Tips Mencari Makanan Halal di Negeri Sakura dan 10 Rekomendasi Restoran Halal di Jepang! (2018)

Tips Mencari Makanan Halal di Negeri Sakura dan 10 Rekomendasi Restoran Halal di Jepang! (2018)

Kamu lagi liburan ke Jepang, atau study banding disana? Pastinya kamu bakalan excited dong dengan kulinernya. Eit, tapi bagi kamu yang Muslim tidak bisa sembarangan mencari makanan di Jepang. Pastinya kamu ingin makanan dengan label halal. BP-Guide akan memberikan tip tentang memilih makanan halal di Jepang beserta rekomendasi resto halal di setiap wilayah di Jepang.

Tidak Usah Khawatir Mencari Makanan Halal di Jepang

Sumber gambar archives.dailynews.lk

Saat memilih untuk liburan ke negeri Sakura pasti banyak yang harus dipertimbangkan. Mulai dari tempat menginap hingga tempat ibadah dan tempat makannya. Ini wajib diperhitungkan karena Jepang bukan negara muslim sehingga agak sedikit sulit jika ingin berwisata halal di Jepang.

Namun jangan biarkan hal tersebut menghambat kamu untuk berlibur ke Jepang ya. Yang namanya liburan pasti ada juga ingin menjajal kuliner setempat. Tahu sendiri kan Jepang populer dengan ragam kuliner yang unik dengan bentuk lucu menggoda dan rasa yang luar biasa. Kamu bisa kok liburan dan tetap wisata kuliner tanpa khawatir asalkan kamu tahu bagaimana cara amannya.

Tips Mencari Makanan Halal di Jepang

Sayang banget kan kalau jauh jauh ke Jepang namun tak mencicipi kuliner khasnya. Duh jangan lewatkan deh kesempatan emas tersebut. Kamu bisa tetap jalan jalan sehat dengan makan aneka hidangan Jepang asalkan tahu makanan tersebut halal. Banyak loh beragam hidangan yang tak menggunakan daging babi maupun alkohol. Yuk simak tips menarik dari BP-Guide untuk mencari makanan halal ala Jepang.

Carilah Makanan dengan Bahan yang Bersumber dari Laut

Sumber gambar www.kaskus.co.id

Saat liburan di Jepang kamu pasti masih bisa kok menikmati makanan halal. Ini karena kebanyakan makanan Jepang bersumber dari laut. Yang artinya kebanyakan semacam seafood.

Ada pula aneka olahan laut yang disajikan segar seperti pada menu sushi atau sashimi. Yang harus diwaspadai kala makan kedua makanan tersebut adalah sausnya yang umumnya mengandung sake.

Nah alternatifnya kamu bisa makan unagi alias belut Jepang. Bisa juga makan sayuran semacam Edamame. Bisa coba tempura dan juga Yaki sakana.

Kalau Memesan Ramen, Bertanyalah Menggunakan Kaldu Babi, Sapi atau Ayam

Sumber gambar www.halalmedia.jp

Kalau ke Jepang tentu tak boleh nih melewatkan mie khas Jepang seperti udon dan ramen. Namun tetap harus waspada ya jangan sampai terlena enaknya jadi lupa bahan utamanya apa. Ketika memesan ada baiknya kamu bertanya dulu nih. Tanya saja bahan kaldu apa yang dipakai untuk kuah si mie.

Kamu juga bisa kok pesan sama si penjual supaya mi yang kamu pesan tak mengandung bahan haram. Umumnya para orang Jepang mengerti dan pengertian. Mereka biasanya juga dengan senang hati menunjukkan menu apa saja yang halal dan bisa dikonsumsi muslim.

Kalau Ragu, Pergilah ke Restoran Timur Tengah

Sumber gambar jpninfo.com

Jika segala cara sudah kamu lakukan namun masih ragu ke halal-annya ada opsi lain. Pilihan lainnya adalah mengunjungi restoran Timur Tengah. Tempat makan dari negara muslim pasti menyediakan makanan halal yang bikin kamu tak ragu menyantapnya.

Kamu bisa coba restoran Turki atau India. Ada pula restoran Malaysia dan Pakistan yang menunya bisa dijajal. Kamu bisa tenang makan tanpa takut deh.

Inilah Rekomendasi Restoran yang Menjual Makanan Halal di Jepang

Sumber gambar www.iqna.ir

Negeri Sakura ini memang menggoda banget untuk dikunjungi. Selain kecantikan negerinya, aneka budaya unik juga menarik untuk dilihat. Jika menyempatkan diri liburan di Jepang jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Sedangkan untuk masalah makan, kamu bisa coba beberapa restoran halal ini di Jepang. Yuk keliling Jepang sekarang juga.

Tokyo

Malaychan

Sumber gambar www.japan-guide.com

Tokyo yang jadi pusat Jepang memang yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Kota besar ini juga menyediakan berbagai restoran dengan makanan halal. Jangan lupa mampir ke Malaychan Satu saat ke Tokyo ya.

Tempat makan ini menjadi restoran Jepang pertama yang mendapat sertifikat halal dari Pemerintah Malaysia loh. Lokasi restoran ada di 3 Chome Nishi Ikebukuro Toshima-ku Tokyo. Semua masakan di restoran ini dimasak oleh chef dari Malaysia sehingga semua menu dijamin halal kecuali sakenya.

Ada beberapa menu menarik seperti mi kenyal kuah santan yang umum disebut mie laksa. Ada pula nasi goreng kampung dan beragam olahan ayam khas Malaysia. Pelayan disini berbahasa Inggris namun ada juga yang berbahasa Mandarin dan Kanton.

Hanasakaji-san

Sumber gambar blogs.yahoo.co.jp

Berlokasi di Shibuya Tokyo, restoran satu ini mengunggulkan menu shabu-shabu. Ada juga menu Washoku. Kedua menu diatas dijamin halal karena bahannya memang kebanyakan sayuran dengan daging sapi yang diiris tipis. Menggunakan saus wijen, rasa daging sapinya terasa lumer di mulut.

Steak pun bisa kamu nikmati di restoran ini. Kamu tak perlu ragu karena daging sapinya halal. Ini karena memang sudah banyak wisatawan muslim yang berkunjung dan makan di restoran ini. Akses restoran yang mudah ditambah menu makanan yang halal bikin restoran ini tak pernah sepi pengunjung. Itulah sebabnya sebelum memutuskan makan di sini lebih baik reservasi dulu jika tak ingin antri lama dan tak kebagian tempat ya.

Narita-Ya

Sumber gambar www.halalmedia.jp

Di Tokyo ada warung bernama Narita-Ya. Menu andalananya adalah Miesoba. Kamu tak perlu ragu memesannya nih. Selain rasanya lezat, mi ini juga halal loh. Bahannya ada mi dan lauk serta saus. Usai diaduk rata, mi lezat siap dinikmati.

Selain itu tempat makan ini juga punya 8 menu utama lain. Ada side dish yang terkenal juga enaknya, yakni karaage. Lokasi warung ini ada di Asakusa. Jika kesini kamu juga bisa sekalian sholat nih. Di lantai 2 nya ada tempat khusus untuk umat muslim beribadah.

Osaka

Yakiniku & Shabushabu Jin

Sumber gambar www.halalmedia.jp

Di Osaka Jepang juga ada banyak restoran yang menyediakan menu halal loh. Kamu bisa coba restoran satu ini deh. Lokasinya di Matsuyamachisumiyoshi Osaka. Buka dari jam 5 sore hingga 10 malam.

Menu andalan restoran ini adalah Yakiniku. Yaitu daging sapi yang dibakar dan diberi bumbu. Ada juga shabu shabu yang berisi beragam sayur dengan irisan daging tipis dan disajikan dengan saus wijen. Daging sapi yang digunakan di restoran ini sudah halal jadi tak perlu ragu memakannya.

Ali's Kitchen

Sumber gambar www.halalmedia.jp

Berlokasi di Shinsaibashi Suji Osaka, restoran Ali’s Kitchen ini menyediakan beragam makanan halal vegetarian. Semua menunya berlabel halal karena pemilik restoran dan juga stafnya adalah warga muslim. Restoran ini buka dari pukul 3 sore hingga 5 sore saja ya.

Kebanyakan menu disini adalah menu makanan dari Pakistan dan juga India. Rasanya enak dengan porsi yang besar. Meski ruang restoran tak begitu besar namun tempatnya nyaman. Menu andalannya adalah kebab dan falafel ada juga humus.

Matsuri

Sumber gambar www.halalmedia.jp

Sajian Jepang yang halal ada di restoran Matsuri di distrik Nada Osaka. Ada ramen hingga okonomiyaki dan takoyaki yang disediakan. Semuanya halal karena kebanyakan pengunjung restoran adalah warga muslim.

Yang paling digemari adalah Takoyaki. Pengunjungnya boleh memasak sendiri takoyaki yang dipesan. Saus yang disediakan pun sudah dijamin halal so tak perlu waswas lagi ya memakannya.

Restoran ini buka dari jam 11 siang hingga jam 2 sore. Lalu kembali buka jam 5 sore hingga jam 12 malam. Bukanya setiap hari jadi tak perlu khawatir ya. Jangan lewatkan tempat ini kala ke Osaka.

Kyoto

Ganko Sanjo Honten

Sumber gambar japanguidance.com

Yang gemar makan ikan segar dari laut patut coba mampir ke Ganko Sanjo Honten. Restoran ini letaknya di Higashi iru Nakagyoku Kyoto. Buka tempatnya dari jam 11 siang hingga 11 malam.

Menu sajian utamanya adalah sushi. Disini sushinya halal dengan beragam varian menarik. Restoran ini sudah buka cabang di beberapa bagian Kansai. Ada pula tempura dan ayam panggang halal yang bisa dijajal di restoran ini.

Halal Ramen Naritaya Gion

Sumber gambar marikekyoto.com

Kala ke Kyoto jangan lupa mampir menikmati ramen di restoran ini ya. Ramennya dijamin halal dan pasti lezatnya khas rasa Jepang deh. Banyak pelancong muslim yang sudah mampir ke restoran ini.

Buka dari jam 11 pagi hingga 10 malam, restoran ini alamatnya ada di Higashiyama-ku di Kyoto. Selain makan, kamu pun bisa numpang sholat di mushola kecil yang disediakan disini. Tempat makan ini merupakan cabang dari ramen di Asakusa.

Istanbul Saray

Sumber gambar www.deepkyoto.com

Tempat makan di Nakagyoku Kyoto ini menyediakan aneka makanan khas Turki. Beroperasi dari pukul setengah 6 sore hingga pukul 12 malam. Jaraknya sekitar 2 menit dari Ahiyakusho Mae subway. Selain itu juga hanya 5 menit jalan kaki dari Sanjo Keihan railway.

Tempatnya luas dan makanan yang disajikan sangat enak. Ada menu kebab turki hingga grilled fish. Pelayanannya memuaskan dan dijamin bikin kamu ingin balik lagi ke restoran ini.

Fukuoka

Marhaba

Sumber gambar matcha-jp.com

Kalau ke Fukuoka, jangan lupa mampir ke restoran Marhaba. Tempat ini dulunya menjual produk makanan halal. Kini sudah berkembang jadi tempat makan yang menyediakan menu halal yang enak.

Ada banyak menu Timur Tengah yang ditawarkan. Mulai shami hingga roti naan dan juga kebab. Ada pula paket makanan lengkap yang dijual Rp. 147.000. Restoran ini sudah memiliki logo halal sehingga tak perlu khawatir makan disini. Restoran di distrik Higashi Fukuoka ini pas untuk jadi tempat makan siang setelah lelah jalan jalan.

Navi-San Halal

Sumber gambar www.mrjocko.com

Masih di distrik Higashi di daerah Fukuoka, kamu bisa menemukan satu restoran halal bernama Navi San Halal. Dari namanya sudah tentu wisatawan muslim jadi lega. Ini karena memang semua bahan makanan yang diolah adalah halal. Kamu jadi tak usah mikir dua kali untuk kehalalannya ya.

Ada menu dari Mesir hingga Pakistan. Selain itu ada menu India dan Malaysia. Kebanyakan berbahan dasar daging ayam dan daging sapi. Yang populer adalah kari dan chickpea dip. Kamu pun bisa jajal kebab dan salad serta naan.

Yagorou Kashii Miyuki-Dori

Sumber gambar www.halalgourmet.jp

Satu lagi tempat makan yang wajib dikunjungi saat di Fukuoka. Ada yagorou kashii miyuki dori nih yang menyediakan soba sebagai menu andalan. Rasa soba Jepang ini kuat karena memakai tepung soba. Selain soba ada juga udon yang wajib dijajal.

Menu mi Jepang yang disediakan disini sudah aman dan halal. Kamu bisa pesan aneka mi disini. Selain itu ada juga menu nasi tempura yang tak kalah lezat. Segera ke restoran ini ya. Bukanya dari jam 10.30 pagi hingga 7 malam saja.

From our editorial team

Nikmati kuliner khas di Jepang tanpa khawatir

Berkunjung ke Jepang rasanya kurang jika kita tidak mencoba kulinernya yang beragam. Meskipun di Indonesia kini menjamur resto-resto Jepang, namun alangkah lebih nikmat jika kita bisa mencicipi kuliner khas di Jepang daripada harus repot-repot mencari resto Indonesia yang masih jarang sekali di Jepang. Pastikan saja memang ada sertifikat halal-nya, karena itu menjamin kamu untuk bisa menyantap makanan khas Jepang tanpa khawatir. Jika terpaksa tidak ada pilihan lain, kamu bisa memilih menu sayuran atau sea food dengan mengecek apakah ada campuran minyak babi atau alkohol di sauce-nya.