10 Peralatan Kantor Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Pekerjaanmu

10 Peralatan Kantor Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Pekerjaanmu

Tak hanya tenaga yang dibutuhkan, peralatan kantor juga dibutuhkan sebagai penunjang aktivitasmu. Dimulai dari perlengkapan kecil hingga yang besar, kamu perlu tahu apa saja peralatan yang harus kamu miliki untuk keperluan kantormu.

Memilih Peralatan Kantor yang Tepat akan Berpengaruh pada Produktivitas Kerja Kamu

Sumber gambar mynl.info

Peralatan kantor merupakan perkakas yang penting dimiliki karena menunjang keefektifan pekerjaan kita. Tanpa peralatan-peralatan ini, pekerjaanmu bisa terhambat. Penting bagimu memilih peralatan kantor yang sesuai dengan kebutuhan karena percaya atau tidak, peralatan itu bakal memengaruhi kualitas pekerjaanmu, lho.

Salah beli peralatan bisa bikin kamu rugi dua kali, rugi karena keluar uang lebih dan rugi karena barangnya pun tak terpakai. Nah, sebelum membeli peralatan kantor, sebaiknya kamu perhatikan dulu faktor-faktor di bawah ini.

Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Peralatan Kantor

Kebutuhan

Sumber gambar www.multeci.info

Apakah dalam menyelesaikan pekerjaan, kamu butuh kursi? Jika iya, kursi seperti apa yang bisa membuatmu nyaman dan optimal bekerja? Selain kursi, bagaimana dengan meja? Seberapa besar ukurannya? Wadah untuk berkas-berkas penting? Kotak khusus alat tulis? Seperti apa bentuknya? Semua itu perlu kamu pikirkan sedetail mungkin sesuai kebutuhanmu.

Sekarang, tengok sekeliling. Perhatikan lagi atmosfer ruangan kerjamu. Lalu, tulis apa saja yang kiranya kamu butuhkan. Jika kiranya kamu menginginkan iklim bersahabat di kantor, beli saja satu meja berukuran besar sehingga para karyawan dapat lebih intim dan mudah berkomunikasi.

Multifungsi

Sumber gambar jovemaprendiz.club

Meski agak ribet karena harus jeli memilih, harus diakui bahwa membeli peralatan kantor yang mutifungsi memang amat menguntungkan. Selain hemat pengeluaran, kamu juga bisa menghemat tempat dan waktu.

Misalnya, saat membeli meja kantor, pilihlah yang sudah dilengkapi laci-laci serta lemari kecil. Kenapa? Karena ini bakal memudahkan pegawai kantor untuk menyimpan file atau barang-barang kecil. Menghemat ruangan kantor juga, bukan?

Ukuran yang Sesuai

Sumber gambar www.liquidsims.com

Sebelum memutuskan membeli perlengkapan kantor tertentu, pastikan ukurannya tepat untuk diletakkan di ruang kerjamu. Bakal jadi masalah jika kamu asal beli dan barangnya ternyata terlalu besar sehingga tak muat. Kalau tetap digunakan maka berpotensi membuat karyawan kurang nyaman saat kerja, dan jika tak dipakai bakal terbuang percuma. Agar tak bingung, pegang prinsip ini, bahwa perlengkapan kantor yang kamu beli tidak mengganggu aktivitas kerja.

Efektivitas

Sumber gambar blog.hubspot.com

Agar alokasi danamu optimal, beli terlebih dulu perkakas kantor yang paling dibutuhkan. Dahulukan membeli barang yang paling sering dipakai. Apalagi, ada aneka merek peralatan kantor. Luangkan waktu untuk membandingkan kualitasnya, apa saja baik dan buruk keduanya, dan pilih yang lebih banyak baiknya.

Selain itu, pastikan barang yang kamu beli dapat dipakai dengan gampang, sehingga tak mempersulit pegawai dan menghambat kinerjanya. Semakin cepat mereka menyelesaikan pekerjaan, semakin banyak kemajuan yang kamu dapat.

Misalnya, jika kantor membutuhkan printer, cek dulu apa saja kebutuhannya. Apakah butuh printer yang bisa sekalian untuk scan dan fotokopi? Jika iya, cari mesin serupa, bandingkan merek dan harganya, baru beli barangnya. Jangan tergesa-gesa, ya!

Harga

Nah, ini dia pertimbangan terakhir yang cukup sensitif, apalagi keuangan kantor. Perhatikan bahwa kamu perlu memilih kualitas terbaik dengan harga paling bersahabat. Jangan sampai mempertaruhkan kualitas hanya demi membeli barang dengan harga murah demi penghematan. Pada akhirnya, barang murah dengan kualitas buruk ini tidak tahan lama dan memaksamu membeli barang baru lagi. Boros, bukan?

Tidak apa lebih mahal sedikit, asal berkualitas. Inilah gunanya membandingkan harga di beberapa toko, supaya kamu mendapat harga terbaik untuk barang berkualitas apik. Tak perlu terlalu pelit, toh barangnya dipakai untuk keperluan kantor, sehingga menjadi investasi bagi kantor. Lalu, apa saja peralatan kantor yang harus masuk daftar untuk dibeli?

Daftar Peralatan Kantor yang Harus Ada di Meja Kamu dan Fungsinya

Laptop

Sumber gambar www.blibli.com

Yap, di era seperti sekarang ini, kehadiran laptop hampir-hampir jadi sebuah keharusan. Bukan hanya karena kemajuan teknologi, tapi juga karena zaman sudah begitu canggih dan pekerjaan apa pun mulai melibatkan akses internet.

Ini artinya, bukan hanya pekerja kantoran, bekerja di rumah pun butuh laptop, lho. Bisa jadi kamu seorang pembuat kue yang enak, maka kamu butuh laptop untuk dapat mempromosikan kuemu ke seluruh dunia agar makin dikenal dan mendapat banyak pembeli. Untuk itu, kami membuat beberapa pilihan laptop yang patut kamu pertimbangkan, yaitu:

  • Notebook HP 14-BW015au warna hitam dari HP ini layak kamu beli karena telah disertai dengan processor jenis AMD Dual-Core A9-9420. Kualitas merek HP jelas tak diragukan lagi, apalagi notebook ini didukung memori internal DDR4 sebesar 4 GB dan 500 GB HDD. Makin menggiurkan berkat hadirnya AMD Radeon R5 Graphics yang membuat kerja si notebook makin optimal. Tenang, sudah ada DVD-Writer 14 inci, webcam, dan bluetooth. Notebook DOS ini juga bisa kamu pakai berinternet ria karena punya fitur WIFI. Dapatkan hanya di elevenia.co.id seharga Rp 3.999.000.
  • Lenovo juga menghadirkan laptop IP320 berprosesor Intel Core i5-7200U yang sudah dilengkapi dengan Windows 10, memori 4 GB DDR4, ukuran 14 HD, DVD, recordable multimedia webcam network, bluetooth, serta koneksi WIFI. Baterai laptop ini menggunakan 2 cell, 30 WHR. Ada lubang USB 3.0, 2.0, dan USB 3.5 mm serta audio jack, dan LAN 4 in 1 card reader untuk SD, SDHC, SDXC, dan MMC. Lengkap, bukan? Dapatkan laptop warna abu-abu ini di elevenia.co.id seharga Rp 6.900.000.
  • Asus merupakan salah satu merek yang pasti sudah familiar di telingamu, termasuk Notebook Asus X441UV-GA241T warna silver ini. Dengan Intel Core i3-7100 U, notebook Asus sudah satu paket dengan RAM sebesar 4 GB, HDD sebesar 1 TB. Notebook 14 inci ini menggunakan Windows 10, VivoBookMax, serta NVIDIA GeForce gratis sebagai penyempurna tampilan grafis. Langsung beli di blibli.com senilai Rp 6.150.000.
  • Dell jelas salah satu yang patut direkomendasikan, apalagi laptop Dell Latitude E6430 ini sudah sempurna dengan Intel Core i7! Tampilannya dilengkapi VGA Display Intel HD Graphics 4000 1,7 GB, dengan Windows 10 sebagai mesin operasi. Memori RAM mencapai 4 GB DDR3 dan HDD sebesar 320 GB. Tentunya telah tersedia fitur wifi, LAN, DVD, juga USB. Dapatkan di shopee.co.id seharga Rp 6.250.000.

Telepon

Sumber gambar www.blibli.com

Telepon termasuk peralatan kantor yang tak mungkin terlupakan, karena bakal kamu gunakan tiap hari untuk menghubungi klien, bahkan berkomunikasi antar-karyawan dalam satu gedung. Untuk perangkat sepenting ini, pastikan kamu hanya memilih yang berkualitas nomor satu. Demi memudahkanmu, kami sudah sediakan beberapa rekomendasi, antara lain:

  • Sahitel seri S77 banyak dikenal sebagai perangkat telepon dengan harga terjangkau dan kualitas bagus. Telepon ini memiliki fitur seperti call timer atau lama waktu bicara, auto hang-up, firewall sleep, dengan 16 digit dan LCD display. Dilengkapi handsfree speaker, daftar telepon, bahkan kalkulator, lho. Kamu juga bisa mengatur seberapa terang display-nya, dan bebas memilih nada dering favoritmu dari 8 musik yang ada. Fitur hold on juga dilengkapi backsound, juga tersedia flash IDD lock dan re-dialling mode. Produk asli ini digaransi 1 tahun pemakaian, dan bisa kamu dapatkan murah meriah di elevenia.co.id seharga Rp 229.800.
  • Panasonic sebagai penyedia barang elektronik juga menawarkan telepon kantor dengan fitur last number redial, timed flash, electronic volume control, nada dering yang bisa kamu pilih, switchale tone atau pulse setting wall, dan mountable colour. Semuanya itu bisa kamu dapat dengan membeli Panasonic KX-TS505MX warna hitam di tokopedia.com seharga Rp 169.900.
  • Panasonic juga mengeluarkan telepon edisi wireless cordless lewat Panasonic KX-TGC210. Telepon kantor dan rumah ini disempurnakan dengan teknologi wireless, layar berukuran 1,4 inci, enam nada telepon, daftar telepon hingga 50 nama, serta 10 nomor telepon redial. Telepon ini juga memungkinkanmu bicara selama 16 jam nonstop. Tersedia bahasa Inggris, Jerman, dan Perancis demi melengkapi kebutuhanmu. Seluruh fasilitas itu bisa kamu nikmati hanya dengan membayar Rp 579.600. Dapatkan di blibli.com, ya!

Map

Sumber gambar www.bukalapak.com

Terlihat sepele, padahal tidak juga. Justru map adalah perlengkapan penting untuk kantormu. Karena, mau di mana lagi menyimpan berkas, data, formulir, file, dan sejenisnya? Tidak mungkin kamu membiarkannya berantakan tersebar di mana-mana, bukan? Itulah kenapa setiap kantor pasti membutuhkan map. Jangan salah, ada beragam model dan harga map yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, di antaranya:

  • Map Zipper Bag dari X-One ini berbahan plastik berukuran folio. Map jaring ini tersedia dalam pilihan warna kuning, merah, biru, dan hijau, serta bisa kamu beli satuan saja. Sudah ada ritsleting yang bakal memudahkanmu menyimpan file-file penting secara aman. Gantungan pada bagian atas map membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Map dari X-One ini dikenal awet dan kuat, maka tak salah jika kamu membelinya untuk kepentingan kantor. Dapatkan di tokopedia.com seharga Rp 8.600 per satuannya.
  • Bantex Cardboard Document File ini nampak cantik karena bermotif batik dengan dominasi warna cokelat. Seperti namanya, map merek Bantex ini tidak terbuat dari plastik biasa, melainkan karton tebal dengan laminasi, sehingga membuatnya nampak beda. Sudah disertai tali pengunci yang elastis, jadi kamu bisa menyimpan file-file pentingmu dengan aman. Map beraneka warna ini di bukalapak.com seharga Rp 10.800.

Kartu Nama

Sumber gambar www.tokopedia.com

Demi profesionalitas dan menjaring koneksi yang baik dengan stakeholder, setiap perusahaan seharusnya menyediakan kartu nama bagi tiap karyawannya. Berkat kemudahan teknologi, kini kamu bisa memesan kartu nama lewat jasa percetakan online, jadi lebih praktis dan murah.

  • Jasa cetak Kartu nama bahan PVC menawarkan kartu nama berbahan PVC terbaik. Hanya saja, kamu sebaiknya sudah mendesain tampilan kartu nama yang kamu inginkan. Kirimkan file kartu namamu dalam format PDF untuk memudahkan percetakan. Tak perlu bingung mendesain, karena ada aplikasi Canva yang memudahkanmu membuat kartu nama kantor tanpa perlu ribet menggunakan jasa orang luar lagi. Untuk 100 lembar kartu nama, kamu hanya perlu membayar Rp 300 ribu. Hanya di Tokopedia, ya!
  • Kartu Nama 2 Muka Bahan AC260 dibuat dari kertas art carton 260 yang glossy sehingga mewakili konsep mewah pada kartu pengenalmu. Kedua muka kertasnya bisa kamu isi dengan informasi sebanyak-banyaknya. Minimal pemesanan sebanyak 2 pak dan free design. Dapatkan hanya di tokopedia.com seharga Rp 50 ribu saja.

Aneka Jenis Kertas

Sumber gambar fultonpaper.co.uk

Seluruh aktivitas perkantoran tentunya bakal membutuhkan file atau dokumen. Itulah kenapa kamu perlu menyetok sebanyak-banyaknya kertas untuk proses dokumentasi, mencetak file, dan banyak lagi. Untuk itu, beragam jenis kertas termasuk peralatan kantor yang tak bisa kamu lupakan. Apa saja jenis kertas yang kamu butuhkan?

  • Kertas A4 80 Gram dari Paper One adalah sebuah keharusan. Merek kertas Paper One jelas tak diragukan lagi kualitasnya karena berwarna putih bersih dan ketebalannya pun sesuai. Untuk kertas ukuran A4 seberat 80 gram ini, kamu bisa mendapatkannya di elevenia.co.id seharga 45 ribu rupiah berisi 1 rim alias 500 lembar kertas.
  • Kangaro Carbo Paper Single. Ya, kertas karbon juga pasti kamu butuhkan, terutama untuk pembuatan nota pengeluaran dan pemasukan. Lengkapi peralatan kantor dengan kertas karbon dari Kangaro ini, yang tersedia dalam warna hitam dan biru. Dengan kertas karbon, kamu bisa membuat kopi data dengan mudah. Kertas berisi 100 lembar per pak ini dijual seharga Rp 67.100 di blibli.com.
  • Blank Kraft Paper Card Set, bisa kamu gunakan untuk menulis memo atau catatan pendek yang penting saat melakukan pekerjaan di kantor. Tentunya penting digunakan di kantor, karena bisa jadi kamu harus meninggalkan pesan untuk rekan kerja yang sedang pergi, atau jika kamu hanya perlu menulis keterangan-keterangan tertentu. Kertas kosong warna cokelat ini dijual dalam ukuran 8,5 x 5 cm sebanyak 100 lembar per kotak. Bahannya dari kertas kraft berukuran 250 gsm yang tahan lama. Dapatkan di tokopedia.com seharga Rp 18.400.
>

Amplop

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kebutuhan surat-menyurat sudah pasti ada di setiap perusahaan. Bahkan tak sedikit yang mendesain kop pada amplop dengan nama, alamat, dan kontak perusahaan. Karenanya, kantor sudah barang pasti menyediakan stok amplop sehingga memudahkan proses komunikasi. Kelihatannya sih sepele, tapi bayangkan jika kamu tak siap sedia dan malah kerepotan mencari amplop saat sedang membutuhkannya. Kamu tidak mau itu terjadi, bukan?

  • AMPLOP PUTIH PAPERLINE NO 104 ini harus jadi pilihan kamu, mengingat merek ini banyak diburu orang karena kualitasnya. Amplop ukuran 9,5 cm x 15,2 cm ini satu paknya berisi 100 lembar. Warna putih polos bakal mencerminkan formalitas sehingga cocok untuk keperluan kantor kamu. Dapatkan hanya di Bukalapak seharga Rp 12.500.
  • Selain amplop putih, kantor pasti membutuhkan AMPLOP COKLAT AIRMAIL TALI ini untuk mendukung aktivitas surat-menyurat dengan stakeholder. Ukurannya lebih besar dari amplop putih sebelumnya, yaitu ukuran folio sebesar 25 cm x 35 cm dan satu dusnya berisi 50 lembar. Cocok digunakan untuk mengirim dokumen penting atau urgen. Dapatkan hanya di Tokopedia seharga Rp 47.100.

Alat Tulis

Sumber gambar www.lazada.co.id

Meski teknologi telah mendominasi aktivitas pekerjaan kita, kebutuhan terhadap alat tulis kantor seperti wadah pulpen, spidol, papan tulis, dan sejenisnya tentu tak akan hilang begitu saja. Agar tak repot mencari kemana-mana, kami telah kumpulkan rekomendasi produk-produk untuk melengkapi kebutuhan alat tulis kantormu. Cek daftarnya berikut, dan putuskan mana yang perlu kamu beli!

  • Tempat Pen Multifunction warna hitam ini adalah salah satu alat tulis kantor wajib punya. Lengkap dengan automatic drawer, pen holder, time display, timer, alarm, LCD display, dan temperature. Alat berukuran 11 x 8,5 x 8,5 cm ini bisa kamu beli di lazada.co.id seharga Rp 45.000.
  • Whiteboard Keiko Gantung Magnetic hadir dengan ukuran 60 x 90 cm. Papan tulis Keiko ini memiliki satu sisi saja, memiliki tebal 9 mm dari bahan polywood dengan lapisan formica import. Sudutnya dibuat dari plastik rounded. Ada tempat spidolnya juga, lho, jadi spidol tidak akan tercecer dan mudah dicari saat akan dipakai. Sudah ada pengait di bagian belakang papan juga. Papan whiteboard ini mudah kamu bersihkan, papannya juga rata sehingga nyaman dipakai. Gantungannya kuat dan tidak mudah patah, lho. Tidak ada alasan untuk tidak membelinya, maka segera kunjungi tokopedia.com dan dapatkan papan tulis ini seharga Rp 150.000.
  • Kalau sudah punya papan tulisnya, harus punya spidolnya, dong? Spidol Whiteboard Marker Snowman termasuk alat tulis yang penting, dibutuhkan di kantor terutama saat rapat dengan pegawai. Snowman menghadirkan alat tulis terbaik, salah satunya spidol whiteboard ini, hanya seharga Rp 7.500 saja di elevenia.co.id. Spidol seri BG-12 ini bisa dihapus, dan tersedia dalam warna biru, hitam, dan merah.

Kalender

Sumber gambar id.aliexpress.com

Bikin janjian dengan klien potensial? Ada tanggal-tanggal deadline penting? Punya tanggal rapat yang tak boleh kamu tinggalkan? Sediakan satu kalender di meja kerja kamu dan seluruh rekan kerja agar tanggal-tanggal penting itu tidak terlewatkan. Di mana beli perlengkapan kantor satu ini? Coba cari di sini saja:

  • Kalender Kerja Kecil 2018 satu paknya berisi 50 buah dengan ukuran 32 x 48 cm. Menggunakan kertas HVS berkualitas terbaik sehingga tahan lama. Dapatkan hanya di bukalapak.com seharga Rp 250 ribu saja per satu pak.
  • Kalender Meja tahun 2018 ini berukuran 21 x 16 cm, dibuat dari bahan art carton seberat 210 gram berkualitas terbaik. Dihiasi aneka gambar, mulai dari panorama alam, air terjun, suasana negeri Jepang, bunga, interior, otomotif, hingga gambar kartun. Harganya hanya Rp 15 ribu saja, lho, di Bukalapak.
  • Vintage Secara Manual Meja Kayu Kalender Furnishing Artikel Rumah Tangga Harian Kerajinan Kayu (putih)-Intl ini memang kekinian dan bisa dibilang tergolong kerajinan mutakhir. Kamu bisa mengatur musim, bulan, juga tanggalnya dengan manual kapan pun kamu inginkan. Pemanis yang keren dan berkualitas, bukan? Bahannya dibuat dari kayu alami menggunakan kreasi keren. Jadikan kalender menarik ini sebagai pengingat tanggal-tanggal penting kamu. Dapatkan hanya di lazada.co.id seharga Rp 110 ribu.

Jam Dinding

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Tentu saja kamu membutuhkan jam dinding di kantor untuk tahu kapan jam masuk, jam istirahat, jam deadline, dan jam pulang, kan? Nah, lengkapi kebutuhan peralatan kantor kamu dengan jam dinding yang tepat untuk menghiasi ruang kerja. Berikut pilihannya:

  • Jam Dinding Unik 3d ini memiliki tampilan modern, berukuran besar dengan diameter 80 hingga 130 cm. Pilihan warnanya ada hitam, emas, atau silver. Desain jam dinding ini cocok dipajang di ruang tamu, ruang meeting, juga ruang kerja kamu. Fiturnya menarik, salah satunya silent sweeping movement. Artinya, kamu tak bakal terganggu karena jam ini tidak mengeluarkan suara. Sudah dilengkapi pula dengan teknologi lapisan khusus sehingga jam ini tahan terhadap tekanan uap atau air. Kamu hanya perlu menyiapkan baterai jenis AA, karena penjualan produk ini tak disertai baterai. Dibuat dari bahan EVA, akrilik, dan alloy, sehingga jam dinding satu ini bakal tahan lama. Jam yang dijual di Bukalapak ini bisa kamu beli seharga Rp 129.400.
  • Jam dinding Pioneer PT-1030 ini bisa kamu manfaatkan sebagai penunjuk waktu sekaligus penghias ruang kerja. Ukuran diameternya 30 cm, cukup besar, bukan? kamu bisa mendapatkannya di monotaro.id seharga Rp 70.900. Jam serupa juga dijual dengan diameter berbeda yang lebih besar, yaitu 36 cm. Dilapisi frame chrome, jam dinding ini tampil dengan desain modern dan enak dilihat. Tersedia di stationary.co.id seharga Rp 158 ribu.
  • Jam dinding Winston Elegant hadir dengan warna putih dan tampilan unik, menggunakan angka Arab dan mesin quartz movement. Cocok dipasang di ruang tamu maupun ruang kerja. Diameternya sepanjang 30 cm, tipenya analog, hanya saja dijual tanpa baterai. Dibuat dari bahan plastik, jam ini bisa kamu beli di elevenia.co.id seharga Rp 45 ribu.

Hiasan Meja

Sumber gambar www.tokopedia.com

Meski sifatnya hanya aksesori, namun benda ini tetap perlu dimiliki demi meja kantor yang lebih tertata rapi sekaligus tampak menarik. Eits, ini penting, lho. Meja yang rapi akan memengaruhi kinerjamu di kantor, merangsangmu lebih fokus dan semangat. Tidak percaya? Coba saja, mulailah dengan menghiasi meja kerja kamu menggunakan barang-barang di bawah ini.

  • Aksesoris/Hiasan/Pernak Pernik/Tempat Meja Kantor, Belajar, Kerja, Kamar ini bisa digunakan juga untuk meja belajar di rumah atau kamar, tapi intinya sih sama. Bentuknya membuat alat ini bisa kamu gunakan sebagai wadah alat tulis, camilan, bahkan tong sampah kecil. Aksesori berwarna biru dan pink ini dibuat dari bahan plastik. Dijual seharga Rp 45 ribu di bukalapak.com.
  • Tempat Pena Alat Tulis Kantor Pulpen Tinta Crystal Hiasan Meja Acc ini juga bisa jadi alternatif menaruh dan mengumpulkan aneka pulpen di satu tempat. Terbuat dari bahan kristal 100 persen dari Taiwan, aksesori ini dijual seharga Rp 125 ribu di tokopedia.com. Sedikit lebih mahal, tapi jelas ada kualitas.
  • SDI 1021 Mini Desk Organizer Set Perlengkapan Alat Tulis berisi gunting, 80 buah paper clips, penghapus, penggaris 8 inci, 100 lembar note pad, staples dan alat pelepasnya, dispenser tape, pembuka surat, 2 bolpen, utility knife, dan 2 pensil beserta asahannya. Jelas meja kerja kamu harus dilengkapi dengan aneka kebutuhan peralatan kantor ini, bukan? Segera pesan di blibli.com seharga Rp 250 ribu.
From our editorial team

Penuhi Kebutuhan Kantor untuk Memudahkan Pekerjaan

Perlengkapan kantor yang lengkap tentu saja akan menunjang pekerjaan kamu agar semuanya menjadi lebih mudah. Lengkapi perlengkapan kantor dimulai dari yang kecil hingga yang besar. Jangan dianggap sepele, ya, karena kantor yang baik pasti memiliki perlengkapan yang mumpuni. Buatlah para pekerja merasa kebutuhannya terpenuhi dengan kelengkapan di kantormu.