Guide Lengkap Memilih Sepatu Jogging Terbaik Untuk Kamu (2017)

Guide Lengkap Memilih Sepatu Jogging Terbaik Untuk Kamu (2017)

Kamu suka berolahraga? Atau baru akan mulai hidup lebih sehat dengan rutin berolah raga? Karena sekarang olahraga sudah semakin populer sebagai gaya hidup sehat masyarakat modern, tentu sepatu olahraga jadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup tersebut. Kira-kira sepatu olahraga apa ya yang tepat untuk memulai olaraga ringan menyehatkan seperti jogging? Yuk, simak aneka rekomendasi sepatu jogging dari BP-Guide di bawah ini!

Jogging Makin Oke dengan Sepatu yang Tepat

Kamu menyukai olahraga lari? Menurutmu penting tidak memilih sepatu yang bagus dan mahal untuk lari? Kadang pertanyaan ini sering muncul dibenak kalian yang menggemari olahraga lari. Ternyata untuk mempunyai sepatu lari yang bagus, kamu tidak perlu membeli dengan harga yang mahal. Hal terpenting dalam mencari sepatu lari yang baik adalah kenyamanan kaki.

Menurut Ibnu Jamil yang saat ini aktif melakukan olahraga, mencari sepatu lari harus cocok dengan ukuran, bentuk serta struktur kaki, sol sepatunya pun harus enak dipakai ketika lari karena semua beban bertumpu pada kaki kita. Kamu mungkin akan menderita nyeri sendi, kulit yang melepuh, hingga keseleo jika tidak menggunakan sepatu lari yang tepat. Baiknya, pilihlah sepatumu dengan merk sepatu yang original, karena sudah tentu produk original memiliki kualitas yang lebih terjamin.

Untuk menemukan sepatu yang murah dan nyaman bisa didapatkan dengan mudah. Modelnya pun kini sudah beragam mulai dari yang corak bermotif hingga polos dan menampilkan kesan klasik elegan.

Olahraga murah meriah ini sudah menjadi tren fashion di masyarakat, karena itulah sepatu lari otomatis menjadi salah satu aksesoris pendukung gaya hidup masyarakat yang ingin tampil gaya sekaligus sehat.

Cara Memilih Sepatu Jogging yang Benar

Sumber gambar www.nytimes.com

Selain masalah orisinalitas sepatu, tentunya masih banyak faktor lain yang perlu kamu perhatikan dalam memilih sepatu lari terbaik untuk kakimu. Semua faktor yang harus kamu pikirkan itu pastinya tidak jauh dari masalah kenyamanan, keamanan pemakaian sekaligus ketangguhan sepatu saat dipakai berkativitas dalam jangka panjang.

Ingin tahu apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut ada beberapa hal paling penting yang sebaiknya kamu perhatikan dalam memilih sepatu jogging terbaik.

Perhatikan Tipe Kaki

Memilih sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk kaki kalian dapat mengakibatkan kaki mudah cedera. Ternyata di dalam telapak kaki terdapat titik-titik syaraf untuk tubuh kamu sehingga diperlukan perhatian lebih agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan. Banyak orang yang salah dalam memilih alas kaki, karena mereka tidak menyadari bagaimana tipe kaki mereka.

Ada satu cara untuk mengetahui bentuk dan ukuran kaki kamu dengan cara membasahi kaki dan menggunakan kertas sebagai alat bantu. Injak kertas dengan kakimu yang dalam kondisi basah untuk menciptakan jejak.

Jika, jejak kakimu memiliki lekukan pada bagian depan dan tumit kaki ini menandakan bahwa kamu memiliki tipe kaki melengkung. Kaki kamu cocok menggunakan sepatu dengan sol yang memiliki lekukan. Kemudian jika tipe kakimu High-Arched (lengkungan tinggi), seperti adanya ruang sempit diantara tumit dengan bagian telapak kaki kamu. Kamu lebih baik memilih sepatu empuk dengan bantalan tambahan pada bagian dalam telapak kaki. Namun kalau kamu memiliki tipe kaki yang normal seperti bentuk lengkungan yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, sebaiknya pilihlah sepatu yang menekan fitur stabilitasnya. Jika kamu memiliki tipe kaki yang datar seluruh permukaan kaki menempel pada alasnya, pilihlah jenis sepatu yang dapat memberikan kamu control pada pergerakan kaki kamu.

Sesuaikan Dengan Ukuran Kaki

Jangan terpicu dengan nomer sepatu yang biasa kamu pakai, karena disetiap sepatu memiliki bentuk dan nomor yang bebeda pula. Itu yang mengharuskan kamu membeli secara langsung untuk mengetahui pas atau tidaknya ukuran sepatu tersebut pada kakimu sendiri.

Ketika kamu membeli sepatu ada beberapa cara yang mesti kamu perhatikan saat mencoba sepatu yang kamu inginkan. Selalu pakai kaos kaki ketika mencoba sepatu, karena itu akan menentukan apakah sepatu tersebut cocok untuk kita atau tidak. Usahakan memilih sepatu yang pas pada bagian tumit kamu dan memiliki jarak sekitar 1,5 Cm antara ujung jempol kakimu dengan ujung sepatumu, hal itu perlu diperhatikan untuk memberi ruang ketika kamu berjalan dan berlari menggunakan sepatu tersebut. Jangan lupa untuk merasakan bagian tengah kaki terasa nyaman saat berpijak pada alas kakimu.

Sesuaikan Sepatu dengan Aktivitasmu

Setiap sepatu memiliki kegunaannya masing masing, seperti sepatu yang dapat meninggikan badanmu, sepatu untuk kesehatan, sepatu untuk kamu bergaya, dan sepatu untuk kamu berolahraga. Nah, khusus untuk sepatu olahraga jika kamu memakai sepatu ini harus disesuaikan dengan olahraga yang kamu lakukan. Pada setiap model sepatu akan memiliki bermacam-macam jenis dan kontur sol yang berbeda, disesuaikan dengan medan yang akan kamu lakukan.

Salah satunya sepatu untuk olahraga lari, terdapat tiga macam untuk aktivitas satu ini. Seperti lari jarak jauh, lari jogging, dan juga lari cepat untuk perlombaan tentu berbeda-beda jenis sepatu yang akan digunakan. Jogging yang biasa dilakukan pada sore hari ini memiliki desain sepatu yang ringan berbeda dengan lari estafet atau jarak jauh sifat dari sepatu yang digunakan lebih berat dan juga memiliki duri yang dibutuhkan pada sol sepatu tersebut. Sedangkan lari cepat jarak pendek untuk perlombaan sama halnya seperti lari estafet, tetapi perbedaannya sepatu yang digunakan untuk lari ini memiliki duri yang pendek dibandingkan dengan lari estafet. Dengan beragam model dan merk sepatu yang ada, kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang kamu lakukan.

Belilah Sepatumu di Malam Hari

Sumber gambar painconcern.org.uk

“Jangan membeli sepati di pagi hari itu akan membuat kamu menyesal karena saat dipakai nanti sepatu akan membuat kakimu mejadi sakit”, ungkap Rebecca Raleigh seorang penata gaya dan perancang busan para artis dunia yang dilansir oleh laman gaya hidup ternama Thefashionspot.com. Ungkapan dari Rebecca Raleigh tadi pasti kamu pernah mendengar entah dari teman, orang terdekat, atau lingkungan sekitarmu. Tapi apakah benar pernyataan tersebut sesuai dengan faktanya?

Hal ini telah dijelaskan oleh dr. Meidiy H Triangto, Sp.KFR dimana hal tersebut benar adanya, menurut dr Meidy ukuran kaki seseorang akan mencapai ukuran paling besar ketika sore hari meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh dengan ukuran saat pagi hari. Pada saat sore hari seseorang sudah melakukan aktivitas yang membuat peredaran darah menjadi lancar. Peredaran darah ini yang membuat ukuran kaki menjadi lebih besar. Sama halnya dengan dr Haidir Suleiman, MM, SpRM yang membenarkan hal tersebut, tetapi hanya sepatu untuk olahraga saja, untuk sepatu kerja ataupun sepatu untuk bepergian tidak disarankan memilih sepatu yang longgar karena akan menyebabkan kapalan pada telapak kaki. Dari penjelasan diatas sudah terbukti bahwa memang benar anjuran untuk membeli sepatu pada sore hari, tetapi hanya sepatu tertentu yang sesuai dngan perlakuan tersebut.

Ganti Sepatumu Secara Rutin

Sumber gambar running.competitor.com

Sama seperti halnya dengan manusia yang mengalami pension dalam karirnya, ternyata untuk sepatu pun hal ini juga berlaku atau masa kadaluarsa. Sepatu olahraga yang kamu pakai memiliki batas waktu pemakaian, sepatu akan kehilangan keseimbangan dan kemampuannya dalam meredam getaran ataupun guncangan pada saat pemakaiannya. Sebaiknya, kamu tidak lupa untuk mengganti sepatu larimu jika sudah dalam jarak kira-kira 500-650 Km, disaat itu sepatumu akan mengalami penipisan pada bagian tengah dan tumit.

Ada beberapa pedoman untuk membantumu memperkirakan kapan sebaiknya kamu mengganti sepatu larimu. Stephen M Pribut ahli kesehatan kaki (podiatry) dan mantan ketua American Academy of Podiatric Sport Medicine menganjurkan untuk memerhatikan penanda seperti di bawah ini untuk mengetahui kapan kamu harus mengganti sepatu olahraga kesayanganmu.


Gantilah sepatu lari atau joggingmu dengan yang baru saat sepatumu mulai menimbulkan gangguan berikut ini:

  • Bila sepatu menimbulkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman saat memakainya, sebaiknya stop pemakaian sepatu tersebut.
  • Belum mengalami kerusakan yang sangat terlihat, tetapi sisi kiri dan kanan sepatu tersebut sudah robek atau sambungan kainnya menipis.
  • Jika kakimu sering berkeringat berlebihan pada saat memakai sepatu.

Cara Merawat Sepatu Jogging yang Benar

Sumber gambar jasonmarkk.com

Kenyamanan memakai sepatu tentu semakin dirasakan jika kamu merawat sepatumu dengan apik dan bersih. Selain bersih dan nyaman, sudah pasti sepatu yang terawat lebih enak dipandang. Pasti memalukan kalau kamu berolahraga dengan sepatu dekil penuh kotoran yang menimbulkan kesan jorok, bukan? Kalau kamu ingin membersihkan sepatumu sendiri, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti seperti di bawah ini.

Gunakan Pembersih Sepatu yang Aman

Sumber gambar sneakerconnectny.com

Pilih pembersih sesuai dengan jenis sepatu kamu. Karena pembersih menentukan jenis dari sepatu yang kamu pakai. Seperti salah satunya sepatu Vans berwarna putih, kamu pasti ingin melihat sepatu kesayanganmu kembali terlihat cerah dan baru. Dengan cara membersihkan bagian yang berwarna putih menggunakan perlatan rumah tangga, seperti pemutih, pembersih kuteks (aseton), pembersih jendela, sponge atau busa melamin, buah lemon, soda kue, dan hydrogen peroksida.

Kemudian, jika kamu ingin membeli pembersih sepatu yang instant, kamu dapat membeli Reebok Wash Atletic Shoes & Sports Gear Shampoo seharga Rp 79.000 dari laman Bukalapak.com. Pembersih sepatu produksi reebok ini dilengkapi dengan bahan alami seperti jojoba dan minyak kelapa yang tidak akan merusak sepatu meski dibersihkan berulang kali. Cara pemakaiannya pun juga mudah, dengan meneteskan pada lap kain berbahan katun atau busa/sponge. Lalu, usapkan pada sepatu secara lembut diseluruh bagian sepatu dengan satu arah lalu keringkan sepatu di tempat bersirkulasi udara lancar.

Lepas Semua Tali Sepatu

Sumber gambar gazettereview.com

Ketika membersihkan sepatu, pastikan tali sepatu harus dilepas sebelum kamu membersihkan seluruh bagiannya untuk mendapatkan hasil maksimal. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan bantalan atau pengganjal kaki yang biasanya ada didalam sepatu olahraga. Kemudian, ikatkan tali sepatu dengan sol sepatu dan masukkan kedalam mesin cuci agar keduanya tidak tersangkut pada lubang tabung mesin cuci kamu. Atau kalau kamu ragu mencuci dengan mesin, bisa saja kamu mencuci tali dan sol dalam sepatu dengan direndam dalam larutan air sabun. Kalau kamu mencuci dengan tangan, kamu bisa tambahkan juga satu cangkir cuka putih untuk membunuh bakteri, bau, dan menghilangkan noda yang ada pada tali dan sol sepatu kamu.

Gunakan Air Hangat

Sumber gambar cleaningexec.com

Terkadang mencuci sepatu olahraga memang agak sulit. Tetapi, kamu bisa melakukan dengan cara membasahi bagian atas sepatu kamu dengan air hangat sebelum memakai sepatu kamu. Bersihkan menggunakan sikat yang lembut dan kering, kamu dapat memakai kain katun, spons, atau sikat gigi yang tidak terpakai di rumahmu. Sediakan 2 cangkir air hangat pada wadah saat membersihkan sepatu olahraga dan campurkan air hangat tersebut dengan ¼ cangkir pembersih khusus sepatu. Jangan gunakan air panas, karena akan berdampak pada perekat sepatu yang dapat meleleh. Gosok perlahan hingga noda pada sepatu kamu hilang.

Sepatu Jogging Pilihan untuk Olahraga Sehari-hari

Berolahraga tetapi masih ingin tetap bergaya, mengapa tidak? Mendapatkan tubuh yang sehat memang sudah menjadi keharusan untuk setiap manusia hingga olahraga dengan penampilan tetap gaya sudah menjadi tren di masa kini. Buat anda yang ingin hidup sehat dengan rajin olahraga, tentunya sepatu merupakan penunjang utama aktivitas ketika ingin melakukan olahraga lari. Perhatikan kualitas, keawetan serta kenyamanan sebelum kamu menjatuhkan pilihan pada sepatu jogging idaman. Penasaran seperti apa sepatu jogging rekomendasi untuk anda? Baca saja aneka jenis sepatu pilihan dari kami berikut ini.

Puma ST Runner NL GeoMetry - 36013002

Untuk mendukung penampilan kamu ketika berolahraga lari, kini hadir sepatu kasual berbahan synthetic leather persembahan dari PUMA.

ST Runner keluaran PUMA tentu bisa menjadi pilihan kamu untuk berolahraga sambil bergaya. Sepatu yang mengutamakan kenyamanan ini akan membuat kamu semakin lincah saat bermain. Dengan desain yang stylish sepatu ini akan memberikan efek positif dan menawan saat memakainya. Hadir dengan dua warna yaitu navy dan orange. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 400.000 – Rp 600.000 dan kamu dapat menemukan sepatu ini pada online shop Lazada, Elevania, dan Bukalapak. Menggunakan bahan yang berkualitas, sepatu ini akan membuat kamu semakin bersemangat dalam berolahraga.

League Ghost Runner Nocturnal

Sumber gambar league-world.com

Kamu suka jogging? Kamu juga bangga menggunakan produk dalam negeri hasil kreativitas anak bangsa? Kalau ya, maka kamu perlu coba sepatu produksi League yang sepenuhnya dibuat di dalam negeri, yaitu Ghost Runner Nocturnal. Sepatu ini akan memaksimalkan performa kamu dalam melakukan olahraga lari. Dengan bobot yang ringan dan bentuk yang fleksibel sangat pas digunakan tidak hanya untuk berolahraga, tetapi dalam melakukan aktivitas sehari-hari kamu.

Ghost Runner Nocturnal akan memberikan pengalaman yang bebeda, karena material dalam sepatu ini memiliki teknologi Air Quick, Exoskin, Cushlite, dan Orthilite Open-Cell Foam dimana hal ini mampu memaksimalkan kamu saat berolahraga dan memberi rasa nyaman. Kamu tidak akan merasa was-was ketika melakukan olahraga karena fitur anti selip pada sol spatu yang terbuat dari karet alami sudah pasti menjamin kemanan dan kelancaran gerak kaki saat kamu berolahraga. Kamu bisa mendapatkan sepatu yang hadir dalam kombinasi warna dinamis dan trendy ini di laman resmi Lazada.co.id seharga Rp 659.000.

Puma Speed 300 Ignite Nightcat

Sumber gambar www.lazada.co.id

Puma tidak diragukan lagi dalam memberikan tampilan sepatu olahraga yang dapat dipakai sehari-hari. Pada setiap produksinya puma selalu mengerjakan dengan penuh ketelitian yang didesain oleh para ahli dibidangnya dan menampilkan model yang modern.

Kualitas dari Puma jangan diragukan lagi, Puma Speed 300 Ignite Nightcat Running Shoes menggunakan bahan-bahan terbaik yang akan membuat kamu akan merasa sangat nyaman saat berolahraga. Pada bagian solnya terdapat bantalan yang empuk bagi tumit kamu dan juga lebih ringan saat dipakai. Ringannya sepatu ini membuat kamu dapat meningkatkan kecepatan saat melakukan lari dan mampu meminimalisir terjadinya kaki yang terkilir dan cedera. Sepatu ini akan kuat dan tahan lama dan tidak mudah rusak walaupun sering kamu gunakan.

Dengan spesifikasi seperti ini, kamu bisa mendapatkan sepasang sepatu Puma Speed 300 Nightcat seharga Rp 1.500.000 di laman Bukalapak.com. Mungkin terasa cukup mahal, tapi jelas setiap rupiah yang kamu keluarkan sebanding dengan mutu dan ketahanan sepatu berkualitas produksi Puma yang satu ini.

Reebok Pheehan Run 4.0 SE

Rebook kembali mengeluarkan produk terbaru yang bernama Reebok Pheehan. Berbahan dasar dengan material-material pilihan yang berkualitas, seperti Sandwich mesh yang memberi sirkulasi yang baik dalam pemakaian sepatu. Fleksibilitas dibagian depan kaki dan bawah kaki bekerja bersamaan dengan begitu membuat sepatu ini bertahan sangat lama dan kuat untuk pemakaian jangka panjang. Stabilitas pada sepatu ini memungkinkan kamu untuk berlari jauh.

Sepatu ini sangat ringan sehingga menjamin pada alas kaki akan terasa nyaman meski kamu beraktivitas seharian tanpa henti. Cengkraman sol sepatu Reebok Pheehan juga sangat kuat sehingga dapat dipakai pada medan yang permukaannya licin. Desain dari sepatu ini mempunyai potongan yang rendah dan dapat memaksimalkan pergerakan dan memungkinkan kamu melakukan transisi pergerakan kecepatan berlari secara cepat. Soal harga, sangat terjangkau yaitu dengan hanya Rp 399.000 kamu sudah bisa mendapatkan sepasang sepatu Reebok Pheehan Run dari laman Lazada.co.id.

Adidas Sonic S78245

Sumber gambar www.prodirectsoccer.com

Bagi kalian para pria penyuka lari, kalian wajib untuk membeli sepatu Adidas CC Sonic ini. Kamu dapat berolahraga, tetapi tetap bisa bergaya karena bentuk dan model dari jenis sepatu ini memiliki bermacam-macam warna dengan desain yang elegan.

Pada sepatu Adidas CC Sonic terdapat bantalan berteknologi Bounce pada bagian sol yang membuat sepatu ini dapat menopang kamu ketika berjalan dan juga berolahraga. Teknologi Bounce ini membuat sepatu yang kamu pakai bisa menahan benturan saat kaki menghentak dan menyebarkan efek benturan tersebut dengan lembut dan merata untuk meminimalkan resiko cedera. Dengan material khusus dan sirkulasi udara yang baik dalam sepatu Adidas ini, kamu akan merasakan kenyamanan seat menggunakannya. Kamu bisa mendapatkan sepatu berteknologi canggih ini dari laman Lazada.co.id dengan harga Rp 1.624.000.

Nike Air Relentless 6 MSL

Sumber gambar tokopedia.com

Bagi kamu yang mencari sepatu berkualitas dengan teknologi tinggi, Nike Air Relentless 6 MSL bisa jadi jawabannya. Sepatu olahraga untuk pria ini menggabungkan performa inovatif dan desain yang modern yang siap memenuhi kebutuhan para pemakainya.

Hadir dengan bagian atas sepatu berbahan kombinasi fiber sintetis, resin sintetis (TPU), kulit artifisial, serta midsole berbahan resin sintetis (Lithrone). Bantalan dalam sepatu Nike ini sangat ringan dan memiliki respon yang fleksibel terhadap kaki pemakainya. Banyak pelari yang mengapresiasi lapisan yang ada pada sepatu ini yang memberikan rasa pas saat menggunakan sepatu dan mencegah sepatu terlepas dengan sengaja. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan cedera untuk memakai sepatu ini. Harga yang diberikan untuk sepatu keren ini relatif terjangkau, mulai dari Rp 719.000 di laman Tokopedia.com.

From our editorial team

Sepatu Penunjuang Gaya Hidup Sehat Modern

Setelah membaca rekomendasi dan tips memilih sepatu jogging dari BP-Guide, semoga kamu bisa menemukan sepatu yang sesuai dengan aktivitasmu sehari-hari. Jangan lupa sesuaikan dengan budget pribadi, kalau kamu masih pemula dalam berolahraga dan belum perlu sepatu dengan spesifikasi super canggih, jangan memaksa diri membeli sepatu berharga selangit. Yang terpenting sesuaikan dengan ukuran kaki dan aktivitasmu karena bahkan sepatu berteknologi paling mutakhir pun tidak selalu cocok di kaki semua orang. Jadi, happy shoe shopping dan selamat berolahraga demi kehidupan yang lebih sehat!