Ide Produk Kreatif dengan Bahan Unik yang Bernilai Jual

Ide Produk Kreatif dengan Bahan Unik yang Bernilai Jual

Kreativitas di industri kerajinan tangan tidak terbatas. Bila Anda memiliki daya imajinasi tinggi dan senang membuat barang kerajinan tangan, Anda berpeluang untuk mengubahnya menjadi sumber penghasilan bisnis yang menjanjikan. Seperti bahan daur ulang ini yang ternyata masih bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai jual tinggi.

Tidak sedikit barang kerajinan tangan dari Indonesia yang sangat diminati di pasar mancanegara. Bahkan, tidak semua benda tersebut terbuat dari bahan material yang mahal. Bahan unik seperti sampah plastik bekas botol air mineral, kertas koran, hingga bahan-bahan limbah yang tidak terpakai bisa dibuat menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Bahan-bahan daur ulang ini tidak hanya unik, tetapi juga mudah dicari dan harganya juga murah bahkan gratis sehingga bisa menekan ongkos produksi. Berikut adalah beberapa inspirasi produk dengan bahan unik terbuat dari limbah yang bisa dimanfaatkan dan bernilai jual:

1. Pot Tanaman dari Botol Plastik Minuman

Sumber gambar www.rossbearpost.com

Botol plastik bekas minuman soda atau air mineral biasanya langsung dibuang setelah dipakai. Maklum saja, karena memang fungsi botol kemasan minuman ringan tersebut hanya satu kali pakai. Akan tetapi, bukan berarti sampah atau limbah botol plastik bekas tidak bisa digunakan lagi lho. Contoh produk yang bernilai jual dan estetis tinggi adalah menjadikannya pot tanaman hias di meja kerja. Produk ini hanya dibuat dari potongan botol plastik bekas yang diberi cat bernuansa emas, silver atau warna lain yang menarik. Setelah dicat dan dikeringkan, botol pun berubah menjadi pot tanaman hias yang super keren untuk mempercantik ruangan di rumah atau kantor. Keren, kan!

2. Hampers dari Bagian Dasar Botol Plastik

Membuat hampers yang berisi permen atau mainan untuk hadiah souvenir ulang tahun anak-anak ternyata tidak perlu mengeluarkan kocek yang mahal. Anda bisa membuat produk bingkisan dari bagian dasar botol plastik bekas minuman bersoda sebagai ganti paper bag. Caranya mudah. Ambil botol plastik bekas minuman soda yang ukuran besar 2 liter. Kemudian, belah dua. Nah, potong sekitar 6-7 cm berbentuk kurva melingkar agar bisa dilipat empat bagian. Sehingga di bagian atasnya bisa ditutup dan dibuka sesuai kebutuhan. Selanjutnya, permanis dengan tali pita yang di kombinasi kain tule agar tampil lebih cantik dan elegan.

3. Mainan dari Botol Plastik

Sumber gambar kusicanall.blogspot.com

Jika Anda di rumah memiliki botol plastik bekas oli, botol bekas pelembut cucian, atau botol apa pun yang terdapat pegangan dan tutupnya, botol itu bisa menjadi kerajinan tangan boneka atau karakter hewan unik lho. Mainan ini dibuat hanya dengan menambahkan cuping telinga panjang dari bahan flanel. Tak lupa, tambahkan bulu-bulu di permukaan handle atau pegangan botol sebagai rambut boneka. Kemudian, tambahkan 2 buah mata boneka yang biasa dijual di toko crafting. Tadaa.. boneka sudah jadi! Bisa dijual atau dipakai mainan sendiri oleh buah hati agar tidak boros selalu membeli yang baru.

4. Produk Kerajinan dari Kertas Koran Bekas

Sumber gambar www.rumahkreative.id

Koran atau surat kabar datang setiap pagi dan selalu menumpuk di sudut teras. Hanya dalam hitungan hari, kertas koran sudah menggunung dan biasanya hanya dijual ke tukang rombeng atau tukang loak dengan harga kiloan yang tak seberapa. Kertas koran bisa diubah menjadi produk yang lebih bermanfaat dan atraktif dan bernilai jual tinggi. Misalnya saja seperti pot tanaman, wadah pernak-pernik, tempat peralatan menulis, bahkan sandal jepit. Proses pembuatannya relatif sangat mudah. Dan semuanya dibuat pertama-tama dengan cara menggulung kertas koran sehingga menjadi bentuk pilin-pilin yang cukup kuat untuk ditempelkan membentuk sesuai keinginan.

5. Celengan dari Kardus

Sumber gambar www.tokopedia.com

Luar biasa! Bahan daur ulang seperti kardus bekas kemasan mie instan atau makanan ringan jika jatuh ke tangan orang yang kreatif dan inovatif, bisa disulap menjadi celengan atau tempat menabung uang receh. Tidak perlu membeli celengan yang minimalis untuk mengajarkan si kecil gemar menabung. Karena dengan sedikit usaha dan kreativitas, Anda bisa membuat sendiri celengan imut dari kardus.

6. Bros Kain Perca

Sumber gambar sebentarsaja.com

Tidak hanya dari sampah plastik atau kardus, kain perca atau potongan kain yang tidak terpakai, masih bisa dipakai untuk produk bernilai jual tinggi. Misalnya seperti bros cantik dan unik dari bahan kain perca ini. Di tangan pengrajin yang kreatif, kain perca ini dibuat model bunga-bunga indah sebagai kelopaknya. Kemudian, di bagian tengah ditempatkan kancing baju untuk benang sarinya. Tak lupa, diberi aksen tambahan kalung untaian mutiara sebagai pemanis. Bros pun siap dipasarkan di akun media sosial. Selain dari kain perca, Anda juga bisa membuat bros dari kain flanel yang harganya juga tidak terlalu mahal. Atau Anda bisa memanfaatkan kain flanel sisa yang sudah tidak terpakai untuk membuat produk kerajinan tangan revolusioner lainnya.

7. Bunga dari Sedotan Plastik Bekas

Bayangkan saja, ada jutaan orang menggunakan sedotan plastik setiap hari? Jika sedotan plastik terus dibiarkan menggunung, apa jadinya bumi tercinta ini? Untuk mengurangi sampah dari sedotan bekas, rupanya ada ide kreatif yang bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan. Seperti membuat rangkaian bunga dari sedotan. Caranya cukup mudah, Sedotan yang melingkar digunting agar terbuka dan kemudian ditekan dengan gunting agar mendapatkan efek spiral atau plastiknya bisa lebih lentur dan lebih mudah dibentuk. Setelah itu, baru disusun cantik hingga menyerupai kelopak bunga yang bersusun-susun. Tak lupa diberi hiasan lidi yang sudah dibalut kertas krep warna hijau untuk batang.

8. Kursi dari Ban Bekas

Menambah kenyamanan dan kecantikan ruangan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena Anda bisa mencoba membuat perabotan yang unik dari bahan ban bekas. Contohnya saja, Anda bisa menyusun 2 buah ban mobil bekas sebagai kursi empuk dan nyaman. Tutup bagian tengah ban dengan kain atau dipasang anyaman tali. Jangan lupa, buat juga meja melingkar dari ban bekas yang ditengahnya ditutupi dengan permukaan kayu atau triplek. Kreatif abis!

9. Gantungan Kunci dari Sendok atau Garpu Bekas

Sumber gambar kreatif522.blogspot.com

Tak jarang beberapa orang kesulitan untuk mengingat tempat menaruh benda kecil seperti kunci sepeda motor atau kunci mobil. Nah, buat produk inovatif yang pastinya akan bermanfaat berupa gantungan kunci. Tidak perlu membeli, karena gantungan ini hanya membutuhkan sendok atau garpu bekas. Cara membuatnya sangat mudah, bahkan bagi pemula. Sendok dan garpu hanya perlu dibengkokkan dengan tang. Kemudian tempel bagian kepala sendok atau garpu ke permukaan kayu yang akan dipasang ke dinding. Papan ini berukuran sekitar 10x10 atau sesuai selera. Beri warna pada papan kayu dan sendok atau garpu Anda agar terlihat lebih artistik. Nah, gantungan kunci yang simpel dan fungsional ini sudah jadi!

From our editorial team

Manfaatkan barang bekas

Bagaimana menarik bukan? Anda bisa memanfaatkan barang yang ada di rumah tanpa harus membeli. Memanfaatkan barang bekas seperti plastik juga bisa mengurangi sampah plastik yang sulit di daur ulang lo. Selain itu, kreasi barang bekas yang unik dan menarik pastinya bisa mendatangkan rupiah. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini ya. Selamat mencoba.

Tag