Makin Praktis dan Nyaman dengan 10 Rekomendasi Sepatu Olahraga Tanpa Tali Terbaik ini (2022)

Makin Praktis dan Nyaman dengan 10 Rekomendasi Sepatu Olahraga Tanpa Tali Terbaik ini (2022)

Berolahraga menjadi kegiatan yang hampir selalu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu atribut yang hampir selalu digunakan ketika berolahraga adalah sepatu. Hanya saja terkadang tali pada sepatu seringkali membuat ribet karena suka terlepas di tengah aktivitas olahraga. Solusinya? Tentu menggunakan sepatu olahraga tanpa tali. Tak perlu lagi bingung memilih sepatu tanpa tali mana yang cocok karena BP-Guide sudah menyiapkan 10 rekomendasi sepatu olahraga tanpa tali terbaik yang praktis dan nyaman serta dapat mendukung aktivitasmu!

Sepatu Olahraga Tanpa Tali nan Praktis Bikin Gesit

Sepatu merupakan salah satu kebutuhan alas kaki yang bisa menjadi penunjang penampilan kamu agar lebih menarik. Tidak hanya berfungsi untuk membuat penampilanmu semakin kece, sepatu juga mempunyai fungsi untuk melindungi kaki kamu dari panasnya jalanan aspal yang kamu tapaki atau saat sedang berolahraga.

Nah, untuk aktivitas olahraga sendiri tidak semua jenis sepatu cocok digunakan. Sepatu olahraga ada banyak macam jenis, harga, dan merk karena sepatu olahraga dirancang berbeda agar dapat menunjang aktivitas sehatmu ini. Fungsi menggunakan sepatu olahraga adalah selain melindungi kaki dari kerikil atau batu, juga berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya cedera.

Salah satu cedera yang bisa dihindari jika memakai sepatu olahraga yang tepat adalah nyeri betis. Tendinitis achilles yang merupakan peradangan pada tendon achilles yang menghubungkan otot betis dan tulang tumit yang biasanya ditemui pada atlet lari atau pelari amatir, serta lepuhan pada kaki yang jelas akan membuat sakit pada saat melangkah.

Setelah memperhatikan penjelasan diatas, pastikan pula memilih sepatu olahraga yang praktis, seperti sepatu olahraga yang tidak menggunakan tali pengikat atau tipe slip on. Sepatu tipe slip on memberikanmu kemudahan karena tidak ribet saat akan memakai.

Selain itu selama beraktivitas olahraga kamu tidak akan menghabiskan waktumu untuk bolak-balik mengikat sepatu. Terlebih untuk kamu yang mempunyai kesulitan untuk berjongkok atau membungkuk.

Tips Memilih Sepatu Olahraga Tanpa Tali Sesuai Kebutuhan

Sesuaikan dengan Jenis Olahraga yang Hendak Dilakukan

Banyaknya jenis olahraga dan keunikan gerakan-gerakan di dalamnya ini menjadi acuan bagi kamu yang ingin membeli sepatu olahraga yang sesuai dengan kegiatan olahraga yang kamu inginkan. Sepatu olahraga hadir dengan banyak jenis karena didesain berbeda, tidak hanya desain tapi juga bahan dan berat sepatunya pun berbeda.

Untuk sepatu sepakbola didesain dengan bentuk ramping, sol yang tipis dan meruncing dibagian ujungnya ini agar memudahkan saat mengontrol dan menendang bola. Selain itu pada alas kaki terdapat paku-paku tumpul yang berfungsi sebagai anti slip saat bermain sepak bola di lapangan rumput.

Sepatu basket didesain memiliki sol yang tebal dan kaku serta biasanya memiliki model high top untuk menopang pergelangan kaki selama melakukan perubahan arah secara cepat. Sedangkan sepatu lari, didesain dengan beratnya yang ringan guna menahan guncangan saat sedang berlari secara fleksibel. Biasanya sepatu lari ini didesain empuk pada bagian insoles sehingga nyaman saat digunakan.

Lain halnya dengan sepatu olahraga aerobik yang didesain ringan untuk digunakan untuk menghindari kelelahan saat berolahraga serta memiliki sistem penyerapan guncangan ekstra untuk menghindari nyeri tumit dan mata kaki. Sepatu olahraga indoor, didesain untuk berolahraga di dalam ruangan dengan permukaan yang rata sehingga harus mempunyai sol yang mencengkram dan jahitan yang kuat karena mobilitas gerakan yang sangat tinggi dan cepat.

Cek Kembali Alas dan Bantalan Sepatu Bagian Dalam

Saat membeli sepatu olahraga, selain dari brand dan harga perhatikan bentuk fisik dari sepatu tersebut. Sepatu olahraga biasanya dilengkapi fitur-fitur tambahan seperti bantalan dan alas kaki yang nyaman.

Perhatikan bantalan yang terdapat pada sepatu apakah mampu menyerap ventilasi dan menahan gerakan dengan baik. Fungsi dari bantalan di sepatu olahraga adalah sebagai penahan beban dan tekanan dari tubuh kita saat bertumpu. Semakin empuk dan lembut bantalan serta alas kaki maka akan semakin nyaman sepatu saat digunakan beraktifitas.

Bantalan atau midsole ini biasanya dibuat dari bahan yang berpori yang berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan serta memberikan daya pantul dan dukungan. Bahan yang paling umum digunakan untuk midsole adalah ethylene vinyl acetate atau biasa disebut dengan EVA. EVA merupakan sejenis busa yang berfungsi sebagai bantalan pada sepatu.

Amati Heel Counter dan Toebox Sepatu

Pada saat memilih sepatu olahraga banyak detail-detail yang harus diperhatikan agar tidak salah pilih. Amati sepatu mempunyai heel counter yang apik. Heel counter di sini adalah salah satu fitur sepatu olahraga yang terletak di bagian dalam belakang sepatu, untuk membantu mengunci kaki di dalam sepatu dan mencegah gerakan-gerakan berlebihan, untuk mengurangi dan mencegah terjadinya cedera yang tidak diinginkan.

Pada saat digunakan berlari, heel counter yang apik akan membuat tumit semakin nyaman saat digunakan, karena pegangan yang baik pada tumit ini dapat membantu mengurangi resiko terpeleset ataupun terjatuh. Pastikan pula sepatu olahraga yang akan dibeli memiliki ruang toe box yang sesuai dengan jari kaki agar nyaman.

Saat mencoba sepatu pastikan jari kaki dapat bergerak dengan bebas di dalam sepatu. Hal tersebut umumnya disebabkan desain sepatu olahraga mempunyai tipe toe box yang sempit atau lebar sesuai dengan bentuk jari kaki. Toe Box merupakan bagian di dalam depan sepatu yang biasanya digunakan sebagai rumah untuk jari-jari kaki.

Pastikan Kemampuan Sepatu untuk Menyerap Keringat

Saat melakukan aktivitas olahraga tentunya kita juga akan memproduksi keringat hasil dari pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh. Jika terjadi penumpukan keringat -apalagi di bagian kaki yang berkumpul di dalam sepatu- bisa membuat kaki menjadi licin, sehingga tidak nyaman saat menggunakan sepatu dan bisa menimbulkan bau kaki atau penyakit kulit lainnya.

Untuk itu saat membeli sepatu, pastikan sepatu terbuat dari bahan yang sejuk seperti kanvas atau mempunyai insoles yang mampu menyerap keringat. Insole pada sepatu ini berfungsi untuk menyerap keringat juga sekaligus untuk mengurangi bau kaki akibat yang ditimbulkan oleh keringat. Untuk itu setelah penggunaan olahraga, ada baiknya sepatu dijemur atau diangin-anginkan di bawah sinar matahari untuk mengeringkan sepatu agar kering dan kembali nyaman saat digunakan kembali.

Pilih Ukuran yang Pas Agar Tidak Beresiko

Pada saat pembelian sepatu olahraga setelah melakukan riset, jangan lupa di bagian pentingnya adalah mencoba sepatu yang akan dibeli di toko. Saat memilih sepatu yang pas dengan ukuran kaki ini akan memberikan kenyamanan pada kaki dan jari kaki saat bergerak serta tidak menimbulkan rasa sakit saat digunakan berjalan atau beraktivitas olahraga.

Untuk itu jangan berasumsi bahwa semakin lama digunakan maka sepatu akan nyaman, justru saat pembelian pertama kali mencoba pastikan kakimu sudah nyaman saat menggunakan sepatu olahraga. Ada baiknya adalah membeli sepatu dengan melebihkan sekitar 1 cm dari ukuran kaki. Ini untuk memberikan ruang gerak yang bebas bagi jari untuk digerakan pada daerah toe box.

Menggunakan sepatu yang terlalu pas, dikhawatirkan akan memberikan lecet pada jari kaki atau tumit saat melakukan gerakan-gerakan intens karena ruang gerak di dalamnya yang terbatas.

10 Rekomendasi Sepatu Olahraga Tanpa Tali Aman dan Nyaman

Adidas Ultraboost Slip-On DNA

Rekomendasi pertama adalah Adidas Ultraboost Slip-On DNA yang terbuat dari material daur ulang Parley Ocean Plastic dengan performa yang tinggi. Selain itu, sebesar 50% dari bagian atas berasal dari bahan tekstil sedangkan lainnya dari benang tenun Prime Blue. Sepatu slip-on dengan midsole boost ini memiliki desain laceless atau tanpa tali hidup. Namun, adanya tali silang yang memberikan penguncian ekstra di bagian atas.

Harga Rp. 3.200.000-3.999.000

Nike React Phantom Run Flyknit

Dikeluarkan oleh salah satu merk terkenal di dunia olahraga, Nike React Phantom Run Flyknit tanpa tali ini menggunakan material knit di bagian luar, tekstil di bagian dalam, dan karet di bagian sol. Kenyamanan penggunaan sepatu ini terletak di bagian sol yang memiliki busa dengan volume yang tinggi.

Harga Rp. 1.899.000-2.279.000

New Balance Fresh Foam Roav

Bantalan midsole pada New Balance Fresh Foam Roav didesain secara presisi untuk menghasilkan penggunaan yang nyaman dan ringan. Bodi bagian atas sepatu menggunakan material dengan sirkulasi udara yang baik dan memiliki konstruksi yang pas untuk kaki kamu. Kenyamanan juga ditambah dengan desain heel counter yang mampu mengunci kaki kamu agar lebih pas.

Harga Rp. 599.000-1.299.000

Skechers Go Run Elevate

Salah satu sepatu olahraga tanpa tali yang mampu membuat kaki bebas keringat adalah Skechers Go Run Elevate. Meskipun menyandang nama Run, sepatu ini juga cocok digunakan untuk jenis olahraga lain. Selain itu sepatu ini juga didesain dengan upper mesh atletis bersirkulasi udara baik. Bagian midsole berbahan ultra goa yang ringan dan insole yang nyaman dari bahan Air-Cooled Goga Matâ.

Harga Rp. 859.000-1.289.000

Ardiles Casey Running Slip On

Sepatu olahraga tanpa tali berikutnya yang juga praktis dan tidak mudah lepas saat digunakan untuk lari adalah Ardiles Casey Running Slip On. Menggunakan teknologi material knit dengan desain rajut yang fleksibel di bagian atas membuat gerakmu menjadi lebih leluasa. Sedangkan bahan phylon yang digunakan dapat memberi tekanan pada kaki saat pendaratan agar energi penunjang performa agar dapat berlari lebih lama juga semakin besar.

Harga Rp. 75.000-276.000

Eagle Balance

Tak hanya Ardiles Casey Running Slip On, Eagle Balance juga menggunakan material knitting yang dapat membuat kaki nyaman. Selain lebih keren dan stylish, sepatu Eagle Balance ini juga memiliki bahan berkualitas yang membuatnya lebih awet dan tahan lama. Selain untuk kegiatan outdoor, sepatu ini juga apik digunakan untuk aktivitas indoor.

Harga Rp. 221.000-449.000

Reebok Ever Road DMX Slip On

Salah satu sepatu olahraga tanpa tali terbaik untuk wanita adalah Reebok Ever Road DMX Slip On. Sepatu ini akan membuat kaki kamu tetap terasa ringan meski berjalan panjang di sekitar kota. Kenyamanan ekstra didapat dari desain ramah tumit dan bahan mesh yang memiliki sirkulasi udara baik. Sepatu ini memiliki kemampuan menyalurkan udara dari bantalan udara bergerak di dalamnya.

Harga Rp. 375.000-1.149.000

Puma Prowl Women's Slip On

Sepatu tanpa tali berikutnya yang juga cocok untuk wanita adalah Puma Prowl Women's Slip On. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sepatu ini antara lain bagian alas kaki yang empuk, kerah kaus kaki fleksibel, serta desain bagian atas yang memiliki sirkulasi udara baik. Tak hanya untuk olahraga, sepatu ini juga akan nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Harga Rp. 1.099.000-1.299.000

Piero Nocturne

Memiliki koleksi produk berkualitas, Piero hadir dengan seri sepatu tanpa tali yang nyaman dipakai bernama Nocturne. Piero Nocturne menggunakan material mesh dan foam yang membuatnya ringan dan mampu menambah kecepatan ketika berlari. Selain itu kaki kamu akan tetap kering tanpa ada rasa panas panas karena sepatu ini memiliki sirkulasi udara yang baik.

Harga Rp. 460.000-599.000

Catenzo AT 111

Rekomendasi sepatu olahraga tanpa tali berikutnya adalah dari brand lokal asal Bandung yang bernama Catenzo AT 111. Memiliki bahan berkualitas, Catenzo AT 111 dirancang dan diproduksi oleh pengrajin terbaik. Tersedia dalam warna grey vomb, sepatu ini menggunakan bahan sintetis.

Harga Rp. 159.000-359.000
From our editorial team

Hindari Membeli Online

Ada baiknya saat membeli sepatu olahraga tidak dilakukan secara online. Saat membeli barang secara online ada kalanya gambar yang ditampilkan tidak sesuai dengan kenyataan, sehingga susah untuk mengetahui kualitas bahan. Tak hanya itu, sepatu KW yang dipromosikan sebagai sepatu original juga membuat was-was saat akan membeli sepatu secara online. Lebih fatal lagi, pembelian sepatu secara online adalah ketidakakuratan ukuran sepatu dengan panjang kaki kamu. Hal ini dikarenakan brand sepatu mempunyai ukuran berbeda 1-2 cm walaupun dengan ukuran sepatu yang sama. Sehingga lebih baik membeli sepatu di toko-toko konvensional.