Yuk, Intip 6 Rekomendasi Beras Lokal Indonesia yang Berkualitas dan Lezat Ini!

Yuk, Intip 6 Rekomendasi Beras Lokal Indonesia yang Berkualitas dan Lezat Ini!

Setelah seumur hidup ini makan nasi terus, pernah kepikiran tidak sih mengapa mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya? Yuk, baca ulasan tim BP-Guide tentang beras-beras lokal yang jadi makanan wajib orang Indonesia.

Indonesia Dikenal Sebagai Salah Satu Negara yang Menghasilkan Beras Berkualitas

Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, meskipun ada juga sebagian masyarakat yang mengonsumsi sagu, ubi, jagung, dan makanan pokok lainnya. Tak heran bila Indonesia dikenal sebagai produsen beras terbesar ketiga di dunia. Tak hanya itu saja, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang menghasilkan beras-beras berkualitas.

Daerah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia

Jawa Timur

Sumber gambar id.wikipedia.org

Salah satu wilayah di Indonesia yang merupakan produsen padi terbesar adalah Jawa Timur. Bahkan, Jawa Timur juga dikenal sebagai lumbung padi terbesar di Indonesia. Hal itu dikarenakan ada beberapa kabupaten di Jawa Timur adalah penyumbang beras yang besar yaitu Jember, Lamongan, Banyuwangi, Bojonegoro, dan Ngawi.

Jawa Tengah

Sumber gambar id.wikipedia.org

Jawa Tengah memproduksi padi sebesar 13,52 juta ton dari total produksi nasional. Oleh karena itulah, Jawa Tengah menempati tempat kedua sebagai lumbung padi terbesar di Indonesia. Jawa Tengah didukung oleh kondisi alam yang memiliki sumber air melimpah, makanya lahan pertanian di Jawa Tengah sangat subur dan penuh potensi.

Jawa Barat

Sumber gambar id.wikipedia.org

Setelah Jawa Timur, Jawa Barat menduduki tempat ketiga sebagai lumbung padi terbesar di Indonesia. Jawa Barat mampu menghasilkan padi sekitar 540 ribu ton padi dalam jangka waktu satu tahun. Untuk wilayah pertanian, Jawa Barat menduduki tempat pertama sebagai lahan pertanian terbesar di Indonesia, yaitu sekitar 114 ribu hektar.

Sulawesi Selatan

Sumber gambar www.pemburuombak.com

Sulawesi Selatan (Sulsel) tidak hanya terkenal sebagai lahan peternakan sapi terbesar di Indonesia, tetapi juga terkenal sebagai penghasil padi terbesar keempat di Indonesia. Sulsel dapat menghasilkan sekitar 490 ribu ton padi setiap tahunnya. Salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang menyumbang beras terbesar adalah kabupaten Wajo yang memiliki julukan Bumi Lamaddukelleng.

Beberapa Jenis Beras Lokal yang Populer dan Jadi Favorit Masyarakat Indonesia

Menthik Susu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Menthik Susu adalah beras yang memiliki bentuk bulat lonjong dan gemuk. Sesuai dengan namanya, beras yang berasal dari Magelang ini memiliki warna putih seperti susu. Menthik Susu mengandung nutrisi dan kaya akan mineral.

Anda bisa mendapatkan produk MARTANI Beras Organik Menthik Susu Vacuum Pouch 1kg. Anda dapat menemukannya di Bukalapak seharga Rp 37.500. Beras ini sangat cocok untuk menurunkan kadar gula darah, baik untuk penderita diabetes melitus dan hipertensi, melancarkan BAB, serta telah tersertifikasi organik, dan bebas dari cemaran kimia sintetik.

Ramos

Sumber gambar www.tokopedia.com

Anda pasti mengetahui beras jenis Ramos yang teksturnya pulen dan rasanya gurih. Beras jenis IR 64 ini banyak ditanam di Jawa Barat. Bulir dari beras ramos ini panjang dan memiliki aroma beras natural.

BP-Guide merekomendasikan untuk Anda Padi Walet Setra Ramos Beras 5 kg yang menginginkan beras ramos. Beras ini diproses menggunakan mesin dengan teknologi tinggi, sehingga menghasilkan beras yang bersih, putih alami, dan higienis. Anda bisa membelinya di Blibli hanya dengan Rp 63.900.

Menthik Wangi

Sumber gambar www.blibli.com

Menthik Wangi adalah beras yang empuk dan pulen. Tidak hanya itu, ketika ditanak beras ini akan mengeluarkan aroma wangi. Beras ini akan membuat Anda semakin berselera untuk makan.

Untuk mendapatkan Menthik Wangi, Anda bisa mendapatkannya dengan nama produk Rice Me Up Mentik Wangi Beras Organik 1 kg. Beras ini ditanam dan diproses secara organik. Kaya akan vitamin, mineral, serat, dan rendah gula. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 29.900.

Pandan Wangi

Sumber gambar www.blibli.com

Pandan wangi adalah beras yang ketika dimasak akan mengeluarkan aroma pandan. Jenis beras yang memiliki bentuk bulat dan pulen ini adalah salah satu varietas beras terbaik di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk mencoba beras ini, Anda bisa membelinya dengan nama produk O Rice Beras Organik Pandan Wangi Cianjur Premium 5 kg. Beras yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi ini bebas pestisida dan bahan kimia lainnya. Anda bisa membelinya hanya dengan Rp 200.000 di Blibli.

Rojolele

Sumber gambar www.blibli.com

Rojolele adalah beras yang berbentuk memanjang dan berwarna putih cerah. Beras ini berasal dari Jawa Tengah. Beras ini memiliki rasa pulen dan mengeluarkan aroma wangi ketika dimasak. Karena itulah, beras ini menjadi primadona beras di Indonesia.

Anda bisa mendapatkan Rojolele dengan nama produk ROJOLELE Beras Super Quality 5 kg. Beras ini terbuat dari padi pilihan yang berkualitas, bersih, murni, dan tahan lama. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 65.500.

Solok

Sumber gambar www.bukalapak.com

Salah satu beras unggulan Indonesia yang berasal dari Sumatra adalah beras dari Solok, Sumatra Barat. Beras ini memiliki karakteristik unik dan bahkan telah diekspor ke negara tetangga. Beras solok ini memiliki rasa pulen dan tidak mudah lembek atau hancur, warnanya putih bersih, dan aromanya juga wangi.

Anda bisa mendapatkan beras solok ini dengan nama produk Beras Padang Asli Solok Anak Daro Super yang tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 114.000.

From our editorial team

Beras Lokal Berkualitas Baik yang Layak Dicoba

Sebagai masyarakat Indonesia, makan nasi tidak bisa lepas dari urusan perut sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu mencoba beras unggulan yang Indonesia miliki yang ditanam langsung oleh petani lokal. Selain kenikmatan yang bisa Anda rasakan, Anda pun membantu produk lokal khususnya para petani Indonesia untuk lebih maju dibandingkan harus mengonsumsi produk impor.