Beri Sentuhan Nuansa Baru pada Pagar Besi Anda dengan 10 Cat Besi Rekomendasi BP-Guide! (2020)

Beri Sentuhan Nuansa Baru pada Pagar Besi Anda dengan 10 Cat Besi Rekomendasi BP-Guide! (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Pagar besi di rumah sudah kusam? Saatnya Anda memperbarui warnanya agar terlihat lebih segar! Cek tips memilih cat untuk pagar besi dan juga tips memilih warna untuk pagar besi dari kami!

Lebaran Sebentar Lagi, Saatnya Memperbarui Warna Pagar Besi Rumah agar Lebih Menarik

Sumber gambar pixabay.com

Pagar adalah salah satu bagian rumah yang penting dan bisa mendukung tampilan rumah secara keseluruhan. Pagar juga bisa melindungi bagian dalam rumah dan bisa menjadi bentuk batasan hak kepemilikan akan ruang dan tanah. Pagar bisa terbuat dari berbagai bahan, seperti, alumunium, bambu, kayu, hingga besi. Kebanyakan orang memilih pagar besi karena kesannya lebih kokoh dan juga tahan lama digunakan.

Pagar bisa memberi kesan pertama untuk orang yang melihat bagian depan rumah. Karenanya, penting bagi kita untuk mempercantik tampilan pagar supaya kesan rumah tetap baik dan indah. Untuk mempercantik pagar, Anda bisa mengecatnya dengan warna yang indah. Apalagi, sebentar lagi Lebaran, tentu Anda ingin memperbarui tampilan rumah Anda agar tampak istimewa. Anda bisa memulainya dengan mengganti cat pagar besi rumah Anda supaya kesannya rumah lebih enak dipandang.

Untuk mengecat pagar besi dibutuhkan cat khusus besi. Cat semacam ini diformulasi khusus agar mampu menempel kuat dan melindungi material besi. Cara kerjanya adalah, cat akan dipoles pada permukaan pagar lalu menguap dan meninggalkan lapisan yang nantinya akan mengering. Nah, memilih cat besi tak bisa asal saja loh, ikuti pembahasan di artikel kali ini, ya.

Tips Memilih Cat Besi yang Berkualitas

Pilih Bahan Dasar Cat

Sumber gambar www.britannica.com

Untuk menghasilkan hasil yang bagus tentu butuh bahan dasar cat yang bagus. Umumnya, cat besi memakai bahan dasar minyak. Namun, ada juga cat besi yang berbahan dasar lateks dan berbahan dasar akrilik. Setiap bahan dasar cat besi memiliki kelebihannya dan juga kekurangannya sendiri.

Cat besi bahan lateks tak mudah terbakar dan lebih cepat kering. Bahan dasar lateks pada cat besi juga lebih mudah diaplikasikan ulang dan lebih mudah untuk dibersihkan. Sayangnya, bahan dasar yang satu ini tak tahan lama dan bisa membuat permukaan besi karatan. Agar tak karatan, Anda perlu mengaplikasikan primer terlebih dahulu.

Di sisi lain, cat besi dengan bahan dasar minyak adalah pilihan yang lebih baik. Ini karena bahan dasarnya tak akan mudah terkelupas. Bahan dasar ini juga tak mudah tergores dan tak memerlukan primer sebelum pelapisan.

Cat besi berbahan akrilik memiliki kelebihan lebih cepat kering. Selain itu, bahan dasar yang satu ini juga tak mudah luntur. Anda bisa memilih cat besi bahan akrilik karena lebih tahan lama digunakan.

Pilih dari Merek Ternama

Tak ada salahnya mempertimbangkan merek saat memilih cat besi. Merek yang sudah dikenal di masyarakat tentu kualitasnya telah terbukti sehingga Anda tak perlu was-was dengan hasilnya. Meski cat besi bermerek cenderung jauh lebih mahal, namun, kualitasnya tentu sebanding dengan harganya. Anda tak perlu mengecat ulang dalam waktu dekat karena catnya bertahan lebih lama.

Anda tentu tak ingin kecewa karena produk cat besi yang Anda beli tak tahan lama. Maka dari itu jangan mudah tergoda dengan harga murah. Percuma harganya murah jika catnya lebih boros dan tidak awet digunakan. Biasanya cat yang murah dan tak bermerek lebih mudah mengelupas. Maka, perhatikan merek dan jangan tergiur harga yang terlalu miring.

Pilih yang Antikarat, Antijamur, dan Cuaca Ekstrem

Sumber gambar www.99.co

Saat memilih cat besi, Anda bisa mengutamakan yang catnya antikarat, antijamur, dan bisa bertahan pada cuaca ekstrem. Apalagi jika Anda memilih cat besi untuk pagar, tentunya Anda butuh cat yang tahan lama supaya pagar tampak lebih indah dan warnanya tak mudah pudar apalagi mengelupas catnya.

Bahan besi mudah berkarat karena lenah terhadap air dan kelembapan. Supaya lebih tahan lama, Anda bisa memakai cat dasar antikarat lalu melapisinya dengan cat finishing yang juga antikarat. Selain itu, pastikan juga cat besi memiliki formula antijamur dan tahan cuaca ekstem. Cat besi yang bisa bertahan pada cuaca panas dan hujan tak akan mudah mengelupas atau ditumbuhi jamur sehingga warna cat terkesan lebih indah dan lebih awet dalam waktu lama.

Tips Memilih Warna Cat Besi untuk Pagar agar Menarik

Sumber gambar bildeco.com

Supaya pagar rumah lebih menarik, ada tips tertentu saat memilih warnanya. Anda bisa memilih cat pagar rumah jenis alkyd sintetik. Cat semacam ini lebih mudha kering dan tahan lama terhadap cuaca karena mengandung pigmen titanium dioksida. Anda juga bisa memilih warna cat pagar rumah jenis cat epoxy karena tak akan mudah menguap jika terkena panas.

Untuk mendapatkan warna yang cocok, pertimbangkan pemandangan rumah Anda. Pilih warna cat yang bisa melengkapi dan seimbang dengan warna semak dan tanaman yang ada di rumah. Anda juga bisa menyesuaikan warna cat besi pagar dengan warna jendela dan pintu rumah.

Jika ingin memberi kesan minimalis dan simpel, Anda bisa mengombinasikan warna emas dan abu-abu untuk pagar. Dengan tone warna kalem, warna ini bisa memberi kesan mewah. Kombinasi warna abu-abu dan putih pada pagar besi juga bisa jadi pilihan yang dinamis. Paduan ini terlihat saling melengkapi dan pastinya terkesan indah dan kalem untuk rumah Anda.

Selain itu, Anda bisa juga mengombinasikan warna hitam dan emas. Ini merupakan paduan modern yang memberi kesan mewah dan glamor. Untuk Anda yang stylish, Anda bisa padukan warna abu-abu tua dan abu-abu muda. Paduan ini memberi kesan mood yang kalem dan tenang.

Ini Dia Rekomendasi Cat Besi untuk Memperindah Pagar Rumah

Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Mowilex Acrylic Gloss Enamel bisa jadi cat besi rekomendasi pertama Anda. Produk yang satu ini cocok untuk mengecat pagar besi milik Anda. Berbahan dasar air, cat yang satu ini cocok untuk interior dan eksterior. Cat besi ini cocok juga sebagai cat kayu. Produk ini bisa memberi warna kilap yang indah. Warna catnya bisa bertahan lama dan memiliki daya sebar yang luas. Ini membuat proses pengecatan jadi jauh lebih cepat. Anda bisa mengaplikasikan cat dengan kuas, roller, atau semprot.

Harga Rp. 90.000-106.000

Avian High Gloss Enamel

Anda bisa juga mengandalkan Avian High Gloss Enamel. Jenis cat besi yang satu ini mampu memberikan efek glossy yang sempurna. Merek yang satu ini memang dikenal selalu memberikan kualitas terbaiknya. Avian hadir dengan daya tutup maksimal sehingga mencegah air tembus dan menyebabkan karat. Cat besi ini juga bisa diaplikasikan pada kayu. Produk ini memiliki daya sebar yang luas. Cat ini bisa mencegah jamur dan tahan lama terhadap cuaca. Ada banyak pilihan warna yang dihadirkan. Produk ini bisa diaplikasikan pada pagar, pintu, jendela, dan lainnya.

Harga Rp. 64.000-145.000

Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel

Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel tak bisa Anda lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini berbahan dasar minyak. Cat besi ini cocok untuk aneka permukaan besi dan juga kayu. Terbuat dari bahan resin alkyld bermutu, cat besi yang satu ini bisa menghadirkan warna yang indah. Pigmentasi warnanya berkualitas dan pastinya lebih cepat menyebar. Cat besi ini tahan segala cuaca sehingga Anda bisa mengaplikasikannya untuk interior ataupun eksterior. Cat ini membuat besi jadi tidak berkarat dan warnanya tidak mudah pudar.

Harga Rp. 61.000-76.000

Seiv Wrought Iron Paint

Seiv Wrought Iron Paint juga bisa jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini tahan segala cuaca sehingga bisa diaplikasikan untuk interior dan eksterior. Cat besi ini akan melindungi besi dari sinar UV matahari dengan baik. Warna cat bertahan lama dan tak mudah mengelupas. Produk juga akan melindungi besi dari karat yang disebabkan oleh oli, bensin, solar, dan asam mineral. Cat besi yang satu ini cocok untuk kayu dan besi. Anda bisa mengaplikasikannya pada pagar kesayangan Anda.

Harga Rp. 35.000-120.000

Propan PrimTop 2 in 1

Propan PrimTop 2 in 1 ini juga bisa jadi pilihan. Cat besi yang satu ini anti korosi. Anda bisa memakainya sebagai cat primer dan top coat. Produk ini sudah melewati penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun di laboratorium PT PROPAN RAYA oleh ahli kimia yang sudah berpengalaman di bidangnya. Cat ini begitu praktis karena hanya butuh satu cat untuk jadi primer anti korosi dan lapisan atas. Anda bisa mengaplikasikannya kuas, roller, atau sprayer. Cat ini tahan cuaca dan sangat ekonomis karena daya sebarnya luas.

Harga Rp. 88.000-185.000

Penlux Cat Kayu dan Besi

Penlux Cat Kayu dan Besi tentu bisa jadi andalan Anda untuk mengecat pagar. Produk yang satu ini hadir dengan aneka warna yang menarik. Cat besi yang satu ini memiliki kilap yang bermutu tinggi. Produk ini bisa cepat kering dan tahan lama digunakan. Supaya lebih awet, Anda bisa mengaplikasikan cat dasar anti karat dulu. Cat besi ini berbasis minyak sehingga mudah diaplikasikan. Anda bisa memakai kuas atau spray untuk mengaplikasikannya. Produk ini juga bisa diberi pengencer thinner atau afduner 5 – 10% sebelum digunakan.

Harga Rp. 50.000-158.000

Propan Synthetic 2000

Propan Synthetic 2000 tentu sayang untuk dilewatkan. Cat besi yang satu ini bisa dipakai untuk interior dan eksterior. Cat yang satu ini daya tutupnya begitu baik. Produk ini tahan cuaca ekstrim dan bisa anti jamur. Cat cepat kering saat diaplikasikan sehingga mempercepat pekerjaan. Produk ini juga mudah merata dengan baik dan tidak meninggalkan bekas kuas. Cat ini memberi hasil yang halus karena flownya lebih baik. Anda bisa mengencerkan memakai Thinner juga.

Harga Rp. 65.000-92.000

Glo-Tex Super Synthetic Paint Kayu dan Besi

Glo-Tex Super Synthetic Paint Kayu dan Besi adalah produk selanjutnya untuk Anda. Cat besi yang satu ini hadir dalam berbagai warna menarik. Dengan alkyd synthetic sebagai bahan dasarnya, cat ini bisa menghasilkan warna indah. Produk ini berkilap dan tahan lama digunakan. Cat besi ini cocok untuk pagar dan lainnya. Produk ini cepat kering sehingga mempercepat pengerjaan. Dengan daya sebar luas, cat ini mudah diaplikasikan. Cat ini dibuat tanpa logam berat sehingga aman bagi mahkluk hidup dan lingkungan hidup.

Harga Rp. 86.000-123.000

Emco Lux Cat Minyak untuk Kayu dan Besi

Emco Lux Cat Minyak untuk Kayu dan Besi ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Cat besi yang satu ini bisa melindungi permukaan besi dari korosi. Produk ini juga bisa diaplikasikan pada kayu. Kualitas catnya tak perlu diragukan lagi. Meski harganya terjangkau, namun cat ini bisa menghasilkan warna yang indah. Cat besi ini bisa tahan cuaca ekstrem dari panas hingga hujan. Anda bisa memakainya untuk interior atau eksterior.

Harga Rp. 89.000-128.000

Propan GO Fast A-1000

Propan GO Fast A-1000 juga bisa jadi andalan. Cat besi yang satu ini bisa diaplikasikan pada kayu dan besi. Anda bisa memakainya untuk pagar besi rumah Anda. Produk ini terbuat dari bahan sintetik sehingga lebih cepat kering. Cat besi ini anti racun dan ramah lingkungan. Cat yang satu ini bisa melekat dengan baik dan tidak mudah pudar. Harganya cukup terjangkau sehingga tak bikin kantong bolong. Cat besi ini bisa diencerkan dengan air.

Harga Rp. 60.000-85.000
From our editorial team

Cat Besi Harus Dipilih yang Ramah Lingkungan

Saat memilih cat besi, kita tak bisa asal saja. Penting bagi kita untuk mempertimbangkan cat besi yang ramah lingkungan. Ini supaya lingkungan tetap terjaga dan kesehatan kita juga bisa tetap terjaga. Jika catnya mengandung bahan berbahaya tentu bisa merusak lingkungan dan bisa mengganggu pernafasan kita dari aromanya. Maka dari itu, teliti dulu sebelum memilih cat besi, ya. Simak, rekomendasi cat besi dari kami di atas yuk!

Tag