk digunakan. Lagipula sepatu ini tetap memiliki selera yang fashionable dan terjangkau yakni seharga Rp 204.700.

Kisaran Harga Rp. 300.000 - Rp. 500.000

Puma Adreno III FG

Sumber gambar www.poobienaidoos.co.za

Brand ternama dunia tentu sudah tidak asing di mata para pecinta sepatu khususnya sepakbola selain nama Adidas, dan Nike, Puma juga menawarkan produk canggihnya. Puma yang didirikan oleh saudara pendiri Adidas selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan olahraga termasuk olahraga sepakbola. Untuk sepatu sepakbolanya Puma menghadirkan sepatu berkelas yang mereka beri nama Puma Adreno III FG.

Bahan yang digunakan pada sepatu Puma ini ringan dan presisi, dan dirancang dengan material yang terbaik dengan mengombinasikan kulit sintetis di bagian upper dengan jahitan yang halus membuat sepatu ini tidak mudah rusak dan tahan lama. Sepatu Puma ini merupakan pengembangan dari Puma Silos yang sangat ringan dan mendukung Anda untuk selalu prima dalam berlari di lapangan. Bagian outsole sepatu ini pun dirancang dengan kancing yang berbentuk kerucut sehingga sangat kuat untuk menjaga kestabilan dan kokoh menjejakkan kaki di dataran yang licin. Harga sepatu ini cukup terjangkau, Anda bisa memilikinya sepatu yang kokoh ini dengan harga Rp 349.000.

Specs Barricada Ultima

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sebagai warga negara yang baik harusnya mendukung penuh produk-produk dalam negeri, dengan begitu kita membantu kemajuan bangsa. Kira-kira begitu lah yang banyak dikatakan orang tapi kebanyakan orang tetap menggunakan produk luar. Produk lokal yang satu ini patut jadi rekomendasi sepatu bola Anda yaitu Specs Barricada Ultima. Sepatu ini merupakan penerus dari sepatu Specs Barricada Enigma dengan bobot yang cukup ringan dan jadi produk unggulan yang diproduksi Specs. Jika di lihat model desainnya hampir mirip dengan sepatu Specs Barricada sebelumnya, tapi yang sedikit membedakannya adalah dari corak stripingnya yang terlihat lebih mengkilat dan terlihat lebih gagah.

Bagian insole dari sepatu ini memakai kulit sintetis dan untuk kenyamanan kaki di dalamnya terdapat bantalan busa yang empuk. Lalu di bagian outsolenya didukung dengan spull sepatu yang berbentuk bulat yang memberikan akselerasi yang bagus pada pemain karena minimnya jahitan, serta memakai teknologi vertech sehingga memudahkan pemain dalam mengontrol bola. Bagi Anda yang bermain di posisi sebagai gelandang sangat pas menggunakan sepatu Specs Barricada Ultima ini dengan harga Rp 429.800.

Specs Tomahawk FG

Sumber gambar www.specs-indonesia.com

Tahukah Anda jika sepatu bola milik para pemain sepakbola Indonesia Super League di support oleh merek lokal ternama Specs? Itu memang betul karena Specs memiliki produk-produk sepatu unggulan yang berkualitas termasuk sepatu sepakbola Specs Tomahawk FG.

Sepatu Specs ini memiliki kualitas bahan yang terbaik dari kulit sintetis. Bagian outsole didukung kualitas TPU tinggi dengan kancing klasik sehingga sepatu ini lebih nyaman dan mempunyai ketahanan terhadap semua jenis permukaan lapangan terutama lapangan stadiun yang ada di Indonesia. Sepatu sepakbola Specs sangat variatif baik dari model maupun harga. Untuk produk yang satu ini specs membanderol harganya dengan cukup terjangkau yakni Rp 349.800, dan lagi kualitasnya tetap jempolan!

Kisaran Harga Rp. 500.000 - Rp. 1 Juta

Nike Tiempo Genio III

Sumber gambar www.prodirectsoccer.com

Produk pilihan yang satu ini dari brand yang orang seluruh dunia sudah tahu, bahkan di Indonesia banyak sekali penggemarnya entah itu karena memang selera, hobi, atau sekedar gengsi. Nike memang terkenal karena kualitas dan ketahanan sepatu yang baik dan untuk jenis sepatu sepakbola dari Nike ini adalah Nike Tiempo Genio III.

Sepatu ini sangat cocok untuk lapangan yang berumput pendek. Desain kancing yang terlihat berbilah dan mempunyai bentuk kerucut ini membuat si pemakai sepatu ini semakin mantap dalam mengontrol dan mengumpan bola. Bahan yang dipakai sepatu Nike ini dari kulit sapi dengan dukungan teknologi Hydrophobic yang membuatnya ringan dan mampu menyerap air, serta cepat kering.

Lalu untuk ketahanan tidak usah diragukan lagi dan soal stabilitas sangat terjamin karena bagian midsole sepatu di dukung dengan pre moulded EVA sockliner, begitu juga dengan outsolenya sehingga kuat dalam cengkraman di permukaan lapangan. Harga yang cukup hanya dengan Rp 899.000 sudah bisa jadi milik Anda.

Adidas Predator LZ TRX FG

Sumber gambar www.soccer-cleats.org

Anda pasti tahu saingan terdekat dari sepatu Nike siapa. Ya, pesaing terdekatnya yakni Adidas juga mempunyai produk yang sangat berkelas dan ketahanan yang oke. Sudah banyak adidas menjadi sponsor para pemain sepakbola ternama dunia dan salah satu sepatu Adidas ini mungkin bisa bikin Anda tergiur, yakni Adidas Predator LZ TRX FG.

Sepatu ini varian dari seri Adidas predator yang bisa disebut mematikan yang pernah di keluarkan Adidas, dengan penambahan SL rubber pada upper sepatu dan dilengkapi teknologi Hybridtouch ditambah lagi teknologi Dive dan Dribbling Zone mampu menajamkan kontrol, serta agresivitas para pemain untuk melakukan shooting jarak jauh maupun first time. Lalu bagian outsole dilengkapi stud dengan teknologi Sprint Frame membuat sepatu ini mampu mencengkeram dengan kuat dan akselerasi yang cepat di lapangan. Dari spesifikasi tersebut, Anda bisa mengukur sendiri betapa mematikannya produk Adidas ini! Harganya sangat sebanding dengan kualitasnya. Sepatu ini ditawarkan dengan harga Rp 1.649.000.

Mizuno Monarcida 2 FS MD

Sumber gambar www.sports365.in

Beberapa brand ternama baik luar maupun lokal menawarkan produk mereka yang berkualitas, salah satunya dengan produk sepatu sepakbola Mizuno Monarcida 2 FS MD. Desainnya yang terlihat sporty membuat penampilan Anda lebih keren dan memberi kepercayaan diri dalam bermain di lapangan.

Bagi yang mencari kenyamanan serta stabilitas yang kuat untuk performa di atas lapangan, Anda memilih sepatu yang tepat. Sepatu bola ini merupakan seri terbaru dari Mizuno Monarcida seri klasik yang terinspirasi dari Morelia Neo yang menawarkan pergerakan kaki yang ringan karena didukung bahan synthetic leather pada bagian upper dan rubber di bagian outsolenya. Sepatu Mizuno berkualitas ini dibanderol Rp 629.800.

Puma Evopower 3.2

Sumber gambar www.prodirectsoccer.com

Siapa sih yang tidak mengenal brand Puma dengan logo kucing loncatnya. Tentunya semua pasti tahu dan banyak pula penggemarnya. Puma sendiri mengeluarkan produk-produk yang mendukung kegiatan olahraga salah satunya sepakbola dan untuk beberapa pemain, serta tim mendapat dukungan sepatu sepakbola Puma.

Puma Evopower 3.2 ini bisa jadi rekomendasi Anda. Sepatu Puma ini memberikan akurasi yang baik dalam Anda melakukan penguasaan bola dan ditujukan untuk semua pemain dari berbagai tingkatan. Campuran bahan sintetis dipadukan dengan cetakan grip dan outsolenya terdiri dari campuran kancing berbentuk kerucut dan berbilah ini dapat menyokong stabilitas pemain untuk melakukan manuver. Anda tertarik dengan sepatu Puma ini? Anda bisa mendapatkannya di dengan harga Rp 999.000. Perlu diketahui harga sebanding dengan kualitasnya.

From our editorial team

Memilih sepatu bola modern cukup mudah jika Anda jeli dan paham informasi..

Meski di luar sana banyak beredar merek dan varian sepatu bola, tapi Anda tak perlu bingung lagi setelah melihat ulasan cara memilih sepatu bola dari BP-Guide di atas. Hanya saja yang perlu diingat adalah sebisa mungkin hindari membeli barang KW. Ingat, harga sebanding dengan kualitasnya!