Tak Khawatir Mencari Makanan Halal, Ini Dia 9 Restoran Halal di Korea Selatan! (2018)

Tak Khawatir Mencari Makanan Halal, Ini Dia 9 Restoran Halal di Korea Selatan! (2018)

Penggemar berat K-Pop dan sejumlah bintangnya? Ingin melancong ke Korea Selatan yang dikenal dengan nama negeri ginseng ini? Bagi Anda yang muslim, jangan ragu berkunjung ke Korea Selatan, karena Anda bisa menemukan makanan halal dengan mudah di negara ini, khususnya di Seoul.

Seoul kini sudah banyak berbenah dan mulai ramah terhadap wisatawan muslim

Korea Selatan menjadi salah satu negara impian bagi banyak wisatawan. Di Indonesia, sejak gejala K-Pop merambah, ada banyak yang berharap bisa berkunjung ke Korea Selatan. Kota yang menjadi salah satu tujuan favorit adalah Seoul, ibukota negara Korea Selatan.

Nah, bila Anda sedang merencanakan untuk berangkat ke Seoul, atau mungkin sekarang sedang berada di Seoul, tentunya wisata kuliner di negara yang satu ini jangan Anda lewatkan. Namun, bagi Anda yang beragama Islam tentu agak ragu untuk makan di sembarang tempat, bukan?

Khusus di Korea, Anda bisa dengan makan di banyak tempat yang menyediakan makanan halal. Mulai dari bermacam hidangan berbahan dasar tumbuhan dan hewan laut. Atau, banyak juga makanan yang disediakan berbahan dasar daging yang berasal dari sapi, domba atau kambing namun disembelih dengan cara dan aturan Islam. Restoran muslim tersebut antara lain menyediakan makanan India dan Pakistan, juga Turki dan Arab.

Lima kategori dalam mencari restoran halal di Korea

Halal Certified

Pertama yang harus diperhatikan adalah sertifikat halal dari Korean Muslim Federation, alias MUI-nya Korea Selatan. Tahun ini, sempat digelar event bertajuk Halal Restaurant Week 2017 yang diikuti lebih dari 252 restoran seantero Korea Selatan.

Hal itu cukup membahagiakan, karena berarti di seantero Korea Selatan ada sekitar 252 restoran yang ramah untuk umat muslim yang berkunjung ke negeri ginseng tersebut.

Self Certified

Selain sertifikasi halal, Anda juga bisa memastikan kehalalan produk tersebut dengan menanyakan langsung pada pemilik restoran. Bisa jadi, restoran tersebut baru atau belum mendapat sertifikasi halal dari KMF. Namun, seluruh makanan dan menu yang disajikan semuanya halal.

Misalnya beberapa restoran seperti Usmania, Little India, Taj Palace, Murree Food, Siti Sarah dan masih banyak lagi restoran yang memberi sertifikasi halal sendiri karena memastikan makanan yang disediakannya halal.

Muslim Friendly

Ada beberapa restoran yang "muslim friendly", maksudnya bisa dikunjungi oleh muslim karena menyediakan makanan yang halal. Namun, tetap menjual minuman beralkohol untuk tamu non muslim.

Beberapa restoran tersebut disebutkan oleh Korea Tourism Organization (KTO) sebagai "Muslim Friendly Korea" yang ditujukan untuk para wisatawan beragama Islam.

Muslim Welcome

Restoran berikutnya adalah yang dikategorikan muslim welcome. Maksudnya, restoran ini bisa dimasuki oleh siapa saja, begitu juga muslim. Jadi, restoran ini menyediakan banyak makanan, termasuk makanan halal.

Paling banyak, makanan yang dijual oleh restoran berkategori muslim welcome adalah terbuat dari menu vegetarian.

Pork Free

Restoran selanjunya adalah yang berkategori Pork Free. Maksudnya, restoran ini tidak menggunakan daging babi dalam apapun bahan makanannya. Jadi, restoran ini bisa dengan aman didatangi oleh muslim.

Beberapa restoran berlabel pork free, antara lain Pulhyanggi, Shuchiku, Seongbukdong dan lain-lain.

9 restoran yang menjual makanan halal di Seoul yang bisa dijadikan pilihan

1. Resto Korean Food

EID Halal Korean Food

Sumber gambar havehalalwilltravel.com

Tempat makan pertama yang BP-Guide rekomendasikan di Seoul adalah EID Halal Korean Food. EID menyediakan makanan ala Korea yang halal dan aman untuk muslim.

Restoran ini berada di Itaewon, yang merupakan kawasan paling banyak penyedia restoran atau rumah makan yang halal. Lokasi ini berada di dekat Masjid Central Seoul, hanya beberapa meter saja di belakang masjid tersebut.

Harga makanan beragam, ada yang dijual paling murah ₩8.000 atau setara dengan Rp 95.296, sampai ₩12.000 atau setara dengan Rp 142.944.

Makan Halal Restaurant

Sumber gambar tripadvisor.com

Tahun 2015 silam, sebuah restoran makanan khas Korea namun halal dan aman bagi muslim dibuka di Itaewon. Lokasinya berada di depan Masjid Central Seoul, lokasinya juga berdekatan dengan restoran EID.

Makanan yang disediakannya juga khas Korea. Beberapa menu Korea seperti Bulgogi, Dakdoritang dan Mulnaengmyeon dihidangkan di restoran ini. Harga makanan dijual mulai dari ₩8,000 sampai ₩12,000 atau sekitar Rp 95.296 hingga Rp 142.944.

Yang Good

Sumber gambar drizzlinghappines.com

Yang Good juga merupakan restoran yang menyediakan makanan khas Korea namun aman dan halal bagi muslim. Restoran ini menyediakan makanan berbahan dasar kambing, salah satunya BBQ Korea yang terkenal itu, loh.

Restoran ini juga menyediakan makanan khas Korea lainnya seperti Deonjang-Jjigae, Mulnaengmyeon dan sebagainya. Dijamin halal, juga nikmat loh. Anda bisa menemukan restoran ini di Gangnam-Gu, Nonhyeon-ro, 95 gil, 15. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan Yeoksam line 2. Makanan di tempat ini dijual dengan kisaran harga mulai dari ₩11,000 hingga ₩30,000 atau sekitar Rp 131.032 hingga Rp 357.360.

Restoran Murree Muslim Food

Muree merupakan salah satu restoran yang paling lengkap menyediakan menu makanan Korea yang halal di Seoul. Namun, harganya memang sedikit lebih mahal dibanding dengan restoran halal lainnya.

Beberapa makanan terkenal khas Korea, seperti Samgyetang alias Sup Ayam Gingseng, Kimchi Bokkeumbap, Bulgogi, Pancakek Kimchi dan lain-lain disediakan di sini dan halal. Juga akan mendapatkan Banchan secara gratis, loh.

Restoran ini bisa Anda temukan di 140-7 Itaewon-Dng, Yongsan-gu, Seoul 140-858. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa melalui Itewon line 6 - exit 3. Nanti, Anda tinggal berjalan kaki, melalui Toko Kebab, Salam Bakery, Muree dan di deretan ruko menuju Masjid Central Seoul, Anda akan menemukan restoran ini. Makanan halal di restoran ini dijual dengan harga mulai dari ₩10.000 hingga ₩30.000, setara dengan Rp 119.120 hingga Rp 357.360.

2. Resto Non Korean Food

Little India

Sumber gambar pinterest.com

Little India adalah sebuah restoran yang dimiliki seorang Muslim asal India. Oleh karena itu, desain dan makanan yang disajikan semuanya bernuansa negeri "bollywood" tersebut. Dua menu paling terkenal dari restoran satu ini adalah Ayam Tandoori dan Kari.

Meski belum mendapat sertifikasi halal dari KMF, namun karena masakannya dibuat oleh seorang muslim, tentu Anda akan tetap aman berbelanja di sini. Apalagi, lokasinya sangat dekat dengan Masjid Central Korea, yakni di kawasan Itaewon.

Harga makanan yang dijual di lokasi ini berkisar dari ₩8.000 hingga ₩15.000. Jumlah itu setara dengan Rp 95.296 hingga Rp 178.680.

Jyoti Indian Restaurant

Sumber gambar sixinseoul.com

Jyoti Indian Restauran berada di 6 Sinchon-ro 20-gil, mapo-gu lantai 3, Seoul. Restoran ini adalah salah satu rumah makan India yang menyediakan makanan halal. Selain makanan khas India, juga ada makanan khas Nepal tersedia di restoran ini.

Beberapa makanan yang dihadirkan di restoran ini antara lain kari daging dan beberapa makanan sayur-sayuran. Dua menu andalan lain antara lain ayam tandoon dan ayam butter, tentu harus Anda coba. Harga makanan di restoran ini berkisar dari ₩3.500 hingga ₩37.000, atau sekitar mulai dari Rp 41.692 sampai Rp 440.745 seporsi.

Jyoti Restaurant Chungmuro

Sumber gambar tripadvisor.com

Jyoti Restaurant memiliki cabang di Chungmuro, tepatnya di 12-4, Seaoae-ro, Jung-gu, Seoul. Anda bisa naik kereta menuju stasiun Chungmoro, lalu berjalan ke depan sampai ketemu persimpangan pertama, lalu belok kanan. Nanti Anda akan menemukan mini stop store, restoran ini berada persis di belakangnya.

Rasa dari makanan yang dijual di restoran ini sudah terbukti sejak 23 tahun. Apalagi, restoran ini juga mendapat sertifikat dari Soul Tourism Association, loh. Lebih menariknya, semua makanan di restoran ini dijamin halal.

Harga makan di restoran ini mulai dari ₩8.000 atau setara dengan Rp 95.296 per porsi. Sudah ada yoghurt dalam satu porsi makanan loh.

Kervan Turkish Restaurant Itaewon

Sumber gambar halaltrip.com

Kalau ingin mencoba makanan Turki, Kervan tempatnya. Yah, restoran yang terletak di 127-3 Itaewon-dong, Yongsan-gu, Seoul ini bisa Anda temukan dengan naik kereta menuju Stasiun Itaewon, lalu Anda tinggal menuju KB Bank lantai kedua.

Satu porsi makan siang di Kervan dihargai ₩10.000 atau sekitar Rp 119.120. Bila ingin makan Kebab, dijual seharga ₩15.000 sampai ₩30.000, atau sekitar Rp 178.680 hingga Rp 357.360. Tempat ini juga menjual pizza Turki, seharga ₩15.000 atau sekitar Rp 178.680.

Bombay Grill

Sumber gambar tripadvisor.com

Masih makanan khas India, kali ini bisa Anda temukan di Bombay Grill. Untuk mencapai Bombay Grill Anda bisa melalui stasiun Itaewon, hanya satu jalan saja dari masjid Central Seoul.

Makanan halal khas India dan Pakistan yang pedas dan wangi bisa Anda temukan disini. Harga setiap makanan mulai dari ₩ 3.500 sampai ₩40.000, atau bila dirupiahkan sekitar Rp 41.692 hingga Rp 476.481 per porsi.

From our editorial team

Jangan Khawatir Mencari Makanan Halal di Seoul

Korea Selatan saat ini sudah berbenah dan terus berkembang. Termasuk untuk menarik minat wisatawan muslim dari seluruh dunia. Hasilnya, Anda bisa menemukan makanan halal dengan mudah di Seoul, terutama di kawasan Itaewon, dekat Central Seoul Mosque. Jadi, kapan Anda akan ke Korea?