11 Pilihan Kado Makanan yang Bisa Anda Berikan untuk Mempermanis Momen Spesial Orang Tercinta

11 Pilihan Kado Makanan yang Bisa Anda Berikan untuk Mempermanis Momen Spesial Orang Tercinta

Memberikan kado atau hadiah tak selalu dalam bentuk benda tetapi juga bisa dalam bentuk makanan terutama kalau orang yang akan diberi hadiah adalah penyuka makan. Tak perlu bingung memilih kado makanan yang tepat karena BP-Guide sudah siapkan rekomendasinya berikut ini!

Memberikan Kado yang Itu-itu Saja Terkadang Membosankan

Sumber gambar eatboutique.com

Ingin merayakan ulang tahun atau momen terindah bersama kekasih, istri, atau pasangan Anda? Biasanya, Anda tentu akan memberikan kado tertentu yang bisa berkesan bagi kekasih Anda, bukan? Atau, sekarang Anda sedang bingung untuk memberikan kado bagi pasangan Anda?

Anda bisa mempertimbangkan kado makanan untuk dia. Tentunya, Anda musti memasak sendiri masakan tersebut. Agar terasa lebih spesial dan berkesan. Yah, meski mungkin tidak senikmat masakan chef di restoran berbintang, tapi Anda sudah menunjukkan bahwa Anda rela melakukan apa saja (termasuk memasak) untuk orang yang Anda cintai.

Tips Memilih Makanan sebagai Kado

Pastikan Kebersihan

Sumber gambar pt.depositphotos.com

Untuk memilih makanan sebagai kado, pertama kali pastikan kebersihannya. Kebersihan yang dimaksud bukan hanya kebersihan makanan, tapi dari proses mengolahnya, juga bahan-bahannya. Ditambah lagi, mulai dari penyimpanan makanan juga sudah mesti harus bersih.

Ada makanan yang penyajiannya begitu menarik dan bersih. Tapi, proses pengolahannya kurang bersih sehingga menjadikan makanan tersebut kurang higienis. Jadi, pastikan kebersihannya yah. Sebab, makanan yang kurang bersih menjadikan Anda bisa menjadi terkena penyakit tertentu.

Cari Tahu Makanan Kesukaannya

Sumber gambar www.stocksy.com

Pastikan juga makanan yang Anda berikan adalah makanan kesukaannya. Jadinya, hadiah makanan yang Anda berikan akan sangat berkesan baginya. Dari mana Anda bisa mengetahui makanan yang berkesan baginya? Tentu saja bisa Anda tanyakan dengan orang terdekat atau dengan stalking media sosialnya.

Dekorasi agar Lebih Indah

Sumber gambar www.foodnetwork.com

Anda bisa membuat kado makanan yang Anda berikan menjadi lebih berkesan. Salah satu caranya, Anda bisa memberikan dekorasi yang menarik pada makanan yang Anda berikan sebagai kado tersebut. Jadinya, hadiah Anda lebih berkesan.

Makanan yang diberikan tentunya lebih terasa nikmat dengan dekorasi yang lebih menawan. Apalagi, kalau rasanya nikmat, tentu akan membuat kado Anda akan jauh lebih berkesan.

Dekorasi yang bisa Anda tambahkan misalnya hiasan dari sayuran dan tomat. Juga bisa Anda berikan nama dan ungkapan yang berkesan. Selanjutnya, bisa juga dengan cara mengemas makanan yang jauh lebih menarik.

Mengemas makanan dengan hiasan, pita dan sebagainya akan menjadikan tampilan makanan menjadi lebih menarik, juga menarik minat untuk memakannya. Jadi, meski Anda juga mementingkan rasa, tapi jangan lupa untuk menjadikan makanan Anda lebih indah dipandang mata, yah.

11 Rekomendasi Makanan yang Bisa Jadi Hadiah yang Manis

Kue Tart

Sumber gambar www.taste.com.au

Makanan pertama yang bisa Anda berikan sebagai hadiah adalah kue tart. Untuk membuatnya sendiri, Anda bisa menyiapkan sejumlah bahan-bahan seperti tepung terigu 125 gram, gula 125 gram, margarin atau mentega sebanyak 100 gram, cokelat pekat (dark chocolate) sebanyak 125 gram.

Kemudian Anda juga membutuhkan telur 4 butir, vanila bubuk 2 bungkus, baking powder setengah sendok makan, maizena 2 sendok makan, Cake emulsifier SP atau TBM sebanyak 1 sendok makan, dan cokelat bubuk 1 sendok makan.

Anda bisa melengkapinya dengan topping seperti selai, cherry, whipped cream dalam jumlah secukupnya. Setelah seluruh bahan siap, sekarang giliran Anda mempersiapkan sebuah wadah yang ukurannya cukup besar.

Cara membuatnya, pertama masukkan cake emulsifier, telur, gula, dan vanila dalam wadah yang sudah disiapkan, setelah itu aduk dengan mixer. Di tempat terpisah, tepung terigu, vanila, cokelat bubuk, baking powder, tepung maizena diayak dulu sampai merata.

Kemudian, masukkan ke dalam wadah yang pertama. Selanjutnya, masukkan cokelat dan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk merata, kemudian masukkan ke loyang yang sudah dioles mentega.

Setelah itu, panggang dalam oven sampai sekitar 20 menit. Setelah kue matang, hiasi dengan dengan topping seperti selai, buah cherry, dan tentunya whipped cream.

Cup Cake

Berikutnya yang bisa dibuat adalah cupcake. Ingin membuat cupcake yang mudah namun nikmat? Siapkan dulu bahan-bahan di antaranya 55 ml susu cair UHT, 3 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya, 60 gram gula pasir, 60 gram terigu, sejumput garam, 30 ml minyak sayur, 1/2 sdm coklat bubuk dan sedikit vanili bubuk.

Untuk bahan toppingnya, Anda membutuhkan butter cream, potongan cokelat, remahan Oreo atau apa pun jenis topping lainnya yang ia sukai.

Cara membuatnya, pertama putih telur dikocok merata dengan garam dan gula. Kemudian, baru masukkan kuning telur sampai semuanya rata. Selanjutnya, masukkan minyak dan susu sedikit demi sedikit.

Setelah rata, masukkan lagi terigu, vanili, dan cokelat yang sebelumnya sudah dicampurkan dan diayak. Terus diaduk dengan menurunkan kecepatan mixer. Kemudian, tuangkan adonan ke cetakan cupcake sekitar 3/4-nya saja. Kemudian, panggang dalam oven selama 20 menit. Angkat, dan beri topping seperti butter cream, Oreo, dan sebagainya.

Kue Cokelat

Sumber gambar justdelhiing.com

Cokelat adalah makanan yang banyak disukai orang. Salah satu yang bisa Anda coba adalah Eggless Chocolate Cake yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah.

Pertama, Anda memerlukan bahan kering seperti gula pasir 200 gram, tepung terigu 175 gram, cokelat bubuk 60 gram, baking soda 3/4, garam 1/2 sendok teh, dan vanili bubuk 1 bungkus. Kemudian, siapkan lagi bahan basah antara lain air panas 240 ml, minyak sayur 115 ml, dan air lemon satu sendok teh.

Pertama, semua bahan kering diaduk menjadi satu. Kemudian, aduk juga semua bahan basah. Setelah itu, campurkan keduanya dan aduk dengan baloon whisk agar semakin rata. Setelah rata, masukkan ke dalam loyang, lalu panggang dalam oven sampai sekitar 30 menit. Angkat dan dinginkan, lalu sajikan.

Kue Kering

Sumber gambar www.bettycrocker.com

Selanjutnya, makanan yang bisa Anda coba buat di rumah adalah Choco Chip. Kue kering satu ini sudah pasti disukai banyak orang dan bisa bikin ketagihan, loh. Ingin tahu cara membuat choco chip yang nikmat?

Pertama siapkan bahan tepung terigu 225 gram, mentega 175 gram, gula halus 125 gram, cokelat bubuk 20 gram, kuning telur 1 butir, susu bubuk 1 sendok makan, 100 gram cokelat batang yang sudah dilelehkan. Selanjutnya, untuk bahan topping, siapkan chip cokelat secukupnya.

Pertama, bahan-bahan seperti gula, kuning telur, mentega dicampurkan lebih dulu, lalu dikocok sampai mengembang. Setelah itu, giliran tepung terigu, cokelat bubuk, susu, coklat yang dimasukkan dalam adonan. Kemudian, masukkan cokelat chip, aduk kembali. Setelah rata, cetak adonan di atas loyang, lalu panggang dalam oven sampai matang. Angkat, lalu sajikan bersama teh sore hari.

Donat

Sumber gambar www.tokomesin.com

Kue unik yang disukai banyak orang adalah kue donat. Kue yang bolong tengahnya ini bisa dibuat dengan berbagai bahan, juga berbagai jenis topping pilihan.

Ingin membuat donat sederhana namun nikmat? Siapkan bahan antara lain tepung terigu 500 gram, gula pasir 100 gram, ragi instan 1 bungkus, baking powder 1/4 sendok teh, garam 1/2 sendok teh, kuning telur 2 butir, mentega 100 gram, susu cair 250 ml.

Sedangkan untuk bahan olesan dan topping, Anda bisa menyiapkan mentega, cokelat, meses, gula halus, selai dan sebagainya.

Cara membuatnya, pertama campurkan tepung, gula, ragi, baking powder, garam kemudian aduk dengan rata. Sekarang, masukkan kuning telur ke dalamnya, lalu uleni sampai halus. Berikutnya, masukkan susu cair perlahan sambil terus diuleni, lalu masukkan mentega dan terus diuleni, sesekali dibanting adonannya agar lebih kalis. Kemudian, tutup wadah dan diamkan dulu selama 1 jam.

Sekarang, pukul-pukul adonan tersebut sampai kempes dan udara di dalamnya semua keluar. Lalu, bagi menjadi sekitar 30 bagian dan buat bulat-bulat seperti bola. Jangan langsung dijadikan bentuk donat, tapi diamkan dulu selama 10 menit. Setelah itu, baru dibentuk.

Setelah berhasil membentuk donat yang diinginkan, silakan goreng donat tersebut dengan api sedang sampai berwarna keemasan. Setelah matang, tinggal dioles dengan bahan topping yang sudah disiapkan.

Martabak Manis

Sumber gambar www.dapurkobe.co.id

Ingin mencoba membuatkan martabak manis untuk orang terkasih? Bahan yang perlu Anda siapkan antara lain tepung terigu 300 gram, susu 500 gram, 1 bungkus ragi, baking powder 1 bungkus, telur 3 butir, gula pasir 50 gram, garam 1 sendok teh, mentega dan siapkan pula untuk bahan isi, seperti kacang tanah yang sudah digiling, cokelat meses, kaju atau bahan yang lain sesuai selera Anda.

Pertama, siapkan dulu wajan datar yang cukup lebar, lalu panaskan mentega di atasnya. Kemudian, seluruh bahan kecuali bahan isian semuanya diaduk dalam satu wadah sampai rata. Lalu, tuangkan adonan tersebut ke wajan yang sudah disiapkan.

Setelah setengah matang, taburkan isi seperti cokelat, keju atau kacang, atau apa saja sesuai selera Anda. Setelah itu, angkat dan lipat dua. Lalu, potong-potong dan hidangkan martabak manis buatan Anda.

Brownies

Sumber gambar www.bettycrocker.com

Siapa yang tidak suka dengan kue brownies. Rasa cokelatnya yang begitu menggoda menjadikan brownies menjadi pilihan utama bagi banyak orang.

Ingin membuat brownies kukus cokelat untuk orang terkasih? Siapkan dulu bahan-bahan seperti tepung terigu 200 gram, cokelat batang 300 gram, cokelat bubuk 75 gram, susu segar 200 ml, mentega 300 gram, telur ayam 6 butir, gula pasir 250 gram, garam secukupnya, baking powder 1 sendok teh.

Setelah bahan disiapkan, lelehkan cokelat batang dengan mentega di satu panci, lalu tambahkan garam. Setelah itu, di wadah yang lain kocok telur dengan gula pasir sampai rata dan berbusa.

Lalu, masukkan campuran cokelat dan mentega, serta susu dalam adonan telur tersebut, kembali aduk sampai merata. Lalu, masukkan tepung terigu perlahan-lahan, sambil terus diaduk, lalu setelah rata tuangkan adonan tersebut ke 2 loyang berbeda.

Kukus selama 20 menit sampai lembut dan siap disajikan. Setelah matang, olesi bagian atasnya dengan mentega dan cokelat, atau dengan cokelat dan mentega yang sudah dilelehkan sebelumnya, lalu tumpukkan dengan lapisan dari loyang yang lain. Nah, brownis Anda sudah siap disajikan.

Nasi Tumpeng

Sumber gambar www.money.id

Makanan yang paling dekat dengan perayaan adalah nasi tumpeng. Mulai dari ulang tahun, sampai peringatan satu momentum, nasi tumpeng sering digunakan. Ingin mencoba membuat nasi tumpeng sendiri di rumah?

Pertama siapkan dulu beras sebanyak 3 liter, santan 1/4 liter, kunyit parut satu sendok makan dan rebus dulu, saring dan ambil airnya. Kemudian, siapkan lagi daun pandan 2 lembar, daun salam 2 lembar, sereh 1 batang, dan garam 1 sendok makan.

Setelah bahan siap, sekarang campurkan dulu air kunyit, daun pandan, daun salam, sereh, garam, dan santan. Lalu, beras yang sudah diaron setengah matang, dimasukkan ke dalam panci, lalu dituang dengan campuran santan dan kunyit tadi.

Kembali kukus sampai matang. Nah, sekarang, Anda bisa menyiapkan campuran lainnya seperti tempe, ayam goreng dan sebagainya untuk dijadikan pelengkap nasi kuning ini. Lalu, sajikan sebagai perayaan atau peringatan momentum tertentu.

Pizza

Ingin mencoba membuatkan pizza untuk orang terkasih di hari istimewanya? Bisa, pertama siapkan dulu bahan untuk rotinya. Bahan tersebut antara lain tepung terigu 1/2 kg, ragi 5 gram, minyak sayur 3 sendok, garam 1/2 sendok teh, gula pasir 2 sendok makan dan air 250 ml.

Sedangkan bahan topping yang bisa Anda siapkan antara lain keju, saus tomat, bawang bombai, dan pilihan topping lainnya yang Anda sukai.

Cara membuatnya, pertama bahan roti dicampurkan sampai merata, lalu masukkan air dan ulen sampai kalis. Masukkan adonan ke dalam wadah, lalu tutup dengan kain. Sekarang, siapkan untuk bahan topping, seperti bawang bombay yang sudah ditumis, juga bahan lainnya yang Anda sukai. Siapkan saus tomat, dan saus cabai, tuangkan dalam tumisan bawang tadi.

Selanjutnya, adonan yang sudah disimpan tadi, giling sampai lebih tipis. Lalu, siapkan wajan dan masukkan adonan tadi di atasnya, dan taburkan dengan keju. Lalu, taburkan topping di atasnya, dan sajikan.

Waffle

Berikutnya, resep yang bisa Anda coba adalah waffle sederhana. Ingin membuatnya, pertama siapkan dulu bahan terigu 250 gram, baking powder 1 setengah sendok teh, gula pasir 3 sendok makan, mentega tawar 30 gram, susu 375 ml, telur 2 butir, garam setengah sendok teh. Siapkan pula bahan topping, antara lain saus cokelat secukupnya, potongan strawberry dan keju yang sudah diparut.

Cara membuatnya, pertama cairkan dulu bahan mentega, lalu campurkan bahan-bahan seperti telur, susu, dan mentega cair. Sedangkan bahan-bahan kering seperti terigu, baking powder, gula pasir, dan garam dicampurkan di tempat terpisah.

Kemudian, campurkan bahan cair dengan bahan kering dan aduk sampai merata. Setelah merata, tuangkan adonan ke wajan untuk waffle, lalu masak sampai matang. Tambahkan topping di atasnya, lalu angkat dan sajikan.

Kue Cubit

Sumber gambar selerasa.com

Pernah dengar kue cubit, dong? Kue yang sedang viral akhir-akhir ini juga bisa Anda coba buat untuk orang terkasih. Anda perlu menyiapkan bahan seperti tepung terigu 50 gram, gula pasir 50 gram, margarin yang sudah dicairkan 50 gram, baking powder 1 sendok teh, ragi 2 gram, dan telur 100 gram.

Siapkan pula bahan toping seperti cokelat keping, coklat batangan, dan biskuit Oreo yang sudah dihancurkan.

Cara membuatnya, campurkan semua bahan utama sampai rata. Lalu, sebelum dimasukkan ke cetakan, diamkan dulu selama 15 menit agar lebih mengembang. Kemudian, masukkan dalam cetakan yang sudah dioles dengan minyak.

Panaskan sampai matang. Lalu, letakkan toping di atasnya, kemudian tunggu sampai matang benar. Angkat dan sajikan segera.

From our editorial team

Pilih Jenis Kado Makanan Sesuai Kesukaan dan Kebutuhannya!

Makanan favorit juga bisa jadi kado atau hadiah yang tepat di momen spesial orang tercinta. Pastinya sebelum memberikan kado, Anda tentu harus tahu apa makanan kesukaannya. Anda juga mesti mempertimbangkan beberapa jenis makanan terutama jika orang yang akan Anda hadiahi memiliki pantangan mengkonsumsi makanan tertentu karena memiliki alergi atau riwayat penyakit lainnya. So. pastikan kamu memberikan kado yang tepat ya!