Terangi Rumah dengan 10  Lampu Pintar Rekomendasi dari BP-Guide! (2020)

Terangi Rumah dengan 10 Lampu Pintar Rekomendasi dari BP-Guide! (2020)

Jangan ketinggalan untuk memiliki teknologi terbaru pada lampu. Kini ada lampu pintar yang bisa menceriakan suasana rumahmu! Buruan cek tips dari kami sebelum membeli lampu pintar ya!

Yuk, Mengenal Lampu Pintar yang Booming Belakangan Ini!

Dalam sebuah ruangan, aspek pencahayaan tentulah jadi aspek yang penting. Dengan penerangan yang tepat, aktivitas bisa berjalan dengan baik, kualitas tidur jadi lebih bagus, dan mood juga lebih baik. Untuk menerangi suatu ruangan, kita membutuhkan lampu yang berkualitas. Diantara sekian banyak lampu, belakangan ini sedang booming lampu pintar.

Smart light alias lampu LED pintar awalnya dikembangkan oleh ilmuwan di Boston University College of Engineering tahun 2008 lalu. Dalam penelitian tersebut, Rensselaer Polytechnic Institute di Troy dan University of New Mexico juga ikut berpartisipasi. Dipimpin oleh professor Thomas Little, penelitian ini ingin mengembangkan teknologi komunikasi optik yang akan membuat lampu LED setara dengan jalur akses Wi-Fi sehingga bisa dikontrol dengan lebih mudah.

Lampu pintar bisa dikontrol dengan mudah melalui smartphone dan gadget lainnya. Selain bisa meredupkan tingkat kecerahan lampu, lampu pintar juga bisamenciptakan suasana yang lebih hangat dan nyaman di rumah. Belakangan bahkan lampu pintar ada yang dilengkapi timer dan terhubung dengan musik sehingga bisa semakin dimanfaatkan dalam berbagai kesempatan untuk bikin rumah makin nyaman.

Kelebihan Memakai Lampu Pintar

Lampu pintar memiliki banyak kelebihan, seperti misalnya mudah untuk dihubungkan dengan Wi-Fi, Bluetooth, atau kabel LAN. Kita tinggal menginstal aplikasi lampu pintar tersebut. Dengan begini, kita bisa bebas mengatur pencahayaan ruangan sesuka hati dengan mudah lewat smartphone. Kita juga bisa mematikan dan menghidupkan lampu lewat smartphone. Ketika akan tidur, kita juga bisa mengatur agar lampu secara otomatis padam.

Kelebihan lainnya dari lampu pintar adalah bisa meningkatkan kualitas tidur. Umumnya, lampu biasa membuat kita kurang nyaman tidur. Lampu yang terlalu terang membuat gerah, sementara lampu yang terlalu redup membuat kita kerepotan beraktivitas di kamar saat malam hari. Berkat adanya lampu pintar, kita bisa mengatur kecerahannya dan bisa tidur lebih nyenyak.

Dengan lampu pintar, kamu bisa mengubah warna cahaya yang dipancarkan. Sesuaikan cahaya dengan mood atau aktivitas yang sedang kita lakukan. Kita tinggal pilih aneka ragam warna cahaya melalui smartphone. Pemilihan warna ini penting supaya bisa meningkatkan produktivitas kerja atau aktivitas yang kita lakukan.

Beberapa lampu pintar sudah dilengkapi dengan sistem speaker. Ini membuat produk lampu pintar bisa dihidupkan dengan koneksi bluetooth. Ketika memutar musik slow makan bisa saja pencahayaan meredup, sebaliknya, saat memutar lagi yang nge-beat bisa saja lampu jadi berubah warna pink atau cerah.

Tips Memilih Lampu Pintar

Pilih Lampu Pintar dari Fungsinya

Pilih lampu pintar dari fungsi apa saja yang ditawarkan. Makin banyak fungsinya tentu makin mahal harganya. Kamu bisa memilih lampu pintar berdasarkan fugnsi yang Kamu butuhkan saja.

Salah satu fitur yang biasanya ditawarkan pada lampu pintar adalah time interlocking. Fitur ini bisa mengelola fungsi penyesuaian penerangan. Dengan fitur ini, kamu juga bisa mengubah warna lampu sesuai dengan waktu yang kamu tentukan. Produk juga bisa menjadi pengganti jam alarm. Kamu bisa mengatur kapan waktu lampu mati otomatis sehingga bisa lebih menghemat energi.

Fitur lainnya yang ditawarkan pada lampu pintar adalah music interlocking. Fitur yang satu ini akan menyesuaikan tingkat penerangan lampu dengan musik. Ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin memunculkan suasana bak pesta di rumah. Ada juga lampu yang bisa berfungsi sebagai pengeras suara. Ini akan sangat menguntungkan dan membuat kamu bisa menikmati pengalaman musik yang benar-benar baru seolah jatuh dari langit-langit.

Pilih Produk Sesuai Kebutuhan (Starter Kit Lengkap, Smart Bulb, Smart Plugs, atau Smart Switch Saja)

Pilih lampu pintar sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa pilihan produk dengan nama smart bulb, smart plugs atau smart switches. Istilah tersebut adalah untuk komponen yang bisa digunakan untuk mendukung penggunaan lampu pintar. Ada yang menawarkan produk mereka dalam satu paket starter kit. Namun ada juga yang menjual sebuah produk secara mandiri karena tidak memerlukan komponen pendukung lain.

Smart bulb merupakan bola lampu yang bisa angsung dipasangkan langsung pada soket lampu. Umumnya yang lazim dipakai adalah soket E27 atau E14. Sementara itu, ada juga smart plug yang merupakan perangkat koneksi lampu yang bisa dihubungkan melalui soket listrik. Smart switch adalah tombol sakelar yang bisa digunakan untuk menghubungkan lampu pintar melalui koneksi kabel yang sudah terintegrasi.

Pilih dari Tingkat Kecerahannya

Kamu bisa juga memilih lampu pintar dari tingkat kecerahannya. Cek lumen yang ditawarkan dalam sebuah lampu. Lumen sendiri adalah satuan ukuran kekuatan cahaya. Lumen akan menunjukkan berapa banyak cahaya yang dipancarkan dari seluruh lampu.

Lampu LED yang memiliki 170 lumen bisa dianggap setara dengan lampu 20 watt. Jika lampu akan dipasang di ruang utama, gunakan lampu pintar yang memiliki kecerahan 800 lumen atau lebih. Lampu LED tak bisa menerangi seluruh ruangan. Maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa bola lampu LED secara bersamaan dalam satu ruangan.

Jika lampu akan ditempatkan di kamar tidur, kamu bisa gunakan lampu pintar dengan 200 lumen. Ini akan bisa jadi pencahayaan tambahan yang membantu kenyamanan tidur.

Cek Perangkat Apa yang Kompatibel dengan Lampu Pintar

Ketika memilih lampu pintar, tentu saja kamu wajib mengecek perangkat apa saja yang kompatibel dengan lampu pintar tersebut. Lampu pintar bisa kompatibel dengan Android dan iOS. Tapi ada juga yang tak cocok dengan Android atau iOS versi tertentu. Supaya kamu tak perlu mengganti smartphone kamu, maka pastikan mengecek dulu produk sebelum membelinya. Cek apakah sudha kompatibel dengan smartphone yang sudah kamu miliki. Dengan begini, kamu jadi tak akan rugi saat membeli lampu pintar.

10 Rekomendasi lampu Pintar untuk Bikin Rumah Makin Nyaman

BARDI Smart LED Light Bulb RGBWW 9W

BARDI Smart LED Light Bulb RGBWW 9W ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu. Produk yang satu ini mudah dipasang dan pastinya akan memuaskan kamu. Lampu ini hadir dengan 16 juta warna. Produk memiliki fitur group control yang bisa memungkinkan kamu mengatur sekelompok lampu dalam satu sentuhan. Ukuran lampu ini adalah 60 x 60 x 105 mm. Produk bisa bertahan hingga 50.000 jam dan memiliki temperatur warna 2700 hingga 6500 K. Lampu ini memiliki kecerahan 800 lumen dengan daya 9 watt. Kamu bisa memakai produk ini dengan Tuya, Alexa, Siri, dan Google.

Harga Rp. 115.000-334.000

Xiaomi Yeelight Bedside Lamp

Xiaomi Yeelight Bedside Lamp tentu bisa jadi pilihan. Persembahan Xiomi yang satu ini desainnya cocok untuk diletakkan di samping tempat tidur. Kamu bisa mengatur pencahayaan kamar sesuai mood dan keinginan. Produk ini mirip tabung dan terhubung melalui konektivitas Bluetooth. Kamu bisa mengaturnya dengan aplikasi yang sudah bisa diunduh pada Android maupun iOS. Kamu juga bisa menyesuaikan tingkat kecerahan dan warna lampu dengan sensor sentuh. Cahaya lampu juga bisa padam otomatis karena bisa mendeteksi waktu dan rutinitas. Produk ini memakai LED RGB yang dapat menghasilkan 16 juta variasi warna.

Harga Rp. 688.000-870.000

Arbit WiFi LED Smart Bulb

Arbit WiFi LED Smart Bulb ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini memiliki 1050 lumens. Kamu bisa mengontrol lampu ini memakai smartphone dan juga perintah suara dari mana saja dan kapan saja. Atur tingkat kecerahan cahaya lampu sesuai dengan mood dan aktivitas yang kamu lakukan. Produk ini juga bisa mengganti warna lampu sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa mengeset timer supaya lampu bisa menyala dan mati secara otomatis. Alat ini cocok untuk Android, iOs, Tuya dan lainya.

Harga Rp. 166.000-376.000

XIAOMI Philips E14 Smart LED Candle Light Bulb

XIAOMI Philips E14 Smart LED Candle Light Bulb ini sangat sayang untuk dilewatkan. Produk ini menghadirkan warna terang yang menenangkan. Kamu juga bisa mengatur kecerahannya sesuai keinginan. Lampu ini bisa digunakan untuk dekorasi pencahayaan. Produk ini hemat energi dan terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi yang bisa tahan 10 tahun lamanya. Kamu bisa menempatkannya di ruang tamu, ruang tidur, kedai kopi, taman, dan lain sebagainya.lampu pintar ini mudah untuk digunakan. Ada warna putih alami, putih hangat, dan putih.

Harga Rp. 190.000-294.000

Philips Hue Go

Philips Hue Go menjadi salah satu lampu pintar yang tak boleh kamu lewatkan. Produk ini portabel sehingga praktis dibawa kemana saja. Kamu bisa memindahkan posisi lampu untuk diletakkan dimana saja sesuka hati. Bentuknya unik dan minimalis sehingga membuatnya makin menarik untuk menghias ruangan. Kamu bisa mengatur fitur pencahayaan pada lampu. Silahkan mengatur waktu untuk menyalakan dan memadamkan lampu hanya dengan gadget yang kamu miliki. Produk ini beroperasi dengan daya baterai yang dapat diisi ulang selama 1,5 jam untuk waktu penggunan selama 3 jam.

Harga Rp. 963.000-1.180.000

Philips Hue Single Bulb E27

Philips Hue Single Bulb E27 ini tak bisa kamu lewatkan. Produk ini bisa bereaksi sesuai dengan irama musik yang diputar. Kamu bisa memakainya saat bermain game atau menonton film. Tentunya warna lampu akan bisa berubah sesuai dengan musik yang didengarnya. Ini akan memberikan sensasi baru saat kamu menonton atau bermain game. Ukruan lampu ini adalah 110 x 62 mm. Produk memiliki masa hidup hingga 25 tahun dengan temperatur 2000 hingga 6500K. Kecerahan lampu ini adalah 800 lumen dengan daya 10 watt.

Harga Rp. 699.000-856.000

Xiaomi Yeelight Smart LED Bulb 1S

Xiaomi Yeelight Smart LED Bulb 1S bisa jadi pilihan keren selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki 800 lumen. Alat yang satu ini bisa diatur kecerahannya dan juga warna lampunya. Produk menawarkan 16 juta warna. Kamu bisa mengintegrasikannya dengan music rhythm pada aplikasi sehingga lampu akan berganti warna sesuai dengan musiknya. Produk ini mudah dikontrol lewat smartphone. Lampu pintar ini hemat energi. Lampu juga bisa mati secara otomatis saat kamu keluar ruangan.

Harga Rp. 340.000-560.000

LIFX A19 Smart Lamp

LIFX A19 Smart Lamp jangan sampai ketinggalan untuk jadi pilihan. Lampu yang satu ini mudah dikoneksikan dengan WiFi. Kamu langsung bisa mengunduh aplikasi pada gadget Android, iOS, dan Windows. Silahkan mengatur fungsi lampu LED sesuai dengan keinginan. Produk ini akan bisa menyesuaikan warna cahaya sesuai keinginan kamu. Kini kamu bisa menciptakan suasana yang kamu inginkan hanya dengan smartphone dan lampu pintar yang satu ini.

Harga Rp. 593.000-1.289.000

Xiaomi Mijia Yeelight 2 RGBW Smart LED Lamp

Xiaomi Mijia Yeelight 2 RGBW Smart LED Lamp adalah produk lain yang bisa jadi pilihan. Produk ini bisa dikendalikan lewat smartphone dan juga aplikasi Yeelight. Ada 16 juta warna yang bisa kamu pilih. Produk menghadirkan temperatur warna dari 17000 sampai 6500K. Kamu bisa mengontrol lampu pintar ini dengan suara. Lampu ini hemat energi. Produk ini kompatibel dengan Android, iOS, Amazon Alexa, Google Assistant dan IFTTT.

Harga Rp. 245.000-368.000

MIPOW PLAYBULB Smart Bulb

MIPOW PLAYBULB Smart Bulb merupakan produk selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi. Produk ini bisa mengubah warna cahaya sesuai dengan keinginan. Lampu ini cocok untuk kamu yang ingin berpesta di rumah. Ciptakan suasana sesuai keinginanmu. Produk ini memiliki fitur shake mode sehingga kamu bisa menampilkan warna-warni secara acak untuk menghidupkan suasana. Desainnya unik dan simpel sehingga mudah untuk digunakan. Lampu ini memiliki ukuran 120 x 55mm. Masa hidup lampu ini 10 tahun dengan temperatur warna 2700 hingga 3500K.

Harga Rp. 220.000-370.000
From our editorial team

Lampu Pintar, Pilihan Tepat untuk Mencerahkan Suasana

Rumah adalah tempat kita untuk menenangkan diri, mengistirahatkan diri, dan membuat diri jadi lebih senang. Supaya kamu bisa lebih enjoy saat ada di rumah, kamu bisa memakai lampu pintar. Lampu yang satu ini bisa diatur kecerahannya sesuai dengan mood. Kamu bisa menyesuaikannya juga dengan musikmu. Bahkan kamu bisa mengaturnya untuk hidup dan mati dalam waktu tertentu. Tunggu apalagi, segera cek rekoemndasi di atas!