Tips Memilih Mesin Pemotong Besi dan Rekomendasinya

Tips Memilih Mesin Pemotong Besi dan Rekomendasinya

Dalam berbagai kegiatan pertukangan, kadang kala kita membutuhkan yang namanya mesin pemotong besi. Ada banyak tipe mesin yang satu ini. Kenali tipenya dan pilih mesinnya dengan tepat bersama kami di BP-Guide, ya!

Mesin Pemotong Besi Terdiri dari Banyak Tipe

Dalam alat pertukangan, ada yang namanya mesin pemotong besi. Mesin yang satu ini banyak fungsinya, tentu saja fungsi utamanya adalah untuk memotong besi. Nah, mesin pemotong besi ternyata memiliki banyak tipe.

Ada tipe bandsaw, plasma cutter, dan cutt off dalam mesin pemotong besi. Di negara maju, kebanyakan untuk memotong besi sudah memakai tipe blade cold yang berberntuk seperti gergaji sirkular. Tipe semacam ini bisa memotong beragam material metal bukan hanya besi.

Namun untuk di negara kita, yang paling populer adalah mesin cut off. Mesin semacam ini terbilang sangat efektif untuk memotong berbagai logam mulai dari mid steel sampai alumunium. Ciri mesin yang satu ini adalah bisa mengeluarkan percikan bunga api saat digunakan untuk memotong.

Tips Memilih Mesin Pemotong Besi

Perhatikan Daya Mesinnya

Saat memilih mesin pemotong besi, Anda wajib melihat daya mesinnya terlebih dahulu. Daya mesin akan mempengaruhi kekuatan dan torsi saat memotong besi. Jadi, semakin besar daya semakin cepat untuk memotong.

Namun ada hal lain yang perlu Anda perhatikan juga ya. Sesuaikan dulu daya mesin dengan kesiapan listrik di rumah. Jika butuh mesin pemotong besi untuk hobi saja maka sebaiknya pilih yang watt kecil. Namun untuk workshop dan proyek bisa menggunakan yang berdaya besar.

Perhatikan Ukuran Pisaunya

Berikutnya, Anda juga wajib memperhatikan ukuran pisau yang digunakan dalam mesin pemotong besi. Untuk gergaji model cut off ada banyak ukuran pisau yang tersedia. Ada yang 7 inci, 8 inci bahkan ada yang 14 inci. Anda tinffal sesuaikan saja dengan kebutuhan bidang potong yang diinginkan. Ukuran pisau ini akan berbanding lurus dengan kekuatan daya listriknya.

Pilih Merek Terbaik

Merek adalah hal lainnya lagi yang wajib jadi pertimbangan saat Anda membeli mesin pemotong besi. Ada banyak merek terkenal di pasaran yang bisa Anda andalkan. Umumnya merek yang terkenal bisa memberikan jaminan keawetan, kehandalan, akurasi, dan juga jaminan sparepart saat terjadi kerusakan.

Desain dari mesin pemotong besi yang bermerek cenderung ergonomi sehingga lebih nyaman digunakan. Meski mungkin harganya lebih mahal, namun mesin bermerek bisa memberikan akurasi pemotongan yang bagus. Selain itu mesin juga lebih awet digunakan.

Garansi

Saat membeli mesin pemotong besi, ada baiknya Anda melihat ada tidaknya garansi. Mesin dengan garansi tentu lebih aman untuk dimiliki. Jika terjadi kerusakan, Anda tinggal memakai garansi yang tersedia. Pastikan juga bahwa service centernya bisa dijangkau dan mudah diakses.

10 Rekomendasi Mesin Pemotong Besi

Mesin Jigsaw Modern M-2200 Gergaji Tangan Listrik Jig Saw Geraji Pemotong Papan Triplek Kayu Besi Galvalum Akrilik PVC Pola Zigzag Bulat Bundar

Mesin Jigsaw Modern M-2200 Gergaji Tangan Listrik ini adalah produk pertama yang kami rekomendasikan. Mesin yang satu ini hadir dalam desain modern. Bahannya kokoh sehingga kuat dan tangguh digunakan.

Mesin pemotong besi ini cocok untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Produk ini memiliki alas ukuran 82 x 90 mm. Dengan speed 3200 R/MIN, produk ini membutuhkan daya 220 volts. Alat ini bisa diatur kecepatannya.

Harga Rp. 297.500-327.500

Mesin Potong Besi NRT PRO 2414HD 14 Inch Mesin Cut Off Siku Cutting Wheel Alat Pemotong Besi Baja Galvalum Aluminium Hollow Metal Stainless Almini

Mesin Potong Besi NRT PRO 2414HD 14 inch adalah mesin selanjutnya yang bisa Anda andalkan untuk memotong besi. Produk yang satu ini tergolong bertipe cut off. Dengan teknologi dari Korea, alat ini bisa juga digunakan untuk memotong batu cincin. Produk ini kuat dan awet serta hemat daya. Alat ini memiliki kecepatan 3.800 RPM.

Harga Rp. 799.500-849.000

Tekiro Ryu Cut Off Cutting Wheel Chop Saw Atau Mesin Pemotong Besi 7 Inch

Mesin pemotong besi selanjutnya adalah Tekiro Ryu Cut Off Cutting Wheel Chop Saw Atau Mesin Pemotong Besi 7 Inch. Alat yang satu ini simpel dan mudah digunakan. Bobotnya ringan sehingga lebih nyaman dipakai. Dengan daya 900 watt, mesin pemotong besi ini bisa mengasilkan putaran 5000 RPM. Alat ini dibekali garansi resmi. Mesin ini juga dibekali dengan buku petunjuk.

Harga Rp. 693.000

Promo Mesin Gerinda Tangan Bosch GWS 060 4 Inch Alat Pemotong Grinda Kuat Tahan Lama Baru Bergaransi Mesin Potong Besi Aluminium Galvalum Kayu HPL

Bosch GWS 060 4 Inch ini merupakan produk yang tak bisa Anda lewatkan. Mesin pemotong besi yang satu ini mudah dipegang dan mudah dioperasikan. Alat yang satu ini memiliki bodi yang telah diadaptasi secara ergonomis.

Bagian kepalanya pipih sehingga bisa menjangkau area yang sempit. produk yang satu ini bisa diputar dengan tahapan 90 derajat. Alat ini memakai daya 670 Watt. Mesin ini memberikan tenaga yang besar sehingga bisa juga dipakai untuk usaha.

Harga Rp. 360.000-380.000

Mesin Gerinda NRT PRO 9600 HD Angle Grinder Mesin Circle Gurinda Pemotong Besi Galvalum Almini Grinda 4 Inch Tangan Besi Aluminium Saklar Belakang

Mesin Gerinda NRT PRO 9600 HD bisa jadi pilihan keren selanjutnya. Produk yangs atu ini merupakan mesin pemotong serbaguna dan serbabisa. Anda bisa juga memakainya sebagai mesin penghalus.

Produk ini cocok untuk memotong dan menghaluskan besi, kayu dan lainnya. berdaya 700 watt, alat ini memiliki berat 2 kg. Dengan saklar belakang, produk ini memiliki kecepatan 12000 RPM.

Harga Rp. 209.500-240.000

Mesin Gergaji Potong Jigsaw NRT PRO JS65 HD NORITA Pemotong Kayu Multiplek Alumunium Almini Besi Galvalum PVC Akrilik Korea DIY Woodworking

NRT PRO JS65 HD NORITA ini juga sayang untuk dilewatkan. Mesin pemotong besi yang satu ini bisa memiliki kedalaman potong hingga 65mm. Produk ini memakai daya 450 watt dengan kecepatan hingga 3000 RPM. Alat ini memiliki 6 pengaturan kecepatan. Berteknologi Korea, mesin pemotong besi ini memiliki pendulum dengan 3 posisi. Beratnya relatif ringan sehingga nyaman digunakan.

Harga Rp. 294.500-442.000

EINHILL Mesin Low 700 Watt Pemotong Besi Cut OFF 7 Inch Nrt Ryu Bitec

EINHILL Mesin Low 700 Watt Pemotong Besi Cut OFF 7 Inch Nrt Ryu Bitec merupakan produk unggulan lainnya. Alat yang satu ini memiliki ukuran 7 inci dengan daya listrik 700 watt. Produk ini memiliki diameter batu potog 180 mm. Dengan panjang kabel hampir 3 meter, Anda bisa lebih leluasa memakainya.

Harga Rp. 670.000-1.000.500

Mesin Pemotong Besi Cordless Bar Cutter Cordless Makita DCS 550

Makita Mesin Pemotong Besi Cordless DC S 550 ini juga merupakan produk unggulan. Alat ayng satu ini lengkap dengan saw blade, safety googles dan juga hex wrench. Produk ini hadir dengan desain yang kompak dan ringan. Alat ini bisa bermanuver tinggi dan mudah dioperasikan. Dengan kedalaman pemotongan maksimum 51mm, alat ini memiliki kecepatan rotasi tinggi 3.600 rpm.

Harga Rp. 6.405.100-7.800.000

NEW Gerinda NRT 9700 HD Variable Speed Angle Grinder Heavy Duty Slim Body Mesin Circle Gurinda Pemotong Besi Galvalum Almini Grinda 4 Inch

NRT 9700 HD Variable Speed Angle Grinder ini juga layak untuk Anda miliki. Mesin yang satu ini memiliki bodi yang kokoh. Alat ini tahan lama dan kuat dengan RPM yang lebih tinggi. mesin ini memiliki variable speed heavy duty. Mesin ini serbaguna dan serbabisa juga sebagai penghalus. Alat berdaya 720 watt ini memiliki saklar belakang.

Harga Rp. 285.000-355.000

Mesin Gerinda Tangan Black Decker SAG G650 Mesin Potong Pemotong Besi Keramik Gurinda Angle Grinder Super Slim Sirkel 100mm 4 650 Watt Garansi

Mesin Gerinda Tangan Black Decker SAG G650 juga bisa Anda miliki. Produk yang satu ini bisa memotong besi, menggurinda besi, menyikat, mengamplas, memotong kayu , memotong keramik dan banyak lagi.

Produk ini hadir dengan 650 W dan kapasitas pemotongan 100 mm. Dengan handle grip yang dapat diatur 3 posisi, mesin ini akan memudahkan pengoperasiannya. Alat ini cocok untuk perbengkelan, industri rumahan serta pemakaian rumahan.

Harga Rp. 325.000-500.000
From our editorial team

Mesin Pemotong Besi Memudahkan Pekerjaan Pertukangan

Mesin pemotong besi sebenarnya bukan hanya diperlukan para tukang. Untuk rumahan pun kadang kita perlu memiliki mesin pemotong besi. Ada banyak tipe mesin yang satu ini, Anda wajib tahu mana yang sering digunakan. Untuk itu kami hadirkan tips memilih mesin pemotong besi yang bagus. Selain itu kami juga menghadirkan rekomendasinya untuk Anda. Cek segera di atas, ya!