Ingin Beralih ke Beras Organik tetapi Bingung Pilih yang Mana? Ini Dia, 10 Rekomendasi dari BP-Guide buat Anda

Ingin Beralih ke Beras Organik tetapi Bingung Pilih yang Mana? Ini Dia, 10 Rekomendasi dari BP-Guide buat Anda

Tahukah Anda bahwa beras organik adalah beras yang bebas pestisida dan zat kimia sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi? Di sini BP-Guide akan membahas apa saja jenis dan merek beras organik terbaik yang bisa Anda jadikan rekomendasi. Yuk simak bersama!

List title

  • list element
  • list element

Beras Organik Sangat Baik untuk Kesehatan Apalagi jika Dikonsumsi secara Rutin

Sumber gambar ekafarm.id

Masyarakat kini semakin pintar dan selektif dalam memilih bahan makanan, terutama mereka yang tinggal di wilayah perkotaan. Karena kekhawatiran akan penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh, mereka mulai menjalankan gaya hidup sehat dengan memilih makanan yang organik.

Bahan pangan organik merupakan hasil pertanian organik yang bebas pestisida sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Berbagai Jenis Beras Organik

Sumber gambar izandi.net

Mayoritas masyarakat Indonesia mengonsumsi beras putih. Beras putih berasal dari padi yang sama dengan beras cokelat. Namun karena digiling sebanyak 2 hingga 3 kali, beras putih lebih disukai karena rasanya lebih enak dari beras lainnya. Beras putih organik memiliki bau lebih harum dan lebih pulen dari beras biasa dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih tinggi.

Beras Putih

Sumber gambar www.ctvnews.ca

Beras merah memiliki lapisan bekatul warna merah yang dihasilkan oleh zat aktif anthocyanin. Beras merah memiliki kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang menyehatkan tubuh. Itulah mengapa beras merah cocok untuk penderita kanker, jantung, liver, ginjal, diabetes, dan melancarkan ASI. Meski tinggi manfaat dan kaya vitamin, masyarakat yang mengonsumsi beras merah masih sangat sedikit.

Beras Merah

Sumber gambar www.idntimes.com

Beras hitam memiliki warna ungu pekat yang berasal dari zat aktif anthocyanin. Kandungan antioksidan dalam beras hitam lebih tinggi dari beras merah. Beras hitam bisa dimasak sebagai campuran beras putih jika belum terbiasa. Dulu beras hitam hanya boleh dikonsumsi oleh kalangan kerajaan saja.

Tingginya kandungan gizi beras hitam membuat makanan ini masuk ke dalam kategori super food yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Beberapa manfaat beras hitam antara lain menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah kanker, mencegah peradangan, mencegah obesitas, dan menurunkan resiko penyakit diabetes.

Beras Hitam

Sumber gambar m.detik.com

Beras cokelat memiliki cita rasa yang sama dengan beras putih. Namun, beras cokelat lebih kaya akan kandungan vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak yang lebih tinggi dari beras putih. Beras cokelat memiliki rasa yang mirip dengan kacang dan teksturnya lebih kenyal. Kekurangan dari beras organik adalah lebih mudah basi dari beras biasa.

Beras Cokelat

Sumber gambar m.blanja.com

O-Rice Mentik Wangi Susu adalah beras organik produksi lokal yang punya tekstur sangat pulen. Sekilas, beras ini mirip seperti ketan. Ditanam dengan budidaya benih lokal, beras O-Rice diolah dengan menggunakan bahan organik, tanpa pestisida, dan menggunakan sedikit pupuk NPK. O-Rice Mentik Wangi Susu kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp 165.000 di Bukalapak.

Merek Beras Organik Terbaik saat Ini

Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit memiliki kandungan gizi yang masih utuh karena kulit arinya tidak terkelupas selama proses penggilingan. Beras ini memiliki ciri bulir yang panjang, berwarna kuning kecokelatan, dan memakan banyak air saat dimasak. Kandungan vitamin dan mineral dalam beras ini sangat lengkap. Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit dijual dengan harga Rp 24.000 per kg di Choconola.

O-Rice Mentik Wangi Susu

Sumber gambar shopee.co.id

Luceli Hotel Beras Organik Kepala Super adalah satu-satunya beras di Indonesia yang telah teruji secara ilmiah di laboratorium dan terbukti aman untuk penderita diabetes. Beras ini telah mendapat sertifikasi bebas gula dari Sucofindo. Dihasilkan dari bibit beras pilihan sehingga menghasilkan cita rasa tinggi, bertekstur pulen, dan diolah dengan proses higienis.

Luceli Hotel Beras Organik Kepala Super kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp 115.000 di Tokopedia.

Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit

Sumber gambar jakarta.top101harga.org

Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit memiliki kandungan gizi yang masih utuh karena kulit arinya tidak terkelupas selama proses penggilingan. Beras ini memiliki ciri bulir yang panjang, berwarna kuning kecokelatan dan memakan banyak air saat dimasak. Kandungan vitamin dan mineral dalam beras ini sangat lengkap. Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit dijual dengan harga Rp 24.000 per kg di Choconola.

Luceli Hotel Beras Organik Kepala Super

Sumber gambar jakarta.top101harga.org

Dibandingkan dengan beras lain, beras hitam adalah yang paling tinggi kandungan gizinya. Warna hitam yang dihasilkan dari pigmen antosianin mengindikasikan kadar antioksidan yang sangat tinggi. Sayangnya tidak semua orang dapat mengonsumsi beras hitam karena harganya yang mahal. Nusa Beras Hitam Organik adalah beras hitam dengan harga yang cukup terjangkau.

Nusa Beras Hitam Organik kemasa 2 kg dijual dengan harga Rp 35.000 di Tokopedia sedangkan kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp 165.000 di Bukalapak.

Oryzae Beras Mix

Sumber gambar my-best.id

Pure Green Beras Organik adalah beras yang ditanam dan diolah secara organik tanpa bahan kimia dan pestisida berbahaya. Beras Pure Green memiliki banyak kelebihan antara lain lebih sehat, kaya akan vitamin dan mineral, lebih tahan basi, mampu meningkatkan imunitas tubuh, dan membantu menurunkan berat badan. Beras ini baik dikonsumsi oleh penderita wasir, diabetes, asam urat, darah tinggi, dan kolesterol.

Pure Green Beras Organik kemasa 1 kg dijual dengan harga Rp 36.400 di Tokopedia sedangkan untuk kemasan 4,5 kg dijual dengan harga Rp 148.000 di Blibli.

Nusa Beras Hitam Organik

Sumber gambar my-best.id

Dibandingkan dengan beras lain, beras hitam adalah yang paling tinggi kandungan gizinya. Warna hitam yang dihasilkan dari pigmen antosianin mengindikasikan kadar antioksidan yang sangat tinggi. Sayangnya tidak semua orang dapat mengonsumsi beras hitam karena harganya yang mahal. Nusa Beras Hitam Organik adalah beras hitam dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa manfaat beras hitam organic antara lain menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah kanker, mencegah peradangan, mencegah obesitas, dan menurunkan resiko penyakit diabetes. Beras hitam bisa dimasak sebagai campuran beras putih jika belum terbiasa. Nusa Beras Hitam Organik kemasa 2 kg dijual dengan harga Rp 35.000 di Tokopedia sedangkan kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp 165.000 di Bukalapak.

Pure Green Beras Organik

Sumber gambar www.tororo.com

Pure Green Beras Organik adalah beras yang ditanam dan diolah secara organik tanpa bahan kimia dan pestisida berbahaya. Beras Pure Green memiliki banyak kelebihan antara alain lebih sehat, kaya akan vitamin dan mineral, lebih tahan basi, mampu meningkatkan imunitas tubuh, dan membantu menurunkan berat badan.

Beras ini baik dikonsumsi oleh penderita wasir, diabetes, asam urat, darah tinggi, dan kolesterol. Pure Green Beras Organik kemasa 1 kg dijual dengan harga Rp 36.400 di Tokopedia sedangkan untuk kemasan 4.5 kg dijual dengan harga Rp 148.000 di Blibli.

.Jagapati Beras Merah Organik

Sumber gambar www.blibli.com

Beras merah organik dari Tropicana Slim memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Kandungan serat di dalam beras ini sangat tinggi, baik untuk pencernaan dan perut terasa kenyang lebih lama. Bebas dari pestisida dan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Tropicana Slim Beras Merah Organik kemasan 1 kg dijual dengan harga Rp 40.800 di Elevenia.

Nutrice Beras Susu Low IG

Sumber gambar indonesia.demostore.co

Beras yang satu ini sangat baik untuk penderita diabetes karena rendah IG (indeks glikemik). Dibudidayakan secara organik, beras ini juga aman dikonsumsi segala kalangan dan usia mulai dari bayi hingga lanjut usia. Nutrice Beras Susu Low IG kemasan 2 kg dijual di Blibli dengan harga Rp 66.500.

Tropicana Slim Beras Merah Organik

Sumber gambar indonesia.demostore.co

Beras merah organic dari Tropicana Slim memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Kandungan serat di dalam beras ini sangat tinggi, baik untuk pencernaan dan perut terasa kenyang lebih lama. Bebas dari pestisida dan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Tropicana Slim Beras Merah Organik kemasan 1 kg dijual dengan harga Rp 40.800 di Elevenia.

Eka Farm Beras Coklat Organik

Sumber gambar indonesia.demostore.co

Beras cokelat mirip dengan beras putih, namun sekamnya sudah dihilangkan. Mengonsumsi 1 porsi beras cokelat setiap hari sama dengan mencukupi 90% kebutuhan zat mangan (Mn) tubuh. Mangan sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan mineral lain di dalam beras cokelat di antaranya magnesium dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Eka Farm Beras Coklat Organik kemasan 1 kg dijual di Lazada dengan harga Rp 32.500.

From our editorial team

Tahukah Anda, Masyarakat Kini Lebih Selektif Dalam Memilih Beras?

Masyarakat perkotaan kini lebih selektif dalam memilih beras karena kekhawatiran mereka pada berbagai macam penyakit. Nah, penggunaan beras organik sangat dianjurkan karena bebas pestisida sehingga lebih aman dikonsumsi, juga lebih menyehatkan bagi siapapun yang mengonsumsinya.