Perbaiki Perabot Logam Besi yang Rusak dengan 9 Rekomendasi Lem Besi Kuat dan Tahan Lama Ini (2021)

Perbaiki Perabot Logam Besi yang Rusak dengan 9 Rekomendasi Lem Besi Kuat dan Tahan Lama Ini (2021)

Lem besi bisa membantu memperbaiki benda rusak atau patah. Selain digunakan pada besi, lem ini juga bisa digunakan untuk material lainnya. Kalau kamu sedang mencari lem besi dengan spesifikasi yang sesuai, kamu mesti ketahui tips dan rekomendasinya berikut.

Lem Besi Jadi Benda Wajib di Rumah

Sumber gambar www.chartattack.com

Besi adalah salah satu logam yang paling banyak digunakan untuk membuat benda-benda dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya besi, ada pula material lainnya seperti stainless steel dan alumunium yang sifatnya hampir sama seperti besi. Logam besi banyak digunakan untuk membuat benda karena memiliki karakteristik yang kuat, tahan air panas, serta tahan guncangan.

Meski tergolong sebagai material logam yang kuat, terkadang benda yang terbuat dari besi bisa pecah atau terbelah. Oleh sebab itu diperlukan perekat untuk menyambungnya kembali. Perekat berupa lem besi tentunya harus dimiliki oleh setiap rumah terutama jika seseorang bekerja di dunia pertukangan maupun industri. Lem besi yang beredar saat ini juga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga maupun industri.

Cari Lem untuk Tambal Knalpot? Pakai Lem Ini!

Lem Visbella

Sumber gambar m.indonesian.alibaba.com

Saat ini ada banyak jenis lem besi di pasaran. Kalau kamu butuh lem untuk menambal knalpot motor, kamu bisa gunakan lem Visbella. Ini adalah lem yang kuat dan tahan panas. Dengan harga yang terjangkau para pengendara sepeda motor biasanya menggunakan lem ini untuk memperbaiki knalpot yang bocor. Saking tahan panasnya, lem ini diklaim dapat bertahan bahkan hingga suhu 1.100 derajat Celcius. Cara penggunaannya juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskan lem pada bagian yang bocor.

Lem Sealer

Sumber gambar m.bukalapak.com

Jenis lem besi atau lem logam lainnya yang biasa digunakan adalah lem sealer. Lem sealer bisa digunakan untuk menambal knalpot bocor karena lem ini juga tahan panas. Meski tahan terhadap panas, setiap merek lem tentu memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pastikan kamu memilih lem yang tepat untuk menambal knalpot agar tidak bocor lagi.

Lem Dextone Plastic Steel

Sumber gambar www.daruma.co.id

Knalpot yang bocor juga bisa ditambal dengan menggunakan lem Dextone Plastic Steel. Lem ini bisa diaplikasikan pada motor tanpa perlu dilas. Selain digunakan untuk menambal knalpot, lem ini juga bisa digunakan untuk material keramik, plastik, kayu, kaca, dan lainnya. Ada dua jenis pasta pada lem ini yakni warna hitam dan putih. Sebelum menggunakannya pastikan kamu mencampur lem berwarna hitam dan lem berwarna putih dengan perbandingan yang sama atau 1:1. Lakukan pengeleman secara cepat tidak lebih dari lima menit karena lem mengeras dengan cepat.

Cara Memilih Lem Besi yang Bagus

Pilih Lem Khusus dan Berkualitas

Sumber gambar letswood.com

Jika kamu perlu menggunakan lem besi, pastikan kamu memilih lem yang tepat. Lem besi punya komposisi yang berbeda dengan lem biasa. Lem besi biasanya akan menjadi sangat keras ketika sudah kering. Hal inilah yang membuat lem besi kuat menahan guncangan. Sebelum membeli ada baiknya kamu perhatikan terlebih dahulu komposisi dan spesifikasi lem agar bisa digunakan dengan tepat.

Lem Harus Tahan Panas

Sumber gambar gadgetsliving.com

Karakteristik lem lainnya yang harus dimiliki lem besi adalah sifatnya yang tahan panas. Lem besi yang bagus dapat menahan panas hingga suhu yang tinggi karena biasanya lem ini digunakan untuk mesin atau besi panas. Pilih lem yang terbuat dari epoxy dengan kekentalan tertentu. Lem yang terbuat dari epoxy lebih kuat dan tahan lama sehingga tidak mudah lepas saat terpapar panas. Lem juga tidak mudah meleleh.

Lem Harus Tahan Guncangan

Sumber gambar gluefaq.com

Selain tahan panas dan tidak mudah meleleh, lem besi juga biasanya memiliki karakteristik lain seperti tahan guncangan. Lem besi harus tahan terhadap guncangan agar tidak mudah lepas dan tetap kuat menempel meskipun objek bergerak. Jadi, sebelum membeli lem pastikan lem memiliki klaim shock resistant atau tahan guncangan. Jangan pilih lem besi instan karena lem ini tidak tahan guncangan sehingga jika direkatkan pada mesin kendaraan atau komponen lainnya tidak akan bertahan lama.

Memiliki Bahan Dasar Lentur

Satu lagi tips yang mesti diperhatikan sebelum membeli lem besi. Pilih lem yang terbuat dari bahan yang lentur. Dengan memilih lem berbahan lentur, sambungan atau bahan yang direkatkan dengan lem tersebut tidak akan mudah lepas terutama jika dalam keadaan lembap.

Selain itu, lem dengan bahan lentur bisa digunakan untuk merekatkan atau menyambung dua benda dengan material yang berbeda. Sehingga jika benda tersebut memuai atau bertambah panjang atau bertambah volume, lem bisa mengikuti perubahan tersebut dan tidak mudah terlepas.

Pilihan Lem Besi yang Murah dan Kuat

Lem Besi Serbaguna Secure Putty

Tak perlu bingung memilih lem besi untuk berbagai keperluan. Kalau kamu butuh lem besi yang kuat, kamu bisa pilih lem besi keramik plastik serbaguna Kuat Secure Putty. Lem ini adalah lem yang terbuat dari material epoxy yang multifungsi. Lem ini tahan panas dan bisa tetap stabil di suhu 120 derajat Celcius. Lem ini juga tahan air sehingga bisa digunakan untuk perbaikan material atau objek di bawah air. Tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan. Lem ini juga bisa dicat, dibor, dan digiling setelah mengering.

Harga Rp. 49.500-78.000

Dexbond Lem Besi Epoxy

Lem besi Epoxy Adhesive Dexbond juga bisa jadi pilihan untuk merekatkan material atau objek yang terbuat dari besi. Lem besi ini terbuat dari material epoxy dengan komponen resin dan hardener yang mudah digunakan. Dalam satu kemasan, terdapat dua buah tube yang. berisi harderner berwarna putih dan resin yang berwarna hitam.

Lem besi ini punya beberapa keunggulan di antaranya bisa digunakan untuk berbagai material tidak hanya besi. Selain itu, lem ini tahan dan kuat terhadap temperatur dan tekanan tinggi. Bisa digunakan untuk merekatkan berbagai benda seperti barang pecah belah, speaker, perabot rumah tangga, perhiasan, radiator dan lainnya. Soal kekuatan, kamu tidak perlu ragu karena lem ini punya tingkat kekerasan 94-95 Shore-D dan tahan hingga suhu 120 derajat Celcius.

Harga Rp. 7.410-7.500

Selleys Epoxy Bond Super Steel

Lem epoxy memang cocok digunakan untuk komponen besi. Selleys Lem Epoy Bond Super Strong & Super Steel adalah lem besi yang terbuat dari material epoxy. Lem yang memiliki daya rekat tinggi pada material logam ini dapat merekat kuat hanya dalam waktu 5 menit. Selain digunakan pada logam seperti besi, lem ini juga bisa digunakan untuk material lainnya seperti kayu, keramik, beton, dan logam dan lainnya. Lem ini juga bisa merekatkan dan mengisi celah bangunan yang retak.

Harga Rp. 18.950-25.900

Lem Epoxy Milan

Lem Epoxy Resin Milan Adhesive adalah produk lem yang terdiri dari dua komponen yang diformulasikan secara khusus. Lem ini dapat merekatkan berbagai jenis material seperti besi, alumunium, kayu, karet, keramik, batu, tripleks, hingga kertas. Selain bisa digunakan untuk merekatkan benda, lem ini juga bisa digunakan untuk mengisi celah pada kayu, lantai, karet, atau marmer. Lem ini tersedia dalam warna natural dan warna jati sehingga cocok digunakan untuk material dengan komponen natural seperti kayu dan besi.

Harga Rp. 46.000-67.500

Lem Epoxy Fulloc

Lem Fulloc Epoxy adalah lem yang juga terdiri dari dua komponen yakni resin dan hardener. Lem dengan bahan epoxy ini punya beberapa kelebihan seperti dapat menyatu dengan mudah pada suhu ruangan. Lem ini juga lebih mudah digunakan dan lebih mudah diaduk dengan menggunakan pengaduk khusus untuk hasil yang lebih maksimal. Selain itu juga bisa digunakan untuk merekatkan logam lainnya, kayu, gelas, dan plastik.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur resin dengan header dengan perbandingan 1:1. Lem Fulloc Epoxy bisa merekatkan benda atau objek dengan waktu yang relatif singkat sehingga sebaiknya kamu gunakan lem ini dalam waktu tidak lebih dari satu jam.

Harga Rp. 195.000-222.200

Avian Non Sag Epoxy

Avian Non-Sag Epoxy adalah lem yang dapat menutup kerusakan pada logam maupun kayu. Lem ini ini bisa diaplikasikan hingga ketebalan 1 cm dan dapat juga digunakan untuk permukaan yang basah. Avian Non-Sag ini memiliki dua komponen yaitu Non-Sag Epoxy Resin yang berwarna krem dan komponen hardener yang berwarna cokelat. Lem ini bisa melekat kuat apabila dicampur dengan perbandingan 1:1. Tahan air dan kuat terhadap semua bahan kimia termasuk bensin, minyak, maupun alkali. Lem ini juga mudah diaplikasikan pada permukaan vertikal atau overhead serta mudah dibentuk pada bagian sudut.

Harga Rp. 51.000-65.900

Lem Epoxy besi Araldite Rapid 90 Menit Biru

Lem Epoxy Besi Araldite Biru juga merupakan lem besi yang ampuh untuk berbagai material. Lem epoxy ini dapat meningkatkan dan memperbaiki objek yang pecah atau retak. Tidak hanya bisa digunakan untuk material besi, lem ini juga dapat digunakan pada beton, kayu, keramik, plastik, dan logam lainnya. Meski mudah digunakan, lem ini baru bisa melekat secara sempurna setelah 9 jam diaplikasikan. Lem epoxy ini berwarna kuning pucat dan terdiri dari dua komponen resin serta hardener.

Harga Rp. 26.000-45.000

Gorilla Glue Original

Meski disebut lem kayu Gorilla Wood Glue, lem ini juga bisa digunakan pada material logam termasuk besi. Gorilla Glue adalah lem asli asal Amerika yang bisa digunakan untuk merekatkan berbagai jenis material termasuk kayu, logam, keramik, plastik, dan lainnya. Cocok digunakan untuk memperbaiki perabotan atau interior maupun eksterior rumah.

Terbuat dari bahan polyurethane, lem ini tahan air sehingga aman digunakan di luar rumah. Jika kamu punya hobi membuat kerajinan kayu, kamu bisa menggunakan lem ini untuk menyambung kayu tanpa menggunakan paku. Sangat kuat dan bisa digunakan untuk merekatkan besi secara sempurna.

Harga Rp. 109.000-109.600

Lem Sealant Maxbond

Maxbond Sealant adalah lem adhesive yang sangat kuat dan diciptakan khusus untuk material konstruksi seperti pemasangan lantai kayu, cermin, maupun dinding. Lem padat multifungsi ini memiliki daya rekat yang sangat tinggi dan dapat menahan beban yang cukup berat. Bisa digunakan di hampir seluruh jenis material. Berwarna cokelat dan mudah digunakan. Untuk mengaplikasikannya harus menggunakan tembakan silikon khusus. Jadi pastikan kamu memiliki alat tersebut jika ingin menggunakan lem ini.

Harga Rp. 54.000-70.000
From our editorial team

Pilih Lem Besi Sesuai Kebutuhan

Lem besi adalah salah satu benda wajib yang ada di rumah. Lem ini bisa berfungsi untuk memperbaiki benda-benda yang rusak atau patah termasuk besi. Untuk memperbaiki peralatan atau perabot rumah yang rusak kamu bisa gunakan lem besi dengan kriteria yang sesuai. Pilih lem yang berkualitas dengan daya rekat yang kuat agar tidak mudah rusak kembali.

Tag