Jangan Sembarangan Mengonsumsi Nasi! 10 Rekomendasi Beras Sehat Ini Mampu Menurunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Nasi! 10 Rekomendasi Beras Sehat Ini Mampu Menurunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes memang tidak boleh makan sembarangan, termasuk saat mengonsumsi nasi. Sebisa mungkin penderita diabetes harus memilih dan memilah setiap makanan yang akan ia konsumsi. Nah, beras jenis apa saja sih yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes? Yuk, cari tahu bersama!

Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarang Memakan Nasi

Sumber gambar idntimes.com

Mengatur asupan makanan sangat penting bagi para penderita diabetes melitus supaya gula darahnya tetap normal, yakni pada angka 80-130 mg/dL sebelum makan dan dibawah 180 mg/dL setelah makan. Diabetes melitus sendiri merupakan kodisi dimana tubuh tidak cukup memproduksi insulin sehingga kadar glukosa dalam darah berada pada angka yang tidak normal dan merusak banyak organ tubuh.

Konsumsi karbohidrat bagi penderita diabetes melitus harus diperhatikan. Setiap porsi makan, jumlah karbohidrat yang disarankan untuk penderita diabetes melitus adalah 45-60 gram namun juga disesuaikan dengan jenis kelamin dan berat badan.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan gula darah lebih cepat sehingga konsumsinya harus dibatasi. Beberapa jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi ialah nasi dan biskuit bar.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Beras untuk Penderita Diabetes Adalah Kadar Indeks Glisemik (GI) yang Rendah

Sumber gambar bolehkah.com

Indeks glikemik sendiri merupakan ukuran yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan gula darah dalam tubuh. Semakin rendah indeks glikemik makanan maka gula darah Anda tidak akan meningkat dengan drastis dan relatif stabil. Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes melitus memiliki indeks glikemik kurang dari 70.

Jenis Beras yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Sumber gambar foody.id

Bagi penderita diabetes melitus yang masih ingin mengonsumsi nasi, sebaiknya harus memperhatikan jenis beras yang paling sehat untuknya. Beras dengan indeks glikemik yang rendah jadi pilihan yang bagus karena tak banyak memengaruhi kadar gula dalam darah.

Beras Basmati

Sumber gambar www.harnas.co

Masuk ke dalam kategori beras dengan indeks glikemik rendah dan aman bagi penderita diabetes, beras basmati memiliki indeks glikemik 43-60. Setelah dimasak, 100 gram beras basmati putih mengandung 150 kalori, 3 gram protein, dan 35 gram karbohidrat. Tak jauh berbeda, 100 gram beras basmati cokelat setelah dimasak mengandung 162 kalori, 1.5 gram lemak, 3.8 gram protein, 33.8 gram karbohidrat, dan 3 gram serat.

Beras Merah

Sumber gambar starberita.com

Beras merah memiliki kandungan indeks glikemik sebesar 50, yang masih tergolong rendah. Kandungan serat pada beras ini ternyata lebih banyak dibandingkan dengan beras putih sehingga tak banyak memengaruhi kadar gula darah. Serat dipercaya mampu menghambat pelepasan glukosa atau gula ke dalam darah, itulah mengapa beras merah sangat bagus untuk penderita diabetes melitus.

Di dalam 100 gram beras merah setelah dimasak terkandung 163.5 kalori. Tak hanya itu saja, di dalamnya juga terkandung 3 gram serat, 1.5 gram lemak, dan 3.4 gram protein, serta aneka vitamin dan mineral, seperti vitamin B, zat besi, kalsium, dan zink.

10 Rekomendasi Beras Sehat dengan Kadar Indeks Glikemik Rendah

Dua Tani Basmati Premium Gold

Sumber gambar tokopedia.com

Berasal dari India dan Pakistan, beras Dua Tani Basmati Premium Gold memiliki buliran langsing dan panjang, serta aroma yang harum. Beras in terdiri dari dua jenis, yaitu beras putih dan merah. Tergolong dalam beras ras khusus, Dua Tani Basmati Premium Gold cocok dihidangkan untuk aneka jenis makanan India dan Pakistan, seperti Nasi Biryani dan Nasi Kebuli.

Dua Tani Basmati Premium Gold dikemas menggunakan vacuum packaging untuk menghindari masuknya kutu dan menjaga kelembapan di dalamnya. Untuk berat bersih 2 kg, Anda bisa membelinya secara online di Tokopedia seharga Rp 84.900, sedangkan kemasan 5 kg bisa dibeli di Blibli seharga Rp 195.000.

Basmati Rice White Pearl Gold

Sumber gambar tokopedia.com

White Pearl Gold Rice merupakan beras yang berasal dari Pakistan. Setelah beras ini dimasak, Anda akan menemukan tekstur nasi yang mengembang dengan aroma yang sangat harum. Di dalam beras White Pearl Gold Rice terkandung 0.09 bagian 2- acetyl-1-pyrroline per juta, atau 12 kali lebih banyak dibandingkan dengan konsentrasi beras biasa.

Anda bisa membeli White Pearl Gold Rice seharga Rp 245.000 di Bukalapak untuk kemasan 5 kg dan Rp 50.000 di Tokopedia untuk kemasan 1 kg.

Daawat Basmati Rice

Sumber gambar amazon.com

Basmati sebenarnya memiliki arti 'saatic' atau murni. Terbukti bermanfaat untuk tubuh dan mudah dicerna, beras ini baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes melitus. Sebelum memasak beras basmati, cucilah terlebih dahulu hingga bersih dari lapisan kotoran dan kancinya.

Daawat Basmati Rice merupakan beras dengan bentuk memanjang. Setelah dimasak, beras ini memiliki panjang dua kali lipat, yaitu 6.61 mm - 7.5 mm dengan lebar 2 mm. Anda bisa membeli beras ini secara online di Lazada seharga Rp 100.000 untuk kemasan 1 kg atau di Tokopedia seharga Rp 132.900.

Beras Basmati Abukaas

Sumber gambar bukalapak.com

Beras basmati sebenarnya banyak digunakan oleh restoran Arab karena beras ini merupakan hasil impor dari Arab Saudi. Dengan kualitas premium, Anda bisa membeli Beras Basmati Abukaas. Selain aromanya yang khas, beras ini merupakan yang terbaik di kelasnya karena tidak akan hancur dan menjadi bubur seperti beras pada umumnya.

Beras Basmati Abukaas memiliki tekstur yang sangat bagus dan tidak mengandung gula sehingga sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Anda dapat membeli beras tersebut secara online di Bukalapak dan Tokopedia seharga Rp 255.000 dan Rp 365.000 untuk kemasan 5 kg.

Basmati Rice Lal Qilla

Sumber gambar www.spicestore.hk

Diproduksi oleh perusahaan beras ternama asal India, Lal Qilla Basmati Rice adalah rekomendasi beras lainnya untuk para penderita diabetes. Beras ini termasuk ke dalam varietas terbaik, berwarna sangat putih, dan memiliki aroma yang harum.

Cara memasak Lal Qilla Basmati Rice juga sangat mudah. Setelah Anda mencuci 1 cup beras Lal Qilla Basmati Rice, rendamlah selama 30-35 menit di dalam air hangat. Kemudian Anda bisa memindahkan beras yang sudah direndam tadi ke dalam 2.5 cup air dan menutup dengan penutup yang ketat, lalu panaskan. Setelah matang, Anda bisa mengangkatnya dan menunggu 5-10 menit sebelum disajikan.

Anda juga bisa memasaknya menggunakan microwave. Cukup rendam 1 cup Lal Qilla Basmati Rice dengan 3 cup air dan tambahkan garam ke dalam wadah microwave. Tutup wadahnya kemudian masak medium 60% selama 10-15 menit dan diamkan selama 15 menit setelah hangat. Lal Qilla Basmati Rice dapat dibeli secara online di Tokopedia seharga Rp 179.900.

House of Organix Organic Red Rice Beras Merah Organik

Sumber gambar jd.id

Memiliki indeks glikemik yang rendah, beras merah adalah jenis beras yang direkomendasikan bagi penderita diabetes melitus. Kandungan serat yang tinggi membuat beras ini tak meningkatkan gula darah secara drastis. Beras merah juga mengandung antioksidan yang siap menangkal radikal bebas yang bersumber dari makanan.

House of Organix Organic Red Rice Beras Merah Organik merupakan beras merah unggulan dengan kemasan eksklusif berupa vacuum packaging. Baik bagi penderita diabetes, beras ini bisa Anda beli secara langsung di House Of Organix, Jalan Terusan Hybrida Raya, Ruko Grand Orchard Blok F10, Jakarta Utara, DKI Jakarta, 14270, Indonesia.

Dengan berat bersih 1.1 kg, Anda bisa membelinya secara online di Lazada seharga Rp 72.000, atau jd.id seharga Rp 35.000 untuk 1 kg.

Kebun Kita Beras Merah Organik

Sumber gambar tokopedia.com

Memasarkan beras dari para suplier berpengalaman dan kualitas terjamin, Kebun Kita punya rekomendasi beras yang baik untuk para penderita diabetes. Kebun Kita Beras Merah Organik mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk mendukung kerja tubuh, serta kaya serat untuk meningkatkan metabolisme dan program diet.

Kebun Kita Beras Merah Organik memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beras ini baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes melitus dan masalah jantung, berguna untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL. Anda bisa memesan beras ini secara online di Tokopedia dan Bukalapak seharga Rp 32.000 untuk kemasan 1 kg.

Nutrice Beras Merah Organik

Sumber gambar elevenia.co.id

Nutrice Beras Merah Organik adalah beras merah organik premium yang bebas pestisida dan residu kimia. Diproduksi secara higienis, beras ini aman dikonsumsi oleh segala usia karena memiliki indeks glikemik yang rendah namun tinggi serat. Kaya vitamin dan mineral, beras varietas lokal ini memiliki tekstur yang pulen dan rasa yang enak.

Nutrice Beras Merah Organik memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain memelihara keseimbangan sistem organ dan hormon, dengan mengonsumsinya tekanan darah dan ketahanan tubuh Anda makin terkontrol. Beras ini juga dipercaya mampu mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah anemia, dan meningkatakan produksi air susu ibu. Anda bisa membeli Nutrice Beras Merah Organik secara online di Lazada seharga Rp 89.000 untuk kemasan 2 kg.

Holistic Beras Organic Merah

Sumber gambar tokopedia.com

Memiliki bentuk bulir yang bulat, Holistic Beras Organic Merah ternyata sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes melitus, asam lambung, vertigo, asam urat, dan migrain. Beras ini memiliki kandungan gula yang rendah, yaitu 0.29%. Dengan berat bersih 2 kg, Anda dapat membeli beras merah ini di Blibli seharga Rp 68.900 dan Bukalapak dengan harga Rp 99.000.

Kuartet Nabati Beras Merah

Sumber gambar tokopedia.com

Beras merah memang sudah terbukti sangat baik untuk tubuh. Pigmen hitam dan merahnya mengandung aleron dan endospermia yang mampu menghasilkan antosianin. Fungsi antosianin sendiri ialah sebagai zat antikarsinogenik, meningkatkan kadar tombosit, dan memiliki antioksidan yang tinggi, serta masih banyak fungsi dan manfaat lainnya.

Di dalam 100 gram beras merah, terkandung 75.44% karbohidrat, 3.35% lemak, 8.83% protein, dan 0% gula, serta masih banyak lagi. Untuk memasaknya, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu selama 2 jam sebelum beras mulai dimasak. Hal ini bertujuan supaya rasa nasi lebih enak.

Kuartet Nabati Beras Merah merupakan beras merah dengan kualitas yang tinggi dan masa kedaluwarsa hingga 2 tahun. Untuk kemasan 1 kg, Anda dapat membelinya seharga Rp 25.000 di Tokopedia dan Rp 26.000 di Elevenia atau kemasan 2 kg di Blibli seharga Rp 49.000.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Sebaiknya, Tidak Hanya Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes Saja

Beras yang direkomendasikan oleh BP-Guide bisa juga dikonsumsi oleh orang-orang sehat dan ada baiknya memang mulai dikonsumsi oleh orang-orang sehat. Namun, bagi penderita diabetes, mengkonsumsi beras-beras tersebut harus dilakukan sebagai upaya untuk mengontrol gula darahnya.