Mau Merek Sepeda yang Bagus, Anda Pilih yang Mana? Berikut 8 Pilihan Terbaiknya di 2020

Mau Merek Sepeda yang Bagus, Anda Pilih yang Mana? Berikut 8 Pilihan Terbaiknya di 2020

Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan. Bahkan bisa dilakukan berkelompok, sehingga cocok untuk Anda yang suka bersosialisasi. Selain itu, bersepeda juga dapat menjadi olahraga pilihan untuk yang suka dengan tantangan. Tentunya, dengan harga sepeda yang cukup mahal, Anda perlu memperhatikan kualitas dari sepeda yang ingin dibeli. Ini dia rekomendasi dari BP-Guide untuk merek sepeda yang tepercaya.

Bersepeda secara Rutin Berdampak Signifikan terhadap Kesehatan Tubuh

Dikarenakan manfaatnya untuk pembakaran kalori, bersepeda menjadi tren olahraga masa kini yang disenangi baik pria maupun wanita dari berbagai usia. Jumlah kalori yang terbakar pun tidak tanggung-tanggung, yakni hingga 200 kalori per kali bersepeda santai atau 450-600 kalori per kali melakukan kegiatan bersepeda "kelas berat", semacam roadbike, up hill, komuter, dan sebagainya.

Untuk dapat bersepeda, tentunya Anda perlu memiliki koleksi sepeda sendiri. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan tips memilih jenis sepeda yang bagus, beserta rekomendasi mereknya.

Tips Memilih Sepeda yang Bagus

MTB, Road, Youth, atau Urban?

Saat memilih sepeda, pertama-tama Anda perlu menyesuaikan aneka macam ukuran dan jenis sepeda yang bagus dengan kenyamanan yang diberikan. Dalam artikel ini, BP-Guide menyarankan untuk memilih sepeda jenis MTB untuk kegiatan bersepeda yang lebih menantang, seperti balapan sepeda lintas alam atau pada lintasan yang berbatu.

Sebaliknya, bagi Anda yang suka bersepeda santai di jalanan yang rata, lebih baik memilih jenis Road atau Urban. Jenis sepeda ini memang didesain untuk jalanan perkotaan yang cenderung licin dan tidak banyak liku-likunya. Untuk yang masih muda dan baru belajar naik sepeda, ada baiknya mencoba jenis sepeda Youth, yang didesain khusus untuk remaja dan anak-anak.

Penggunaan Teknologi Terbaru

Dunia seolah tidak lepas dari kecelakaan, termasuk dunia bersepeda. Jenis sepeda yang tidak sesuai dengan lintasan dan target yang dilalui kerap menjadi bumerang. Sebut saja sepeda cross country yang frame-nya patah karena dipakai untuk acara bersepeda downhill.

Hal ini membuat pemilihan sepeda yang bagus harus didukung dengan penggunaan teknologi terbaru, seperti Garmin Varia Headlight, Lumos Helmet, teknologi SpeedForce dan sejenisnya.

Teknologi tersebut tidak hanya mampu berinteraksi langsung dengan manusia penggunanya, tapi juga mampu meminimalisir kecelakaan yang potensial dapat terjadi bila tidak memakai gear teknologi seperti demikian.

Sesuaikan dengan Anggaran

Ada kalanya bila ingin sepeda yang bagus, tapi bujet sangat terbatas. Atau, Anda memiliki bujet yang amat sangat cukup, namun bingung memilih merek terkenal yang cocok. Atas dasar ini, BP-Guide menyarankan untuk menyesuaikan sepeda yang hendak dibeli dengan anggaran belanja Anda.

Jadi Anda bisa mendapatkan merek sepeda yang bagus dan murah. Berdasarkan hasil pengamatan, BP-Guide merekomendasikan minimal Rp. 1.500.000 untuk biaya keseluruhan sepeda, termasuk perawatannya.

Rekomendasi Merek Sepeda yang Bagus Ini Layak Anda Pertimbangkan

Polygon

Penggunaan teknologi tinggi dan ekspornya ke negara-negara Barat juga mementingkan kemajuan. Inilah yang membuat sepeda Polygon produksi PT. Insera Sena pada tahun 1989 di Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur ini menjadi salah satu sepeda bagus buatan Indonesia.

Setidaknya ada 2 jenis sepeda Polygon yang dapat menjadi pilihan, di antaranya Adventure Starts Here! Xtrada 6 dan Polygon Cascade 4.0 Sepeda MTB.

Sesuai dengan nama depannya, Adventure Starts Here! Xtrada 6 dilengkapi dengan frame ALX alloy yang kuat dan ringan. Memiliki performa rem yang kuat berkat hydraulic disk brakes-nya, membuat sepeda ini cocok untuk para pencinta sepeda yang suka petualangan di berbagai medan jalanan.

Sebaliknya, bila lebih cinta dengan jalan raya yang sedikit offroad, ada baiknya melirik Polygon Cascade 4.0 Sepeda MTB (27.5 Inch). Memiliki sparepart Shimano serta shockbreaker yang empuk, tahan banting, dan tahan lama dipakai untuk jalanan yang panjang.

Harga Rp. 3.500.000-4.574.000

Lapierre

Dari namanya saja, bisa diketahui bila merek sepeda satu ini berasal dari Prancis sesuai nama belakang pembuat aslinya, yakni Gaston Lapierre. Di antara semua turunan produk Lapierre, Lapierre Audacio 200 dan Lapierre 2017 Audacio 100 CP memiliki kualitas yang terbaik. Lapierre Audacio 200 keluaran 2017 cocok untuk para pecinta sport bike kelas berat.

Di sisi lain, Lapierre 2017 Audacio 100 CP cocok untuk Anda yang senang dengan sisi fleksibel sepeda. Mengingat teknologi sensium berbingkai barunya yang terkombinasi dengan bartape lembut, dapat mengakomodasi pecinta fleksibilitas sepeda.

Harga Rp. 8.925.000

Wimcycle

Sumber gambar www.blibli.com

Sepeda Wim Cycle yang memiliki nama lain "Siklus Wim" memiliki 2 produk jagoan, yaitu WimCycle Air Flex X2 Sepeda MTB - Hitam Merah dan WimCycle 700 C Alloy Sepeda Fixie. Bagi Anda yang memiliki tinggi badan antara 150-160 cm dan sudah terbiasa menggunakan sepeda, dapat menggunakan sepeda gunung WimCycle Air Flex X2 Sepeda MTB yang harganya Rp. 1.715.000 di Blibli.

Sepeda ini berfitur dual suspension yang menguntungkan, bahkan saat di jalan yang tidak rata. Namun, bagi yang baru belajar bersepeda, ada baiknya untuk membeli WimCycle 700 C Alloy Sepeda Fixie yang ringan dengan sistem single-speed-nya yang khas. Sepeda ini dibanderol dengan harga Rp. 1.600.000 di Blibli.

Trek

Trek Emonda SL Size 54 dan Trek 520 Disc Size 48 merupakan 2 produk sepeda dari merek Trek yang berorientasi kebahagiaan kepada masyarakat, dan dibuat pada tahun 1976. Ukuran frame-nya yang besar (yakni 54), bersama dengan Carbon Frame 500 OCLV dan set roda (wheelset) Bontrager Race yang unik, membuat harga Trek Emonda SL Size 54 sangat mahal.

Kendati demikian, semuanya itu akan terbayar dengan kualitas roadbike raksasa ini yang tahan lama. Bila ingin lebih hemat belanja sepeda yang bagus, ada juga Trek 520 Disc Size 48 dengan bobot lebih ringan dan ukuran frame-nya lebih kecil.

Harga Rp. 16.650.000

Cube

Berbekal diversifikasi produk dan kualitas sepedanya yang diakui secara internasional, termasuk di Indonesia, sepeda merek Cube sukses masuk daftar sepeda yang dapat direkomendasikan. Di antara semua produk merek Cube, Sepeda MTB Cube XC (Cross Country) dan Cube Reaction GTC SL adalah yang terdepan.

Tidak seperti sepeda MTB pada umumnya yang cenderung berat, sepeda MTB Cube XC (Cross Country) hanya memiliki berat 15 kg dan memiliki ukuran M. Inilah yang membuat sepeda terasa lebih ringan saat di jalanan yang tidak rata.

Atau bisa juga Cube Reaction GTC SL dengan desainnya yang secara unik diproses lewat Twin Mould. Cocok untuk Anda yang suka suasana santai saat bersepeda.

Harga Rp. 2.327.500

Kona

Merek ini berfokus pada pengembangan sepeda gunung. Dipadukan dengan kiprahnya dalam produksi sepeda balap, membuat merek sepeda Kona tidak perlu diragukan lagi ketangguhannya.

Beberapa produk keluaran merek sepeda Kona, seperti Kona Lanai dan Kona Blast, terkenal dalam hal ketahanannya sekali pun berada di trek-trek yang paling berbahaya di dunia.

Kona Blast yang dilengkapi dengan rem Shimano yang kesohor itu, memiliki berbagai pilihan warna seperti hitam, merah, atau putih yang menarik. Cocok untuk Anda pilih sebagai sarana bersepeda berikutnya.

Harga Rp. 7.500.000

United Bike

Bila memikirkan saingan sesama sepeda bagus buatan Indonesia dari Polygon, tentu United Bike telah berpengalaman 50 tahun dalam hal produksi sepeda gunung. Rekomendasi sepeda yang bagus dari United Bike juga merupakan sepeda jenis MTB.

Bila Anda sering bersepeda off-road dengan tanjakan berbahaya, cocok dengan United Sepeda MTB 27,5" Detroit 2.0 - Abu Orange. Sepeda ini dilengkapi dengan rem cakram hidrolik dan sistem saklar penguncian suspensi, yang berguna untuk mengerem mendadak di jalanan terjal.

Alternatif lainnya adalah United Sepeda MTB 26" United Monanza 2.0 - Hitam. Cocok untuk Anda yang berencana untuk bersepeda di jalanan yang panjang. Mengingat sepeda United seri United Monanza 2.0 ini memiliki spesialisasi untuk menghadapi jalanan yang panjang.

Harga Rp. 2.263.000-4.017.000

Giant

Meskipun Giant merupakan merek asal negara Asia, akan tetapi kualitasnya sebanding dengan berbagai merek sepeda khas Eropa. Sepeda Giant Anthem X2 dan sepeda Giant Talon 3 27,5", merupakan dua sepeda MTB yang menjadi bukti tajamnya kualitas dari merek sepeda asal Taiwan ini.

Performa suspensi dan rantai shimano-nya sangat bagus untuk orang-orang dengan ukuran tubuh sangat kecil (XS) hingga sangat besar (XL). Sayangnya, sepeda ini memang cukup mahal untuk ukuran sepeda merek Asia.

Alternatifnya adalah penggunaan roda Giant Sport, Custome Kenda K5x2.1 pada sepeda Giant Talon 3 27,5". Sepeda ini cocok bagi Anda yang berukuran tubuh sedang (M), suka petualangan bersepeda, namun tidak mau mati gaya saat bersepeda.

Harga Rp. 25.000.000
From our editorial team

Nyaman Bersepeda, Olahraga pun Jadi Menyenangkan

Ingat, jangan salah memilih sepeda. Sepeda dengan merek yang bagus tidak hanya awet, namun juga nyaman digunakan. Terutama ketika Anda bersepeda pada jalur tertentu. Jadi, Anda tidak akan rugi membeli sepeda bagus dengan merek yang sudah direkomendasikan. Jadi tunggu apa lagi? Bila nyaman bersepeda, tentu olahraga Anda akan menjadi menyenangkan.

Tag