Langsung Praktik di Dapur! Rekomendasi 8 Resep Nasi Goreng dari Seluruh Dunia yang Bisa Kamu Masak Sendiri dengan Mudah

Langsung Praktik di Dapur! Rekomendasi 8 Resep Nasi Goreng dari Seluruh Dunia yang Bisa Kamu Masak Sendiri dengan Mudah

Sumber gambar www.rotinrice.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan nasi goreng? Kuliner khas Indonesia ini banyak disukai bule, lho. Bukan hanya bule, bahkan orang Indonesianya pun sangat menyukai makanan khas satu ini. Mau coba masak nasi goreng di rumah? Yuk, langsung intip resepnya!

Nasi Goreng Menjadi Teman Baik Bagi Setiap Warga Indonesia karena Rasanya yang Nikmat

Sumber gambar www.dapurkobe.co.id

Hidangan nasi yang diolah dengan cara digoreng pasti sudah tak asing bagi kita. Masakan nasi goreng hadir dengan beragam varian yang nikmat. Ada yang dicampur sayur dan juga aneka lauk seperti telur, daging ayam hingga aneka makanan laut.

Nasi goreng merupakan makanan yang banyak ditemukan di restoran baik besar hingga kecil. Selain itu nasi goreng juga mudah ditemukan pada pedagang keliling di malam hari. Untuk menyantap nasi goreng kita bisa membuatnya sendiri juga tanpa harus menunggu pedagang lewat atau beli di restoran karena cara membuatnya cukup mudah.

Di kawasan Asia, sajian berupa nasi goreng begitu populer. Dan tiap negara memiliki varian nasi gorengnya tersendiri yang begitu khas dengan cita rasa daerah masing-masing. Yuk, intip aneka nasi goreng dari berbagai negara di Asia.

Tidak Hanya di Indonesia, Ternyata Nasi Goreng juga Populer di Negara-negara Ini Lho!

Malaysia dan Singapura

Sumber gambar resepkoki.id

Kuliner Indonesia berupa nasi goreng bisa dibilang begitu ikonik. Bahkan di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, nasi goreng begitu digemari.

Di Malaysia, nasi gorengnya mirip dengan Indonesia dari segi tekstur hingga rasa. Tetapi yang membedakan adalah adanya tambahan sayuran seperti kcang panjang dan buncis serta wortel di dalam nasi gorengnya.

Di Singapura, nasi goreng juga memiliki cita rasa yang mirip dengan yang dari Indonesia. Namun nasi goreng Singapura lebih sederhana dengan isian kacang polong. Lalu untuk masalah bumbu, nasi goreng Singapura kaya akan bumbu otentik Cina seperti minyak wijen hingga minyak oyster.

Korea Selatan

Sumber gambar majalahkartini.co.id

Di negeri Gingseng Korea ada juga lho varian nasi goreng. Umumnya nasi goreng dari Korea ini disebut dengan Kimchi Bokkeumbap alias nasi goreng kimchi. Uniknya nasi goreng khas Korea ini hadir dengan penambahan kimchi.

Jika kebanyakan kita di Indonesia memanfaatkan sisa nasi semalam sebagai nasi goreng, maka di Korea pun sama. Mereka tak akan menyia-nyiakan nasi sehingga mengolahnya sebagai nasi goreng. Selain dicampur kimchi, mereka juga mencampurnya dengan daging, telur, dan sayur.

Thailand

Sumber gambar www.dapurkobe.co.id

Nasi goreng Thailand tak jauh beda dengan nasi goreng di Tanah Air kita. Yang menjadi pembeda utama adalah berasnya. Mereka memakai beras jenis Jasmine yang terkenal sangat baik kualitasnya.

Bahan nasi goreng Thailand secara keseluruhan sama dengan nasi goreng Indonesia. Tampilan nasi goreng Thailand menarik dengan campuran bahan yang warnanya berbeda-beda. Untuk isiannya beragam dari udang hingga kepiting yang bikin nasi gorengnya makin nikmat.

Cina

Sumber gambar livejapan.com

Nasi goreng ternyata berasal dari Cina, lho. Masakan ini sudah ada sejak tahun 4000 sebelum masehi. Idenya berawal dari masyarakat Cina yang kurang suka menyantap makanan yang sudah dingin.

Mereka mencoba memasak lagi nasi yang sudah dingin sehingga bisa disajikan nikmat dan hangat. Bumbu beragam pun ditambahkan kala memasak ulang nasi yang sudah dingin. Yang bikin khas adalah butiran nasi berlumur mentega dengan orak arik telur dan irisan daging asap. Nasi goreng Cina juga diberi tambahan kacang polong dan udang.

Bosan dengan Nasi Goreng yang Itu-itu Saja? Coba Resep Nasi Goreng Berikut!

Nasi Goreng Jawa

Sumber gambar www.bango.co.id

Nasi goreng Jawa memiliki kemiripan dan juga perbedaan dengan nasi goreng pada umumnya. Yang membedakan adalah bumbu yang dipakai jauh lebih banyak. Selain itu ciri khas bahan nasi goreng Jawa terletak pada penambahan terasi dan juga cabai keringnya.

Bahan-bahannya adalah 2 piring nasi, 4 buah cabai merah besar dipotong-potog, 4 cabai rawit, 5 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1/2 sdt terasi matang, sdm kecap manis, 2 sdt garam, dan minyak goreng.

Cara membuatnya dengan menghaluskan bahan seperti cabai rawit, bawang merah dan cabai merah. Haluskan juga terasi dan bawang putih lalu tambahkan garam. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halusnya dan masak hingga matang. Masukkan nasi dan aduk sampai tercampur rata. Tambahkan kecap manis lalu aduk nasi dengan api kecil. Angkat lalu sajikan dengan telur dan bahan lainnya.

Nasi Goreng Gila

Sumber gambar resepkoki.id

Varian nasi goreng selanjutnya adalah nasi goreng gila. Yang satu ini ciri khasnya adalah isiannya banyak sekali. Selain suwiran ayam, isian nasi goreng juga ada bakso, udang, sosis hingga jamur dan ati ampela. Porsi dari nasi goreng gila juga sangat banyak sehingga ini juga yang membuatnya dijuluki nasi goreng gila.

Bahan-bahannya adalah 400 gram atau 2 piring nasi putih, 1 butir telur dibuat orak-arik, 1 siung bawang putih dicincang kasar, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, dan minyak goreng secukupnya.

Bahan tumis untuk siraman menggunakan 50 ml air, 2 pasang ampela ayam direbus hingga matang dan potong sesuai selera, 50 gram dada ayam fillet direbus hingga matang dan potong, 3 buah bakso sapi, kol secukupnya, sawi hijau secukupnya, 1 sdm kecap manis, 1/2 sdt kecap ikan, garam secukupnya, merica secukupnya, kaldu ayam secukupnya, dan minyak untuk menumis secukupnya.

Bahan bumbu halus terdiri dari 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, dan 1 buah cabai merah. Cara membuatnya dengan menumis bawang putih hingga harum lalu masukkan telur orak arik dan nasi putih. Aduk merata baru masukkan garam dan merica lalu aduk kembali dan angkat. Untuk membuat tumis bumbu siraman kamu perlu menumis bumbu halus hingga harum.

Masukkan ampela dan juga hati ayam lalu tambahkan potongan ayam serta bakso dan aduk merata. Tambahkan kol dan juga sawi hijau lalu aduk sampai layu. Masukkan kecap manis dan kecap ikan lalu tambahkan garam dan merica. Beri kaldu ayam lalu aduk merata dan masak sampai matang. Tuang nasi goreng pada piring lalu siram dengan bahan tumisan di bagian sampingnya dan sajikan kala hangat.

Nasi Goreng Oriental

Sumber gambar www.bbcgoodfood.com

Ciri khas dari varian nasi goreng oriental adalah tak memakai bawang merah dalam resepnya. Terkadang untuk menggantikan bawang merah, bisa dipakai bawang bombay namun hanya sedikit saja. Penggunaan banyak bawang putih memberi rasa berbeda pada nasi gorengnya.

Bahan-bahannya adalah 5 siung bawang putih digepre, 400 gr nasi putih, 50 gr wortel dipotong dadu, 50 gr kacang polong, 50 gr jagung pipil, 1 sdm minyak wijen, 1 sdm kecap Inggris, 1 sdm angciu, 2 sdm kecap manis, 2 butir telur kocok, garam secukupnya, lada secukupnya, minyak sayur secukupnya, 3 gr jahe yang sudah dirajang halus.

Cara membuatnya dengan memanaskan wajan lalu tumislah bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan kacang polong, jagung dan wortel lalu masak sampai matang. Tambahkan nesi putih dan kecap manis lalu masukkan kecap inggris. Masukkan juga minyak wijen, lada dan garam lalu aduk sampai merata. Tambahkan telur dan masak hingga telurnya tercampur dengan nasi. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Nasi Goreng Tuna Pedas

Sumber gambar www.wyza.com.au

Aneka varian masakan nasi goreng memang bikin kita jadi lapar dan ingin segera beranjak ke dapur untuk memasak. Kamu bisa coba varian nasi goreng tuna pedas yang tak kalah nikmatnya. Untuk resepnya kamu bisa intip yang berikut ini.

Bahan-bahannya terdiri dari 1 kaleng ikan tuna, 2 porsi nasi putih, 1 sdm saus tiram, garam secukupnya, dan minyak secukupnya. Bahan bumbu halusnya adalah 3 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 3 buah cabai rawit, 1/4 sdt merica, dan kacang polong secukupnya.

Cara membuatnya dengan memanaskan minyak dan tumis bahan bumbu halus hingga harum. Masukkan tuna kaleng lalu hancurkan atau tumis sampai aromanya sedap. Tambahkan saus tiram dan juga kacang polong lalu aduk merata. Masukkan nasi dingin lalu aduk merata dengan bumbunya. Taburi garam secukupnya lalu tumis hingga tercampur rata dan rasanya pas.

Nasi Goreng Thailand

Sumber gambar selerasa.com

Nasi goreng khas dari Thailand rasanya juga tak kalah nikmat lho. Kamu bisa mencoba sesekali di rumah supaya tahu rasa lezatnya. Sajian nasi goreng Thailand yang ternama adalah Khao Phat Kai alias nasi goreng ayam.

Bahan yang dibutuhkan adalah ¼ dada ayam dipotong dadu, 3 ½ sendok makan minyak sayur, 1 siung bawang putih diiris tipis, 2 cangkir nasi melati, 1 butir telur dikocok lepas, 1 sendok teh soy sauce, ½ sendok teh saus ikan, ¼ sendok teh lada hitam/putih, gula putih secukupnya, 1 buah mentimun iris tipis, jeruk nipis secukupnya, cabai merah segar secukupnya, dan bawang daun.

Cara membuatnya dengan memanaskan minyak pada wajan lalu masukkan ayam hingga warnanya berubah. Masukkan ½ sendok makan kecap ikan, untuk daging. Angkat dari wajan dan sisihkan dulu. Panaskan minyak lagi lalu tumis bawang putih sampai harum. Masukkan nasi lalu aduk memakai spatula. Tambahkan ayam lalu aduk merata. Masukkan kecap dan saus ikan lalu masukkan telur kocok. Beri merica dan gula lalu masak terus hingga bulr nasi tak lengket. Nasi siap disajikan kala hangat.

Nasi Goreng Kimchi

Sumber gambar vemale.com

Di Korea ada juga varian nasi goreng yang unik. Nasi goreng dicampur kimchi jadi makanan yang banyak disukai. Bahkan di Indonesia, makanan ini juga banyak disukai loh. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah, ya.

Bahan-bahannya adalah 2 cup nasi, 1/2 cup kimchi, 1/2 cup daging (sesuai selera), 2 batang daun bawang, 1 sdm kecap manis, 1/4 bawang bombay, 1 butir telur, bawang putih (sesuai selera), minyak sayur, minyak wijen, garam, dan merica.

Cara membuatnya dengan memotong kimchi jadi lebih kecil lalu sisihkan. Potong bawang bombay menyerupai dadu lalu iris juga daun bawang. Cincang bawang putih hingga halus lalu sisihkan. Bumbui daging dengan memakai kecap manis, bawang putih cincang dan merica bubuk. Tumis daging sampai matang memakai minyak sayur. Jika sudah matang, bisa ditambahkan bombay dan kimchi lalu aduk selama 5 menit.

Masukkan daun bawang dan bawang putih cincang baru masak sebentar dan matikan apinya. Tambahkan nasinya lalu aduk merata. Beri minyak wijen lalu nyalakan lagi apinya. Masukkan garam dan merica lalu aduk rata. Pada wajan terpisah, masaklah telur sesuai selera, bisa scrambled egg atau sunny side up. Letakkan nasi goreng di piring lalu sajikan hangat dengan telur.

Nasi Goreng Rendang

Sumber gambar unileversolutions.com

Nasi goreng rendang dijamin bikin ketagihan. Sayang banget kalau kamu belum mencoba varian nasi goreng yang satu ini. Rasanya begitu kaya dan juga harmonis sehingga bikin lupa diet.

Bahan-bahannya adalah 1 sdm mentega, 4 siung bawang putih diiris tipis, 1 buah cabai merah besar diiris tipis, 1 batang daun bawang diiris tipis, 1 butir telur, 250 gr nasi putih, 1 sdm bumbu rendang instan atau bumbu rendang padang, dan 1 sdt garam.

Cara membuatnya dengan memanaskan mentega lalu tumis bawang putih. Masukkan cabai merah dan daun bawang lalu tumis sampai harum. Tambahkan telur dan buat orak arik lalu aduk merata. Masukkan nasi lalu masukkan bumbu rendang. Taburi garam dan royco lalu aduk merata dan siap disajikan.

Nasi Goreng Cabe Hijau

Sumber gambar www.resepkuekeringku.com

Nasi goreng dengan memakai cabai hijau banyak disukai. Membuatnya tak terlalu sulit dan rasanya begitu nikmat. Kamu bisa mencoba resep yang satu ini di rumah, ya.

Bahan-bahannya adalah 2 sdm margarin, 5 buah bawang merah diiris halus, 2 siung bawang putih dicincang halus, 10 buah cabai hijau besar dibuang biji dan ditumbuk halus, 500 gram nasi putih dingin, 1 batang daun bawang diiris miring, 1 sdm kecap ikan, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, dan 1/4 sendok teh gula pasir.

Bahan pelengkap terdiri dari 3 sdm serundeng, 3 sdm bawang merah goreng, dan 1 butir telur (masak menjadi telur dadar lalu iris halus). Cara membuat adalah panaskan margarin lalu tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan bawng merah dan cabai hijau besar lalu tumis sampai harum. Masukkan nasi putih dan kecap ikan lalu masukkan juga merica, gula dan garam. Aduk sampai berubah warna lalu masukkan daun bawang. Aduk merata dan siap disajikan.

From our editorial team

NIkmati Nasi Goreng Terlezat Karyamu!

Memasak sendiri, selain bisa berhemat juga dapat menyajikan hidangan yang terbaik. Tentunya kebersihan dan kandungan gizi akan lebih terjamin jika kamu memasak nasi goreng karyamu. Yuk, langsung saja praktikkan resep-resep nasi goreng ini tanpa ragu lagi.