Ingin Ruang dan Meja Kerja Lebih Rapi Tertata? Manfaatkan 10+ Rekomendasi Perlengkapan Kantor Berikut Ini

Ingin Ruang dan Meja Kerja Lebih Rapi Tertata? Manfaatkan 10+ Rekomendasi Perlengkapan Kantor Berikut Ini

Sumber gambar organizingyourway.net

Bagi Anda yang bekerja, ruang kantor nyaris seperti rumah kedua karena banyaknya waktu yang dihabiskan di sana. Suasana dan nuansa ruang kerja ternyata sedikit banyak berpengaruh terhadap mood dan efektivitas kerja sehingga tak jarang muncul kebijakan untuk mendekorasi ruangan satu ini agar terasa lebih nyaman. Tentu saja, Anda bisa membuat ruang atau meja kerja lebih rapi agar dapat bekerja secara maksimal. Anda bisa menunjangnya dengan perlengkapan kantor seperti dalam referensi berikut ini.

Supaya Bekerja Maksimal Anda Harus Memiliki Perlengkapan Kantor yang Dapat Menunjang Kerja

Sumber gambar blog.atoz2u.com

Perlengkapan kantor yang komplet menjadi salah satu penunjang kerja di kantor. Terbatasnya perlengkapan kantor yang tersedia akan membuat kegiatan kantor menjadi terhambat dan membuat para pekerja kantor bekerja tidak maksimal. Jangan sampai pekerjaan yang sebenarnya sepele menjadi begitu memakan waktu karena sarana dan prasarana kantor tidak lengkap.

Tips Penting Dalam Memilih Perlengkapan Kantor

Tujuan Penggunaan

Sumber gambar tinycards.duolingo.com

Sebelum membeli perlengkapan kantor, terlebih dahulu Anda harus mempertimbangkan dari segi tujuan penggunaan. Jangan sampai Anda membeli barang-barang yang tidak digunakan, hal ini tidak hanya membuatnya menjadi sia-sia, tetapi juga membuat ruang kantor menjadi sempit.

Tingkat Kegunaan

Sumber gambar 123rf.com

Tingkat kegunaan perlu Anda pertimbangkan juga, sebelum membeli perlengkapan kantor. Anda harus memiliki prioritas barang yang harus dibeli terlebih dahulu karena tingkat kegunaannya yang tinggi. Jangan sampai, Anda telah menghabiskan semua biaya, namun barang-barang yang penting belum dibeli.

Harga

Sumber gambar cpgdatainsights.com

Hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatiakan sebelum membeli perlengkapan kantor adalah masalah harga. Meskipun harga menjadi penjamin kualitas, namun Anda tetap saja harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Jangan sampai Anda menghabiskan dana yang besar hanya untuk satu barang saja.

Daftar 10 Perlengkapan Kantor yang Harus Anda Miliki Beserta dengan Fungsinya

Lemari Arsip

Sumber gambar shopee.co.id

Sebuah perusahaan pasti memiliki dokumen-dokumen penting yang menjadi arsip perusahaan. Arsip-arsip penting ini harus memiliki tempat tersendiri agar tidak hilang dan mudah untuk ditemukan. Inilah alasannya kenapa lemari arsip menjadi penting.

Salah satu rekomendasi BP-Guide untuk lemari arsip adalah Rak Buku Lemari Arsip Lunar LRT 201/Lemari Arsip Pintu Kaca Lunar Tipe LRT 201. Lemari ini terbuat dari bahan particle board, dengan ukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm, tinggi 200 cm. Memiliki warna beech hitam dan cherry hitam yang dilapisi PVC agar tidak mudah tergores. Anda bisa membeli lemari arsip ini hanya dengan Rp 1.140.000 di Shopee.

Stopmap Folio

Sumber gambar www.tokopedia.com

Perlengkapan kantor yang harus Anda memiliki selanjutnya adalah stopmap folio. Stopmap adalah map kertas untuk menyimpan dokumen. Salah satu stopmap folio yang direkomendasikan BP-Guide adalah Stopmap Folio Diamond yang memiliki berbagai macam warna. Anda bisa membelinya per buah atau juga 1 pak dengan isi 50 buah. Harga satuan dari stopmap folio ini adalah Rp 1.490 yang dapat Anda cari di Tokopedia.

Ordner

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ordner juga menjadi barang yang sangat penting bagi kantor. Ordner adalah map besar dengan penjepit di atasnya. Salah satu ordner yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Ordner Bindex 777 Kwitansi 7cm Kecil 1/2 Folio yang dilengkapi dengan finger ring dan L-shoe pada bagian bawahnya. Selain itu juga dilengkapi dengan label yang dapat diganti-ganti pada punggung PVC-nya. Anda bisa mendapatkan ordner ini di Tokopedia dengan harga Rp 28.800.

Stapler

Sumber gambar shopee.co.id

Stapler adalah alat yang memiliki kegunaan untuk menyatukan sejumlah kertas. Benda ini sangat diperlukan di kantor. Salah satu stapler yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Stapler MAx HD-10D. Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan pembelian di Shopee seharga Rp 32.000.

Perforator

Sumber gambar www.blibli.com

Perforator adalah pelubang kertas. Benda ini menjadi sangat penting dimiliki oleh sebuah perusahaan. Perforator yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Joyko Punch Perforator Pelubang Kertas (30 XL) yang dapat melubangi kertas dengan kapasitas 1,25 mm. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 39.000 dan mendapatkan potongan harga menjadi Rp 24.000.

Numerator

Sumber gambar www.blibli.com

Benda ini memiliki fungsi untuk memberikan kode angka dengan jumlah 7 digit. Numerator membantu untuk memberikan kode pada kartu garansi, kode angka produksi, atau kode angka apa saja yang dibutuhkan.

Numerator yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Combo Numerator 107S Numbering Machine-Silver yang terbuat dari bahan baja yang anti karat. Selain itu, tintanya juga sulit untuk dihapus. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 96.700.

Alat Sortir

Sumber gambar shopee.co.id

Alat Sortir sangat diperlukan bagi kantor, karena alat sortir dapat memisahkan surat atau warkat yang diterima, diproses, dikirimkan, dan disimpan ke dalam folder masing-masing.

Salah satu alat sortir yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Rak Sortir Berkas/Dokumen/Surat/Kertas Desain 4 Tingkat Untuk Kantor. Alat sortir ini terbuat dari bahan logam berkualitas tinggi dengan struktur yang padat dan juga tampilannya elegan. Alat sortir ini bisa Anda dapatkan di Shopee dengan harga Rp 302.366.

Tickler File

Sumber gambar www.lazada.co.id

Tickler File menjadi penting dimiliki kantor dikarenakan fungsinya yang dapat menyimpan arsip penting ke tempat yang aman. Tickler File juga memiliki fungsi sebagai alat pengingat bagi petugas arsip. Salah satu produk rekomendasi BP-Guide adalah 12 Kantong Memperluas File Folder/A4 Tempat Surat Yang Dapat Diperluas Organizer.

Tickler file ini terbuat dari bahan 700D poliester dan bahan polypropylene (PP) berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, bahan ini juga tidak mudah patah. Anda bisa mendapatkannya di Lazada dengan harga Rp 354.000 dan mendapatkan potongan sebesar 67% menjadi Rp 118.000.

Cardex (Card Index) Cabinet

Sumber gambar www.ruparupa.com

Cardex (card index) Cabinet adalah lemari yang memiliki laci-laci yang dapat ditarik keluar dan memanjang untuk menyimpan kartu indeks. Salah satu cardex yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Lemari Arsip 8 Laci-Hijau.

Lemari ini terbuat dari bahan logam dengan dilengkapi powder coating. Dilengkapi juga dengan roda, sehingga mudah memindahkannya. Anda bisa memiliki Lemari Arsip 5 Laci ini hanya dengan Rp 539.000. Pembelian dapat Anda lakukan di Rupa Rupa.

Brankas

Sumber gambar www.blibli.com

Sebuah kantor harus memiliki brankas. Brankas adalah kotak besi tahan api yang memiliki fungsi untuk melindungi barang-barang berharga dari bahaya seperti pencurian atau pun kebakaran.

Salah satu brankas yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Yale YSV 250 DB1 Brankas yang terbuat dari besi. Untuk keamanannya dilengkapi dengan pin atau kunci keamanan. Anda bisa memilikinya hanya dengan Rp 1.000.000 di Blibli.

From our editorial team

Perhatikan Kebijakan Perusahaan atau Kantor Anda

Saat ini, ada banyak perlengkapan kantor yang sudah dimodifikasi sehingga tampilannya lebih stylish bahkan dapat membuat ruang kantor atau ruang kerja menjadi lebih ceria. Namun, sebelum membeli barang-barang atau mendekorasi ruang kerja, sebaiknya Anda mengetahui kebijakan kantor atau perusahaan soal sejauh mana karyawan diperbolehkan mengubah tata letak serta tata ruang kantor. Jangan sampai dekorasi ruangan justru memberi kesan yang salah apalagi sampai menyalahi aturan perusahaan. Pilihlah barang-barang berdaya guna dan upayakan agar mendekorasi ruang kerja seperlunya.