Makin Garang Bersepeda Dengan 10 Pilihan Sepeda Roda Besar Rekomendasi BP-Guide

Makin Garang Bersepeda Dengan 10 Pilihan Sepeda Roda Besar Rekomendasi BP-Guide

Apakah Anda salah satu penggemar sepeda roda besar yang populer dengan istilah fatbike? Nah, jika Anda berniat membeli atau menambah koleksi fatbike Anda, tidak ada salahnya jika menyimak tips dan rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Sepeda Besar Yang Sedang Tren di Indonesia Saat Ini

Sumber gambar fat-bike.com

Sepeda roda besar, atau yang sering disebut fatbike awalnya ditujukan untuk melaju di atas salju. Ciri khas sepeda ini selain roda yang besar adalah rim yang lebar. Ukuran dari ban mulai dari 3,8 sampai 5 inch.

Tujuan dibuatnya sepeda besar ini adalah untuk memudahkan melaju di atas salju, juga menghindari licin dan amblas. Oleh karena itu, awalnya sepeda ini muncul di daerah bersalju, yakni Alaska, Amerika Utara. Tekanan udara sebesar 7 psi menjadikan daya cengkeram ban terhadap medan menjadi lebih baik.

Sejak tahun 2012, sepeda ini juga bermunculan di berbagai belahan dunia lainnya, bahkan yang tidak bersalju sekalipun. Penyebabnya, sepeda ini juga nyaman digunakan di medan apapun, sehingga menjadikan bersepeda lebih menyenangkan. Selain itu, desain ban yang besar dengan fork lebar terlihat lebih keren. Apalagi, saat ini style dari sepeda ban besar tersebut terus berkembang dan berinovasi.

Kelebihan Sepeda Besar Yang Membuatmu Tak Sabar Ingin Memilikinya

Sumber gambar www.scoopnest.com

Sepeda ini jelas berbeda dari sepeda pada umumnya. Dengan ukuran roda hingga 26 inch dan lebar lebih dari 4 inch, menjadikan sensasi bersepeda lebih menyenangkan dan berbeda.

Masih ada kelebihan lain dari sepeda roda besar atau fat bike ini. Apa saja? Simak ulasan BP-Guide berikut ini :

Memberikan Sensasi Kenyamanan Yang Berbeda

Sumber gambar www.secondwavemedia.com

Menggunakan fatbike menjadikan tekanan dan getaran yang didapatkan saat melaju, seperti terinjak lubang atau kerikil menjadi lebih minimal. Sebab, tekanan angin terbesar hanya 20 psi bahkan ada yang mencapai 5 psi saja, sehingga meminimalisir getaran.

Sekilas sepeda ini mirip sepeda gunung yang juga memiliki roda yang besar dan lebar. Namun, fatbike lebih besar lagi. Diameter ban yang dimiliki fat bike minimal adalah 3,8 inch dan ada yang sampai 5 inch. Angka tersebut lebih besar daripada sepeda biasa, bahkan tiga kali lipatnya.

Ban yang besar memberi kenyamanan ekstra, terutama ketika menjajal medan yang sulit. Bahkan untuk beberapa medan tertentu, sepeda ini menjadi lebih nyaman dari pada sepeda gunung.

Aman Untuk Semua Medan

Sumber gambar id.pinterest.com

Kelebihan lain dari fat bike adalah nyaman di semua medan. Apapun medan yang dilalui, baik terjal, licin, keras, dan lain-lain menjadi lebih mudah dilalui dengan ban yang lebih besar tersebut.

Karena ditujukan untuk menjajal medan yang sulit, maka sepeda ban besar ini kurang cocok dipacu dalam kecepatan yang tinggi. Namun, di jalan yang lurus dan aman untuk dipacu kecepatan tinggi, Anda bisa saja memacunya lebih laju.

Sebab, dengan disc brake yang disertai pada setiap produk fatbike menjadikan sepeda ini lebih mudah saat melakukan pengereman. Anda tidak perlu takut terjatuh ketika melewati jalur berpasir kemudian melakukan pengereman, sebab ukuran ban yang lebar dipadu dengan disc brake menjadikan resiko tergelincir ketika bersepeda menjadi lebih kecil.

Desain Yang Maskulin

Sumber gambar www.statebicycle.com

Tampilan sepeda ban besar terkesan gagah, dilihat dari ban yang lebar dan velg yang besar tersebut. Jadi, karena terkesan garang, lebih cocok digunakan untuk lelaki.

Di Indonesia, ada komunitas yang bernama Fat Bike Indonesia (FBI). Di komunitas ini, berkumpul pecinta sepeda roda besar dari berbagai wilayah di Indonesia. Sepeda yang dimiliki oleh anggota komunitas ini memiliki desain yang garang, pas untuk digunakan oleh pria yang maskulin, tentunya.

Model Sepeda Ban Besar Yang Bisa Jadi Pilihan

Sumber gambar fat-bike.com

Jangan ragu untuk menggunakan fat bike di Indonesia. Selain lebih nyaman dan mudah untuk melewati medan yang sulit, sepeda ini juga punya tampilan yang keren dan menarik serta unik. Anda juga dengan mudah bisa menemukan sepeda roda besar ini di Indonesia.

Berikut rekomendasi produk fat bike dari BP-Guide untuk Anda :

Element Fatbike 21 Speed

Sumber gambar www.singletracks.com

Element adalah brand sepeda asal Taiwan yang didirikan oleh George Chang. Desain dan fitur, serta bahan dari sepeda Element dibuat dengan teknik tinggi dan memperhatikan kualitasnya untuk setiap produk. Element juga tidak ketinggalan memproduksi fat bike yang keren dengan banyak fitur menarik.

Salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Element Fatbike 21 Speed. Produk ini dilengkapi rem cakram, velg aloy dengan ban berukuran 26 x 4 inch. Frame terbuat dari alloy berkualitas dan tahan lama.

Produk ini bisa Anda temukan di Bukalapak dan Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 2.950.000.

Pacific Fatbike Viper 5.0

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sebagai salah satu brand sepeda populer, Pacific juga tidak ketinggalan memproduksi fatbike. Karena merupakan brand lokal, harga fat bike dari Pacific lebih terjangkau, dengan fitur dan kualitas yang bisa diadu dengan produk impor.

Salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Sepeda MTB 20" Pacific Viper. Ukuran ban sangat lebar yakni 20"x 4.0. Diperkuat dengan 6 speed shimano, juga suspensi depan. Ban lebar juga empuk menjadikan getaran lebih minim saat melaju di medan yang sulit.

Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 1.790.000.

Wimcycle Fatman

Sumber gambar www.kompasiana.com

Trend fat bike juga menginspirasi salah satu pabrik sepeda ternama dari Indonesia lainnya, Wimcycle. Untuk urusan produksi sepeda, tentunya Anda tidak bisa meragukan lagi kualitas produk dari Wim cycle. Produk yang dikeluarkan Wim cycle dengan bentuk fatbike adalah Fat Man Wimcycle.

Produk yang satu ini memiliki ban berukuran 26 inch yang pas untuk mengarungi jalanan yang sulit dan licin. Diperkuat dengan shimano 7 speed, double chainguard, shifter Shimano torney dan bahan yang ringan dan kuat.

Dapatkan produk ini di sejumlah toko online seperti Blibli dan Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 3.100.000 hingga Rp 3.350.000.

Fatbike Thrill Vanquish 1.0

Sumber gambar thrillbicycle.com

Thrill merupakan salah satu brand sepeda asal Indonesia yang memiliki produk sepeda BMX dan gunung. Meski termasuk brand yang baru, namun Thrill terus memproduksi sepeda yang diperhitungkan kualitasnya.

Fatbike yang diproduksi oleh Thrill salah satunya adalah MTB Thrill Agent Fat Vanquish. Memiliki 9 speed dan ban seukuran 26 inch yang menjadikan bersepeda Anda lebih mudah dan nyaman. Bagian frame dan fork dibuat dari alloy berkualitas tinggi dan ringan.

Produk ini bisa Anda dapatkan di sejumlah toko online terpercaya mulai dari Bukalapak hingga Tokopedia. Harga setiap produknya dibanderol dari angka Rp 5.800.000 hingga Rp 6.000.000.

Fatbike United Grind

Sumber gambar www.tokopedia.com

United tercatat sebagai salah satu brand asal Indonesia yang mendunia dan kualitasnya mumpuni. Produk ini bahkan dikira oleh sebagian orang sebagai produk dari luar negeri karena desainnya yang keren dan kualitasnya yang tinggi.

Sepeda ban besar produksi United yang BP-Guide rekomendasikan adalah United Grind Sepeda FatBike. Hadir dalam warna merah yang menawan, dengan ban berukuran 26 inch. Bahan alloy yang digunakan menjadikan sepeda ini lebih ringan dan bersuspensi.

Tidak perlu ragu melaju cepat, karena rem hydraulic di sepeda ini menjadikan pengereman lebih baik. Apalagi pilihan gigi hingga 21 speed menjadikan Anda bisa lebih mudah memacu kecepatan sepeda ini.

Harga dari sepeda ini berkisar dari Rp 3.700.000 hingga Rp 4.022.000. Bisa Anda beli di Blibli, Bukalapak atau toko online dan toko sepeda terdekat.

Evergreen Fatbike

Sumber gambar www.kayumasbike.com

Ini adalah salah satu brand sepeda yang mendunia. Namun, perlu dicatat bahwa Evergreen adalah salah satu sepeda lokal yang diproduksi oleh PT Kartika Agrapuspa. Harganya cukup terjangkau dan fiturnya menarik menjadikan sepeda Evergreen menjadi salah satu produk yang BP-guide rekomendasikan untuk Anda.

Sepeda Evergreen Fatbike adalah salah satu rekomendasi produk yang bisa jadi pilihan untuk Anda. Frame berbahan alloy yang ringan dan kuat, juga shimano 7 speed menjadikan Anda bisa memacu kecepatan dari sepeda ini. Untuk pengereman, dilengkapi dengan rem doble cakram.

Sepeda dengan ban berukuran 26 inch x 4.0 ini tersedia dalam beberapa varian warna seperti hitam-hijau, hitam-merah dan putih. Anda bisa membeli Evergreen Fatbike ini di Tokopedia, Bukalapak dan toko sepeda terdekat dengan harga mulai dari Rp 2.650.000.

Borealis FatBike Yampa XX1 Hitam-Merah

Meski terhitung baru memproduksi sepeda, brand Borealis menjadi salah satu produk sepeda yang diperhitungkan di dunia. Brand ini didirikan oleh Adam Miller, yang bahkan baru berusia 25 tahun.

Produk fatbike dari Borealis adalah Borealis FatBike Yampa XX1. Dalam desain warna hitam dan merah menjadikan sepeda ini tampil maskulin, dipadu dengan ban lebar dan besar milikinya. Kualitasnya mumpuni dan dibuat dari bahan yang berkualitas pula.

Produk ini bisa Anda pesan di Lazada dengan harga Rp 64.000.000.

Fulsus Element Helium 1.0

Sumber gambar www.bukalapak.com

Nama "Fulsus" sebenarnya adalah akronim dari Full Suspension. Dari namanya, sepeda ini memang mengandalkan suspensi di bagian depan dan belakang. Oleh karena itu, apapun medan yang Anda hadapi, sepeda ini bisa meminimalisir getaran yang menjadikan Anda lebih nyaman. Bila Anda tidak menyukai suspensi, ada juga fitur mematikan suspensi, loh.

Produk ini bisa Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 5.555.000.

Polygon Sepeda MTB 27.5" Xtrada 6.0 - Grey

Sumber gambar www.polygonbikes.com

Sepeda Polygon merupakan salah satu produk sepeda yang mendunia dan berdiri pada tahun 1989. Brand ini menjanjikan untuk memproduksi sepeda yang berkualitas dan menyenangkan saat digunakan.

Tidak salah bila produk ini berhasil merajai Asia dan diekspor ke seluruh dunia. Tentunya, dengan kualitas yang tidak bisa diragukan, Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki fatbike yang diproduksi oleh Polygon.

Sepeda ban besar keluaran Polygon adalah MTB 27.5" Xtrada 6.0- Grey. Produk ini bersuspensi, sehingga mudah untuk melewati berbagai medan. Kecepatan bisa maksimal dengan ditunjang gigi hingga 30 speed. Rangka dibuat dari bahan alloy berkualitas. Selain itu, ditambahkan pula dengan rem hydraulic yang pakem dan memberikan kenyamanan dan keamanan saat pengereman.

Dapatkan produk ini di website resmi Polygon atau di online store seperti Lazada dengan harga Rp 6.385.000.

FatBike Monster Hi Bike

Sumber gambar id.pinterest.com

Monster bike adalah istilah untuk sepeda yang dibuat dari bahan titanium. Bahan ini kuat namun cukup ringan, menjadikan Anda bisa melewati jalan terjal dengan cukup mudah. Selain itu, bahan titanium juga anti karat, sehingga bisa digunakan dalam waktu lama.

Salah satu produk yang menggunakan logam ini adalah Fatbike monster Hi bike. Bahan yang kuat dan berkualitas menjadikan harga sepeda ini cukup tinggi. Dijual seharga Rp 22.500.000 di beberapa toko online terpercaya Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak.

From our editorial team

Pilih Sepeda Besar Yang Sesuai Untuk Hobi Bersepedamu

Kamu hobi bersepeda atau berkendara dengan kendaraan roda dua yang satu ini? Pastinya Anda sudah mengenal jenis sepeda yang sedang booming satu ini. Ya, Fatbike atau sepeda besar yang awalnya diciptakan untuk melaju di atas salju kini banyak digunakan oleh mereka yang hobi bersepeda bahkan di daerah perkotaan. Jika Anda ingin memilikinya, sebaiknya pilih jenis sepeda berkualitas dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pastikan juga Anda membelinya di toko terpercaya agar tidak terkecoh.