10 Kacamata VR Terbaik Lengkap dengan Tips Memilihnya

10 Kacamata VR Terbaik Lengkap dengan Tips Memilihnya

Teknologi sudah semakin maju. Jika dulu VR hanya sebatas di film, kini sudah bisa kamu rasakan sendiri. Dijamin kamu akan mendapat sebuah sensasi yang tidak pernah dirasakan sebelumnya ketika bermain dengan menggunakan VR.

Pengalaman Bermain Game Makin Nyata dengan Kacamata VR

Semakin lama teknologi semakin canggih. Ini tentu karena teknologi terus diperbarui. Hidup manusia jadi lebih mudah dan lebih menarik dengan adanya teknologi terbaru.

Perkembangan teknologi telah menyentuh segala sisi kehidupan manusia. Belakangan dunia para gamer makin seru dengan hadirnya teknologi VR, yang merupakan kependekan dari Virtual Reality. Teknologi ini banyak mencuri perhatian karena bisa menstimulasi dunia maya. Para pengguna teknologi ini bisa langsung berinteraksi dalam dunia tersebut.

Hadirnya teknologi ini membuat industri game semakin lebih seru. Akan ada banyak game unik yang terlahir dari kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Pemakainya bisa merasa pengalaman yang jauh lebih nyata ketika berada di dunia digital tersebut.

Alat untuk bermain game dengan VR ini sudah banyak beredar saat ini. Dengan kacamata VR, pengalaman bermain game jadi lebih nyata dan seru.

Kiat Memilih Kacamata VR yang Cocok untuk Kamu

Dengan makin maraknya produsen yang menciptakan berbagai jenis VR, pilihan pun makin banyak. Seperti apa VR yang cocok dan bisa kamu mainkan? Berikut BP-Guide berikan sejumlah kiatnya.

Pengaturan & Jenis Lensa Mumpuni

Untuk memilih kacamata VR tentu ada tips dan trik sendiri. Sehingga pengalamanmu dalam bermain game jadi jauh lebih seru. Ada banyak merek kacamata VR yang telah beredar. Tentu saja tiap merek punya keunggulan masing-masing.

Apapun merek VR pilihan kamu, pastikan pengaturan serta jenis lensanya mumpuni. Apapun video dan game yang dilihat dan dimainkan sebaiknya lensa dan pengaturannya sudah canggih.

Periksa bagian kanan dan kiri VR apakah sudah memiliki pengaturan lensa. Silahkan browsing terlebih dahulu mengenai lensa dan kemampuan pengaturan produk yang akan dibeli sebelum mengunjungi toko untuk membelinya.

Ruang Pandang Kacamata VR

Cek juga ruang pandang kacamata VR. Umumnya ruang pandang atau yang dikenal dengan field of view ini bisa menentukan sudut pandang kita saat nonton atau main game. Sekadar info, manusia hanya memiliki sudut pandang yang tak lebih dari 120 derajat dan tak memiliki titik fokus.

Nah sebelum membeli, sesuaikan ruang pandang kacamatanya dengan kegunaannya. Apakah untuk main game atau khusus untuk nonton video dan film. Beda penggunaan, maka beda juga sudut pandang yang dipakai.

Dudukan Ponsel/Smartphone

Mungkin kamu berpikir sebuah dudukan ponsel tak begitu penting untuk kacamata VR. Tunggu dulu, untuk kacamata jenis VR dudukan ponsel ini harus menjadi poin penting yang tidak bisa diremehkan. Ini untuk menghindari ponsel lecet karena dudukannya jelek.

Tidak enak jika tiba-tiba tampilan ponsel kembali ke menu home karena tanpa sengaja tertekan oleh tempat dudukan ponselnya. Oleh sebab itu faktor ini harus diperhatikan dengan benar. Jangan sembarangan beli VR yang kualitas dudukan ponselnya jelek.

Harga

Berbicara masalah harga tentu akan terkait fitur yang dimiliki. Headset VR adalah barang mahal. Harga jutaan rupiah menjadi nilai standar pada sebuah alat VR ini.

VR dengan spesifikasi tinggi dan kualitas bagus pasti akan makin mahal. Jika tetap ingin membelinya, kamu bisa tunggu beberapa tahun kemudian sampai harganya mulai turun. Harga VR disaat peluncuran pasti jauh lebih mahal.

8 Pilihan Kacamata VR Terbaik

Berikut BP-Guide beberkan 8 VR yang memang direkomendasikan untuk kalian para gamer sejati. Dijamin, kamu bakal makin ketagihan bermain game dengan menggunakan VR.

HTC Vive

Sumber gambar www.youtube.com

HTC sebagai salah satu produsen teknologi canggih belum lama ini mengumumkan produk headset VR terbaru mereka di Chinajoy Expo. VR bernama Vive Standalone tersebut tak memerlukan perangkat lain untuk sumber kontennya. Segala konten VR yang ditampilkan langsung dari hardware yang ada di dalam headset.

Agar lebih maksimal merasakan sensasinya, kamu sebaiknya membeli produk ini dalam bentuk paket atau bundling. Produk ini dijual Rp. 15.770.800/paket. Kamu akan dapat dua buah sensor gerak juga seperangkat cardboard dan kabel HDMI. Kunjungi Tokopedia untuk bisa segera membawa pulang produk keren ini.

Xiaomi Mi VR

Sumber gambar www.wareable.com

Xiaomi Mi VR Panorama 3D glasses ini tak kalah menarik. Dijual Rp. 270.000 di Bukalapak. Alat ini cocok untuk smartphone ukuran 4,7 inci hingga 5,7 inci. Didesain agar kamu bisa merasakan sensasi film 3D. Bisa juga untuk game VR lewat smartphone.

Alat ini memiliki fitur untuk mendukung panorama video serta gambar. Menggunakan lensa aspherical untuk tampilan yang lebih jernih. Berbahan lycra kelas tinggi sehingga tahan lama digunakan. Berwarna hitam dengan FOV range 110 derajat.

Ada pula Xiaomi VR Box pro 3D glasses headset dengan remote controller. Produk yang dibanderol Rp. 750.000 ini diperkuat prosesor Snapdragon 821. Memiliki RAM 4 GB dan 6 GB. Untuk kapasitas penyimpanan dari 64 GB hingga 128 GB. Displaynya 5,7 inci dengan curved OLED 1080p. Dilengkapi kamera belakang 22,5 MP dan kamera depan 8 MP. Sudah menggunakan Android 6.0, Xiaomi ini bisa dibeli di Tokopedia.

Oculus Rift

Sumber gambar virtualrealitytimes.com

Coba kenakan Oculus Rift untuk pengalaman bermain game yang lebih seru. Rift memiliki tampilan super canggih dengan optik yang dirancang khusus untuk VR. Tampilannya sangat tajam untuk efek visual yang sangat tidak biasa.

Teknologi display yang keren dipadukan dengan sistem pelacakan konstelasi latensi bikin produk ini makin terlihat canggih. Sistemnya sangat presisi meski sederhana. Menimbulkan perasaan seolah tengah berada di dalam game tersebut.

Produk Oculus Rift dijual satu paket dengan Touch Bundle seharga Rp. 13.750.134. Produk ini bisa dipesan melalui Tokopedia.

Shinecon VR

Sumber gambar www.youtube.com

Ada shinecon VR 4.0 3D glasses headset. Dijual sepaket dengan headphone dan Mic. Harga paket VR ini adalah Rp. 531.000. Jarak fokusnya bisa disesuaikan. Gunakan remote control untuk mengubah smartphone jadi bioskop pribadi. Produk ini tersedia pada toko berbagai online seperti Lazada dan Tokopedia.

Produknya cukup fleksibel digunakan. Karena selain pengontrolan focal length bisa juga mengontrol volume. Tersedia pula colokan USB dan audio. Shinecon VR sudah mendukung beberapa jenis video dan audio.

Google Cardboard V2

Sumber gambar www.gearbrain.com

Google Cardboard V2 3D glasses VR pas untuk smartphone ukuran 6 inci. Produk ini dibanderol Rp. 104.000. Dilengkapi headphone yang dijual dalam bentuk paket, sehingga menonton atau efek saat main game bisa lebih terasa. Lensanya berbahan plastik dan menggunakan resin optik definisi tinggi.

Ada 3 tali pengikat dan pelindung busa wajah yang super nyaman. Cocok untuk smartphone semacam Nexus dan iPhone 6 plus. Memiliki lensa Bi-Convex 37 mm. Jika tertarik, kamu bisa beli produk ini di Lazada.

Ada juga Google 2 and VR V2 yang sudah termasuk head strap belt. Dengan berat 400 gram produk ini memiliki lensa besar untuk tampilan visual lebih luas. Cocok untuk smartphone berukuran 6 inci. Langsung saja ke Bukalapak atau Tokopedia untuk membelinya. Harga produk ini mulai dari Rp. 116.000.

Razer VR

Sumber gambar www.wareable.com

Jika ingin produk VR dengan fitur yang lebih canggih bisa melirik Razer VR. Produk yang dijual dengan harga Rp. 3.471.000 ini memiliki garansi resmi setahun. Hacker Dev Kit v2.0 dari Razer ini dipersembahkan untuk jadi headset VR open source. Alat ini dibuat untuk menyeimbangkan kualitas dan sistemnya. Alat ini dijual di toko online seperti Amazon.

Kemudian ada OSVR HDK 2 yang dibanderol Rp 3.204.000 di Bukalapak. Alat ini memiliki teknologi dual layar immersive. Mendukung lebih dari 300 game resmi Steam. Alat ini bisa di-upgrade tanpa harus membeli headset baru. Misalnya saja optik atau display yang di-upgrade.

Sony Playstation VR

Sumber gambar www.playstation.com

Sony Playstation VR bisa juga nih jadi pilihan kamu. Ada kain pembersih VR dalam paketnya. Selain itu ada juga demo petunjuk untuk menggunakannya. Dunia maya jadi serasa luar biasa dengan alat satu ini. Ada beberapa judul game PS edisi 2016 yang sudah menanti untuk dimainkan dengan produk ini.

Kamu bisa membelinya di Lazada dan Tokopedia. Dijual Rp. 6.990.234 lengkap satu set. Mulai dari headset VR hingga unit prosesor. Sudah termasuk kabel koneksi headset VR dan kamera PS4. Plus kabel USB dan HDMI.

Microsoft Hololens

Sumber gambar www.microsoft.com

Kamu bisa menemukan Microsof Hololens seharga Rp. 40.026.322 ini di situs resmi Microsoft. Produk ini merupakan komputer holografik mandiri pertama. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan hologram definisi tinggi.

Pembelian produk serta layanan dukungan hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. Dengan membeli produk ini, berarti kamu setuju pada segala persyaratan yang diajukan. Karena produk ini tak dapat dijual kembali. Ingat, kacamata VR ini diperuntukkan bagi mereka yang berusia 14 tahun ke atas.

LG 360 VR

Sumber gambar www.lg.com

Beda dengan kacamata VR kebanyakan yang punya mounting untuk smartphone, LG 360 memilih untuk menggunakan kabel sebagai penghubung perangkat smartphone dengan gear ini. Sekilas tampak aneh bagi yang suka keringkasan, karena harus berkutat dengan kabel dan mencari space untuk meletakkan hape. Tapi jangan salah, sistem ini ternyata punya kelebihan sendiri lho!

Penggunaan kabel penghubung membuat gear VR satu ini tetap ringan, tanpa mendapat beban tambahan dari smartphone. Hal ini tentu membuat nyaman mata dan tulang pipi kamu. Selain itu, tidak dipakainya layar smartphone membuat gear ini harus punya layar sendiri, sehingga semua tampilan dan performa grafis dari berbagai smartphone yang berbeda akan memiliki kualitas yang sama!

Tunggu apalagi untuk menjajal gear VR satu ini? Yuk segera kunjungi JD.id untuk membelinya seharga Rp 4.100.000.

Samsung Gear VR 322

Sumber gambar www.jd.id

Sebagai brand yang telah dikenal dunia lewat produksi smartphone-nya, Samsung tak ingin ketinggalan membawa dunia VR untuk produk-produk mereka. Dengan hadirnya Samsung Gear VR 322 Oculus, gadget besutan merek ini mampu membawamu masuk jauh ke dalam dunia VR lewat konten favoritmu!

Dibekali dengan 3 sensor penting VR: accelerometer, gyro, dan proximity; kacamata VR ini punya kemampuan untuk menghadirkan field of view sebesar 96 derajat! Adanya tombol-tombol fungsi penting seperti back key. Volume key, dan adjusting wheel memberikan kemudahan besar saat mengoperasikan gear ini.

Dapatkan produk ini kewat JD.id seharga Rp 1.299.000 saja lho!

From our editorial team

Jangan Sampai Lupa Waktu Saat Menggunakan Kacamata VR

Bermain game memang sering membuat kita lupa waktu. Apalagi ketika mulai memainkan game dengan menggunakan alat VR ini. Dapat dipastikan kamu akan ketagihan dan bisa lupa waktu. Oleh karena itu, atur waktu bermain tidak terlalu lama. Karena hidup kamu tidak harus habis oleh bermain game saja.