10 Rekomendasi Printer Laserjet Termurah untuk Home Office dan Usaha Kecil (2020)

10 Rekomendasi Printer Laserjet Termurah untuk Home Office dan Usaha Kecil (2020)

Sumber gambar icdn2.digitaltrends.com

Kamu yang menjalankan usaha rumah atau usaha kecil lainnya dan harus mencetak banyak dokumen setiap hari pasti akan sangat membutuhkan printer laserjet. Nggak usah khawatir kalau budget-mu mepet. BP-Guide punya rekomendasi printer laserjet termurah dengan kualitas yang oke punya tentunya.

Menawarkan Kualitas, Printer Laser Sangat Dibutuhkan Karena Fiturnya yang Canggih

Sumber gambar liveatpc.com

Kalau pekerjaanmu menuntut kamu untuk mencetak banyak dokumen setiap harinya, kamu memerlukan printer yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan itu. Printer biasa yang dijual di pasaran tidak bisa mengimbangi kebutuhanmu yang harus mencetak dokumen dengan cepat namun kualitas tetap terjaga. Itulah mengapa kamu akan sangat membutuhkan printer laserjet.

Tidak hanya punya performa yang bisa diandalkan, printer laserjet mampu mencetak dokumen dengan kualitas tinggi. Apa sih yang membuat printer laserjet berbeda dari printer biasa?

Printer laserjet menggunakan toner atau tinta bubuk dengan perangkat inframerah. Itulah mengapa hasil cetakannya cepat dan berkualitas, namun harga isi ulang tinta lebih murah dari printer yang lain seperti ink jet atau matrix dot.

Selain itu, hasil cetakan printer laserjet juga cepat kering, jadi kamu langsung bisa menumpuknya dengan dokumen lain. Printer laserjet menggunakan cara kerja seperti mesin fotocopy, sehingga hasilnya cepat dan memuaskan.

Keunggulan Printer Laserjet

Biaya Operasional Rendah

Sumber gambar goodtoknow.co.uk

Biaya operasional printer tidak bisa dibilang murah. Apalagi kalau printer yang kamu gunakan adalah jenis ink jet. Jika tinta habis, kamu harus membeli cartridge baru yang lumayan mahal. Tinta printer ink jet juga termasuk boros, sehingga kamu harus sering-sering mengganti cartridge-nya.

Berbeda dengan printer laserjet yang harga tonernya relatif lebih murah dan bisa dipakai dalam waktu lama. Tinta printer laserjet juga tidak akan mengering meski sudah lama tidak digunakan. Jadi, meski kamu mendiamkan printer ini beberapa lama, hasil cetakannya akan sama terangnya dan lebih cepat kering juga.

Fitur

Sumber gambar https://www.pexels.com

Printer laserjet juga punya fitur yang lebih unggul dari printer inkjet. Seperti memori dan prosesor yang jauh lebih mumpuni. Ini membuat printer laserjet tidak rewel dan tidak mudah rusak. Tetapi kamu harus menyesuaikan fitur-fitur yang ditawarkan oleh printer laserjet dengan kebutuhanmu ya.

Jika untuk penggunaan pribadi yang tidak terlalu sering, mungkin printer inkjet biasa sudah cukup untukmu. Berbeda halnya jika kamu menjalankan usaha rumahan atau punya pekerjaan yang mengharuskan kamu mencetak dokumen setiap hari, maka printer laserjet adalah solusi yang tepat untukmu.

Kecepatan

Keunggulan printer laserjet lainnya ada pada kecepatan. Rata-rata kecepatan yang dimiliki printer laserjet adalah 20-25 ppm. Artinya, dalam 1 menit printer bisa mencetak dokumen sekitar 20-25 lembar. Bandingkan dengan printer inkjet yang kecepatannya hanya 12 sampai 16 ppm. Ini untuk printer laserjet dengan harga standar lho.

Printer laserjet yang dibanderol Rp 3 juta ke atas bisa bekerja lebih cepat lagi dengan kecepatan 30 sapami 60 ppm untuk black and white. Kecepatan printer laserjet memang menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang dituntut untuk mencetak banyak dokumen dalam waktu singkat, tentu kehadiran printer laserjet ini sangat memabntu.

Kualitas Cetak

Sumber gambar https://www.pexels.com

Dari segi hasil cetakan, printer inkjet memang lebih kaya warna. Tapi bukan berarti cetakan printer laserjet punya kualitas yang buruk. Hasil cetak printer laserjet justru lebih cepat kering dan tahan air lho.

Printer laserjet mengadopsi sistem kerja mesin fotokopi dengan menggunakan toner yang dihasilkan dari campuran serbuk karbon polymer yang sangat halus.

Untuk cetakan hitam putih, printer laserjet tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yang terpenting, kamu harus pintar-pintar merawat printer yang kamu miliki agar bisa awet digunakan dalam waktu yang lama.

Rekomendasi Printer Laserjet Termurah

Hp Laserjet Pro M102a

Printer yang satu ini mampu memberikan kualitas cetakan yang mumpuni. Untuk dokumen hitam putih, huruf yang dihasilkan sangat tebal, jelas, dan hitam. Kamu juga akan mendapatkan grafis yang presisi dengan teknologi terkini dari HP.

Printer akan memproses dokumen pertama yang akan kamu cetak hanya dalam waktu 7.3 detik saja. Kecepatan cetaknya mencapai 22 ppm, sangat tinggi untuk ukuran printer di kelasnya. Teknologi HP Auto-On/Auto-Off membuat printer ini hemat listrik, akan mati otomatis saat tidak digunakan dan langsung menyala saat akan digunakan.

Kamu bisa menghubungkan printer ini dengan smartphone dan langsung mencetak dokumenmu dari sana.

Harga Rp. 1.299.000-1.350.000

Canon Laser Printer LBP6030

Nikmati printer dengan kecepatan optimal hingga 18 ppm untuk dokumen A4 hitam putih. Dalam satu bulan, printer ini mampu mencetah hingga 200-800 halaman dengan konsumsi daya maksimum kurang dari 840 watt.

Tidak hanya efisien, printer juga mampu bekerja tanpa kebisingan karena hampir tidak mengeluarkan suara. Jika tidak digunakan, printer akan mati secara otomatis dan tidak perlu waktu lama untuk kembali bekerja. Saat pertama kali menyalakan printer, kamu hanya perlu menunggu selama 10 detik saja untuk mencetak lembar pertama.

Dari segi desain, printer ini ringkas dan efisien, tidak memakan terlalu banyak tempat. Sehingga kamupun dapat lebih fokus dalam bekerja dan merasa nyaman.

Harga Rp. 1.170.000-1.252.000

Brother DCP-1601

Dengan kecepatan 20 sampai 21 ppm, printer ini mampu menghasilkan kualitas cetakan yang baik. Cocok untuk digunakan di usaha rumahan yang membutuhkan banyak dokumen setiap harinya. Printer ini bisa mengakomodasi berbagai jenis kertas mulai dari A4, Legal, Letter, Folio, A5, hingga B5.

Garansi remsi produk adalah 3 tahun, jadi kamu tidak perlu bingung saat printermu error atau lag. Printer juga bisa menjalankan fungsi lain seperti copy dan scan, sehingga kamu tidak perlu membeli peralatan yang lainnya lagi.

Printer laserjet yang satu ini dibekali prosesor dengan kecepatan 200 MHz dan memory sebesar 16 MB. Dengan input tray yang bisa menampung 150 lembar kertas, kamu bisa bekerja bebas hambatan.

Harga Rp. 1.543.500-1.675.000

Brother hl-2360dn

Ingin printer yang bisa menunjang produktivitasmu? Ini dia jawabannya. Printer keluaran brand Brother ini punya kecepatan cetak hingga 30 ppm untuk kertas ukuran A4. Beragam fitur yang intuitif akan membuat pekerjaanmu semakin ringan dan mudah.

Printer ini memiliki fitur Wired Networking, yang artinya bisa digunakan di lebih dari 1 komputer. Selain itu, printer juga bisa mencetak kertas di 2 sisi secara otomatis untuk membuatmu lebih berhemat.

Untuk kualitas cetak tidak perlu ditanya. Ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu yaitu 600x600 dpi untuk kualitas standar dan 2400x600 dpi untuk kualitas maksimum.

Harga Rp. 1.486.000-2.316.100

Canon LBP-2900

Printer laserjet dari Canon ini memiliki kecepatan 14 ppm untuk kertas ukuran A4. Dalam satu bulan, print volume yang direkomendasikan adalah 200 sampai 800 halaman. Printer laser ini bisa mencetak dokumen kertas A4, Letter, Legal, dan masih banyak algi dengan warna hitam dan putih saja.

Printer ini juga ringkas dan relatif ringan karena hanya seberat 5,7 kg saja tanpa kartrid. Cocok digunakan untuk kantor kecil, usaha kecil, dan usaha rumahan yang biasanya hanya membutuhkan tinta hitam putih saja. Kualitas cetak print ini juga bisa dibilang maksimal, yaitu 2400x600 dpi.

Fitur unggulan lain dari printer ini adalah waktu pemanasan yang singkat yaitu 0 detik dan langsung bisa bekerja kurang dari 10 detik setelah dihidupkan. Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak dokumen pertama adalah 9,3 detik.

Harga Rp. 1.915.000-2.000.000

Canon ImageClass Printer Laser Mono MF 3010

Satu lagi printer all-in-one yang bisa menjawab semua kebutuhanmu. Tidak hanya cetak, printer ini juga bisa untuk scan dan copy, cocok untuk usaha rumahan yang membutuhkan banyak cetakan dokumen.

Desainnya yang praktis dan ringkat tidak akan memakan banyak tempat di mejamu. Soal kecepatan, printer ini bisa mencetak dokumen hingga 18 lembar per menit. Sementara itu, volume cetak bulanan yang dianjurkan adalah 250 sampai 1000 halaman.

Kartrid toner ini juga terbilang hemat karena 1 kartrid dapat mencetak hingga 1600 halaman. Dengan garansi resmi Canon selama 1 tahun, kamu tidak perlu khawatir jika ada kerusakan ringan pada printer barumu.

Harga Rp. 1.386.470-2.121.300

Printer Laser Fuji Xerox DocuPrint P225

Printer black and white dan Fuji ini memiliki kecepatan 26 ppm dengan kualitas 1200 dpi. Kecepatan prosesor 266 Mhz dengan memori 32 MB membuat performanya maksimal dan mampu mendukung produktivitasmu.

Fitur automatic duplex pada printer bisa mencetak halaman bolak balik secara otomatis, menghemat penggunaan kertasmu. Dengan input tray besar yang bisa menampung hingga 25 lembar kertas, performa kerjamu akan semakin maksimal.

Harga Rp. 1.287.000-1.500.000

HP Laserjet M107A

Printer dengan teknologi Mono Laser ini dapat menghadirkan resolusi cetakan yang maskimal hingga 1200x1200 dpi. Meski tergolong murah di kelasnya, performa printer yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan konektivitas USB 2.0, kamu bisa langsung menghubungkan printer dengan PC atau laptomu.

Ukuran kertas yang bisa digunakan pada printer pun beragam yaitu A4, A5, B5, amplop, dan masih banyak lagi. Dari segi kecepatan, printer bisa mencetak hingga 21 halaman setiap menitnya. Sangat bersahabat untuk kamu uang menginginkan performa maksimal untuk mendukung pekerjaanmu.

Harga Rp. 1.241.000-1.550.000

HP Printer Laserjet Pro M12A

Seri laserjet terbaru dari HP ini memiliki teknologi Mono, yang artinya hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen hitam dan putih saja. Printer seberat 7 kilogram ini siap untuk menunjang pekerjaanmu dan memberikan hasil maksimal dengan kecepatan yang tidak perlu diragukan lagi.

Printer bisa digunakan untuk mencetak berbagai macam ukuran kertas seperti A4, A5, A6, B6, dan postcard. Kamu juga akan mendapatkan garansi resmi dari HP selama 1 tahun untuk berbagai kerusakan kecil yang mungkin terjadi.

Harga Rp. 1.299.900-1.400.000

Brother HL 1201 Laserjet Printer

Dengan kecepatan 20 ppm, printer yang satu ini akan sangat membantu pekerjaanmu. Belum lagi toner yang terbilang ekonomis karena mampu mencetak hingga 1000 lembar dokumen hitam putih.

Printer ini juga tidak perlu maintenance yang mahal, sangat direkomendasikan dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya hemat biaya, kamu juga akan hemat waktu karena pekerjaan akan selesai lebih cepat. Ditambah dengan konektivitas nirkabel, kamu akan semakin dipermudah dengan kehadiran printer yang satu ini.

Harga Rp. 1.030.000-1.235.000
From our editorial team

Biar Murah, Harus Berkualitas

Mencari barang murah jangan lihat harganya saja ya. Kamu harus jadi pembeli yang cerdas dan meneliti satu per satu fitur yang dimiliki oleh printer laserjet yang ingin kamu beli. Kalau masih bingung, berbagai produk rekomendasi BP-Guide di atas bisa dijadikan pilihan kok!