Jangan Salah Pilih Lem, Inilah 9 Rekomendasi Lem Kayu Termurah untuk Furnitur Berkualitas (2020)

Jangan Salah Pilih Lem, Inilah 9 Rekomendasi Lem Kayu Termurah untuk Furnitur Berkualitas (2020)

Sumber gambar www.freepik.com

Kamu yang suka membuat barang DIY pasti membutuhkan lem kayu. Lem kayu juga dibutuhkan untuk memperbaiki furnitur. Berikut beberapa pilihan lem kayu murah yang bisa kamu gunakan berikut tips memilih lem kayu. Yuk, langsung cek dulu!

Lem Kayu Bisa Digunakan untuk Berbagai Furnitur Berkualitas

Sumber gambar https://www.freepik.com

Bagi kamu yang hobi membuat perabotan dan aneka peralatan unik DIY, pasti membutuhkan lem kayu untuk melekatkan dua atau lebih komponen kayu. Ternyata, memilih lem memerlukan beberapa kategori khusus. Kamu boleh memilih lem sesuai budget yang dimiliki, namun perhatikan terlebih dahulu tips-tips memilih lem kayu termurah berikut ini.

Tips Memilih Lem Kayu Termurah

Mengenali Jenis-jenis Lem Kayu

Sumber gambar https://www.freepik.com

Secara umum lem kayu terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain ada PVA atau Polyvinyl Acetate, Lem Cyanoacrylate (CA) atau lem super, lem berbahan epoksi, lem kayu poliuretan, dan lem kulit. Di antara jenis-jenis tersebut ada dua yang penting untuk diperhatikan yaitu lem PVA dan lem Dextone Epoxy. Lem PVA lebih sering ditemukan dan banyak ada di rumah tangga. Salah satu sebabnya adalah karena selain sebagai lem kayu juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Lem Dextone Epoxy adalah jenis lem kayu yang tersusun atas hardener dan resin. Biasanya, kedua komponen tersebut diaplikasikan secara bersamaan pada alat-alat perabotan. Campuran komponen lem Dextone memiliki tekstur yang kental dan bersifat kuat melekat. Selain itu, lem kayu Dextone Epoxy bermanfaat untuk memperbaiki permukaan kayu yang tidak rata, berlubang, ataupun rusak.

Kekuatan Lem

Sumber gambar https://www.freepik.com

Kamu pasti menginginkan hasil perabotan buatanmu tercipta dengan baik. Untuk itu, kekuatan lem harus sudah teruji terlebih dahulu. Kamu bisa memilih lem kayu jenis polyurethane yang terkenal karena ketahanan dan kekuatannya.

Tingkat Kerumitan Penggunaan Lem

Sumber gambar www.familyhandyman.com

Saat ini sudah banyak variasi lem kayu yang bisa jadi pilihan. Kerumitan lem kayu bergantung pada jenis lem yang digunakan. Jika kamu belum terbiasa menggunakan lem kayu, kamu bisa memilih lem yang mudah kering dan gampang dibersihkan.

Keamanan Pemakaian Lem

Sumber gambar www.gorillatough.com

Penggunaan lem kayu sebenarnya bukanlah hal yang sepele. Kamu harus memperhatikan keamanan pemakaian lem. Lebih lagi jika kamu memilih lem cyanoacrylate atau lem super yang memiliki daya lekat maksimal. Kamu harus berhati-hati jika tidak teliti dalam mengaplikasikannya.

Selain itu, kayu yang sudah dilapisi lem harus disimpan di tempat yang aman dan tidak terjamah api. Hindari juga menggunakan lem kayu khusus indoor yang digunakan pada furniture outdoor. Agar lebih aman baca terlebih dahulu label kemasan yang tertera pada lem kayu.

Rekomendasi Lem Kayu Murah namun Berkualitas

Dextone Epoxy

Lem Dextone Epoxy Resin Adhesive terdiri dari dua komponen yaitu resin dan hardener. Tingkat kekentalan lem sangat tinggi sehingga tidak akan menetes. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai permukaan seperti kayu, karet, kaca, alumunium, keramik, porselen, besi, dan sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk pengisi rongga pada sambungan. Lem ini juga mudah kering saat digunakan pada permukaan lembab sekalipun karena tahan terhadap air maupun minyak.

Harga Rp. 12.000-15.000

Gorilla Glue Waterproof

Lem Gorilla Glue Waterproof Polyurethane adalah jenis lem PVA yang merekat sangat kuat dan tahan air. Kamu hanya cukup menunggu 20 hingga 30 menit agar daya rekat lem kokoh.

Kamu dapat menggunakan lem Gorilla Wood Glue Waterproof untuk perabotan luar maupun dalam dan berbagai macam perabotan rumah tangga lainnya.

Selain itu, lem ini sangat aman digunakan bagi para pemula dengan pekerjaan DIY. Kamu bisa mendapatkan lem Gorilla Wood Glue Waterproof dengan kemasan 59 ml.

Harga Rp. 119.000-150.000

Aica Aibon

Lem Aica Aibon merupakan lem kayu termurah berkualitas yang sudah terkenal sejak tahun 1974. Daya rekatnya yang kuat adalah komposisi dari pelarut organik dan karet sintetis.

Kamu bisa menggunakan lem Aica Aibon untuk berbagai kerusakan perabotan kayu maupun pembuatan perabotan baru.

Namun, berhati-hatilah dalam menggunakannya. Upayakan untuk tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Harga Rp. 9.250-12.000

One Step Glue

One Step Glue merupakan produk lem satu komponen yang diproduksi oleh PT. Intanwijaya Internasional Tbk. Lem kayu berkualitas yang satu ini bisa diaplikasikan pada permukaan padat seperti kayu.

Akan tetapi, One Step Glue hanya dapat diterapkan pada kayu jenis plywood, oriented strand board, medium density fibreboard, dan papan partikel. Kamu juga bisa mempergunakan One Step Glue sebagai veneer dan dempul.

Harga Rp. 148.000-172.000

Titebond II Premium

Titebond II Premium adalah jenis lem kayu termurah dan berkualitas yang diproduksi oleh Franklin Internasional. Titebond II Premium dikenal sebagai lem terbaik di Eropa dengan formulasi tahan air.

Selain itu, Titebond II Premium mudah dibersihkan, tidak beracun, dan tahan lama. Pada umumnya, lem Titebond II Premium digunakan oleh pekerja furnitur professional. Uniknya lagi, lem ini dapat diaplikasikan pada perabot eksterior dan interior.

Harga Rp. 548.568

Lem Kayu Polyurethane

Lem Kayu Polyurethane Adhesive adalah jenis lem kayu yang sangat mudah diaplikasikan. Pada umumnya, lem ini hanya terdiri atas satu komponen. Lem kayu polyurethane dapat digunakan pada perabot outdoor maupun indoor.

Kamu para pemula disarankan untuk menggunakan lem kayu polyurethane sesuai dengan ketentuan yang ada. Pastikan terlebih dahulu bahwa permukaan perabotan yang akan kamu aplikasikan berada dalam keadaan lembab.

Harga Rp. 59.500-63.000

Crossbond X3

Lem Kayu Kuat Crossbond X3 adalah jenis lem kayu termurah berkualitas yang tahan air. Kamu bebas menggunakan lem ini karena Crossbond X3 terbilang ramah lingkungan, bebas timbal, dan bebas formalin sehingga sangat aman digunakan.

Bahan komposisi lainnya pun telah distandarisasi oleh Euro Echa Reach SVHC. Crossbond X3 dapat merekat sangat kuat, tahan panas, dan cepat kering. Lem ini direkomendasikan bagi kamu yang sedang mengerjakan proyek dalam skala besar maupun DIY.

Harga Rp. 52.250-55.000

Lem Kayu Crona

Lem kayu termurah Crona merupakan lem berkualitas yang tahan terhadap air. Kamu dapat memenuhi segala kebutuhan dengan memanfaatkan lem Crona seperti laminating, jointing, veneering, dan lainnya.

Akan tetapi, kamu harus lebih dahulu memperhatikan jenis kayu apa yang akan digunakan. Lem Crona akan merekat secara sempurna pada kayu meranti, mahoni, kamper, jati, ramin, rose wood, oak, sungkai, dan kamper.

Harga Rp. 23.500-29.500

Loctite 495

Loctite 495 adalah jenis lem kayu termurah dan kuat merekat dalam waktu yang singkat. Berbahan dasar etil menjadikannya tidak berwarna.

Selain itu, hanya butuh waktu sekitar 10 hingga 20 detik agar lem Loctite 495 merekat secara sempurna sehingga kamu dapat menggunakannya untuk keperluan yang sangat mendesak sekalipun.

Harga Rp. 60.000-95.000
From our editorial team

Perhatikan Label sebelum Menggunakan Lem Kayu

Memilih lem memang tidak bisa asal-asalan. Lem memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Nah, sebelum menggunakan lem kayu sebaiknya baca terlebih dahulu petunjuk yang terdapat pada label demi keamanan. Untuk pilih lem kayu murah kamu bisa memilih produknya di atas ya.

Tag