Cara Diet Mudah dengan Mengonsumsi 15 Rekomendasi Makanan Rendah Karbohidrat

Cara Diet Mudah dengan Mengonsumsi 15 Rekomendasi Makanan Rendah Karbohidrat

Bagi mereka yang bermasalah dengan berat badan, menjalankan program diet bukan sebuah perkara gampang. Selalu saja ada tantangan yang membuat program diet tidak berjalan maksimal. Untuk itu BP-Guide memberikan cara diet yang bisa mudah dijalankan siapa saja.

Sebenarnya Karbohidrat Sangat Berguna Bagi Tubuh

Sudah bukan rahasia lagi jika karbohidrat merupakan salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan karbohidrat dapat membuat tubuh lemas dan tidak bertenaga.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam karbohidrat adalah glukosa, beberapa organ tubuh seperti lensa mata, otak, dan sel saraf membutuhkan glukosa sebagai sumber energi utama dan tidak dapat digantikan oleh sumber energi lainnya. Jadi, dengan kata lain, tubuh kita sangat membutuhkan karbohidrat agar setiap anggota atau organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Karbohidrat bisa didapatkan dari beras, gandum, jagung, sagu, dan sebagainya. Maka tak mengherankan jika makanan-makanan tersebut dijadikan sebagai makanan pokok oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Selain itu, umbi-umbian seperti singkong, ubi, talas, dan buah sukun juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Namun Jika Berlebihan, Bisa Berdampak Serius

Meskipun karbohidrat sangat diperlukan untuk tubuh, namun secara berlebihan justru akan memberikan dampak yang tidak baik untuk tubuh. Pada dasarnya karbohidrat akan diolah menjadi gula atau glukosa yang bermanfaat untuk sumber energi.

Tubuh hanya membutuhkan glukosa secukupnya saja. Karbohidrat dan glukosa yang berlebihan ini lah yang nantinya menjadi sumber penyakit. Karena glukosa tersebut akan disimpan di dalam otot, hati, atau sel lain yang nantinya bisa diubah menjadi lemak.

Kelebihan mengonsumsi karbohidrat sering kali tidak disadari, hal ini disebabkan oleh kebiasaan makan yang kurang tepat. Banyak dari kita yang mengkonsumsi karbohidrat dari pagi sampai malam hari. Bahkan menggabungkan beberapa jenis karbohidrat dalam sekali makan, misalnya makan nasi dengan mi sekaligus.

Karbohidrat yang berlebih ini akan diolah menjadi cadangan lemak dan disimpan dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan rentan menjadi penyebab penyakit serius yang membahayakan.

Ini Gangguan Kesehatan yang Ditimbulkan Akibat Kebanyakan Karbohidrat

Gangguan Metabolisme

Dampak negatif pertama yang disebabkan oleh konsumsi karbohidrat yang berlebihan adalah terjadinya resistensi terhadap insulin. Hal ini akan mengakibatkan metabolisme menjadi lambat dan tidak stabil, atau dikenal dengan istilah sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme menyebabkan tubuh tidak bisa mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga akan terasa lemas.

Resistensi insulin juga akan disertai dengan meningkatnya kadar asam urat, hipertensi, dan masalah pada sistem pembekuan darah serta berbagai efek negatif lainnya.

Diabetes

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa di dalam karbohidrat terkandung glukosa atau zat gula. Semakin banyak karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, maka akan semakin banyak juga kadar zat gula yang ikut masuk.

Glukosa dalam jumlah yang mencukupi akan digunakan tubuh dan otak untuk terus bekerja, dan akan masuk ke dalam aliran darah. Kelebihan kadar glukosa dalam darah akan membuat pankreas membutuhkan hormon yang lebih banyak untuk menghasilkan insulin. Glukosa atau zat gula yang berlebihan dalam darah ini yang nantinya memicu munculnya penyakit diabetes.

Obesitas

Pada dasarnya tubuh hanya membutuhkan karbohidrat secukupnya saja, selebihnya akan disimpan menjadi cadangan lemak di dalam tubuh. Lemak yang berlebihan ini pada akhirnya akan menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Terutama dialami oleh mereka yang mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak namun tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup. Obesitas menjadikan tubuh tidak ideal dan rentan terhadap serangan berbagai macam jenis penyakit.

Penyakit Jantung

Kelebihan karbohidrat juga dapat meningkatkan kandungan trigliserida atau lemak jahat dalam tubuh. Lemak jahat ini akan mengalir ke dalam darah dan tentu saja tidak baik untuk tubuh. Pembuluh darah akan dipenuhi oleh lemak sehingga menyebabkan darah tidak bisa mengalir dengan baik ke jantung. Akhirnya tubuh akan mudah terkena penyakit atau serangan jantung.

Untuk Menghindarinya, Anda Boleh Melakukan Diet Karbohidrat, Begini Caranya

Tubuh Anda memang membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi, namun berhati-hatilah dalam mengonsumsinya. Jangan sampai karbohidrat yang berfungsi untuk sumber energi berganti menjadi sumber penyakit. Untuk itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih dan mengonsumsi karbohidrat supaya jumlah yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan.

Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang manis-manis memang sering kali terlihat sangat menggoda untuk disantap. Namun tahukah Anda bahwa makanan dan minuman manis ini jika dikonsumsi dalam jumlah banyak justru akan menjadi ancaman bagi kesehatan?

Banyak mengonsumsi makanan yang manis-manis sama artinya Anda sedang memasukkan stok gula ke dalam tubuh, sehingga asupan kalori dalam tubuh akan menumpuk. Kalori akan tersimpan sebagai timbunan lemak dan membuat tubuh gemuk.

Kegemukan mendekatkan kita pada berbagai masalah kesehatan. Jika ingin selalu sehat, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis seperti es krim, permen, teh dan kopi manis, cake, kue, dan sebagainya.

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, Anda bisa menggantinya dengan protein. Tidak sama dengan karbohidrat, tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengolah protein menjadi energi, hal ini menjadikan Anda kenyang lebih lama dan tidak perlu makan berulang-ulang. Sumber protein bisa Anda dapatkan dari daging, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan.

Jika Ingin Efektif, Sebaiknya Hindari Makan Nasi

Bagi masyarakat Indonesia, belum makan namanya jika belum bertemu nasi. Meskipun sudah banyak sekali makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nasi menjadi makanan pokok dan makanan utama masyarakat kita, sulit sekali rasanya jika tidak makan nasi.

Padahal jika Anda benar-benar ingin mengurangi asupan karbohidrat ingin hidup sehat, maka nasi adalah salah satu makanan utama yang harus Anda kurangi. Karena terdapat banyak sekali kandungan karbohidrat yang ada pada nasi. Dengan mengurangi mengonsumsi nasi, maka Anda sudah mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Mengurangi makan nasi dijamin sangat efektif untuk diet karbo. Tak perlu khawatir Anda tidak bisa hidup gara-gara tidak makan nasi. Buktinya orang Barat masih bisa hidup baik-baik saja tanpa mengkonsumsi nasi.

Berikut Beberapa Makanan Rendah Karbohidrat untuk Konsumsi Sehari-hari

Sarapan Pagi

Omelet Telur

Sumber gambar www.incredibleegg.org

Salah satu menu sehat pengganti nasi di pagi hari adalah omelet. Telur sebagai bahan utama dari omelet mengandung protein yang membuat perut merasa kenyang lebih lama. Sebutir telur besar mengandung 6 gram protein, 70 gram kalori, 180 miligram kolesterol, dan 5 gram lemak. Kandungan ini sangat cukup untuk menjadi sumber energi tubuh Anda untuk mengawali pagi.

Selain sehat, telur yang diolah menjadi omelet tentu saja memiliki rasa yang sangat lezat dan menggugah selera makan. Namun jika tidak punya banyak wantu untuk membuat omelet telur, Anda cukup menggantinya dengan menyantap telur rebus saja.

Nah, jika Anda ingin membuat omelet telur sebagai menu sarapan, ikuti saja resep omelet telur berikut ini.

  • Bahan:
  • 2 butir telur
  • 1 buah jamur kancing
  • 1 lembar daging asap siap saji
  • ¼ sdt garam
  • Secukupnya keju
  • Secukupnya merica bubuk
  • Sedikit daun bawang
  • Secukupnya minyak goreng atau mentega
  • Secukupnya lada hitam
  • Saos tomat atau saos sambal (pelengkap)

  • Cara Membuat:
  • Kocok telur bersama garam, merica, dan lada hitam
  • Potong daging asap, daun bawang, dan keju. Lalu campurkan pada kocokan telur
  • Siapkan wajan antilengket yang sudah diolesi minyak atau mentega
  • Tuangkan adonan telur pada wajan dan masak hingga matang
  • Jika suka omelet dengan bagian dalam yang setengah matang, Anda bisa merekatkan bagian dalam omelet sehingga yang matang hanya bagian luarnya saja
  • Angkat dan sajikan bersama saus yang sesuai dengan selera Anda
  • Omelet telur siap disantap

Oatmeal

Sumber gambar www.chowhound.com

Oatmeal sangat terkenal di kalangan pelaku diet. Oatmeal yang merupakan makanan sehat ini mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal di pagi hari dapat mencegah perut merasa lapar sampai waktu makan siang.

Hal ini disebabkan kandungan serat yang cukup banyak di dalam oatmeal membuat perut merasa kenyang lebih lama. Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Nutrition Journal pada tahun 2014 mengatakan bahwa partisipan yang mengkonsumsi oatmeal merasa kenyang lebih lama dibandingkan partisipan yang mengkonsumsi sereal dalam porsi yang sama.

Oatmeal memang memiliki rasa yang tawar, tapi Anda bisa memodifikasinya menjadi sangat enak. Caranya? Cukup menambahkan bubuk kayu manis, pisang, dan kacang kenari. Selain membuat oatmeal terasa lebih enak, ketiga bahan ini juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Kayu manis dapat menguatkan rasa tanpa menambahkan banyak kalori. Pisang dapat jadi penambah rasa manis alami dan mempertahankan elektrolit tubuh. Sedangkan kacang kenari mengandung omega-3 yang dapat membakar lebih banyak lemak serta mencegah peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Roti Gandum

Sumber gambar manfaat.co.id

Gandum yang merupakan makanan sehat yang sangat dianjurkan terutama untuk orang yang sedang melakukan program diet. Gandum memiliki kandungan nutrisi dan asupan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Menjadikan gandum sebagai pengganti nasi pada menu sarapan tentu saja sangat dianjurkan. Anda bisa mengkonsumsi roti gandum untuk mengganjal perut di pagi hari.

Roti gandum yang tawar bisa Anda kombinasikan dengan telur sehingga sarapan terasa lebih enak. Caranya: cukup lubangi bagian tengah roti gandum dengan menggunakan gelas. Lalu letakkan pada wajan anti lengket yang sudah diolesi dengan mentega. Selanjutnya ceplok telur pada bagian roti yang sudah dilubangi, berikan bumbu sesuai selera. Roti gandum telur siap dijadikan sarapan yang super lezat dengan tambahan saus sambal favorit Anda.

Smoothies Pisang

Pisang merupakan buah sejuta umat karena mudah didapatkan dan harganya yang sangat terjangkau. Selain itu buah ini juga kaya akan manfaat. Memilih pisang sebagai menu sarapan dapat memberikan energi dan mengoptimalkan fungsi otak. Pisang juga dapat menyehatkan jantung, mengontrol gula darah, mencegah sembelit, menstimulasi produksi hemoglobin, dan dapat mengatasi anemia.

Salah satu menu sarapan dari pisang yang sangat enak adalah smoothies pisang. Cara membuatnya juga cukup mudah.

  • Bahan:
  • 2 buah pisang ambon (boleh diganti dengan pisang yang lain)
  • 150 gr strawberry segar
  • 250 ml susu low fat atau susu kedelai
  • 4 sdm madu
  • 2 sdm oatmeal

  • Cara Membuat:
  • Kupas dan potong-potong-potong pisang
  • Bersihkan strawberry
  • Masukkan potongan pisang, strawberry, dan semua bahan ke dalam blender
  • Proses hingga semuanya menjadi lembut
  • Tuangkan ke dalam gelas
  • Smoothies pisang segar siap disantap

Sandwich Dada Ayam

Selanjutnya Anda bisa menggantikan nasi dengan sandwich dada ayam. Selain enak, perpaduan antara roti dan daging ayam bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Simak resepnya berikut ini.

  • Bahan:
  • 4 lembar roti gandum tawar, buang kulitnya
  • 3 lembar daun selada, iris tipis
  • 2 lembar keju cheddar
  • 3 sdm mentega
  • ½ buah wortel, kupas dan potong korek api
  • 1 potong dada ayam, rebus dan suwir
  • 1 sdm kecap asin
  • ¼ sdt merica bubuk
  • Secukupnya mayones

  • Cara Membuat:
  • Panaskan mentega sampai meleleh
  • Masukkan wortel, tumis sampai layu
  • Lalu masukkan ayam, merica, dan kecap asin. Aduk sampai rata dan masak sampai matang. Angkat dan dinginkan
  • Setelah adonan tumisan dingin, campurkan dengan mayones sampai benar-benar tercampur
  • Oleskan roti tawar dengan blueband
  • Ambil selembar roti, lalu taruh ½ bagian dari tumisan ayam, kemudian taruh selembar keju cheddar di atasnya. Lalu tangkupkan selembar roti lainnya di atas keju
  • Lakukan sampai habis
  • Sandwich dada ayam siap menemani sarapan Anda

Makan Siang

Caesar Salad dan Daging Panggang

Sumber gambar lifestyle.okezone.com

Tak bisa dipungkiri jika ingin hidup sehat, maka sayur adalah salah satu menu utama yang harus dikonsumsi. Kandungan protein, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam sayur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayangnya, banyak orang yang enggan makan sayur dengan alasan rasanya yang tidak enak, bentuknya yang aneh dan alasan lainnya.

Hal inilah yang akhirnya mendatangkan ide untuk mengolah sayuran sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang enak dan sehat. Salah satunya adalah Caesar salad.

Anda tak perlu khawatir, membuat Caesar salad tidaklah susah. Hanya dengan menggunakan beberapa bahan saja, menu ini dapat disantap untuk makan siang Anda.

  • Bahan:
  • 300 gr daun selada romaine, cuci bersih, dan sobek kasar
  • 2 lembar daging asap panggang, potong ukuran 3 x 1 cm dan sangrai sampai agak kering
  • 2 butir telur ayam rebus, potong dadu ukuran ¼ cm
  • 3 sdm keju parmesan parut

  • Crouton:
  • 4 lembar roti tawar, buang bagian tepinya
  • 3 sdm margarin
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 1 siung bawang putih, cincang halus

  • Cara membuat Crouton:
  • Olesi salah satu permukaan roti lembar dengan margarin. Lakukan pada semua roti
  • Potong roti dengan ukuran 1 cm
  • Panaskan minyak, lalu tumis bawang sampai harum
  • Masukkan potongan roti, aduk rata sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan

  • Bahan Saus:
  • 2 butir kuning telur
  • 100 ml minyak zaitun
  • 2 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdt garam
  • ¼ merica bubuk
  • ¼ sdt gula pasir
  • 1 sdm capers, cincang halus
  • 1 sdm anchovy

  • Cara Membuat Saus:
  • Kocok kuning telur sampai berwarna putih
  • Masukkan minyak zaitun sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai tercampur rata dan mengental
  • Lalu masukkan air jeruk lemon, merica, garam, gula, capers dan anchovy. Aduk sampai rata. Sisihkan

  • Cara Menyajikan Caesar Salad:
  • Campurkan daun selada dengan ½ bagian sausa. Aduk rata
  • Lalu tambahkan crouton, telur rebus, daging asap dan sisa saus. Aduk sampai benar-benar tercampur rata
  • Taburi keju dan aduk lagi
  • Caesar Salad dengan daging asap siap disantap

Karedok

Sumber gambar resepkoki.id

Karedok merupakan makanan Indonesia asli, tepatnya makanan khas Sunda. Makanan ini terbuat dari sayur-sayuran seperti kacang panjang, kol, tauge, terong, kemangi, dan sebagainya yang disiram bumbu kacang dan disajikan dengan taburan kerupuk di atasnya. Sekilas hampir mirip dengan pecel atau lotek, yang membedakannya karedok menggunakan sayuran mentah.

Menyantap karedok berarti Anda sudah mengkonsumsi sayuran yang sangat segar dan tentunya sehat. Selain itu, karedok juga dapat dimakan begitu saja tanpa harus ditemani nasi atau lontong.

Penasaran bagaimana cara membuat karedok? Intip resep dan cara membuatnya yuk.


  • Bahan:
  • Kacang panjang, potong kecil-kecil
  • Secukupnya cabe rawit
  • Secukupnya terasi
  • Secukupnya kencur
  • Secukupnya gula merah
  • Secukupnya bawang putih
  • Secukupnya garam

  • Bahan Saus Kacang:
  • Secukupnya kacang tanah yang sudah digoreng
  • Secukupnya kencur
  • Secukupnya gula merah
  • Cabai merah (sesuai selera)
  • Garam
  • Sedikit terasi bakar
  • Air asam jawa
  • Jeruk limau
  • Secukupnya air matang

  • Bahan pelengkap:
  • Terong bulat, iris
  • Wortel, iris
  • Mentimun, iris
  • Tauge segar, bersihkan
  • Daun kemangi, haluskan

  • Cara Membuat:
  • Haluskan cabai, kencur, gula merah, garam, terasi pada dengan cara diulek. Lalu masukkan kacang goreng dan ulek kasar saja (jangan terlalu halus)
  • Tambahkan air asam jawa, jeruk limau dan air matang
  • Kemudian masukkan semua sayuran dan bahan pelengkap dalam ulekan dan aduk rata dengan menggunakan sendok atau spatula. Aduk sampai sayuran dan saus kacang benar-benar tercampur rata
  • Pindahkan ke dalam piring dan taburi dengan kerupuk yang sudah diremukkan
  • Karedok siap disantap

Nasi Goreng Kembang Kol

Sumber gambar www.vemale.com

Bagi Anda pencinta nasi goreng namun sedang menjalani diet dan hidup sehat tanpa nasi, menu satu ini wajib Anda coba. Meskipun namanya nasi goreng kembang kol, namun menu ini sama sekali tidak menggunakan nasi kok. Bahan utamanya adalah kembang kol yang diolah sehigga terlihat seperti nasi. Rasanya juga tak kalah enak dengan nasi goreng pada umumnya.

Berikut resep nasi goreng kembang kol yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

  • Bahan:
  • 1 buah kembang kol ukuran sedang
  • 2 butir telur (putihnya saja)
  • 1 butir telur utuh
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm minya wijen
  • 1 buah bawang Bombay, cincang halus
  • ½ cangkir kacang polong dan wortel beku
  • 5 helai daun bawang (potong kecil-kecil, pisahkan bagian putih dan hijau)
  • 3 sdm kecap
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak untuk menumis

  • Cara Membuat:
  • Bersihkan kembang kol sampai benar-benar bersih. Potong-potong dan masukkan ke dalam food processor, lalu hancurkan sampai memiliki tekstur seperti nasi putih
  • Kocok lepas 2 butir putih telur dan 1 butir telur utuh
  • Panaskan wajan dan minyak, masukkan kocokan telur dan buat menjadi telur orak-arik. Angkat dan sisihkan
  • Masukkan minyak wijen ke dalam wajan, lalu tumis bawang Bombay, bawang putih, daun bawang bagian putih, kacang polong dan wortel. Masak selama lebih kurang 2-4 menit
  • Kemudian masukkan kembang kol yang sudah bertekstur seperti nasi. Tambahkan juga kecap dan garam. Masak sambil diaduk-aduk selama lebih kurang 5-6 menit
  • Terakhir, masukkan daun bawang bagian hijau dan telur orak-arik. Aduk sampai semuanya tercampur rata
  • Nasi goreng kembang kol super lezat siap disantap

Pepes Tahu Tempe

Sumber gambar sidomi.com

Kacang kedelai yang merupakan bahan utama pembuatan tahu dan tempe, ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya. Kedelai mengandung 205 lemak tak jenuh atau lemak baik. Bahkan biji kedelai utuh mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, fosfor, magnesium, zat besi, dan kalsium.

Sebagai orang Indonesia, tentunya kita bangga memiliki tahu dan tempe sebagai salah satu makanan khas negara kita. Tahu dan tempe dapat diolah menjadi menu makanan yang sangat enak, salah satunya adalah dipepes. Berikut resepnya.

  • Bahan:
  • 500 gr tahu putih atau tempe (bisa juga dicampurkan keduanya)
  • 2 lembar daun salam
  • Secukupnya daun kemangi
  • Secukupnya daun pisang untuk membungkus
  • Secukupnya lidi untuk merekatkan bungkusan pepes

  • Bahan Halus:
  • 5 buah cabai keriting
  • 5 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya merica

  • Cara Membuat:
  • Pertama, panaskan daun pisang sampai lentur dan mudah dilipat. Potong dengan lebar sesuai kebutuhan. Sisihkan
  • Lumatkan tahu/tempe dengan menggunakan garpu atau ulekan. Bisa juga dengan menggunakan food processor
  • Lalu campurkan tahu dengan bumbu halus, aduk sampai tercampur merata
  • Ambil selembar daun pisang. Tata adonan tahu/tempe di atasnya. Lalu tambahkan daun kemangi dan daun salam di atas adonan tersebut. Kemudian lipat sisi-sisi daun pisang sampai berbentuk bungkusan dan sematkan lidi pada kedua ujungnya. Lakukan sampai adonan habis
  • Kukus pepes dengan api kecil/sedang sekitar 15-20 menit atau sampai matang
  • Angkat dan sajikan pepes selagi selagi hangat

Rujak Manis

Sumber gambar cookpad.com

Tak hanya sayuran seperti salad dan karedok, buah-buahan juga bisa Anda jadikan menu makan pengganti nasi. Ya, Anda bisa menikmati buah-buahan dengan cita rasa yang sangat khas melalui semangkuk rujak. Perpaduan aneka buah-buahan yang segar dan bumbu kacang yang sangat khas membuat Anda mendapatkan sensasi menyantap buah dengan nikmat. Begini cara membuatnya.

  • Bahan:
  • 50 gr mangga muda
  • 50 gr bengkoang
  • 50 gr buah nanas
  • 50 pepaya setengah matang
  • 50 gr melon
  • 2 buah mentimun

  • Bahan Kulit:
  • 50 gr kacang tanah yang sudah digoreng
  • 50 gr gula jawa
  • 3 buah cabai merah keriting (pedas sesuai selera, ya)
  • 1 sdm air asam jawa
  • ¼ sdt garam
  • Sedikit terasi atau petis
  • Secukupnya air matang

  • Cara Membuat:
  • Bersihkan semua buah-buahan dan potong tipis atau otong dadu. Sisihkan
  • Uleg cabai, terasi, garam, gula jawa. Tambahkan air asam jawa
  • Lalu masukan kacang goreng dan ulek kasa saja. Tambahkan air matang sambil diaduk dan mencapai kekentalan sesuai selera
  • Campur potongan buah dengan bumbu kacang. Rujak segar siap disantap
  • Bisa juga menyajikan buah dan bumbu kacang secara terpisah. Ambil buah sepotong demi sepotong dan cocol pada bumbu kacang
  • Hhmm..dijamin bikin segar

Makan Malam

Burger Jamur

Sumber gambar indoburger.net

Jamur pada umumnya sering dianggap sebagai jenis sayur-sayuran. Namun ternyata kandungan nutrisi pada jamur sama seperti kandungan yang terdapat pada daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain kaya akan nutrisi, jamur juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Cocok sekali untuk dijadikan menu pengganti nasi.

Jamur biasanya diolah menjadi tempura, cah jamur, atau jamur krispy. Namun ternyata jamur juga bisa dijadikan burger lho. Begini cara mengolahnya.

  • Bahan:
  • 250 gr jamur tiram
  • 100 gr tepung roti
  • 50 gram bawang bombay (cincang kecil-kecil)
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Secukupnya garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk
  • Secukupnya minya goreng

  • Cara Membuat:
  • Bersihkan jamur,, lalu potong kecil-kecil. Sisihkan
  • Lalu campur jamur dengan tepung roti. Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk. Aduk sampai merata
  • Tambahkan juga telur yang sudah dikocok dan sedikit minyak goreng. Aduk lagi sampai semua bahan menyatu
  • Bentuk adonan menjadi burger bulat, kotak atau sesuai selera
  • Goreng dengan menggunakan sedikit minyak dan dibolak-balik secara berkala sampai matang
  • Burger jamur siap disantap bersama roti atau bisa juga disimpan di freezer terlebih dahulu

Summer Roll

Sumber gambar www.foodnetwork.com

Summer Roll merupakan makanan tradisional khas Vietnam yang biasa disebut Gỏi cuốn atau lumpia vietnam. Terbuat dari daging, udang, sayuran, soun beras yang dibungkus dalam rice paper. Summer Roll menduduki urutan ke-30 dalam daftar makanan paling lezat di dunia bersi CNN Go pada tahun 2011.

Meski Summer Roll merupakan makanan khas Vietnam, tapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep berikut ini.

  • Bahan:
  • 15 ekor udang
  • 5 lembar rice paper yang transparan
  • Secukupnya bihun
  • Secukupnya daun selada
  • Secukupnya daun ketumbar
  • Secukupnya air hangat

  • Bahan Saus:
  • 1 ½ sdm saus hoisin
  • 2 ½ sdm selai kacang (peanut butter)
  • 1 sdm sambal botol
  • 1 siung bawang putih (parut atau cincang halus)
  • 1 sdt gula
  • ½ jeruk nipis (peras, ambil airnya)
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • 30 ml air panas

  • Cara Membuat:
  • Bersihkan udang, kukus/rebus sampai matang. Lalu kupas kulitnya. Sisihkan
  • Rebus bihun sampai lembut, siram dengan air dingin lalu tiriskan. Sisihkan
  • Cuci daun selada dan daun ketumbar. Tiriskan dan sisihkan
  • Ambil satu lembar kulit lumpia, celupkan pada air hangat. Lakukan dengan cepat karena kulit lumpia akan lemas dan lengket. Lalu taruh di talenan
  • Tata semua bahan (3 ekor udang, daun selada, bihun dan daun ketumbar) di atas kulit lumpia. Lalu lipat kulit seperti melipat lumpia biasa. Lakukan sampai bahan dan kulit habis
  • Jika sudah selesai, saatnya membuat saus. Caranya: campurkan semua bahan saus dalam wadah, aduk sampai rata dan selai kacangnya melelah. Aduk sampai semuanya tercampur sempurna. Koreksi rasa
  • Summer Roll siap disantap bersama saus

Salad Buah dan Sayur

Perpaduan salad buah dan sayur tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencoba menu salad buah dan sayur berikut ini.


  • Bahan:
  • 4 lembar daun selada merah (sobek kasar)
  • 4 lembar daun selada hijau (sobek kasar)
  • 1 buah tomat merah yang segar (iris tipis)
  • ½ buah paprika merah (potong kecil)
  • 1 kaleng ikan tuna kalengan
  • 3 sdm minyak zaitun
  • ½ buah lemon (ambil airnya dan parut kulitnya)
  • Secukupnya keju parut
  • Secukupnya garam dan lada hitam

  • Cara Membuat:
  • Campurkan selada merah, selada hijau, irisan tomat, paprika, tuna kaleng, parutan kulit lemon. Aduk sampai tercampur semua
  • Tambahkan garam dan lada hitam, aduk lagi dengan menggunakan spatula atau tangan
  • Jika sudah tercampur semua, sajikan salad di atas piring dan taburi dengan parutan keju
  • Salad siap disantap

Tumis Kapri dan Jamur

Sumber gambar selerasa.com

Menu lainnya yang dapat Anda coba adalah tumis kapri dan jamur. Kapri dan jamur yang mengandung protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Yuk ikuti resep dan cara membuatnya.

  • Bahan:
  • 200 gr kapri manis
  • 100 gr jamur kancing
  • 5 buah jamur hioko, seduh dan iris
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ buah bawang Bombay, iris panjang
  • 3 buah cabai kering, cincang kasar
  • 1 sdm saus tiram
  • ½ sdt kecap manis
  • 1 sdt garam
  • ¾ sdm gula
  • ¼ merica bubuk
  • 1 sdt minyak wijen
  • 100 ml air bersih
  • 1 sdm minyak untuk menumis

  • Cara Membuat:
  • Panaskan minyak, tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai harum. Lalu tambahkan cabai kering, aduk sampai rata
  • Masukkan kapri manis, jamur hioko, dan jamur kancing. Aduk sampai setengah layu
  • Lalu tambahkan saus tiram, garam, gula, kecap asin dan merica bubuk. Aduk sampai tercampur semua
  • Kemudian tambahkan air, aduk, dan masak sampai matang. Koreksi rasa
  • Tambahkan minyak wijen, aduk dan angkat
  • Tumis kapri dan jamur siap dihidangkan

Chicken Schotel

Sumber gambar www.tuquh.com

Resep terakhir yang dapat Anda coba untuk makan malam adalah Chicken Schotel. Cara membuatnya gampang kok, contek saja resep di bawah ini.

  • Bahan:
  • 1 potong dada ayam, cincang
  • 3 sdm creamcheese
  • 3 sdm santan instan
  • 2 sdm tepung kelapa
  • 1 butir telur, kocok
  • Secukupnya keju parut
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya merica

  • Cara Membuat:
  • Tumis ayam cincang bersama santan. Lalu masukkan garam dan merica. Masak sampai matang. Sisihkan
  • Dalam wadah lain, masukkan telur yang sudah dikocok dan campurkan dengan cream cheese serta tepung kelapa. Aduk sampai tercampur rata
  • Masukkan tumisan ayam ke dalam adonan telur, lalu aduk lagi sampai tercampur sempurna
  • Olesi cetakan dengan mentega, kemudian tuangkan adonan tadi. Taburkan parutan keju di atasnya
  • Selanjutnya panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat Celsius selama lebih kurang 30 menit
  • Sajikan dengan saus sambal

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Nikmati Makanan Lezat yang Sehat

Meski mengurangi karbohidrat dalam program diet Anda, bukan berarti perut tak bisa kenyang. Karena bukan dihilangkan tapi hanya dikurangi. Sehingga Anda tetap dalam menyantap makanan lezat sampai kenyang. Selama tidak mengganggu program pengurangan berat badan Anda.