10+ Pilihan Sepatu Basket Sesuai Budget yang Keren dan Nyaman untuk Mendukung Performa Olahragamu di 2018!

10+ Pilihan Sepatu Basket Sesuai Budget yang Keren dan Nyaman untuk Mendukung Performa Olahragamu di 2018!

Sepatu basket adalah salah satu jenis sepatu olahraga yang dirancang khusus untuk permainan bola keranjang yang punya banyak penggemar. Kamu bisa mengetahui jenis dan rekomendasi sepatu basket yang keren dan nyaman serta sesuai budget dalam ulasan BP-Guide berikut ini!

Sepatu Basket Bukan Cuma untuk Berolahraga Saja

Sumber gambar usanewstime.com

Permainan olahraga bola basket awal muncul tahun 1891. Olahraga ini membuat banyak produsen alat olahraga langsung berlomba mengeluarkan produk terbaiknya demi mendukung kelincahan pemain. Salah satunya adalah produk sepatu basket.

Sepatu untuk basket pertama kali didesain Converse All Star pada 1917 silam. Kini bisnis sepatu basket mulai menjadi bisnis internasional dengan nilai miliaran dolar karena olahraga basket telah dikenal diseluruh penjuru dunia. Sepatu basket sendiri diproduksi dengan konstruksi yang menyesuaikan anatomi pemakai dan karakteristik permainan. Kebutuhan sepatu basket untuk tiap pemain basket berbeda tergantung posisinya dalam permainan.

Nah saat ini sepatu basket ternyata tak hanya untuk gaya berolahraga saja loh. Beberapa bahkan sudah menggunakan sepatu basket untuk sekedar hangout dan beraktivitas outdoor yang lainnya.

Cara Memilih Sepatu Basket yang Baik

Sumber gambar www.dunklikeabeast.com

Membeli sepatu basket tentu harus memiliki beberapa pertimbangan tertentu ya. Tak boleh asal beli dan asal comot yang suka saja. Sepatu harus bisa memenuhi kebutuhan pemakainya. Baik itu untuk olahraga maupun untuk kepentingan gayanya.

Ada beberapa tips tentunya yang wajib kamu ketahui sebelum membeli sepatu basket. Yuk sama sama menyimak cara memilih sepatu basket yang baik menurut BP-Guide.

Ukur dengan Benar Kakimu

Sumber gambar bootmoodfoot.com

Cara yang pertama yang wajib diperhatikan adalah mengukur kaki dengan benar. Basket merupakan olahraga yang membutuhkan ketangkasan gerak. Dengan sepatu yang ukurannya pas dan tidak membebani kaki maka gerakan juga bisa jauh lebih lincah dan ringan.

Oleh sebab itu kamu harus benar benar perhatikan ukuran sepatu basket yang akan dibeli. Bikin saja cetakan kaki kamu di kertas lalu ukur deh untuk mengetahui pasti panjang kaki. Makin pas sepatu yang kamu pakai makin lincah kamu bergerak. Jadi pastikan ukurannya tepat ya.

Soal Penampilan adalah yang Kesekian

Sumber gambar solecollector.com

Tak bisa dipungkiri bahwa sepatu dikenakan memang untuk menambah gaya disamping fungsi untuk melindungi kaki. Tak ada yang salah jika kamu memilih sepatu yang keren modelnya. Namun tentu saja harus diingat bahwa yang terpenting dalam memilih sepatu adalah memperhatikan fungsi dari sepatu itu sendiri.

Jangan terkecoh model yang keren saja. Percuma model yang keren jika kaki kamu lecet saat memakainya. Kenyamanan kaki saat memakai harus jadi perhatian utamanya. Penampilan bisa jadi nomor ke sekian asalkan kaki kamu nyaman dan aman.

Bantalan Empuk untuk Perlindungan Maksimal

Sumber gambar www.alibaba.com

Untuk sepatu basket tentu dibutuhkan struktur sepatu yang fleksibel guna mempermudah kelincahan kaki. Pilihlah sepatu yang memiliki fitur yang nyaman buat kaki. Semakin nyaman kaki bergerak semakin gesit gerakmu.

Coba pilih yang memiliki bantalan empuk pada sol. Ini bisa memberikan perlindungan maksimal saat basket maupun saat melakukan aktivitas outdoor lainnya. Sepatu basket dengan bantalan empuk dijamin berdaya tahan lebih kuat. Kestabilan kamu pun jadi lebih oke juga saat menggunakan sepatu dengan fitur bantalan empuk ini.

Cari Sepatu yang Responsif

Sumber gambar www.max2016flyknit.com

Gerakan dalam basket memang beragam. Ada kalanya harus mengerem ada kalanya harus melompat dan menekuk. Hal ini tentu membutuhkan sepatu yang bisa turut responsif dengan segala gerakan yang kita lakukan.

Untuk itu beli dan kenakanlah sepatu yang lentur di kaki. Pilih yang solnya ringan hingga tak membebani kaki saat bergerak lincah. Pilih sepatu berpotongan rendah agar mobilitas kaki bisa tetap terjaga.

Tipe Sepatu Basket Berdasarkan Posisi Main

Jika kamu seorang pemain basket tentunya sepatu yang tepat jadi andalan untuk bermain basket lebih gesit. Nah pilihlah sepatu berdasarkan posisi kamu saat bermain basket.

Sepatu basket dengan model high top lebih cocok dikenakan posisi guard. Sepatu model ini mengurangi resiko cedera tumit dan ankle. Sedangkan sepatu tipe explosive paling pas untuk posisi forward. Sepatu ringan dengan low top cocoknya untuk mereka yang jadi penyerang. Bagian belakang sepatu lebih pendek sehingga membuat lari jadi lebih lincah dan cepat.

Low Cut

Sumber gambar www.complex.com

Bobotnya paling ringan dari semua tipe sepatu basket. Sepatu model low cut ini memang ditujukan agar pemain bisa lebih lincah dan bergerak cepat dengan maksimal. Model sepatu ini hampir mirip dengan sepatu untuk lari.

Kegunaan sepatu ini untuk melompat lebih ringan. Umumnya digunakan dalam permainan basket bagi pemain dalam posisi shooting guard dan point guard. Meski demikian ada juga kekurangan sepatu ini. Yaitu kurang bisa melindungi bagian ankle sehingga resiko cedera lebih besar.

Medium

Sumber gambar www.aliexpress.com

Model sepatu basket medium diperuntukkan bagi pemain yang seringkali harus lari dengan cepat. Sepatu ini cenderung aman digunakan untuk ankle. Selain itu juga bisa membuat kamu lebih lincah karena sepatunya tergolong ringan.

Tinggi sepatunya sebatas ankle saja. Ini cukup melindungi kaki secara aman dari cedera. Kaki juga masih lebih bebas bergerak. Pas untuk mereka yang ada di posisi center. Namun juga tak menutup kemungkinan pas digunakan bagi semua posisi dalam permainan basket.

High Cut

Sumber gambar www.complex.com

Tinggi di bagian belakangnya membuat sepatu basket model ini pas untuk posisi guard. Didesain dengan bagian belakang yang lebih tinggi guna mencegah pemain cedera pada bagian tumitnya.

Perlindungan maksimal terhadap kaki bagian tumit bisa didapat dari sepatu basket high ini. Kendati demikian sepatu jenis ini juga memiliki kelemahan. Yang paling menonjol dari kelemahannya adalah sepatu ini tak bisa mendukung kecepatan kelincahan pemain. Sepatu jenis ini pas untuk mereka yang berada di posisi power forward dan small forward.

Rekomendasi Sepatu Basket yang Bisa Jadi PIlihan

Saat ini model sepatu basket memang sudah sangat beragam. Warna dan merek keren sudah banyak bertebaran dan kamu tinggal pilih mana yang cocok dan mana yang disukai. Kendati demikian tentu kamu masih bingung ya mau memilih sepatu yang mana.

Sepatu basket memang penting untuk mendukung kelincahan saat bermain. Namun sepatu basket bisa juga dipilih yang keren agar bisa dikenakan juga saat tak bermain basket. Dengan sepatu basket yang pas kamu juga bisa tampil selalu trendy dan oke kala beraktifitas outdoor.

Sepatu Basket di Bawah Rp 500.000

Budget kamu sedang cekak dan kamu membutuhkan sepatu basket yang berkualitas? Jangan khawatir karena BP-Guide punya rekomendasi sepatu basket di bawah Rp 500.000 yang bisa jadi pilihan.

League Levitate

Sumber gambar www.lazada.co.id

Sepatu basket memang umumnya bermodel sneaker. Nah produk dari Levitate siap nih menemani kamu bermain basket dengan lincah. Produk andalan dari Levitate untuk sepatu basket dinamakan League Levitate.

Dengan teknologi cushion EVA membuat pemain nyaman mendarat usai melompat. Strong rubber memperkuat outsole dengan daya cengkeram tinggi sehingga anti selip. Modelnya sporty didukung material berkualitas membuat sepatu ini banyak dipilih untuk jadi sepatu basket andalan. Tersedia dalam warna hitam dan bisa dibeli di Tokopedia. Harga sepatu ini adalah Rp. 360.000.

League Fundamental

Sumber gambar league-world.com

Jangan ragu jajal sepatu basket League Fundamental ini. Sepatu warna hitam ini bisa melengkapi gaya kamu saat bermain basket maupun kegiatan lainnya. Ringan dan bahannya berkualitas membuat kamu jadi lincah bergerak.

Kulit sintesis jadi bahan utama sepatu. Sementara bagian dalam tepatnya pada insole menggunakan bantalan EVA. Nyaman untuk berlari dan tidak membuat pemain lekas lelah karena bobot sepatu yang ringan.

Sepatu berdaya cengkeram tinggi ini durabilitasnya juga tinggi. Kualitas sepatunya kuat dan tahan lama. Dengan sol karet menjadikan sepatu Rp. 459.000 ini anti selip. Tersedia warna hitam kombinasi putih dan hitam kombinasi merah. Bisa diperoleh dengan mengunjungi website Tokopedia.

Piero Basket Genesis

Sumber gambar www.pieroindonesia.com

Sepatu Piero adalah sepatu produksi anak bangsa. Kendati sudah cukup dikenal di luar negeri namun sayang sepatu ini belum begitu banyak mendapat minat di hati para pecinta basket tanah air. Ini karena kebanyakan pasar sepatu basket Indonesia dibanjiri produk dari luar negeri.

Yuk lirik sepatu basket Piero Genesis. Sneaker warna hitam ini dibanderol Rp. 325.000 di Bukalapak. Sepatu ini sangat stabil hingga membuat pemakainya nyaman bergerak. Bahannya tentu berkualitas dengan fitur bantalan empuk agar bergerak lebih lincah dan aman.

Sepatu Basket dengan Harga Rp 500.000 - Rp 1 juta

Kalau kamu punya dana lebih dari Rp 500.000 atau kurang dari satu juta, kamu bisa memilih beberapa jenis sepatu basket yang direkomendasikan berikut ini!

Nike Zoom Devosion

Sumber gambar www.sears.com

Perusahaan olahraga terbesar di dunia ini berbasis di Amerika Serikat. Nike sudah dikenal sejak dulu memproduksi aneka keperluan olahraga. Nah salah satu produknya adalah sepatu basket Nike Zoom Devosion.

Sepatu ini keren dengan cutting mid top. Membuat gerakan jadi nyaman meski langkahnya cepat. Ada forefoot zoom air yang menjadi bantalan responsif guna membuat pemain melangkah lebih cepat. Dengan lapisan kulit sintetis membuat sepatu ini jadi lebih kuat daya tahannya.

Ada sol karet berpola herringbone membuat daya tarik multidirectional. Sepatu ini dibanderol harga Rp. 1.199.000 di Neosportshop. Dengan lapisan mesh membuat kaki terasa sejuk meski lama mengenakan sepatu ini.

Nike The Overplay VIII 637382013

Sumber gambar www.katy.com.br

Nyaman untuk pemain dengan bahan super ringan. Jaring yang jadi detail sepatu membuat pertukaran udara lebih maksimal. Kaki terasa lebih sejuk meski mengenakan sepatu dalam jangka waktu lama. Ada midsole responsive phylon yang membuat kaki terasa nyaman saat melangkah.

Sepatu Rp. 799.000 ini outsolenya berbahan solid rubber. Mencengkeram lebih kuat dan sangat responsif pada gerakan lincah. Outsolenya didesain cocok untuk segala jenis permukaan. Berbahan sintetis dengan lace up closure, sepatu ini bisa dibeli di Lazada.

League Typhoon

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sepatu basket berikut ini mengunggulkan desain trendy serta performa yang handal. Hadir dalam beragam warna menarik menjadikan olahraga lebih menyenangkan. Bisa dikenakan dalam jangka lama tanpa mudah lelah karena bahan yang digunakan untuk sepatu sangat ringan.

Sepatu League Typhoon ini tersedia dalam size 39 hingga 46. Produk ini dijual seharga Rp. 699.000 di website jual beli Lazada. Berbahan mesh yang dipadankan kulit sintetis bikin sepatu ini jadi trendy dan tentu modis.

Keren dengan bentuknya yang sporty sepatu ini juga mumpuni dalam performanya. Ini juga karena dukungan sol EVA yang empuk untuk insolnya. Sementara itu sol luar sepatu berbahan rubber yang membuat kaki mantap memijak apapun permukaannya.

Adidas Men TD 5 Commander

Sumber gambar www.upcitemdb.com

Merupakan pesaing dari Nike, Adidas juga memproduksi aneka peralatan olahraga. Brand ini sudah dikenal luas di seluruh penjuru dunia. Untuk urusan sepatu basket, brand yang berada di Herzogenaurach Eropa ini juga memiliki produk andalan.

Coba saja Adidas Men TD 5 Commander. Sepatu basket seharga Rp. 999.915 ini bersol karet. Berbahan air mesh untuk sirkulasi udara lebih mantap. Produk berbantalan EVA ini mudah dicuci dengan lapisan tekstil yang lembut. Tersedia dalam warna hitam, produk ini bisa diperoleh di website Shoezoo.

Sepatu Basket dengan Harga di Atas Rp 1 Juta

Mencari sepatu basket berkualitas tinggi memang mudah jika kamu memiliki dana atau budget yang cukup misalnya diatas satu juta. Tak perlu ragu, kamu bisa menjadikan sepatu berikut ini sebagai salah satu pilihan untuk memaksimalkan kegiatan olahragamu.

Adidas D Rose 5 Boost C76492

Sumber gambar e-megasport.de

Dengan sol dari karet, poros sepatu ini ukurannya sekitar 4,01 dari garis lengkungnya. Memiliki teknologi boost sepatu ini bikin kamu lebih lincah di lapangan. Ada bantalan overlay shockweb yang super empuk demi mendukung kekuatan dan stabilitasmu.

Bagian sepatunya dilengkapi soft mesh sehingga lebih nyaman dan sirkulasinya bikin kaki sejuk. Dengan low top dan berlapis etilen vinil asetat guna menyokong gerak saat berlari dan mendarat.

Segera beli sepatu keren ini yuk di Bukalapak. Harga untuk sepasang sepatu ini adalah Rp. 1.250.000. Segera beli agar gaya olahragamu makin keren ya.

Nike Air Jordan 5 Retro

Sumber gambar store.nike.com

Nike ini berdiri tahun 1964 silam dengan nama awalnya Blue Ribbon Sports. Dulunya toko hanya menjadi distributor Onitsuka Tiger, sebuah perusahaan pembuat sepatu Jepang. Selanjutnya tahun 1971 namanya berubah jadi Nike atas usulan Jeff Johnson sang pegawai pertamanya.

Berbahan kulit, sepatu basket Nike Air Jordan 5 Retro ini bersol karet. Kamu pasti menyukai desain dan warna yang kece dari sepatu ini. Ada warna hitam dan putih dengan kombinasi gold yang menawan. Untuk outsolenya produk Rp. 2.550.250 ini menggunakan sol karet yang kuat dan memiliki daya cengkeram tinggi.

Nike Men Hyperdunk

Sumber gambar www.royalfields.co.za

Satu lagi produk beken dari Nike untuk sepatu basket. Ada Nike Men Hyperdunk yang bisa jadi pilihan kamu. Sepatu ini dijual Rp. 1.484.595 di website resmi Nike.

Berkesan sangat ringan fiturnya sangat dinamis. Model high top. sepatu ini membuat nyaman pergelangan kaki meski gerakan kamu gesit. Lebih lincah bergerak sepatu ini pas untuk mendukung gerak fleksibel kamu.

Sepatu ini tersedia size 9 hingga size 12. Dengan warna hitam, sepatu ini dilengkapi bahan mesh yang adem di kaki. Cushion empuk pada solnya bikin gerak jadi lebih nyaman.

Lebron XIII

Sumber gambar store.nike.com

Sepatu keren ini berbahan mesh yang lembut di kaki. Sirkulasi udara pada sepatu lebih lancar membuat gerak makin nyaman. Berdesain ramping dengan fitur flywire yang ringan.

Sepatu ini bersol karet dengan potongan mid foot sehingga daya dorongnya tinggi. Sepatu ini menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi pemakainya. Dijual di situs Amazon dengan harga Rp. 1.078.515.

Produk dari Nike ini berlapis multi density dengan full length phylon. Ada 2 unit zoom air guna meningkatkan bantalan yang responsive. Sangat dinamis dan pas untuk olahraga semacam basket.

From our editorial team

Sepatu Basket Nyaman dan Keren untuk Maksimalkan Performa Olahraga

Olahraga basket adalah salah satu olahraga yang populer di masyarakat khususnya di kalangan anak muda. Kamu yang hobi bermain basket tentunya harus memiliki sepatu yang khusus dirancang untuk olahraga yang satu ini agar kamu bisa bermain dengan optimal. Sebelum memilih pastikan kamu mengetahui tipe sepatu yang kamu butuhkan, ukuran kaki serta bahan yang digunakan untuk membuat sepatu. Bandingkan juga harga sepatu agar kamu tidak merasa rugi setelah membelinya.