Tak Perlu ke Kafe, Anda Bisa Coba 9 Resep Makanan Unik yang Mudah Dibuat Ini di Rumah!

Tak Perlu ke Kafe, Anda Bisa Coba 9 Resep Makanan Unik yang Mudah Dibuat Ini di Rumah!

Suka memasak makanan unik dan menyajikannya saat santai ataupun untuk bekal? Mungkin Anda bisa coba berbagai kreasi makanan unik yang mudah dibuat yang telah dirangkum BP-Guide berikut ini!

Tak Perlu Sering ke Kafe, Anda juga Bisa Buat Makanan Unik di Rumah

Sumber gambar focusedcollection.com

Anda adalah penikmat kuliner atau pemburu kuliner-kuliner unik? Anda tidak perlu terlalu sering ke kafe-kafe. Selain akan membuat Anda boros, hal itu juga akan membuang-buang waktu dan tenaga Anda.

Jika Anda ingin mencicipi kuliner yang unik-unik, Anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkreasikannya dengan seleran Anda sendiri dan tentunya lebih irit.

Makanan Unik Tak Lengkap Tanpa Minuman Pendamping Ini!

Es Teh / Teh hangat

Sumber gambar www.hipwee.com

Untuk melengkapi menu-menu unik Anda, perlu minuman-minuman yang segar-segar, salah satunya adalah es teh. Jika Anda membutuhkan minuman yang menghangatkan, teh hangat menjadi pilihannya.

Minuman berbahan dasar teh ini memang terkenal sebagai minuman klasik karena telah sejak lama dikonsumsi. Tetapi, kenyataannya hari ini es teh atau teh hangat tetap menjadi minuman favorit yang tidak pernah dilewatkan ketika berburu menu-menu kuliner.

Kopi Susu

Sumber gambar m.harian88.com

Untuk menemani kenikmatan menu makanan Anda, kopi susu hadir sebagai pasangan yang pas. Perpaduan rasa pahit kopi yang khas dengan rasa susu yang manis, membuat kopi susu menjadi minuman yang membuat Anda ketagihan. Menu-menu makanan seperti roti-rotian sangat cocok jika dihidangkan bersama dengan kopi susu.

Jus Buah

Sumber gambar www.indiatvnews.com

Selanjutnya adalah jus buah. Tidak hanya menyegarkan, tetapi jus buah juga menjadi rekomendasi karena memiliki banyak manfaat dari kandungan buah. Dengan kandungan yang dimiliki berbagai buah pilihan, membuat jus buah tidak hanya menyegarkan dahaga Anda tetapi akan menyehatkan tubuh Anda juga.

Minuman Ringan

Sumber gambar marketing.co.id

Selanjutnya, minuman yang menemani menu-menu kuliner Anda adalah minuman ringan. Minuman ringan ini adalah minuman yang proses pembuatannya tidak terlalu rumit tetapi juga memberikan sensasi kesegaran, seperti minuman cola, minuman, jus, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Makanan Unik yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Bakpao Buah

Sumber gambar www.tribunnews.com

Rekomendasi pertama adalah Bakpao Buah. Jika anak-anak Anda tidak menyukai buah-buahan, bakpao berbentuk buah ini bisa menjadi alternatif untuk buah hati Anda. Memberikannya bakpao yang ia sukai dengan bentuk yang menyerupai buah, akan membuat anak Anda tertarik untuk mengkonsumsi buah.

Cara membuat bakpao buah ini sama seperti bakpao-bakpao biasanya, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan bahan-bahan seperti 500 gr terigu Segitiga Biru 1 sdt ragi Fermipan, 250 ml air hangat, 4 sdm gula halus, 2 sdm mentega putih, dan 1 sdt baking powder.

Langkah pertama adalah, campurkan gula dan Fermipan dalam setengah gelas air hangat, diamkan selama 15 menit hingga berbusa. Selanjutnya campurkan terigu, mentega putih dan baking powder. Lalu masukkan air hangat yang telah diberi Fermipan. Masukkan perlahan sambil mengaduk adonan.

Kemudian, diamkan kembali selama 45 menit. Setelah itu tinju adonan dan bentuk bakpao menjadi karakter buah. Kemudian diamkan lagi 5 sampai 10 menit hingga mengembang dan kukus selama 10 menit. Akhirnya, bakpao buah untuk anak Anda telah siap dihidangkan.

Chocodot

Sumber gambar www.omiyago.com

Menu kuliner yang direkomendasikan selanjutnya adalah Chocodot. Chocodot adalah coklat yang berisi dodol. Tekstur dodol yang kenyal berpadu dengan rasa coklat yang manis, menghasilkan cita rasa Chocodot yang memiliki ciri khas dan lain dari pada makanan yang lainnya. Untuk membuat chocodot tidaklah sulit, Anda bisa membuat makanan khas Garut ini di rumah Anda.

Sebelum mulai memasak, beberapa bahan yang Anda harus siapkan adalah tepung ketan setengah kilo gram, gula jawa 1 kilo gram, santan kental dan santan cair dari tiga butir kelapa, coklat bubuk sebanyak setengah ons, gula pasir sebanyak setengah ons dan garam secukupnya.

Cara pembuatan dari Chocodot ini, langkah pertama yang Anda lakukan adalah mengadoni tepung ketan dengan sedikit garam, kemudian masukkan santan cair dan tambahkan coklat bubuk, masak dan tunggu hingga matang. Selanjutnya rebus gula bersama sedikit santan hingga hancur. Lalu saring dan masukkan ke adonan ketan yang sebelumnya telah matang, lalu aduk sampai rata.

Campurkan santan kental kemudian aduk sampai mengental dan mengeluarkan minyak. Setelah itu tuangkan di atas kertas roti yang telah diolesi minyak. Setelah adonan kaku, potong-potong dan kemudian bungkus dengan menggunakan kertas minyak. Akhirnya Chocodot telah dapat dinikmati.

Rambut Nenek

Sumber gambar www.plukme.com

Makanan selanjutnya adalah rambut nenek. Jajanan yang memiliki nama yang cukup unik ini merupakan jajanan anak-anak tahun 80-90an. Namun, jajanan rambut nenek ini dapat dikatakan sebagai kuliner lintas generasi karena sampai hari ini jajanan ini masih bisa kita jumpai hari ini.

Beberapa bahan yang perlu Anda siapkan adalah gula pasir 250 gr, 150 gr tepung terigu, pewarna makanan jika perlu, minyak goreng secukupnya, air secukupnya, dan 2 buah sumpit bambu.

Cara pembuatannya adalah tuang minyak goreng ke wajan dengan api kecil. Masukkan tepung terigu, sangrai sambil diaduk-aduk hingga tepung terigu matang, harum dan warnanya berubah kecoklatan. Sisihkan terlebih dahulu, kemudian siapkan panci.

Selanjutnya masukkan gula pasir, pewarna makanan, dan sedikit air, aduk adonan tersebut dengan merata. Basahi gula secukupnya agar tidak menjadi karamel. Panaskan gula hingga meleleh dan mencair.

Selanjutnya siapkan loyang datang dan olesi permukannnya dengan minyak goreng. Lalu angkat gula yang telah meleleh dan selanjutnya tuangkan ke atas loyang. Selanjutnya tarik gula menggunakan sumpit, kemudian lipat, tarik lagi.

Ulangi gerakan tersebut. Setelah gula kembali memadat dan elastis seperti gulali, lingkar gulali dengan menyambung kedua ujungnya hingga menyatu sampai bentuknya menjadi seperti donat.

Langkah selanjutnya adalah tuangkan tepung terigu yang sudah digoreng sebelumnya ke gulali. Kembali tarik gulali dengan arah yang berlawanan. Semakin lama gulali akan menjadi padat, dibutuhkan tenaga yang ekstra. Kemudian ulangi gerakan menarik, lipat kemudian tarik lagi, hingga adonan menjadi seperti rambut. Makanan rambut nenek yang legendaris telah siap disajikan.

Semangka Goreng

Sumber gambar kokienom.blogspot.com

Selanjutnya adalah semangka goreng. Unik bukan? Semangka yang biasanya dimakan secara langsung atau dicampurkan dalam salad buah atau es buah. Tetapi bagaimana jadinya jika semangka itu digoreng.

Berikut cara pembuatan dari makanan semangka goreng. Tapi sebelumnya bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 1 buah semangka yang bijinya sudah dibuang, 3 cangkir minyak, 1/2 cangkir maizena, 2 putih telur yang telah dikocok, 2 sendok teh air, 3/4 cangkir tepung, dan gula bubuk untuk garnish.

Cara pembuatannya adalah porong semangka tanpa biji hingga berbentuk persegi sebesar 2 cm. Panaskan minyak pada wajan cekung atau deep fryer. Lalu kocok putih telur, air, dan tepung maizena. Masukkan semangka ke dalam adonan ini dan goreng. Goreng sampai berwarna keemasan kemudian angkat dan tiriskan. Taburi gula bubuk dan semangka goreng telah siap dinikmati.

Cokelat Pisang Sembunyi

Sumber gambar www.aremafood.com

Kuliner unik selanjutnya adalah coklat pisang sembunyi. Kenapa nama makanan ini ada kata sembunyinya? Karena pisang didalam makanan ini bersembunyi dibalik krispinya kulit pangsit.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 5 buah pisang, 20 lembar kulit spring roll, coklat meses secukupnya, minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatannya adalah pertama bersihkan pisang kemudian bungkus dengan kulit sping roll, sebelumnya taburi meses sampai menutupi bagian atas pisang. Setelah semua pisang terbungkus, goreng hingga warnanya kecoklatan. Angkat dan tiriskan, coklat pisang sembunyi telah siap dinikmati.

Pisang Goreng Pasir

Sumber gambar www.vemale.com

Selanjutnya adalah pisang goreng pasir. Pisang goreng ini memiliki ciri khas yaitu memiliki kriuk-kriuk yang nyata.

Untuk membuat pisang goreng pasir ini, bahan-bahan yang Anda perlu siapkan adalah 13 buah pisang raja yang dipotong menjadi dua, 7 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung beras, 1/2 sdm tepung tapioka, 1/2 sdm fiber creme, 1/4 sdt garam, 2 sdm gula pasir dan 1/4 sdt kayu manis bubuk, 140 cc air dingin, tepung panko secukupnya, dan minyak goreng.

Cara pembuatan pisang goreng pasir ini adalah campurkan bahan tepung, gula, garam, fiber creme dan kayu manis bubuk, kemudian masukkan air dingin dan aduk rata. Celupkan pisang ke adonan tepung kemudian balur dengan tepung panko, lalu diamkan selama 30 menit di dalam kulkas.

Selanjutnya adalah tahap penggorengan, pertama panaskan minyak goreng, kemudian goreng pisang dengan api kecil, setelah pisang goreng matang, angkat dan tiriskan. Akhirnya, pisang goreng pasir Anda telah siap dihidangkan.

Oreo Goreng

Selanjutnya adalah cemilan unik yaitu oreo goreng. Oreo adalah biskuit yang terkenal dengan rasanya yang khas dengan perpaduan rasa manis dan renyah. Karena memiliki rasa yang khas, oreo sering digunakan sebagai penyedap rasa dan hiasan makanan, seperti es krim, minuman shake, jus, dan lain sebagainya. Tetapi bagaimana jika oreo di goreng?

Mungkin terdengar aneh, tetapi bagi Anda yang suka dengan kuliner yang unik atau Anda penggemar oreo, rugi bila tidak mencicipi oreo goreng. Untuk membuat oreo goreng, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut. Oreo satu bungkus, susu cair 100 ml, baking powder 1/2 sdt, tepung terigu 100 gr, margarin 2 sdm, telur ayam 1 butir, minyak goreng 1/4 liter.

Langkah pertama yang Anda harus lakukan untuk membuat oreo goreng adalah masukkan oreo ke dalam freezer selama 2 jam. Kemudian campur tepung terigu dan telur kemudian aduk merata. Selanjutnya masukkan susu cair perlahan lalu aduk adonan sembari memasukkan baking powder dan aduk kembali hingga merata. Kemudian masukkan margarin yang sudah dilelehkan lalu aduk kembali hingga rata.

Kemudian keluarkan oreo dari freezer dan celupkan ke adonan. Setelah semua bagian oreo tertutup oleh adonan. Goreng dengan api kecil, hingga warnanya menjadi keemasan. Setelah itu angkat dan tiriskan. Oreo goreng telah siap untuk dinikmati.

Es Sprite Jelly

Sumber gambar brakpanherald.co.za

Selanjutnya adalah es sprite jelly. Kuliner ini sangat unik dan sangat mudah untuk dibuat. Bahkan menu es sprite jelly ini dapat dibuat tidak lebih dari lima menit.

Pertama bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah permen jelly (Yupi) dan Sprite. Untuk cara pembuatannya langkah pertama tuangkan jelly dan sprite dalam satu wadah, kemudian masukkan ke dalam freezer untuk dibekukan. Selesai. Es sprite jelly telah dapat dinikmati.

Biskuit Oat Pisang

Sumber gambar selerasa.com

Rekomendasi terakhir untuk menu kuliner unik adalah biskuit oat pisang. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat biskuit oat pisang ini adalah 30 biskuit, 200 gram oat, 3 sampai 4 buah pisang, 100 gram butter, choco chips secukupnya.

Cara pembuatannya adalah panaskan oven terlebih dahulu. Kemudian haluskan oat dan campurkan dengan pisang dan butter yang sudah dihaluskan. Aduk sampai rata. Selanjutnya tambahkan choco chips, dan bentuk sesuai selera. Masukkan ke oven selama 40 sampai 50 menit. Setelah matang, biskuit oat pisang siap dihidangkan.

From our editorial team

Makin Hemat Jajan Makanan Unik dengan Membuatnya Sendiri!

Kalau Anda gemar makan atau ngemil tentu Anda suka mencoba makanan-makanan unik yang banyak dijajakan di kafe. Meski begitu, terlalu sering jajan di kafe atau restoran tentu bisa bikin kantong jadi bolong. Nah, kalau Anda ingin berhemat, Anda bisa membuat jajanan atau makanan unik sendiri di rumah dan ajak juga keluarga untuk menikmatinya bersama.