Ayo Cicipi Nikmatnya Sajian Nasi Basmati! Inilah 10 Rekomendasi Beras Basmati dengan Kualitas Terbaik

Ayo Cicipi Nikmatnya Sajian Nasi Basmati! Inilah 10 Rekomendasi Beras Basmati dengan Kualitas Terbaik

Ada yang pernah mendengar nasi basmati? Ini adalah nasi yang direkomendasikan dan baik untuk kesehatan, lho. Kalau penasaran, langsung aja cari tahu tentang beras basmati dan rekomendasi beras basmati dengan kualitas terbaik bersama BP-Guide.

Nasi Basmati yang Lezat juga Dinilai Sehat Ini Mulai menjadi Pilihan para Ibu Rumah Tangga di Indonesia

Sumber gambar safurara.com

Bicara soal beras, pasti kita sudah tahu ada banyak sekali pilihannya. Dari beras punel, beras merah hingga beras basmati. Pilihan keluarga kamu yang mana nih?

Beberapa tahun terakhir ini beras Basmati mulai banyak diminati. Produk ini asalnya dari India dan juga Pakistan. Berasnya unik dengan bulirnya yang langsing dan panjang. Ciri unik lain dari beras ini adalah memiliki aroma yang wangi. Ini karena berasnya mengandung 12 kali lebih dari konsenstrasi pada beras biasa.

Sama seperti pada beras pada umumnya, ada jenis basmati putih dan ada jenis basmati merah. Teksturnya kala sudah matang sedikit pera namun tak kalah lezat dari beras pulen. Cocok disantap sebagai teman kuah kari yang pedas gurih hangat.

Nasi Basmati mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Namun dalam nasi basmati ini juga mengandung vitamin, mineral, dan cukup serat, sehingga beras ini banyak dipilih ibu rumah tangga sebagai sajian sehat di rumah.

Tips Memasak Beras Basmati yang Tepat

Perbandingan Air dan Beras

Sumber gambar www.wikihow.com

Untuk memasak beras basmati memang agak unik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasak beras, salah satunya adalah dengan cara panci tertutup. Meski kuno, namun cara ini membutuhkan takaran air yang tepat untuk memasaknya loh.

Tiap jenis beras basmati membutuhkan takaran air yang berbeda. Untuk mengetahui ukuran air yang pas maka dibutuhkan untuk mencoba secara langsung. Namun pada umumnya untuk jenis 1121 Basmati biasanya skalanya adalah 1:1.5. Sehingga setiap 1 liter beras akan dibutuhkan air sebanyak 1,5 liter.

Tentukan Cara Memasak

Sumber gambar www.wikihow.com

Banyak cara untuk memasak beras basmati. Pertama adalah dengan cara metode panci terbuka. Kamu perlu menyiapkan panci besar dan saringan dulu. Lalu, kamu bisa mengisi panci dengan banyak air dan panaskan sampai mendidih. Selanjutnya masukkan 1 sendok teh garam ke dalamnya. Cuci beras pada saringan memakai air keran lalu tiriskan.

Masukkan beras basmati yang sudah dicuci ke dalam panci yang airnya sudah mendidih. Silakan rebus sampai berasnya naik turun baru matikan api dan diamkan 14 menit. Tuang panci pada saringan air supaya hanya nasi saja yang tersisa. Tutuplah saringan berisi nasi dengan rapat selama 15 menit. Masukkan satu sendok makan mentega di atas nasi basmati lalu diamkan 1 menit sebelum disajikan.

Kamu bisa coba juga memasak dengan cara metode panci tertutup. Pertama cuci seliter beras lalu rendam pada air keran selama 30 menit lalu tiriskan berasnya. Ambil air sesuai skala perbandingan beras yakni 1,6 liter lalu rebus airnya hingga mendidih.

Sekarang, masukkan beras pada panci dan rebus memakai api kecil sampai matang dalam keadaan panci tertutup renggang. Matikan apinya lalu aduk nasi dan tutup kembali selama 5 menit sebelum nasi siap dinikmati.

Selain itu, kamu bisa juga memasak beras basmati dengan microwave loh. Caranya hampir sama dengan cara panci tertutup. Berasnya harus direndam dulu dalam air sebelum dimasak. Lalu masaklah beras pada microwave seperti biasa.

Ketika Memasak

Sumber gambar www.wikihow.com

Saat memasak beras basmati kamu perlu menyiapkan air. Masukkan 600 ml air pada panci berukuran sedang yang dilengkapi tutup di atas kompor. Usahakan supaya pancinya tak terlalu kecil supaya jika beras mengembang, panci tetap bisa menampungnya.

Masukkan sesendok teh garam pada air saat memasak beras basmati. Fungsinya adalah supaya rasa alami beras meningkatkan sehingga tidak terasa hambar.

Saat air mendidih, kecilkan api dan tutup panci dan lakukan proses pemasakan selama 15 hingga 40 menit sampai seluruh air terserap. Tentunya perbedaan waktu memasak beras ini akan bergantung berapa lama kamu tadi merendam berasnya. Jika sudah direndam 30 menit maka kamu butuh proses masak selama 40 menit.

Saat memasak kamu juga butuh untuk melihat apakah nasi sudah matang. Kamu bisa membuka tutup panci dan mengambil sedikit nasi dengan garpu lalu segera tutup kembali nasinya.

Setelah matang, kamu bisa mengangkat panci dari kompor lalu tutup dengan handuk untuk membantu menguapkan nasi sehingga membuatnya lebih kenyal. Diamkan selama 10 menit tanpa membuka tutupnya supaya nasi matang sempurna. Angkat tutup panci dan handuk lalu aduk nasinya. Biarkan dulu beberapa menit sebelum siap disajikan.

Cara Menggunakan Pewarna

Sumber gambar alibaba.kumpar.com

Beras basmati dengan warna cokelat merupakan varietas beras yang memiliki butiran sangat panjang dan harum. Rasa nasinya mirip seperti rasa kacang. Berasal dari India, beras basmati cokelat ini masih tergolong beras merah loh. Siapkan 400 gram beras basmati coklat dan juga 700ml air serta 5 gram garam untuk memasaknya.

Pertama, kamu bisa mencuci beras dengan air dingin lalu aduk beras hingga bersih. Tiriskan usai dicuci, lalu bilas beras beberapa kali hingga air bilasan terlihat jernih. Jika sudah jernih, maka biarkan beras di dalam mangkuk.

Sementara itu kamu bisa menuang air dingin ke dalam mangkuk untuk merendam beras. Masukkan 600 ml air dingin ke dalam beras yang sudah dicuci dan ditiriskan tadi. Rendam selama 30 menit atau hingga paling lama 24 jam. Perendaman ini fungsinya untuk meningkatkan tekstur beras sehingga menghasilkan nasi yang lebih lembut.

10 Beras Basmati yang Bisa Kamu Konsumsi

Beras Basmati Golden Sella

Sumber gambar tokopedia.com

Jenis dari beras basmati memang beragam, namun jangan sampai salah pilih beras ya. Pilih selalu yang berkualitas tinggi. Beras Basmati Daawat Golden Sella dengan varian white pearl gold ini cocok untuk sajian seperti restoran khas Timur Tengah. Berasnya awet tak mudah patah meski usai dimasak.

Beras ini hadir dalam ukuran kemasan 5 kilogram. Anda bisa membelinya langsung di Jl.Raya Condet No.9A RT.11 RW.05 Condet, Jakarta Timur atau pesan lewat Tokopedia dengan harga Rp 350.000.

Beras Basmati Captain Brand

Sumber gambar tokopedia.com

Beras Basmati Captain Brand ini hadir dalam kemasan 1 kilogram. Produk yang satu ini aman untuk para penderita diabetes. Cocok juga untuk kamu yang sedang menjalani diet ketat. Beras asli India ini bentuknya panjang dan lonjong.

Beras memiliki kadar gula rendah sehingga aman untuk dicerna. Selain itu beras ini akan melepaskan energinya secara perlahan-lahan dan menjaga kadar gula dalam darah lebih stabil. Kandungan seratnya juga itnggi jadi akan baik untuk kesehatan usus.

Beras yang satu ini mampu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Kamu yang diet jadi aman karena tak ingin bolak balik makan lagi. Beras ini juga mampu menekan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Memiliki kandungan gizi tinggi dan juga antioksidan, beras ini baik untuk dikonsumsi keluarga. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 66.000.

Basmati Abu Kaas

Sumber gambar www.khodarji.com

Beras Basmati Abu Kass hadir dalam kemasan 5 kilogram. Produk yang satu ini banyak dijadikan bahan dasar untuk membuat nasi biryani, nasi mandhi, maupun nasi kabuli. Tekstur berasnya pera usai dimasak sehingga tak lengket dengan lainnya.

Berasnya tak akan benyek meski dimasak dengan banyak air. Bahkan untuk memasaknya butuh dua sampai tiga kali lipat dari takaran berasnya. Beras dengan kandungan glukosa yang rendah ini aman untuk para penderita diabetes, ya. Dapatkan beras ini di Bukalapak dengan harga Rp 390.000.

Daawat Basmati Rice

Sumber gambar amazon.com

Daawat Basmati Rice ini juga bisa menjadi beras untuk sekeluarga. Beras yang satu ini benar-benar berkualitas tinggi. Nikmat dimakan bersama lauk apa saja karena teksturnya sedikit pera. Mengonsumsi nasi basmati akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Berasnya yang pera akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan nasi jenis lainnya.

Aroma produk ini begitu lezat dan menggoda. Kamu bisa memasak beras ini untuk dihidangkan dengan aneka lauk khas India atau Pakistan. Produk beras ini diproduksi dengan teknologi yang mutakhir sehingga menghasilkan beras yang berbiji panjang dan berkilau putih. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 375.000 seberat 5 kg.

White Pearl Gold Basmati Rice

Sumber gambar bukalapak.com

White Pearl Gold Basmati sella Rice ini adalah beras Pakistan yang bisa kamu pilih. Hadir dalam kemasan 1 kilogram, beras yang satu ini memiliki kualitas tinggi. Jenis beras white pearl gold ini akan cocok untuk disajikan di restoran juga lho.

Berasnya tak akan mudah patah usai dimasak. Bentuk bulirnya panjang dan teksturnya sedikit pera. Beras ini mudah disajikan dan nikmat rasanya. Beras kaya serat ini akan memperlancar pencernaan dan bikin buang air besar lebih mudah. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Basmati Rice Moghul

Sumber gambar jayagrocer.com

Basmati Rice Moghul ini tak bisa kamu lewatkan sebagai beras pilihan. Beras super panjang ini cocok untuk menemani aneka masakan khas India dan Pakistan. Hadir dalam kemasan 2 kilogram, beras basmati ini mudah disajikan.

Beras basmati tak mengandung kolesterol karena mengandung sangat sedikit lemak. Uniknya lagi, beras basmati ini bebas gluten sehingga lebih aman dikonsumsi oleh para pelaku diet. Beras ini tersedia di Shopee pada harga Rp 145.000.

Basmati Rice Lal Qilla

Sumber gambar amazon.com

Lal Qilla Daawat Diabetes & Obesity Basmati Rice ini juga tak boleh dilewatkan begitu saja. Rekomendasi kami ini merupakan beras basmati India dalam kemasan 1 kilogram. Rendah kadar gula sehingga begitu aman untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Beras yang satu ini berkualitas tinggi dan sudah diekspor ke banyak negara. Dibudidayakan di kaki bukit Himalaya, beras Basmati ini memiliki rasa aromatik yang bagus dengan butiran yang panjang dan ramping. Mengandung vitamin, berasnya cocok untuk membantuk sistem syaraf bekerja lebih baik. Dapatkan berasnya di Tokopedia dengan harga Rp 115.000.

Beras Basmati Devaaya

Sumber gambar tokopedia.com

Bicara soal beras basmati pasti ada ciri khas tersendiri. Ciri pertamanya makin lama disimpan, maka beras makin enak rena bisa mengeluarkan aroma yang lebih istimewa dan lebih cantik setelah dimasak. Lalu beras juga bisa jadi lebih ringan dari beras pada umumnya. Beras termahal di dunia ini banyak disanjung kalangan bangsawan dunia karena keunikannya.

Beras Basmati Dawaat Devaaya ini cocok untuk satu keluarga. Beras ini hadir dalam kemasan 5 kilogram. Kamu bisa mengolahnya dan menyandingkan dengan aneka lauk khas Timur Tengah. Dapatkan beras di Tokopedia dengan harga Rp 295.000.

Basmati Rice India Gate Premium

Sumber gambar www.waangoo.com

Basmat Rice India Gate Premium ini hadir dalam kemasan 5 kilogram. Beras yang satu ini diproduksi oleh India Gate. Sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun, beras basmati ini diproduksi di bawah penggilingan padi terbesar di dunia. Memakai teori tanaman modern, berasnya berkualitas tinggi berkat pengalaman tradisional produksi tanaman basmati yang bertahun lamanya.

Beras basmati ini halus dengan bulir seputih mutiara. Berasnya panjang dan tak akan pecah kala dimasak. Memiliki aroma yang harum sehingga menggoda selera makan. Dapatkan beras ini di Tokopedia dengan harga Rp 450.000.

Beras Basmati Al-Shalan

Sumber gambar bukalapak.com

Beras Basmati Al-Shalan dikemas dalam ukuran 500 gram. Beras yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang dalam masa penurunan berat badan. Rendah gula sehingga cocok juga untuk penderita diabetes. Beras ini ideal untuk sajian sehat seluruh keluarga.

Sajikan olahan nasi kebuli hingga nasi mandhi dengan beras basmati yang satu ini. Makanan apa saja jadi lebih nikmat berkat aroma beras yang menggoda. Produk ini hadir dengan kandungan serat yang tinggi sehingga bisa meningkatkan fungsi usus lebih baik lagi. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 40.000.

From our editorial team

Yuk, Cicipi Nikmatnya Nasi dari Beras Basmati!

Beras basmati dinilai jauh lebih sehat dan sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Tentunya, bagi orang yang sehat pun beras ini sangat baik dikonsumsi. Sudah siap untuk mencicipi nikmatnya nasi hangat yang berasal dari beras basmati? Yuk, segera beli!