10 Pilihan Sepeda BMX Asli dan Tips Bersepeda dengan Sepeda BMX

10 Pilihan Sepeda BMX Asli dan Tips Bersepeda dengan Sepeda BMX

Nama beken sepeda BMX pasti tidak akan pernah lepas dari benak siapapun. Ya, sepeda keren ini ternyata banyak yang memalsunya lho! Agar kamu enggak salah beli sepeda BMX palsu, ada baiknya kamu mengetahui model-model sepeda BMX asli yang sudah BP-Guide kumpulkan berikut ini.

Bukan sekedar gowes, sepeda BMX asli bikin tenang saat berkendara

Bila kita lihat dari sejarahnya, sepada ini sudah mulai di produksi sejak tahun 1970 dan pertama kali terkenal di bagian selatan dari kota California. Jenis sepada yang terinspirasi dari bentuk motor cross ini mengadaptasi bentuk stang dari jenis sepada “Schwinn Stingray” yang hampir mirip dengan stang motor cross. Pemilihan bentuk stang ini juga di sebabkan oleh kebutuhan dalam mempermudah gerakan biker dalam mempertunjukkan aksinya.

Sedangkan di Indonesia, para pecinta olahraga sepeda ini sempat memiliki image jelek pada tahun 80 an karena dinilai tidak baik dari segi gerakan yang dapat mencelakakan tubuh serta pergaulan negatif di oknum yang mengaku komunitas BMX tersebut yang dekat dengan narkoba, minuman keras dan berbagai tindakan kriminal. Walaupun begitu, para pecinta olahraga BMX yang setia dan benar-benar mencintai olahraga ini, tatap bertahan dan bisa membuktikan pada masyarakat luas kalau olahraga sepeda BMX adalah kegiatan positif yang bisa memberikan prestasi hingga sekarang.

Sejarah sepeda BMX

Setiap olahraga ekstrim pasti tidak hanya membutuhkan skill yang mumpuni dalam melakukan berbagai gerakan, melainkan juga membutuhkan alat yang berkualitas tinggi agar menghindari kecelakaan yang disebabkan oleh hal teknis. Maka dari itu kamu juga harus bisa mengetahui cara memilih sepeda BMX yang baik dan benar agar bisa mendapatkan sepada yang tidak hanya nyaman tapi juga aman saat digunakan. Di bawah ini, sudah ada beberapa tips khusus yang dapat membantu kamu dalam memilih sepeda BMX

Tips khusus sebelum membeli sepeda BMX

Rangka atau yang biasa kita sebut sebagai body utama sepeda BMX, merupakan hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih sepada tersebut. Pastikan kamu memilih rangka yang kuat dan tahan banting bukan hanya yang memiliki bentuk keren. Hal ini terbilang cukup penting apabila kamu memang serius untuk menekuni olahraga sepeda BMX dan juga membuat kamu tidak perlu takut sepeda kamu rusak saat melakukan berbagai trik dan gerakan ekstrim

Rangka kuat menopang kokoh beban pengendara

Bahan yang digunakan untuk membuat frame juga harus kamu perhatikan. Walaupun ada banyak jenis bahan yang biasa digunakan, tapi frame sepeda BMX yang bagus menggunakan Chromoly sebagai bahan dasar sepedanya. Dan biasanya rangka BMX yang bagus menggunakan frame ganda yang pastinya terdapat sambungan diantara gue frame tersebut. Nah ini juga harus kamu perhatikan, apakah sambungan kedua frame itu rapi karena sangat berpengaruh terhadap daya tahan sepeda tersebut.

Perhatikan bahan frame sepeda termasuk kerapihan sambungan frame

Untuk bagian terakhir, kamu bisa ngecek bagian ban yang digunakan sepeda BMX tersebut. Ban yang bagus seharusnya mencengkeram kuat pada permukaan, sehingga mengurangi resiko slip yang dapat menyebabkan cedera fatal saat melakukan trik BMX. Kamu juga harus bisa mencari ban yang cocok pada setiap permukaan, supaya bisa melakukan trik atau gerakan BMX dimana saja.

Ban yang baik adalah ban yang dapat melekat sempurna

Untuk bagian terakhir, kamu bisa ngecek bagian ban yang digunakan sepeda BMX tersebut. Ban yang bagus seharusnya mencengkeram kuat pada permukaan, sehingga mengurangi resiko slip yang dapat menyebabkan cedera fatal saat melakukan trik BMX. Kamu juga harus bisa mencari ban yang cocok pada setiap permukaan, supaya bisa melakukan trik atau gerakan BMX dimana saja.

Model sepeda BMX asli yang bisa dijadikan pilihan

Untuk rekomendas pertama, ada Pacific Sepeda BMX 20" Hotshot Racer yang merupakan sepeda BMX yang dibuat untuk anakj diatas 6 tahun atau remaja yang suka olahraga freestyle BMX karena stang yang mereka gunakan bisa berputar 360 derajat. Sepeda yang berbahan dasar rangka hi tensile stell yang sangat kuat ini, menggunakan veld yang unik dengan sisrem rem yang V-brake.

Selain itu, sepeda bergaransi resmi 5 tahun ini berdesain sangat menarik. Dijual dengan harga Rp 1.450.000, kamu bisa membelinya langsung di website Tokopedia atau Buklapak dengan harga yang sama.

Pacific Sepeda BMX 20" Hotshot Racer

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk rekomendasi pertama, ada Pacific Sepeda BMX 20" Hotshot Racer yang merupakan sepeda BMX yang dibuat untuk anak diatas 6 tahun atau remaja yang suka olahraga freestyle BMX karena stang yang mereka gunakan bisa berputar 360 derajat. Sepeda yang berbahan dasar rangka hi tensile steel yang sangat kuat ini, menggunakan veld yang unik dengan sistem rem yang V-brake.

Selain itu, sepeda bergaransi resmi 5 tahun ini berdesain sangat menarik. Dijual dengan harga Rp 1.450.000, kamu bisa membelinya langsung di website Tokopedia atau Bukalapak dengan harga yang sama.

Pacific Sepeda BMX 20" Jaguar

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pacific Sepeda BMX 20" Jaguar adalah salah satu sepeda BMX keluaran brand Pacific yang dapat memberikan kesan stylish kepada pengendaranya. Sepeda tanpa operan gigi ini, tidak terlalu banyak menggunakan komponen karena memang dibuat untuk keperluan freestyle. Menggunakan stang yang mampu berputar 360 derajat, sepeda ini juga dilengkapi dengan label SNI dan mendapat garansi selama 5 tahu.

Sepeda yang dibuat untuk remaja ini dijual dengan harga Rp 1.119.900 dan kamu bisa membelinya langsung di website Alfacart atau Bukalapak dengan harga yang sama.

Polygon Sepeda BMX Rudge 3 20"

Sumber gambar www.polygonbikes.com

Polygon Sepeda BMX Rudge 3 20" adalah sepeda BMX yang sangat nyaman digunakan untuk keperluan freestyle karena menggunakan berbagai komponen yang mendukung. Sampai saat ini Polygon memang terkenal dengan berbagai produk sepedanya yang memiliki kualitas tinggi.

Sepeda ini menggunakan sistem rem u-brake serta frame yang sangat kuat, yaitu hi ten Steel. Pada bannya, sepeda ini menggunakan ban Kenda Kiniptiopn berukuran 20 x 2.10 yang pastinya sangat nyaman dalam segala permukaan. Sepeda yang memiliki desain berkesan fresh ini dapat kamu beli di website Bukalapak dan kamu bisa membelinya seharga Rp 1.975.000.

Polygon Sepeda BMX Rudge 2 20"

Sumber gambar www.bukalapak.com

Polygon Sepeda BMX Rudge 2 20" adalah sepeda yang terlihat berani dengan warna merahnya, namun tetap memberikan kesan kalem karena menggunakan desain yang sangat simple. Sepeda yang termasuk pada seri Rudge keluaran polygon ini, sangat nyaman dan kuat karena menggunakan berbagai komponen canggih seperti Cassette 14T, rem dengan sistem u-brake, external caged bearing yang berukuran 34 mm dan juga terdapat rem yang bernama alloy lever. Untuk membeli produk asli Indonesia yang berlabel SNI ini dijual dengan harga Rp 1.605.000 dan kamu bisa membelinya langsung di website Bukalapak.

Genio Sepeda BMX 20" Fury

Sumber gambar www.blibli.com

Genio Sepeda BMX 20" Fury merupakan sepeda yang cukup rekomended karena selain menggunakan material berkualitas, sepeda ini juga bisa dibilang menawarkan desain yang cukup trendy. Sepeda yang dibuat untuk anak diatas 6 tahun ini, menggunakan single speed yang artinya kamu bisa lebih muda dalam perawatannya. Terlebih lagi sepada berbahan dasar besi ini berlabel SNI yang tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Dijual dengan harga Rp 970.000 kamu bisa mendapatkan garansi untuk pembelian di website Blibli.

Genio Sepeda BMX 20" Fury Street Pro Al

Sumber gambar www.lazada.co.id

Genio Sepeda BMX 20" Fury Street Pro Al merupakan sepeda yang hampir mirip dengan rekomendasi sebelumnya, tapi sedikit perbedaan dalam komponennya karena produk ini memang dibuat untuk keperluan professional. Berbahan dasar alloy yang kuat dengan menggunakan fork rigid, sepeda ini dilengkapi dengan jalu depan yang sangat berfungsi untuk melakukan trik freestyle.

Walaupun sepeda ini diperuntukkan bagi anak diatas 6 tahun, tapi sebaiknya ini digunakan oleh orang dewasa atau remaja yang professional dalam olahraga BMX. Dijual dengan harga Rp 999.900, kamu akan mendapatkan garansi selama 5 tahun apabila membelinya di website Serbasepeda.

Reebok Sepeda BMX Trix (W/Rotor) 20 inch

Sumber gambar www.blibli.com

Reebok Sepeda BMX Trix (W/Rotor) 20 inch adalah salah satu sepeda yang sangat rekomended untuk kamu yang suka olahraga BMX, karena menggunakan material yang memiliki kualitas tinggi sehingga kamu tidak perlu takut mengalami kerusakan saat melakukan trik BMX. Sepeda berbahan dasar frame Hi-ten Steel dengan desain yang Rendy ini menggunakan Rim Alloy dengan Spoke yang cukup besar yaitu 10G.

Selain itu sepeda ini memakai sang yang mampu berputar 360 derajat tanpa tersangkut. Setiap pembelian sepeda ini, kamu mendapatkan 2 garansi yaitu 1 tahun untuk suku cadang dan 7 tahun untuk framenya. Dijual dengan harga Rp 1.398.250, kamu bisa membeli produk ini di website Blibli.

United Sepeda BMX 20" Jumper X 07

Sumber gambar kedaisepeda.com

United Sepeda BMX 20" Jumper X 07 merupakan produk keluaran barang United Bike yang memang fokus pada pengembangan segala jenis sepeda. Sepeda yang menggunakan rangka Loy sehingga sangat ringan ini, menggunakan jenis Speed single yang sangat cocok untuk melakukan gerakan freestyle. Terlebih lagi, pada sepeda ini terdapat label SNI yang pastinya tidak bisa diragukan lagi kenyamanannya.

Sepeda dengan ban yang cukup besar agar dapat mendukung kenyamanan gerakan BMX ini, dijual dengan harga Rp 1.781.000 dan kamu bisa membelinya di website Blibli untuk mendapatkan garansi resmi 5 tahun. Tapi garansi ini, hanya berlaku untuk kerusakan pada rangka sepeda.

United Sepeda BMX 20" Jumper X 01

Sumber gambar www.blibli.com

United Sepeda BMX 20" Jumper X 01 adalah sepeda yang masih satu series dengan produk United Sepeda BMX 20" Jumper X 07. Perbedaan kedua produk ini, hanya terdapat pada desain yang memiliki kesan masing-masing.

Pada desain sepeda ini, United Bike menawarkan motif untuk kamu yang suka dengan kesan kalem dan elegan. Bentuk rangka pada sepeda ini juga membuat kamu merasa sangat nyaman ketika menggunakannya. Sepeda dengan harga Rp 1.317.000 ini, dapat kamu beli pada website Lazada dan akan mendapatkan garansi selama 5 tahun.

Vivacycle Hawk VWT Biru

Sumber gambar www.blibli.com

Nah untuk rekomendasi terakhir, ada Vivacycle Hawk VWT Biru. Sepeda ini mampu memberikan kenyam maksimal saat berkendara peda dan juga memiliki daya tahan yang tinggi karena menggunakan bahan dasar Hi-ten 53-25. Veleg yang digunakan pada sepeda ini gua terbilang cukup karena terdapat 2 lapis sehingga memiliki tampilan yang unik.

Sepeda yang di buat untuk pada pencinta BMX freestyle ini, dilengkapi dengan 2 pasang alu pada bagian depan dan belakang yang berfungsi untuk mempermudah kamu dalam melakukan trik BMX. Dijual dengan harga Rp 781.000 ini, kamu dapat membelinya secara online di website Lazada.

From our editorial team

Sepeda BMX asli bukan cuma oke buat freestyle, tapi juga aman dan nyaman dipakai

Kalau soal BMX, tak perlu lirik yang KW. Sepada BMX asli jauh lebih nyaman dan aman saat dipakai. Selain itu, jika sudah nyaman dan aman, trik-trik BMX kamu jelas makin mantap dan sukses dong! Kami harap rekomendasi-rekomendasi kami di atas bisa jadi pilihan yang pas buat kamu dan menunjang performa aksi BMX kamu!

Tag