Mencicipi 10 Rekomendasi Beras Jepang yang Unik dan Berbeda dengan Beras pada Umumnya

Mencicipi 10 Rekomendasi Beras Jepang yang Unik dan Berbeda dengan Beras pada Umumnya

Beras Jepang berbeda dengan beras pada umumnya, termasuk juga beras di Indonesia. Apa saja karakteristik, serta kelebihan dari beras Jepang yang membuatnya unik? Simak dalam ulasan berikut ini, yah.

Beras Jepang Identik Dengan Bentuknya yang Lebih Kecil dan Digunakan Dalam Sushi

Pernahkah terpikir kenapa beras pada hidangan sushi terasa beda dengan beras yang biasanya kita santap? Jenis berasnya memang beda. Beras Jepang memiliki ukuran dan tekstur berbeda dari beras Indonesia, contohnya bisa kamu lihat pada masakan sushi. Khusus untuk menyajikan menu khas Jepang itu, nasi yang digunakan memiliki ukuran lebih besar daripada nasi pada umumnya.

Permukaan beras Jepangs lebih lembut, tapi tidak lengket dan dapat menempel dengan baik berkat campuran cuka beras sehingga nasinya mudah dimakan menggunakan sumpit. Beras yang dipilih untuk menyajikan sushi adalah short grain atau medium grain, yakni beras dengan ukuran butir yang pendek atau sedang dan berbentuk bulat. Di Jepang, beras ini disebut koshihikari, sedangkan di Korea disebut hobumu atau shindonjin.

Ternyata, tak hanya bisa digunakan sebagai bahan makanan, beras Jepang juga punya banyak manfaat buat tubuh kita, lho. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, cek daftar di bawah ini.

Siapa Sangka Ternyata Beras Jepang Memiliki Manfaat yang Baik

Melembabkan kulit

Di antara beragam beras, hanya beras Jepang yang mengandung squalane oil tertinggi. Zat inilah yang bertugas menjaga melembabkan kulit bersama vitamin E dan antioksidan di dalamnya yang memperkaya kandungan air sehingga kulit wajahmu lebih lembut dan lembab. Jenis beras biasa lainnya juga mengandung squalane oil, tapi tidak setinggi beras Jepang. Karena kandungannya alami dan dapat bekerja pada jenis kulit apapun, beras Jepang pun banyak diburu para wanita.

Mencerahkan kulit

Kalau kamu punya masalah dengan noda hitam atau noda bekas jerawat, maka beras Jepang harus kamu coba. Karena, beras Jepang mengandung vitamin C, B3, serta mineral alami yang membantu menunda pigemntasi, sehingga menyehatkan, mencerahkan, dan menjaga vitalitas kulit wajahmu. Pencerah alami ini tentunya aman bagi seluruh jenis kulit.

Mengangkat sel kulit mati

Tak banyak yang menyadari bahwa bulir beras Jepang juga punya manfaat exfoliator atau mengangkat sel kulit mati. Tepung berasnya pun bisa kamu pakai menjadi scrub pembersih wajah. Ini karena tepung beras dari jepang memiliki kandungan kimia seperti ceramide yang mampu memproduksi kolagen untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sehingga dapat mengencangkan dan melembabkan kulit.

Mineral serta vitamin di dalamnya juga berperan menunda pigmentasi. Tentunya, kamu perlu mempertimbangkan beras Jepang karena bahannya lebih alami dibanding produk pembersih wajah lainnya.

Meremajakan kulit

Tahukah kamu, menggunakan beras Jepang saja kamu bisa meremajakan kulit, lho. Zat kimiawi di dalam beras Jepang yang tidak jauh beda dengan ceramide menjadikannya punya peran utama menjaga kesehatan kulit. Diperkaya lagi dengan kandungan retinol yang bisa dapat menjaga kulit tetap muda dan kencang. Selain di wajah, penggunaan beras Jepang juga efektif untuk membersihkan noda hitam, luka, atau kulit lusuh pada seluruh tubuh.

Setelah tahu apa saja manfaat beras jepang, pasti penasaran kan ingin mempraktekkannya? Nah, sekarang saat yang tepat untuk cari tahu apa saja beras Jepang yang tepat buat dijadikan bahan membuat sushi? Yuk, simak daftarnya di bawah ini dan tentukan beras mana yang menarik perhatianmu!

10 Rekomendasi Beras Jepang yang Cocok Banget untuk Dijadikan Sushi

Beras Jepang Nikomaru

Sumber gambar blibli.com

Meski merupakan beras Jepang, benih beras Nikomaru justru dikembangkan di Indonesia. Hanya bahan pilihan terbaik yang digunakan dalam proses pembibitannya. Didukung teknologi terkini, beras yang dihasilkan pun higienis dan bersih, tanpa pestisida atau zat kimiawi lainnya. Tidak heran, beras Jepang Nikomaru jadi andalan banyak orang.

Kalau tertarik mencoba beras Jepang ini, kamu bisa beli beras Jepang Padi Walet Nikomaru yang bentuknya bulat dan kecil. Tekstur beras yang gampang lengket menjadikannya sangat cocok dijadikan sushi. Begitu dimasak pun, berasnya pulen dan berbau harum. Dapatkan beras Jepang Padi Walet Nikomaru seharga Rp 90.0000 per 2 kilogram di Tokopedia.

Kokuho Beras Jepang

Sumber gambar tokopedia.com

Dibuat dari bibit Jepang asli, beras Kokuho juga dikenal tepat dijadikan sushi, bento, onigiri, atau masakan Jepang lainnya. Soalnya, beras Kokuho dapat merekat dengan baik, dan menghasilkan rasa yang lezat di mulut. Beras High Grade Short Grain ini berbentuk pendek dan bulat, serta memiliki kandungan amilosa yang rendah.

Jelasnya, dengan menggunakan Kokuho sebagai bahan memasak sushi, kamu tidak perlu mencampurnya dengan beras lain. Tapi jangan lupa, gunakan air lebih sedikit saat memasak beras Jepang Kokuho, ya. Beras ini dijual dalam ukuran 5 kilogram, dan kamu bisa membelinya di Jakmall seharga Rp 150.000 saja.

Ichiro Beras Jepang

Sumber gambar tokopedia.com

Cari beras Jepang yang enak aman dimakan, tanpa pengawet dan pewangi? Berarti kamu harus pilih Ichiro, beras Jepang yang diproduksi di Indonesia menggunakan bibit asli Jepang. Masakan Jepang seperti sushi, bento, dan onigiri jadi mudah dimasak menggunakan beras yang lengket dan wangi ini. Beras Ichiro tersaji dalam kemasan yang bersih dan rapi. Dapatkan beras ini di Tokopedia atau Shopee seharga Rp 190.000 per 5 kilogram.

Takara Nikomaru Beras Jepang

Sumber gambar bukalapak.com

Beras Jepang Takara Nikomaru sedikit berbeda karena memiliki 2 macam beras, yaitu beras putih dan beras cokelat. Eits, tenang, warna cokelat itu warna alami lho, tanpa bahan pewarna. Warnanya menjadi cokelat karena cuma mengalami satu kali proses penggilingan, sehingga kulit arinya masih ada. Yang jelas, beras cokelat mengandung lebih banyak serat sehingga bagus untuk kesehatan.

Beras putihnya pun sama baiknya, karena beras Jepang Padi Walet Nikomaru ini dibuat dari beras Jepang asli dan diproses menggunakan teknologi terkini. Jadi, sudah pasti berasnya bersih dan aman dimakan, dengan bentuk pendek, bulat, dan lengket, sehingga pas untuk dijadikan sushi. Beras ini dijual per 5 kilogram di Bukalapak seharga Rp 150.000. Murah, kan?

Oishii Gold Rice Beras Jepang

Sumber gambar blibli.com

Jangan salah, beras Jepang juga dapat diproduksi dengan baik oleh petani Indonesia, lho. Demi kualitas beras, bibit yang digunakan pun pilihan terbaik dan prosesnya berjalan di bawah pengawasan ahli beras, sehingga beras yang dihasilkan tentu bersih, berwarna putih natural, dan terasa enak setelah diolah jadi nasi.

Oishii Gold Rice beras Jepang dijual dalam 5 kilogram per kemasan. Beras medium grain ini banyak diburu pembeli karena bebas dari pemutih dan pewangi. Jelas, Oishii Gold Rice adalah pilihan tepat sebagai bahan memasak bento, onigiri, atau sushi. Dapatkan beras Jepang karya petani lokal ini di Shopee seharga Rp 110.000.

Dua Tani Hideaki Beras Jepang

Sumber gambar tokopedia.com

Cari beras Jepang premium dengan bibit asli Jepang tapi diproduksi secara lokal? Kamu perlu coba Dua Tani Hideaki Beras Jepang, yang menawarkan beras tipe short grain berkualitas terbaik. Bentuknya yang bulat, pendek, pulen, dan mudah lengket ini cocok dijadikan bahan memasak onigiri, sushi, atau makanan Asia lainnya.

Apalagi, kadar amilosa dalam beras ini tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi. Kemasan beras Dua Tani Hideaki menggunakan sistem vakum, dengan oxygen absorber sehingga lebih lembab dan bebas kutu. Dapatkan beras Jepang ini di Blibli seharga Rp 139.900 per 5 kilogram.

KAZE RICE Jepang Nikomaru Beras Putih

Sumber gambar blibli.com

Nah, kalau ingin menjajal beras nomor satu di negeri Jepang, berarti kamu harus beli Kaze Rice Jepang Nikomaru Beras Putih. Beras ini dihasilkan oleh petani-petani ahli Indonesia yang bekerja sama dengan Kaze, memproduksi beras menggunakan teknologi Jepang. Tekstur berasnya lembut, pulen, tapi tidak selengket beras lainnya. Meski begitu, kamu tetap dapat menggunakannya untuk memasak sushi, onigiri, mocha, ataupun sebagai makanan harian.

Tentunya, beras Kaze Rice aman dikonsumsi karena sudah melalui uji laboratorium dan terbukti bebas dari bahan kimia. Apalagi, beras putih ini menggandung serat tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Dapatkan KAZE RICE Beras Putih Jepang Nikomaru 500 g seharga Rp 30.000.

Yonggi Beras

Sumber gambar blibli.com

Beda dengan beras lain, Yonggi beras Jepang dikenal sebagai beras atomatik yang menghasilkan wangi spesial dan khas. Tapi, tetap saja, beras ini memiliki tesktur lembut sekaligus lengket dengan baik. Bentuknya pun bulat dan pendek, cocok dijadikan pilihan untuk memasak sushi atau masakan Jepang lainnya.

Untuk menjaga kebersihan dan supaya beras tetap lembab, Yonggi dikemas menggunakan sistem Vacuum sehingga terbebas dari kutu. Selain makanan Jepang, kamu juga bisa menggunakan Yonggi untuk memasak makanan Korea, lho!

Tidak ada alasan untuk tidak membeli Yonggi beras, bukan? Dapatkan segera beras berukuran 2 kilogram ini hanya di Blibli seharga Rp 59.900.

Taeyangssal Beras

Sumber gambar blibli.com

Nah, beras Jepang Teayangssal ini pilihan tepat bagi kamu yang suka beras non-aromatik. Selain masakan Jepang, kamu juga bisa menggunakan beras ini untuk memasak menu Korea, lho. Seperti beras Jepang berkualitas lainnya, Taeyangssal dikemas dengan sistem Vacuum sehingga berasnya bebas kotoran atau kutu.

Suhu lembabnya pun terjaga. Tentu saja, beras ini juga sehat karena mengandung lebih kecil zat amilosa di dalamnya dibanding nasi Indonesia. Beli segera beras Jepang Taeyangssal dengan kemasan 2 kilogram di Blibli seharga Rp 60.900.

Padi Walet Japonica Beras

Sumber gambar blibli.com

Rekomendasi Beras Jepang terakhir kami adalah Padi Walet Japonica, beras Jepang yang tumbuh subur di negeri asalnya. Beras Japonica punyai dua jenis, ada beras Uruchimai atau beras biasa, dan beras Mochigome atau beras ketan. Tekstur berasnya bulat, pendek, serta lengket, sehingga jadi pilihan tepat untuk memasak sushi atau masakan Jepang lainnya.

Lebih dari itu, beras Jepang satu ini dihasilkan melalui proses panjang, dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik serta teknologi mutakhir. Tak heran jika Padi Walet Japonica lebih higienis dan bersih dibanding beras lain. Apalagi, beras ini juga memiliki kandungan serat lebih banyak. Jelas sehat dan enak, bukan? Dapatkan beras kemasan 2 kilogram ini di Blibli seharga Rp 64.800.

From our editorial team

Beras Jepang adalah Beras Paling Tepat Untuk Onigiri dan Shushi

Membuat makanan Jepang, tentunya agar citarasanya tetap khas Jepang, maka beras atau nasi yang digunakan tentunya berasal dari beras Jepang, yah. Karena, dari segi bentuk, dan tekstur, beras Jepang memang ditujukan untuk membuat makanan khas Jepang. Beras Jepang yang direkomendasikan di atas tentunya bisa menjadi pilihan jitu untuk Anda.