Tak Hanya Membantu Memperjelas Penglihatan, 10 Kacamata Minus Ini Juga Nyaman dan Keren Saat Dipakai

Jika Anda kurang jelas saat melihat, maka kacamata minus bisa menjadi penolong Anda. Saat ini, banyak kacamata minus yang memiliki berbagai fitur yang memberikan kenyamanan dan melengkapi penampilan selain bisa memperjelas penglihatan. Lihat saja sejumlah model kacamata minus berikut ini. Anda pasti tertarik untuk memilikinya.

Kacamata Kini Menjadi Salah Satu Kebutuhan Bagi orang yang Memiliki Masalah Mata Minus

Setidaknya ada dua aset utama yang diperlukan oleh seorang pekerja: otak yang harus selalu berpikir serta mata yang awas agar bisa memastikan semua pekerjaan berjalan lancar. Menatap jalanan atau mengamati medan seharian dalam jangka waktu lama seringkali akan membuat mata bermasalah, seperti mata lelah, iritasi, atau bahkan menjadi minus.

Mata minus adalah gangguan penglihatan saat memandang jauh atau myopia (rabun jauh). Jika tidak lekas ditangani, angka minus itu pun akan meningkat. Kacamata minus merupakan solusi paling umum untuk mengatasi mata minus. Kacamata minus yang tepat akan bisa meringankan beban otot mata, hingga tidak mudah lelah, dan membuat pandangan menjadi normal kembali.

Tips Penting Dalam Memilih Kacamata Minus

Mengapa penting memilih kacamata minus yang tepat? Karena hal ini menyangkut aset paling penting milik Anda yaitu mata. Kacamata minus yang tidak tepat hanya akan membuat beban otot mata Anda semakin berat, akibatnya mata yang telah minus akan semakin memburuk keadaannya.

Alih-alih penglihatan normal kembali, aktivitas harian Anda akan terganggu gara-gara pemilihan kacamata yang tidak tepat. Berikut ini beberapa tips sederhana dalam memilih kacamata minus.

Gunakan Kacamata dengan Ukuran Lensa yang Tepat

Pastikan bahwa kacamata minus yang Anda pakai sesuai dengan tingkat keparahan minus mata Anda. Level keparahan minus diukur dengan dioptri (D). Ada tiga level keparahan mata minus: minus 0.5D-3D (myopia rendah), minus 3D-6D (myopia sedang), dan minus 6D ke atas (myopia berat).

Setelah memastikan level keparahan minus Anda, pastikan bahwa Anda mendapatkan ukuran lensa yang tepat bagi kacamata minus Anda. Umumnya, jika Anda hanya terkena minus saja, lensa yang diperlukan adalah lensa tunggal saja untuk masalah mata minus. Dalam kasus orang tua, umumnya dipilih lensa ganda, yaitu lensa minus dan lensa plus (untuk rabun dekat) sekaligus.

Nosepad yang Nyaman Membuat Kacamata Nyaman Dipakai Lama

Selain ukuran lenda yang pas, Anda juga harus memperhatikan faktor kenyamanan pemakaian kacamata. Nosepad atau bantalan hidung merupakan faktor yang penting dalam menentukan kenyamanan kacamata saat Anda pakai.

Kacamata yang berat bisa membuat nosepad menekan wilayah bridge (punggung hidung) secara berlebihan. Akibatnya, Anda akan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, pilihlah kacamata yang ringan, dengan lensa nonkaca (material kaca cukup berat sebagai lensa) dan bingkai kacamata yang ringan. Pilihlah yang memiliki nosepad dari silikon agar Anda nyaman memakainya, walaupun dalam jangka waktu lama.

Lensa Antiradiasi Bikin Nyaman Berlama-lama di Depan Komputer

Anda bisa memilih kacamata minus biasa atau kacamata minus plus antiradiasi. Untuk yang pertama, Anda hanya mendapat kacamata minus reguler, tanpa ada fitur tambahan. Jika Anda banyak bekerja di luar ruang, mungkin Anda memerlukan kacamata minus yang sekaligus bisa melindungi mata dari bahaya sinar UV (ultraviolet).

Sementara itu, kacamata minus antiradiasi memiliki kelebihan mampu menepis sinar berbahaya dari mata–selain sebagai kacamata minus.

Selain itu, ada pula kacamata minus yang bisa melindungi mata dari paparan radiasi sinar dan gelombang elektromagnetik yang memancar dari layar komputer atau gadget Anda. Nah, Anda tinggal memilih menurut kebutuhan.

Sesuaikan Model Frame Kacamata dengan Bentuk Wajah

Anda juga harus memperhatikan model frame kacamata yang akan Anda pakai. Walau Anda bebas memilih bentuk frame apa pun, namun umumnya bentuk wajah memiliki tipe frame tertentu yang cocok.

Sebagai contoh, wajah persegi akan cocok dengan frame kacamata model busur melengkung yang akan menyamarkan kesan keras dari wajah Anda. Wajah bulat sangat cocok dengan frame persegi dengan warna gelap yang akan membantu menyamarkan bentuk wajah. Wajah berbetuk segitiga cocok dengan frame berbentuk oval. Jika Anda berwajah oval, maka Anda bebas mengenakan bentuk frame apa pun.

10 Model Frame Kacamata Minus yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Oakley Crosslink High Power in SATIN BLACK

Sumber gambar www.oakley.com

Oakley Crosslink High Power ini sangat ringan, dengan bahan O Matter yang ringan, kuat, dan tahan karat. Sementara itu, teknologi TruBridge Technology akan membuat Anda semakin nyaman dengan teknologi inovatif agar frame kacamata pas dipakai dan terasa nyaman. Kacamata ini hadir dengan Oakley Authentic Prescription Lenses, sehingga Anda tak perlu kebingungan memilih lensa. Anda bisa mendapatkannya di situs resmi Oakley. Harganya sekitar Rp 2,7 juta.


Oakley Gauge 5.1 Eyeglasses

Sumber gambar www.oakley.com

Jika Anda suka kacamata yang ringan namun sangat kuat dan sporty, cobalah Oakley Gauge 5.1 Eyeglasses. Frame kacamata minus ini terbuat dari bahan titanium yang sangat ringan, namun memiliki kekuatan melebihi baja. Maka tak mengherankan jika frame-nya bisa dibuat begitu tipis dan seakan tanpa rim (semi-rimless).

Untuk kenyamanan Anda, ada fitur unobtainium earsocks yang membuat kacamata tetap pada tempatnya, walau wajah basah karena keringat. Ada pula O Matter nosepads yang akan membuat Anda nyaman menggunakannya walau seharian. Dapatkan di situs resmi Oakley dengan harga sekitar Rp 3 juta.



Armani Exchange AX1021

Sumber gambar www.framesdirect.com

Mata yang minus tidak perlu mati gaya juga. Sebuah kacamata minus dari Armani akan membuat hari-hari Anda penuh semangat dan berkelas, yaitu Armani Exchange AX1021.

Kacamata minus untuk pria ini penuh dangan fitur yang keren dan berkualitas. Bagi Anda yang suka merasa gatal saat memakai kacamata klasik, inilah kacamata yang perlu Anda koleksi. Framenya terbuat dari monel (campuran tembaga dan nikel) yang ringat, kuat, dan tahan karat.

Berbentuk persegi, kacamata ini sangat cocok untuk wajah oval dan bulat. Anda bisa mendapatkannya di toko optik terkemuka atau secara online melalui optikseis.com dengan harga mulai Rp 1.250.000.


Armani Exchange AX1022

Sumber gambar www.framesdirect.com

Masih dengan koleksi Armani, ada pilihan kacamata minus lain tak kalah menarik yang bisa Anda koleksi: Armani Exchange AX1022. Bagi Anda pria muda atau yang selalu berjiwa muda, Armani mengakomodasi kebutuhan Anda dengan seri ini.

Seperti seri AX1021, frame kacamata ini terbuat dari logam monel yang ringan, kuat, dan tahan karat. Frame dengan bentuk persegi ini bisa disesuaikan, sehingga selalu bisa memberi kenyamanan pemakaian yang optimal. Seperti AX1021 pula, kacamata ini hadir dengan wadah pelindung lengkap dengan kain pembersihnya. Ada bisa mendapatkannya di Optikseis dengan harga Rp 1.266.500.



Rayban RB1568D

Sumber gambar www.ray-ban.com

Tak akan lengkap daftar kacamata minus terbaik dalam artikel ini jika tidak ada Ray-Ban di dalamnya. Perusahaan yang berdiri pada 1937 ini adalah legenda kacamata. Dua produknya, Aviator dan Wayfarer, adalah produk evergreen yang tetap upto date hingga kini.

Salah satu seri dari Ray-Ban khusus untuk kacamata minus adalah Rayban RB1568D. Masih memiliki DNA Ray-Ban, kacamata untuk pria ini juga tetap tampil keren dan gagah. Frame-nya sangat ringan dan kuat (terbuat dari nilon), memiliki bridge dobel, dan dengan berbagai pilihan warna yang Anda sukai. Dapatkan di rayban.com dengan harga mulai sekitar Rp 1,1 juta.

Rayban RB6489

Sumber gambar www.ray-ban.com

Jika Anda kolektor kacamata Aviator Ray-Ban, maka seri kacamata minus Rayban RB6489 adalah calon koleksi Anda selanjutnya. Selayaknya aviator, frame kacamata ini terbuat dari logam ringan yang kuat dan bridge ganda. Anda bisa menggunakannya untuk lensa bifocal atau pun progresif. Pilihan warnanya antara lain perak, emas, atau pun cokelat muda. Kacamata uniseks ini bisa Anda dapatkan di glassesusa.com dengan harga sekitar Rp 2,1 juta.

Franc Nobel Jaden col 4 s50

Sumber gambar www.optikseis.com

Salah satu kacamata minus yang eksotis dan akan membuat Anda menjadi pusat perhatian adalah Franc Nobel Jaden col 4 s50. Bentuknya yang simpel dengan garis yang rapi dan khas membuat Anda terkesan cerdas dan percaya diri. Anda bisa mendapatkan kacamata minus yang chic ini di optikseis.com dengan harga Rp 750.000.

cK Calvin Klein 5306A

Sumber gambar www.optikseis.com

Sebuah kacamata minus Calvin Klein pasti akan sangat menambah kepercayaan diri Anda, selain menunjukkan selera Anda tentunya. Sekilas mungkin tidak ada bedanya dengan kacamata model konvensional lainnya, namun keindahan dan kualitas itu akan tampak pada jarak dekat.

Segala detail dan kelas Clavin Klein perlahan akan terlihat. Kacamata half rim uniseks ini terbuat dari bahan logam khusus yang ringan dan kuat. Anda bisa menggunakannya untuk lensa bifocal atau pun progresif. Anda bisa mendapatkan kacamata berwarna emas ini di optikseis.com dengan harga Rp 1.350.000.

cK Calvin Klein 8517

Sumber gambar www.coolframes.com

Masih dengan koleksi Calvin Klein, kali ini Anda akan mendapat koleksi kacamata pria yang chic dan klasik, CK Calvin Klein 8517. Seperti produk Clavin Klein lain, seri kacamata minus ini memiliki semua detail, kualitas, serta kelas yang berbeda. Kacamata dengan material frame plastik ini menyertakan jenis lensa yang diresepkan pada saat Anda memesannya. Selain itu, ada pula kotak kacamata dan lap pembersihnya. Anda bisa mendapatkan produk yang berkelas ini di coolframes.com dengan harga sekitar Rp 2,3 juta.

Emporio Armani EA1061

Sumber gambar www.framesdirect.com

Untuk urusan fashion dan desain yang stylish, Emporio Armani adalah juaranya. Satu seri kacamata minus yang diusungnya, EA1061, adalah salah satu buktinya. Koleksi ini sangat fleksibel hingga siapa pun bisa mengenakannya, pria atau wanita.

Dengan bentuk persegi dan bingkai logam yang kokoh namun ringan, Emporio Armani EA1061, semakin mengokohkan diri sebagai fashion ikon yang mesti Anda koleksi. Dapatkan di framesdirect.com dengan harga Rp sekitar 1, 6 juta. Tersedia warna biru, hitam, dan cokelat.

From our editorial team

Meneliti Kacamata Minus Sebelum Membeli

Kacamata minus harus memberikan kenyamanan saat dipakai. Jadi, bukan hanya memperhatikan fungsinya saja yang bisa memperjelas penglihatan. Dengan demikian, Anda harus memperhatikan hal-hal lain dari sebuah kacamata minus sesuai dengan tips yang diberikan dalam artikel ini. Jika kacamata tidak nyaman dipakai, hal ini tentu malah bisa mengganggu aktivitas Anda.