6 Rekomendasi Minuman Terenak dari Bahan Susu Untuk Segarkan Tubuh (2018)

6 Rekomendasi Minuman Terenak dari Bahan Susu Untuk Segarkan Tubuh (2018)

Ada kalanya jika setiap hari mengkonsumsi susu dengan rasa dan bentuk yang sama akan terasa membosankan dan monoton. Kalau sudah bosan, lama kelamaan Anda menjadi enggan bahkan meninggalkan kebiasaan baik meminum susu. Nah, salah satu alternatif agar asupan susu bisa terjaga secara rutin dan mencegah kebosanan muncul adalah menambahkan beberapa variasi yang unik dari segi penampilan dan cita rasanya. Berikut beberapa alternatif minuman dari susu yang bisa dicoba.

Kandungan nutrisi berupa kalsium yang terkandung pada susu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang. Susu dapat mempertahankan kekuatan otot dan mencegah osteoporosis atau keropos tulang. Di sisi lain, susu juga dapat memberikan energi bagi tubuh, memperbaiki kerusakan sel dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Para penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi juga dapat meminimalkan risiko serangan jantung dengan mengkonsumsi susu secara teratur. Tak heran bila susu kemudian didaulat sebagai penyempurna atau pelengkap menu pola makan sehat. Saat ini ada banyak sekali kreasi minuman yang bisa Anda coba agar tidak hanya susu putih itu itu saja yang Anda nikmati. Rekomendasi berikut juga bisa menambah kreativitas Anda di rumah, lho! Apa saja resep unik minuman berbahan dasar susu? Mari kita simak daftar berikut ini.

1. Sup Buah Greentea

Kalangan milenial saat ini sangat menyukai varian green tea. Hal ini tidak lepas dari kesadaran masyarakat tentang pola makan sehat yang sudah mulai tumbuh. Anda juga bisa membuat sup dengan kuah green tea yang tak kalah enaknya. Bahan-bahannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 1 sachet instant green tea dan susu cair putih yang banyak tersedia di swalayan atau supermarket. Siapkan gula pasir lalu campur ketiga bahan dalam sebuah gelas. Masukkan buah yang Anda inginkan. Seperti apel, melon, stroberi, anggur, dan semangka yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam mangkuk. Masukkan es batu serta jelly rasa stroberi ke dalam wadah buah-buahan lalu siram dengan kuah green tea yang sudah Anda perisapkan. Lalu, bisa langsung disantap bersama keluarga dan teman.

2. Apple Cooler

Apa itu apple cooler? Apple cooler merupakan sebuah minuman segar yang terbuah dari susu yang dicampur dengan jus apel. Sudah bisa dibayangkan betapa segarnya minuman yang satu ini, kan? Apple cooler membutuhkan bahan seperti teh bubuk jahe manis dan jus apel hijau sebagai bahan utama. Selain itu, buah apel yang sudah dipotong, susu cair rendah lemak, serta air dan gula. Tambahkan pula es batu agar rasa menjadi lebih segar. Caranya? Mudah saja. Cukup masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender, lalu blender hingga halus. Simple dan mudah, bukan?

3. Oreo Milkshake

Oreo adalah camilan terfavorit bagi semua orang. Bagaimana tidak? Oreo memiliki rasa yang manis dan unik. Pantas saja oreo cocok diolah menjadi desert apa saja. Salah satu olahan oreo menjadi desert dengan bahan susu adalah oreo milkshake. Cukup siapkan 5 buah biskuit oreo, beberapa scope es krim vanilla, cokelat bubuk, susu putih UHT, serta es batu agar lebih segar. Masukkan semua bahan dan haluskan dengan blender. Lalu, cukup tuang ke dalam wadah gelas serta tambahkan taburan oreo di atasnya. Oreo milkshake siap diminum!

4. Sunrise Smoothies

Smoothies hampir sama dengan jus. Perbedaannya terletak pada teksturnya yang lebih kental dari pada jus. Minuman yang satu ini kaya akan vitamin C dan segar saat diminum ketika berada di tempat yang panas. Selain memiliki kandungan vitamin C, sunrise smoothies juga memiliki sumber antioksidan serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Untuk membuat minuman ini, Anda bisa menyediakan 1 gelas stroberi beku, susu putih cair, 1 mangga beku, jus jeruk dan es batu secukupnya. Blender semua bahan menjadi satu lalu tuangkan ke gelas. Selain menjadi minuman pendamping, ternyata smoothies juga bagus untuk diet karena teksturnya yang kental membuat perut menjadi lebih kenyang.

5. Milk Tea Hangat

Minuman ini memiliki suhu yang hangat sekaligus dapat menghangatkan tubuh Anda ketika udara sedang dingin. Bahannya cukup mudah. Anda cukup menyediakan air sebanyak 185 ml yang sudah dididihkan, 2 sendok makan teh tubruk, 125 ml susu putih cair serta gula atau madu secukupnya. Masukkan teh tubruk ke dalam teko yang berisi air panas. Tunggu 3 hingga 5 menit agar minuman dapat terseduh sempurna. Setelah itu, tuangkan susu sedikit demi sedikit dan aduk rata tiap 1 kali tuangan. Saring sebelum teh di minum agar tidak ada bahan teh yang menggumpal. Jika ingin rasa yang lebih manis, tambahkan saja gula atau madu secukupnya sesuai selera Anda.

6. Susu Choco Chips

Anda pecinta hot chocolate? Tapi malas untuk beli ke luar rumah? Tenang saja. Minuman yang satu ini hampir mirip dengan hot chocolate. Anda bisa menggunakan susu sebagai bahan dasarnya. Bahkan, cukup 2 menit saja Anda sudah bisa menikmati minuman unik yang satu ini. Cukup siapkan susu dan choco chips secukupnya, lalu masukkan ke dalam panci kecil. Aduk hingga merata dan tunggu mendidih. Setelah itu, tuangkan ke dalam wadah gelas dan siap untuk diminum. Cukup simple, bukan?

From our editorial team

Kreasikan bahan makanan untuk kebutuhan nutrisi seimbang

Itulah beberapa minuman berbahan susu yang praktis dan cepat yang dapat dicoba. Anda bisa berkreasi sendiri di rumah. Minuman tersebut juga cocok disajikan untuk keluarga sambil bersantai di ruang keluarga. Manfaatkan bahan lainnya yang cocok dipadukan dengan susu agar nutrisi tetap terpenuhi, tubuh tetap sehat dan bertenaga. Selamat mencoba!

Tag